11 Syarat Masuk Jurusan Administrasi Negara

Jika Anda masih di SMA, dan bingung memilih jurusan kuliah apa yang ingin Anda pilih, lalu sedang mencari pertimbangan ingin masuk kuliah jurusan apa, simak yang satu ini. Salah satu jurusan kuliah yang sedang popular, dan memiliki peminat yang cukup tinggi sekarang ialah jurusan Administrasi Negara.

Jurusan administrasi Negara yang biasanya dibawahi oleh fakultas ilmu social adalah sebuah jurusan yang di khususkan untuk ilmu ke administrasian Negara, pengarsipan dokumen penting Negara, ilmu kesekretariatan Negara, serta ilmu politik juga. Untuk bisa berkarir di jurusan ilmu administrasi Negara, ada beberapa syarat yang pastinya perlu dikuasai. Apa saja syarat masuk jurusan Administrasi Negara?

Syarat Masuk Jurusan Administrasi Negara di Perguruan Tinggi Negeri

Untuk bisa masuk ke dalam perguruan tinggi negeri, dan masuk ke dalam jurusan ilmu administrasi Negara, ada banyak hal yang perlu di pertimbangkan. Pertama, apakah Anda minat dalam ilmu administrasi? Ilmu administrasi adalah sebuah ilmu kesekretariatan, dan pengarsipan dokumen, guna untuk ketertiban, dan jalannya suatu organisasi atau instansi.

Syarat Masuk Jurusan Administrasi Negara
Syarat Masuk Jurusan Administrasi Negara

Untuk jurusan ilmu administrasi Negara adalah jurusan ilmu sosial hukum pada universitas, atau yang disingkat dengan jurusan Soshum. Untuk ilmu soshum, terdiri dari beberapa fakultas dan jurusan seperti fakultas hukum, fakultas bahasa dan budaya, fakultas ekonomi dan fakultas ilmu sosial dan politik. Ilmu administrasi Negara ini masuk ke dalam ranah soshum, dibawahi naungan fakultas ilmu sosial.

Bagi Anda yang sekolah SMA jurusan IPS, jurusan administrasi Negara inilah yang menjadi salah satu pilihan yang sangat menjanjikan. Tetapi bagi yang jurusan lainnya seperti IPA, Bahasa, ataupun SMK, tidak membatasi Anda atau melarang Anda untuk masuk jurusan ilmu administrasi Negara. Siapa pun yang memenuhi syarat, dan diterima oleh tes masuk, berhak untuk masuk jurusan administrasi Negara.

Untuk ilmu administrasi diperlukan ketelitian, keuletan, serta daya ingat yang bagus untuk bisa melakukan tugas administrasi dengan benar, terutama untuk pasal ilmu administrasi Negara. Jika Anda memang berminat dan sudah mengincar jurusan ilmu administrasi Negara sebagai jurusan kuliah dambaan Anda, nah, cek untuk persyaratan berikut ini agar bisa tahu apakah Anda layak masuk kuliah.

1. Telah Lulus SMA

Tentu saja syarat utama adalah telah lulus SMA/SMK atau MA sederajat. Syarat utamanya juga telah memiliki ijazah SMA resmi yang telah dilegalisir. Jika ijazah belum keluar, maka pendaftaran universitas bisa menggunakan surat pengganti ijazah yang telah dilegalisir, ditandatangani dan disetujui oleh kepala sekolah.

Apakah lulusan Paket C bisa mendaftar kuliah jurusan adminstrasi negara? Jawabannya adalah Tidak. Sebagian besar PTN maupun PTS mensyaratkan harus lulus SMA SMK sederajat.

2. Memilih Universitas

Setelah lulus dan memiliki ijazah, langkah selanjutnya adalah dengan memilih universitas yang memiliki program studi administrasi Negara tentunya. Di Indonesia ada banyak universitas yang menyediakan program studi administrasi Negara, dengan akreditasi prodi yang berbeda-beda. Disarankan untuk mencari universitas dengan akreditasi A pada jurusan administrasi Negara.

 Anda bisa memilih untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) atau (PTS). Tentu saja biaya yang akan dikeluarkan untuk membayar kuliah lebih murah jika Anda bisa masuk ke perguruan tinggi negeri. Kualitas dari jurusan bisa dilihat dari akreditasi program studi. Semakin bagus akreditasi prodi tersebut, maka persaingan untuk bisa masuk ke dalamnya juga semakin sulit.


