11 Jurusan yang Bisa Kerja di Bank & Status Pegawai Tetap

Perbankan adalah salah satu bidang pekerjaan yang paling banyak diminati di Indonesia. Bekerja di bidang ini lebih banyak diminati karena kamu bisa mendapatkan gaji dan tunjangan yang besar jika menjadi salah satu karyawan di sana.

Nah, bagi kamu yang berencana atau memiliki mimpi untuk bekerja di bidang perbankan ini, entah itu Branch Office / kantor cabang atau Head Office, kamu harus tahu terlebih dahulu jurusan yang bisa kerja di bank sehingga lebih mudah bagi kamu untuk melancarkan rencana kamu di masa depan.

Jurusan yang Bisa Kerja di Bank Cocok untuk Kalian Pilih

Berikut ini adalah beberapa jurus kuliah dimana kamu memiliki karier yang cukup menjanjikan di dunia perbankan.

Editor Choices :
11 Jurusan yang Bisa Kerja di Bank Paling Direkomendasikan
Jurusan yang Bisa Kerja di Bank

Manajemen 

Jurusan pertama yang akan kami rekomendasikan jika kamu ingin bekerja di bidang perbankan adalah manajemen. Jurusan manajemen memang merupakan sebuah jurusan yang identik dengan efektivitas. Hal inilah yang menyebabkan jurusan ini sangat mudah diterima di bidang perbankan.

Akan tetapi, selain memiliki fokus ilmu untuk mengefektifkan suatu sistem, jurusan ini juga memiliki banyak sub topik pembelajaran termasuk manajemen keuangan. Hal inilah yang membuat jurusan manajemen menjadi lebih mudah untuk masuk ke dunia perbankan.

Sponsored Link

Selain lebih mudah masuk ke bidang perbankan, jurusan manajemen juga kami rekomendasikan karena saat ini sudah ada banyak sekali universitas di Indonesia yang membuka jurusan tersebut.

Akan tetapi perlu kamu tahu, bahwa jurusan ini cukup banyak peminatnya. Hal ini disebabkan karena selain banyak diterima di dunia perbankan, jurusan ini juga dibutuhkan pada bidang-bidang yang lain.

Banyaknya bidang yang membutuhkan jurusan ini membuka peluang kerja besar untuk jurusan ini, akan tetapi sekaligus juga membuat kamu harus bersaing secara ketat jika ingin masuk ke jurusan ini.

Keuangan

Jurusan kedua yang akan kami rekomendasikan sebagai batu lompatan untuk masuk ke dunia perbankan adalah jurusan keuangan. Mislanya Investment Banking, Keuangan Pemerintah, Keuangan Perusahaan, Keuangan Pribadi, Keuangan Internasional, Manajemen Resiko, Matematika Keuangan.

Sudah jelas bukan bahwa setiap perbankan akan berhubungan dengan uang. Hal inilah yang menyebabkan jurusan keuangan tentu saja akan lebih mudah masuk di bidang perbankan.


Meskipun sangat dibutuhkan dalam bidang perbankan, akan tetapi jurusan keuangan juga memiliki peluang kerja yang besar di bidang lainnya. Hal ini disebabkan karena setiap aspek kehidupan saat ini menggunakan ukuran uang dalam aktivitas dan kegiatannya. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mengambil jurusan keuangan bukan?

Dan lagi, jurusan keuangan merupakan jurusan yang belajar pada lingkup kecil. Ini membuat jurusan ini belajar pada lingkup yang lebih dalam dan lebih spesifik. Jurusan keuangan sering dicari oleh bidang perbankan karena skill dan kemampuan teoritis yang dimilikinya benar-benar dibutuhkan pada bidang tersebut.

Hukum

Jurusan yang bisa kerja di bank selanjutnya akan kami bahas adalah jurusan hukum. Jurusan hukum merupakan jurusan yang belajar mengenai hal-hal yang berbau hukum. Lalu apa hubungan jurusan hukum dengan bidang keuangan?

Jurusan hukum juga bisa menjadi salah satu jurusan terbaik untuk dipelajari, jika kamu ingin masuk ke bidang perbankan. Hal yang berhubungan dengan uang memang sangat sensitif sehingga nasehat hukum akan selalu dibutuhkan dalam dunia perbankan.

Psikologi

Jurusan lain yang lebih mudah mendapatkan salah satu posisi di bidang perbankan adalah jurusan psikologi. Jurusan ini sesungguhnya memiliki peluang di banyak bidang. Hal ini disebabkan karena saat ini hampir semua perusahaan ini memiliki manajemen karyawan dan ingin memperlakukan karyawannya dengan baik.


