14 Jurusan Cocok untuk Lulusan SMK Administrasi Perkantoran

Jurusan Cocok untuk Lulusan SMK Administrasi Perkantoran. Berhasil menyelesaikan masa-masa SMA/SMK dengan baik merupakan pencapaian yang bagus bagi para remaja yang akan menginjak usia dewasa. Setelah menyelesaikan Pendidikan di tingkat SMA/sederajat, kamu dapat membuat keputusan besar untuk hidupmu kedepannya.

Keputusan tersebut adalah melanjutkan belajar ke Perguruan Tinggi atau mulai terjun ke dunia kerja. Jika kamu adalah lulusan SMK, maka kamu sudah dipersiapkan untuk masuk ke dunia kerja, namun bukan berarti kamu tidak bisa melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Contohnya saja siswa lulusan SMK Administrasi Perkantoran yang memutuskan untuk melanjutkan kuliah. Ada beberapa jurusan kuliah untuk lulusan SMK Administrasi Perkantoran. Terlebih jurusan ini memang banyak dibutuhkan di kantor-kantor untuk mengurusi permasalahan administrasi.

Jurusan Cocok untuk Lulusan SMK Administrasi Perkantoran
Jurusan Cocok untuk Lulusan SMK Administrasi Perkantoran

Jurusan Administrasi Perkantoran

Jurusan Administrasi Perkantoran di Perguruan Tinggi mempelajari berbagai topik yang berhubungan erat dengan administrasi perkantoran. Topik-topik tersebut diantaranya adalah pembayaran, pendapatan, dan juga perencanaan anggaran keuangan di suatu perusahaan.

Jurusan Administrasi Perkantoran di Perguruan Tinggi akan membekali mahasiswanya dengan berbagai kemampuan yang akan sangat dibutuhkan saat bekerja di perkantoran. Beberapa skill yang akan diajarkan adalah management perkantoran, korespondensi, teknologi informasi dan internet, Bahasa Inggris, management kearsipan, dan juga mengetik menggunakan 10 jari.

Kemampuan mengetik menggunakan 10 jari sangat dibutuhkan oleh pekerja kantoran agar dapat Menyusun dokumen dengan cepat dan cermat. Pada dasarnya, jurusan ini akan mengajarkan mahasiswa bagaimana cara bekerja di dalam tim yang pastinya akan membantu pekerjaan para pimpinan di kantor atau perusahaan.

Jurusan Administrasi Perkantoran ini termasuk ke dalam jurusan yang sangat popular bagi mahasiswa. Dapat kita lihat banyaknya jumlah mahasiswa di setiap Jurusan Administrasi Perkantoran di banyak kampus. Selain karena memang jurusan ini memiliki banyak peminat, kesempatan kerja setelah lulus juga sangat besar.

Jurusan Cocok untuk Lulusan SMK Administrasi Perkantoran

Jika kamu adalah lulusan SMK Administrasi Perkantoran, ada beberapa jurusan yang sesuai dan masih bisa dibilang linear dengan jurusanmu di SMK. Mempelajari bidang yang linear tentu memiliki keuntungan tersendiri seperti dapat memahami pembelajaran yang akan diberikan dengan lebih baik.

Ketika kamu sudah memutuskan untuk melanjutkan study ke Perguruan Tinggi, ada beberapa jurusan kuliah untuk lulusan SMK Administrasi Perkantoran yang sesuai dengan jurusanmu sebelumnya. Berikut ini beberapa jurusan yang sesuai untukmu.

  • Jurusan Akuntansi

Jurusan pertama yang sesuai untuk lulusan SMK Administrasi Perkantoran adalah Jurusan Akuntansi. Sebelumnya, kamu telah belajar bagaimana cara pencatatan kas masuk dan juga jurnal di SMK Administrasi Perkantoran. Hal tersebut tentu saja dapat menjadi bekal yang sangat berguna untuk dapat memahami ilmu akuntansi secara lebih mendalam.