3. Lolos Jalur Seleksi

Setelah memilih universitas yang akan menjadi target Anda, sekarang adalah untuk lolos tahap seleksi penerimaan mahasiswa baru. Ada beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa yang bisa Anda coba, mulai dari jalur SNMPTN, SBMPTN, jalur prestasi, hingga jalur mandiri. Semua jalur memiliki kesulitannya masing-masing, dan memiliki perbedaan pada tes dan seleksi masuknya.

Perlu diketahui, berbeda universitas, serta jurusan berbeda pula tingkat kesulitan dan kemungkinan Anda lolos diterima masuk jalur seleksi tersebut. Untuk itulah, Anda perlu mempelajari dan belajar dengan tekun agar bisa lolos seleksi penerimaan mahasiswa, terutama tes SBMPTN ataupun ujian mandiri.

4. Memenuhi Persyaratan Administrasi

Ada juga persyaratan administrasi yang perlu dilengkapi sebelum mendaftarkan diri ke universitas idaman. Pada dasarnya, persyaratan administrasi wajib dilengkapi dimanapun dan mendaftarkan diri di jurusan apapun. Oleh karena itu, persyaratan administrasi ini wajib untuk dilengkapi.

Jangan remehkan tes administrasi. Banyak orang yang meremehkan tes administrasi, karena dinilai mudah dan tidak perlu berpikir. Tetapi nyatanya, jika Anda memiliki dokumen yang tidak lengkap atau tidak sesuai syarat administrasi, maka akan dinilai gagal. Oleh karena itulah pemenuhan syarat administrasi ini sangat penting.

Biaya Kuliah
Biaya Kuliah

5. Membayar Biaya Perkuliahan

Jika Anda sudah lolos seleksi administrasi, lolos pada tahap seleksi tes masuk universitas, baik itu lewat jalur SNMPTN, SBMPTN, ataupun ujian mandiri, maka selamat Anda sudah menjadi mahasiswa baru di sebuah kampus. Sebelum bisa memulai perkuliahan, dan dianggap resmi menjadi mahasiswa, tentunya Anda perlu membayar biaya perkuliahan sesuai dengan uang kuliah tunggal Anda yang ditentukan.


Besarnya biaya perkuliahan yang dikeluarkan bergantung pada beberapa factor. Pertama, faktor jurusan yang dipilih. Jika memilih jurusan yang memiliki banyak praktikum dan fasilitas mahal seperti kedokteran, tentu saja biaya kuliahnya akan mahal hingga puluhan juta. Selain itu, bergantung juga terhadap penghasilan orang tua, jika universitas yang Anda pilih merupakan perguruan tinggi negeri (PTN).

6. Minat dan Punya Bakat Dibidang Manajerial

Sebelumnya tadi adalah persyaratan fisik serta administrasi yang diperlukan untuk masuk ke dalam jurusan administrasi Negara di Universitas baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Nah, untuk bisa masuk, serta menjalani masa perkuliahan dengan baik di jurusan administrasi Negara, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Untuk jurusan administrasi Negara, kemampuan manajerial sangat diuji, dan dipelajari. Untuk itulah bagi yang memang berminat dalam bidang manajerial, serta memiliki bakat pada bidang kesekretariatan juga sangat diuntungkan dan cocok untuk program studi ini.

7. Suka Bersosialisasi

Ilmu administrasi Negara juga memerlukan skill sosial yang cakap, seperti skill public speaking, dan skill komunikasi yang baik. Suka bersosialisasi adalah syarat yang cukup penting, dan wajib, terutama jika ingin mengikuti perkuliahan ilmu administrasi Negara dengan baik, serta nantinya bekerja dibidang administrasi Negara.

Selain ilmu sosial, akan sangat berguna jika Anda sudah mempelajari tata krama ruang lingkup perkuliahan yang benar, serta sosialisasi yang baik. Ilmu administrasi Negara adalah bidang ilmu Soshum atau sosial hukum, jadi wajar jika bidang ilmu ini membutuhkan skill sosialisasi yang baik, serta kemauan untuk bersosialisasi.