Hal inilah yang menyebabkan setiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga dengan latar belakang pendidikan psikologi. Biasanya, mereka yang memiliki latar belakang pendidikan psikologi akan ditempatkan di posisi HRD.

Selain bertugas untuk menyeleksi pegawai berdasarkan skill, pihak HRD juga perlu melihat bagaimana kondisi psikis dari seorang calon pegawai sehingga lebih mudah dalam mengarahkannya.

Jurusan yang Bisa Kerja di Bank Paling Direkomendasikan
Jurusan yang Bisa Kerja di Bank

Statistika

Bagi kamu yang suka dan memiliki kemampuan analisis yang baik, serta ingin bergabung dengan bidang perbankan salah satu jurusan yang bisa kamu gunakan adalah jurusan statistika. Jurusan statistika merupakan salah satu jurusan yang bertugas untuk melakukan analisis terhadap data. 

Mengapa jurusan analisis statistika ini masuk ke dalam salah satu jurusan yang bisa kerja di bank? Hal ini disebabkan karena dalam aktivitasnya, sebuah bank akan membutuhkan banyak kegiatan analisis.

Salah satu kegiatan analisis yang paling banyak dilakukan adalah analisis persetujuan pinjaman. Hal ini menyebabkan bidang statistika sangat cocok dan banyak dipilih oleh perusahaan-perusahaan dalam hal perbankan.


Ekonomi syariah

Jika kamu ingin bekerja di bidang perbankan tapi ingin tetap memperhatikan syariat agama, salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengambil jurusan ekonomi syariah. Jurusan ekonomi syariah merupakan jurusan yang di dalamnya kamu akan belajar mengenai kegiatan-kegiatan ekonomi yang sesuai dengan hukum Islam. 

Saat ini universitas yang membuka jurusan ekonomi syariah ini sangat banyak, oleh karena itu kamu tidak perlu khawatir jika ingin belajar lebih dalam mengenai kegiatan ekonomi yang sesuai dengan syariat. Selain belajar di jurusan ekonomi syariah, kamu juga bisa bekerja di Bank syariah yang saat ini jaringannya sudah sangat besar.

Administrasi perkantoran

Pilihan jurusan lain yang dapat membantu kamu masuk ke bidang pekerjaan perbankan adalah administrasi perkantoran. Jurusan Administrasi Perkantoran adalah jurusan yang dapat membantu kamu menjadi seorang ahli dalam hal administrasi.

Bagi kamu yang memiliki ketelitian tingkat tinggi, jurusan ini bisa jadi salah satu pilihan jurusan yang paling tepat. Karena kamu bisa jadi ahli dalam melakukan pengelolaan data-data administrasi yang dibutuhkan oleh pihak bank.

Perbankan 

Jurusan perbankan merupakan salah satu jurusan yang sangat cocok untuk kamu yang ingin menjadi pegawai bank. Jurusan ini adalah salah satu jurusan yang paling direkomendasikan karena tentunya akan mendapatkan nilai tersendiri di bank yang ingin kamu daftari. 

Sebenarnya, jurusan yang bisa kerja di bank ini cukup mudah ditemukan. Jika kamu sendiri sedang kesulitan untuk menemukan jurusan perbankan mana yang paling cocok untuk kamu, kamu mungkin bisa mencari beberapa rekomendasi sekolah perbankan yang menarik di luar negeri. 

Di luar negeri, ada banyak juga sekolah perbankan yang banyak menghasilkan lulusan yang sukses dan dibutuhkan di pasaran. Oleh karena itu jangan ragu untuk mengambil jurusan ini, karena selain bisa bekerja di Indonesia kamu juga bisa bekerja di bank-bank luar negeri yang lebih mentereng.

Teknik informatika

Jurusan lain yang tidak kalah menarik perhatian perusahaan-perusahaan perbankan adalah jurusan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Informatika merupakan jurusan yang banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan masa kini. Hal ini disebabkan karena anak-anak yang berasal dari Teknik Informatika cenderung dianggap lebih menguasai teknologi yang saat ini sedang berkembang pesat.

Sebagai anak teknologi informatika, biasanya kamu akan bertanggung jawab mengenai pembangunan aplikasi dan juga produk-produk digital yang saat ini sedang santer senternya dibuat oleh bank-bank nasional. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa masuk ke bagian back office yang tidak berhubungan dengan teknologi sama sekali lho!

Hanya saja ketika kamu akan mendaftar ke jurusan Teknik Informatika, salah satu modal yang wajib kamu miliki adalah kemampuan berpikir analitis dan logis. Kamu akan diminta untuk belajar dan bekerja secara sistematis. Hal ini jugalah yang menjadi salah satu alasan mengapa Teknik Informatika cukup banyak dibutuhkan dalam bidang perbankan.

contoh teks text paragraf kalimat
Jurusan yang Bisa Kerja di Bank

Ilmu ekonomi

Jurusan yang tidak kalah penting dan wajib kami rekomendasikan untuk kamu yang ingin bekerja di bidang perbankan adalah jurusan ilmu ekonomi. Jurusan ilmu ekonomi akan sangat dibutuhkan untuk melakukan analisis pasar.

Jurusan ini biasanya akan bertugas untuk membangun produk mana yang sesuai dan menguntungkan bagi perusahaan serta melakukan analisis terhadap kondisi politik dalam negeri dan luar negeri. 

Jurusan akuntansi

Jurusan terakhir yang akan kami rekomendasikan jika kamu ingin lebih mudah masuk ke perusahaan perbankan adalah jurusan akuntansi. Tentu saja tidak perlu ditanyakan lagi bukan mengapa jurusan ini sangat kami rekomendasikan bukan?

Tentunya jurusan akuntansi memang sangat berhubungan dengan keuangan dan juga perbankan. Hal inilah yang menyebabkan tenaga mereka tak dihargai pada bidang keuangan seperti bidang perbankan ini.

Sesungguhnya, ada banyak sekali jurusan yang memungkinkan kamu untuk bekerja di dunia perbankan. Artinya bukan hanya 11 jurusan yang bisa kerja di bank yang bisa bekerja di bank ya!

Apakah Lulusan SMK Bisa Kerja di Bank ?

Bisa. Tapi status magang/kontrak 1-2 tahun dan sulit untuk dijadikan karyawan tetap. Bank bakti BCA, kriya mandiri, bina BNI misalnya, tiap tahun selalu ada lowongan untuk magang sebagai FL / CS.

Apakah Lulusan Selain yang Disebutkan Diatas, Bisa Bekerja di Bank ?

Bisa. Bank biasanya menerima sarjana fresh graduate dari semua jurusan untuk program Management Trainee nya. Biasanya, lulusan-lulusan eksakta seperti Teknik, MIPA, dan Statistik akan diarahkan untuk menjadi Credit Analyst. Sedangkan jurusan lainnya ditempatkan pada divisi marketing.

Bagaimana Rasanya Bekerja di Bank ?

Pada awalnya, bekerja di bank itu rasanya bangga. Bayangkan ketika anda bekerja dengan pakaian rapi, di dalam ruangan ber AC, gajian tidak pernah telat, ada THR, ada berbagai cuti yang bisa diambil, punya berbagai fasilitas kesehatan dan dihargai orang khususnya nasabah bank.

Namun industri perbankan merupakan industri yang berkaitan dengan kepercayaan masyarakat dan uang. Akibatnya, banyak aturan main yang harus dipatuhi. Jadi ada SOP untuk semua kegiatan operasional kerja. Segalaa jenis fraud (pelanggaran) SOP bisa dikenai sanksi, mutasi, downjob/turun jabatan, pemecatan bahkan penjara.

Di sini, beban pekerjaan di bank mulai terasa. Untuk karyawan marketing, ada target yg harus dicapai. Kalau berhasil, ada bonus yg menunggu. Tapi kalau tidak, akan ada surat reminder agar anda meningkatkan kinerja supaya target bisa tercapai.

Tekanan kerja karyawan marketing disebabkan mereka harus berhadapan dengan banyak pihak. Atasan, bagian operasional, nasabah, internal audit, audit OJK, dan bagian terkait lainnya. Kalau anda orangnya well organized, senang akan tantangan, silakan. Yang pasti, anda harus siap2 dengan regulasi yang harus dihadapi.

jurusan kuliah yang bisa kerja di kantoran

Apakah Bekerja di Bank Gajinya Stabil ?

Kalau gaji sih memang stabil dan cenderung naik tiap tahunnya mengikuti inflasi, beda cerita kalo total penghasilan. Khususnya di divisi sales selalu ada yang namanya target dan insentif yang bisa jadi penambah penghasilan, dan kadang jauh lebih besar daripada gaji kita, bisa 5-20 kali dari gaji sebulan untuk staff marketing yang sangat berprestasi.

Banyak lagi jurusan-jurusan lain yang bisa kamu setuju jika ingin bekerja di bagian perbankan. Tapi jika kamu ingin peluang yang lebih besar, akan lebih baik jika kamu mempersiapkan diri untuk menempuh jurusan pendidikan sesuai dengan yang sudah kami bahas sebelumnya


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Komentar / Pertanyaan