Meskipun di Jurusan Akuntansi ini kamu akan lebih focus belajar pada cara pembukuan keuangan, tapi setidaknya kamu sudah memahami bagaimana cara membuat pencatatan kas sebelumnya. Di jurusan ini, kamu juga akan belajar secara lebih detail dan luas tentang bagaimana cara evaluasi, analisis, dan juga menilai laporan keuangan dengan baik dan benar.

Alasan Memilih Jurusan Akuntansi
Alasan Memilih Jurusan Akuntansi
  • Jurusan Management

Jurusan selanjutnya yang juga akan cocok untuk lulusan SMK Administrasi Perkantoran adalah Jurusan Management. Hal tersebut dikarenakan di jurusan Management kamu akan belajar lebih detail tentang bagaimana cara mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan, data, dan berbagai macam pembayaran.

Terlebih beberapa skill yang kamu butuhkan untuk dapat mempelajari ilmu-ilmu di Jurusan Management juga sudah kamu dapatkan di SMK sebelumnya. Skills tersebut termasuk Bahasa Inggris, administrasi kantor, kemampuan komunikasi dan lain sebagainya.

  • Jurusan Administrasi Negara

Jurusan Administrasi Negara dan Administrasi Perkantoran memang memiliki bidang yang berbeda dalam kepengurusan administrasinya. Namun, skill yang kamu dapatkan di SMK akan sangat berguna Ketika kamu memutuskan untuk memilih Jurusan Administrasi Negara.

Jurusan Administrasi Negara biasanya banyak dipilih oleh calon mahasiswa yang memang tertarik dengan Lembaga dan elemen pemerintahan termasuk legislatif, yudikatif, dan eksekutif. Pembukuan dan penulisan jurnal anggaran menjadi bekal penting untukmu saat memilih Jurusan Administrasi Negara.


  • Jurusan Perbankan

Jurusan yang cocok selanjutnya adalah Jurusan Perbankan yang tentu masih berhubungan dengan anggaran keuangan. Di Jurusan Perbankan kamu akan belajar banyak mengenai bagaimana sistem perbankan berjalan dan juga cara mengelola laporan keuangan.

Selain itu, di jurusan ini kamu juga akan mempelajari banyak hal lainnya yang masih berkaitan erat dengan perbankan seperti transaksi, asuransi, simpan pinjam, dan lain sebagainya. Kemampuan berkomunikasi yang sudah kamu pelajari sebelumnya di SMK Administrasi Perkantoran juga akan sangat bermanfaat untukmu dalam menjalani perkuliahan dan dunia kerja nantinya.

Soft skillsmu juga akan sangat diasah selama menjalani masa perkuliahan di Jurusan Perbankan. Beberapa soft Skills yang harus kamu tingkatkan adalah menganalisa, mengevaluasi, kemampuan bekerja dengan kelompok, ketelitian, dan lain sebagainya.

  • Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional adalah salah satu jurusan yang popular dan juga diminati oleh banyak siswa. Hal tersebut dikarenakan jurusan ini dapat dipilih oleh mereka lulusan IPA, IPS, atau bahkan jurusan lainnya di SMK.

Jurusan Hubungan Internasional termasuk ke dalam kelompok SOSHUM yang dapat dipelajari oleh siapa aja asalkan mau belajar. Focus dari jurusan ini adalah mengajarkan kepada mahasiswa untuk belajar dapat berinteraksi secara global. Itulah mengapa, menguasai Bahasa Inggris menjadi salah satu syarat utama untuk dapat masuk ke jurusan yang satu ini.

Selain itu, di Jurusan Hubungan Internasional juga kamu akan belajar bagaimana interaksi global antar Lembaga, perusahaan, negara, dan lain sebagainya. Public speaking dan kemampuan bersosialisasi sangat dibutuhkan saat kamu memilih jurusan Hubungan Internasional.

Selain kelima jurusan yang disebutkan diatas, lulusan SMK adminstrasi perkantoran juga bisa melanjutkan kuliah mengambil program studi seperti:
6. Jurusan Ekonomi Pembangunan
7. Jurusan Ilmu Perpustakaan
8. Jurusan Aktuaria
9. Jurusan Administrasi Niaga/Bisnis
10, Jurusan Adminstrasi Negara
11. Jurusan Akuntansi Syariah
12. Jurusan Psikologi
13. Jurusan Marketing / Pemasaran
14. Jurusan Ilmu Komunikasi

Bagi kamu yang merupakan lulusan SMK Administrasi Perkantoran, kamu sudah memiliki bekal public speaking, Bahasa Inggris, dan menjalin relasi. Hal tersebut tentu saja akan memudahkanmu dalam memahami segala materi yang akan kamu pelajari nantinya di Jurusan Hubungan Internasional.

Apa susahnya bekerja di bagian administrasi?

Banyak yang mengira kalau bekerja di bagian administrasi itu mudah. Tinggal ketik-ketik, buat surat, catat-catat, sudah. Tidak perlu kemampuan spesifik. Padahal banyak sekali kendala dan tantangan seperti:
1. Mayoritas proses yang terjadi di kantor administrasi tidak cuma surat menyurat, melainkan juga ada pelaporan proyeknya, ada pelaporan keuangannya, dll.
2. Mesti terbiasa dengan tumpukan berkas (apalagi jika kantornya belum ada sistem atau aplikasi online pemberkasan yang terkomputerisasi)
3. Detail dan teliti. Terkadang kurang titik atau koma ketika memasukkan data ke sistem bisa ditolak. Apalagi jika yang berhubungan dengan angka. 

4. Banyaknya dokumen bisa membuat bingung. Sehingga harus membiasakan diri untuk menyimpan dokumen-dokumen dengan rapi agar mudah dicari.
5. Birokrasi dan kordinasi. Bayangkan berkas harus bolak balik revisi hanya karena ketidakjelasan birokrasi dan penandatangan.
6. Word dan Excel merupakan senjata utama yang tidak bisa diganggu gugat , akan lebih bagus lagi bila ditambah ms.project, power point, dll
7. Tidak ada standar. Bahkan perusahaan besar pun bisa saja tidak punya standar administrasi. Kadangkala para admin dibuat bingung hanya karena format yang diminta satu orang maunya berbeda dengan orang lain

Kesimpulan        


Sebagai lulusan SMK Administrasi Perkantoran, kamu memiliki nilai plus yang mungkin teman-temanmu belum dapatkan karena mereka memilih jurusan lain di SMK. Keuntungan ini bisa kamu gunakan untuk memilih jurusan yang masih berhubungan sehingga apa yang sudah kamu pelajari, dapat kamu kembangkan lagi nantinya di Perguruan Tinggi.

Memilih jurusan di Perguruan Tinggi memang menjadi salah satu keputusan penting karena sedikit banyak akan sangat mempengaruhi jenjang karir yang akan kamu pilih nantinya setelah lulus. Karena kamu sudah mendapatkan bekal ilmu Administrasi Perkantoran sebelumnya, akan lebih baik jika kamu memang memilih jurusan yang masih berkesinambungan.

Namun Kembali lagi, pilihan jurusan harus disesuaikan dengan minat dan bakatmu agar kamu tidak melakukannya secara terpaksa. Jika kamu memang berniat memilih jurusan yang masih berhubungan dengan Administrasi Perkantoran, jurusan diatas adalah beberapa jurusan yang dapat kamu pilih.

Editor Choices :

Jurusan kuliah untuk lulusan SMK Administrasi Perkantoran yang sesuai diantaranya Management, Perbankan, Hubungan International, Akuntansi, dan juga Administrasi Negara.

Komentar / Pertanyaan