7 Jurusan Kuliah yang Bisa Sambil Kerja di Luar Negeri

Kuliah sambil bekerja di luar negeri adalah hal yang lumrah ditemui lho. Di luar negeri kamu dapat memperoleh pekerjaan partime selagi sedang tidak kuliah.

Bagi kamu yang berencana kuliah di luar negeri berikut rekomendasi jurusan kuliah yang bisa sambil kerja di luar negeri.

Jurusan kuliah yang bisa sambil kerja di luar negeri

Kamu yang berencana kuliah di luar negeri dan mengambil perkejaan part time, berikut jurusan kuliah yang tidak akan mengganggu kerja kamu begitupun sebaliknya. Yuk simak penjelasannya secara detail ya

jurusan yang bisa kerja di luar negeri

Medis dan kesehatan

Jurusan kuliah yang dapat kamu ambil agar bisa melakukan kerja partime salah satunya yaitu jurusan medis dan kesehatan. Loh bukannya jurusan medis dan kesehatan bakal malah lebih sibuk ya?

Ternyata ungkapan tersebut tidak sepenuhnya benar guys. Meskipun kamu ambil jurusan medis dan kesehatan, kampus di luar negeri telah membuat jadwal kuliah paten.

Sponsored Link

Jadwal kuliah yang telah diumumkan di awal perkuliahan sebesar 90% tidak akan mengalami perubahan. Jadwal kerja kamu tidak akan terganggu.

Negara tujuan yang mengizinkan mahasiswa untuk melakukan kerja partime sekaligus memiliki jurusan medis dan kesehatan berada di Inggris. Negara Inggris bahkan mengarahkan mahasiswanya selama masih kuliah untuk mendapatkan pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan jurusan yang diambil.

Tapi, tidak semua mahasiswa yang boleh mengambil kerja part time. Universitas di Inggris menerapkan peraturan bagi mahasiswa yang diizinkan mengambil kerja partime dengan syarat sebagai berikut

  • Bagi mahasiswa yang berasal dari luar uni Eropa dan menempuh pendidikan lebih dari 6 bulan maka perlu memiliki Tier 4 Student Visa. Kamu perlu mengurus kepemilikan Tier 4 Student Visa ini agar bisa kerja part time maksimal 20 jam per minggu.

Ketentuan bekerja maksimal 20 jam per minggu ini hanya berlaku saat semester kuliah berjalan. Ketika musim libur kuliah, kamu dapat bekerja sesuai dengan hitungan waktu yang kamu inginkan.

  • Sudah berusia lebih dari 16 tahun
  • Sedang menempuh pendidikan di universitas yang mendapat didanai oleh publik.

Jurusan sosial dan politik

Jurusan kuliah yang bisa kerja di luar negeri yaitu jurusan sosial dan politik. Terdapat banyak konsentrasi jurusan sosial humaniora yang bisa kamu pilih. Misalnya kamu dapat mengambil kesetaraan gender, sosiologi, administrasi bisnis dan lain sebagainya.

Universitas luar negeri dengan jurusan sosial dan politik yang berkualitas terdapat di Swedia dan Swiss. Kamu yang sudah dari dulu mengincar universitas di negara ini yuk langsung siapkan berkas pendaftaran kuliahmu sekarang juga disana!

Jurusan ilmu hukum

Jurusan ilmu hukum juga dapat kamu ambil saat kamu berencana  kuliah di luar negeri dan mengambil kerja partime. hampir sama dengan cabang ilmu sosial humaniora, jurusan ilmu hukum dapat kamu ambil karena jurusan ini tidak banyak menyita waktu kamu.

Rekomendasi kampus luar negeri dengan jurusan ilmu hukum terbaik di dunia berada di negara Belanda. Belanda menjadi negara dengan kampus jurusan hukum terbaik karena memiliki reputasi hukum internasionalnya yang banyak dijadikan referensi oleh negara-negara lain.

jurusan kuliah yang tidak ada matematika

Sastra dan seni

Jurusan kuliah yang bisa kerja di luar negeri lainnya yaitu jurusan sastra dan seni. Siapa sih yang nggak tahu betapa santainya anak sastra dan seni?  Hehe

Kalau jurusan sastra dan seni di Indonesia sih bisa dibilang masih lebih santai ya dibanding jurusan kuliah yang lain. Jurusan sastra dan seni dianggap lebih santai karena bisa dipraktekkan tidak hanya di dalam ruangan (kampus).

Sponsored Link

Tidak hanya itu, jurusan sastra dan seni lebih fokus pada kreativitas sehingga membuat mahasiswa lebih lengang dalam menjalankan proses kuliah.