8. Bakat dan Berminat pada Bidang Olah Data

Jurusan ilmu administrasi Negara tidak hanya skill manajerial, tetapi juga skill clerical, atau skill kesekretariatan akan sangat diujikan dan dipelajari di jurusan ini. Ilmu administrasi memang sangat memerlukan ketelitian, serta kecakapan dalam bidang olah data. Jika Anda berminat, dan memang punya bakat dibidang olah data, tentu saja Anda mungkin ingin masuk di jurusan yang satu ini.

Bidang olah data seperti pengurutan, pengarsipan, penghapusan arsip, dan pembuatan berkas terlihat cukup simple, tetapi tidak semudah itu untuk dilakukan. Perlu ketelitian, serta pengalaman yang lebih untuk bisa mengolah data dengan baik, rapih, dan menyimpannya untuk keperluan pengarsipan, terutama jika data yang diolah berupa data Negara yang diajarkan di bidang studi administrasi Negara.

9. Mengikuti Trend Teknologi

Tentu saja yang ingin bisa handal dan masuk ke dalam jurusan administrasi Negara haruslah Tech Savy atau cakap dan ikut segala trend teknologi yang ada. Di perkembangan zaman yang pesat, dengan perkembangan teknologi yang selalu maju, tentu saja ilmu administrasi sekarang sangatlah maju, dan berbeda dengan zaman dahulu.

Semakin maju perkembangan teknologi, maka akan membuat perbedaan di bidang ilmu administrasi, baik itu alat pengarsipan, serta media administrasi. Untuk itulah jurusan administrasi Negara membutuhkan mahasiswa yang selalu mau mengikuti trend teknologi dan tidak pernah ketinggalan zaman.

prospek kerja sastra inggris
Prospek Kerja Sastra Inggris

10. Memiliki Kemampuan Bahasa Inggris yang Cukup

Di era globalisasi ini, era digital kemampuan bahasa Inggris digunakan di banyak tempat, platform dan situasi. Di zaman ini, bahasa Inggris sangat dibutuhkan, tidak hanya untuk komunikasi dengan orang asing, tetapi juga dari platform-platform lainnya, serta bahasa asing.

Setiap perkuliahan, mata kuliah bahasa Inggris menjadi mata kuliah wajib yang harus diambil setiap mahasiswa. Tidak hanya mahasiswa program bahasa Inggris, ataupun jurusan internasional, tetapi juga jurusan yang menggunakan bahasa Indonesia juga tetap perlu mengambil mata kuliah bahasa Inggris. Nilai TOEFL atau kemampuan bahasa Inggris menjadi prasyarat lulus dan ujian skripsi.


11. Kemauan yang Kuat

Tentu saja kemauan yang kuat menjadi kunci utama dalam masuk, serta mengikuti perkuliahan administrasi Negara. Kuliah sangatlah berbeda dengan pelajaran yang Anda terima di sekolah. Perbedaan yang sangat menonjol adalah, setiap ilmu, tugas, dan pengajaran di kuliah menjadi tanggung jawab Anda, dan tidak di suapi seperti Anda disuapi ilmu oleh guru di sekolah.

Kemauan yang kuat ini menjadi kunci untuk bisa menyelesaikan perkuliahan, terutama untuk perkuliahan administrasi Negara. Tentu saja, selain kemauan yang kuat, juga ambisi, dan minat untuk terus melanjutkan di jurusan administrasi Negara. Karena Anda akan menghabiskan 4 tahun Anda mempelajari manajerial administrasi Negara, pastilah perlu kemauan serta minat yang kuat.

Jurusan ilmu administrasi Negara memiliki prospek kerja yang sangat menarik. Prospek kerja dari ilmu administrasi Negara tidak terbatas sebagai administrator atau pekerja kantor BUMN, atau kantor pemerintah.

Tetapi skill administrasi juga dibutuhkan di hampir semua instansi, baik itu instansi pemerintah, maupun swasta. Selain itu, ilmu politik Negara juga menjadi bekal yang bagus bagi Anda yang minat terjun ke bidang politik.

Editor Choices :

Jika memang Anda berminat untuk masuk ke jurusan administrasi Negara, tentu segera lengkapi apa saja syarat masuk jurusan Administrasi Negara di PTN maupun PTS.

Tanggapan Netizen yang Budiman
Komentar / Pertanyaan