Rekomendasi kampus dengan jurusan sastra dan seni yang bisa kamu jadikan referensi berada di negara Italia, Prancis dan Jepang.

Jepang bisa jadi rekomendasi negara yang bisa kamu pilih nih guys. Selain masih ada di kawasan Asia, Jepang memiliki kebudayaan yang mampu menyatu dengan teknologi modern hingga saat ini. Akan pas jika kamu belajar seni dan budaya di negara Jepang.

Jurusan sejarah dan antropologi

Belajar sejarah itu seru loh. Kamu dapat belajar sekaligus mengerti bagaimana perjalanan sebuah perkembangan bangsa. Mulai dari peradaban, sosial budaya dan ekonominya.

Banyak hal menarik dan seru yang kamu bisa dapatkan saat mengambil jurusan sejarah dan antropologi. Kamu bisa mengambil jurusan sejarah dan antropologi di Yunani dan Autralia yang terkenal dengan Colosseum dan orang Aborigin.

Jurusan teknik

Teknik juga menjadi jurusan kuliah yang bisa sambil kerja. Mahasiswa teknik bahkan sering dicari untuk dipekerjakan di beberapa perusahaan ataupun instansi besar di luar negeri. Kamu bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah karena tawaran kerja bagi mahasiswa teknik dapat lebih mudah kamu temukan.

Negara dengan jurusan teknik salah satu terbaik di dunia berada di Amerika Serikat, Swiss dan Jerman. Bahkan di Amerika serikat mahasiswa diizinkan bekerja di dalam kampus dan luar kampus

jurusan kuliah gaji besar

Jurusan teknik perminyakan

Jurusan teknik perminyakan bisa dikatakan sebagai jurusan yang menjanjikan di masa depan. Jurusan ini dapat membuat kamu direkrut untuk bekerja di luar negeri meskipun kamu mahasiswa lulusan dalam negeri.

Di negara sebelah yaitu Malaysia jurusan teknik perminyakan menjadi jurusan kuliah paling populer di sana loh. Apabila kamu tertarik untuk mengambil studi di Malaysia kamu bisa mencoba apply di jurusan teknik perminyakan. Di Malaysia kamu juga tetap bisa mengambil kerja partime karena Malaysia mengizinkan mahasiswanya untuk bekerja selama menjalani masa studi.

Hampir sama dengan negara lain, Malaysia mensyaratkan Mahasiswa memiliki visa pelajar sebelum mengambil kerja partime.

i k l a n

Beberapa tempat kerja partime yang diperbolehkan diambil mahasiswa di Malaysia adalah di restoran, hotel, minimarket dan pom bensin. Sedangkan jenis pekerjaan yang dilarang diambil oleh mahasiswa yaitu penyanyi, tukang pijit, kasir, pemusik, pelayan penerima tamu, dan bekerja sebagai pembuat imoral.

Seperti apa rasanya berkuliah di luar negeri?

Peras otak terutama kalau bahasanya bukan bahasa Inggris. ada 3 bahasa minimal perlu dikuasai, Inggris, Bahasa kuliah (jepang china korea rusia) dan bahasa Indonesia.

Selain itu juga Harus displin dan tekun. Mudah masuk universitas lulusnya susah.
Indomie beli di toko Asia dan harganya mahal. Gak ada jajanan di pinggir jalan
Kehidupan kampus gak semeriah Indonesia, Nambah wawasan, di Indonesia sbg mayoritas, di luar negri sbg minoritas, baik agama ataupun ras

Apa saja hal diluar ekspektasi selama kuliah di luar negeri ?

Ekspektasi:
Kuliah luar negeri enak bisa jalan-jalan, soalnya kuliahnya gampang-gampang. Pendidikan Indonesia kan lebih susah, buktinya soal SAT gampang banget buat orang Indonesia

Kenyataan:
Semester pertama hampir nggak pernah keluar asrama buat maen, paling cuma maen salju bentar di halaman karena pengen banget bikin manusia salju. Kerjaan nongkrong di perpustakaan dan bikin tugas. Mungkin memang saya aja yang goblok jadi kerjaannya bergadang ngerjain tugas. Tapi setelah tanya-tanya yang bergadang nggak cuma saya saja tapi satu angkatan.

Editor's Choices:

Itulah tadi penjelasan mengenai jurusan di luar negeri yang memungkinkan untuk kerja partime bagi mahasiswa.  Udah nggak bingung kan mau ngambil jurusan apa?  Yuk persiapkan diri kamu dari sekarang!

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan
Curhatan Mahasiswa Teknik Industri
Universitas Islam Terbaik di Indonesia
Hard Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja
Jurusan Kuliah untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar
Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan