Contoh Jawaban Interview Mengapa Kami Harus Memilih Anda

Sesi wawancara kerja merupakan tahapan krusial dalam penentuan apakah diterima atau tidak. List pertanyaan sudah disipakan tim HRD personalia. HRD akan membutuhkan jawaban interview mengapa kami harus memilih Anda yang paling jelas, sehingga Anda harus memikirkan jawabannya terlebih dahulu sebelum mengikuti wawancara kerja.

Pertanyaan ini memang sering membuat calon kandidat merasa gugup, sehingga tidak sedikit dari mereka yang hanya bisa memberikan jawaban-jawaban singkat dan tidak jelas. Untuk mengatasi akan hal itu, di sini kami akan membagikan beberapa tips dan contohnya.

7 Tips Jawaban Interview Mengapa Kami Harus Memilih Anda

Pada dasarnya, pertanyaan mengapa kami harus memilih Anda ini termasuk salah satu poin penting pada saat wawancara kerja. Sebab, melalui pertanyaan ini pihak HRD dapat lebih mudah untuk memutuskan apakah akan menerima Anda atau tidak. Selain itu, pertanyaan ini juga bertujuan untuk mencari tahu tentang keahlian dan keterampilan yang ada dalam diri masing-masing pelamar kerja.

Jawaban Interview Mengapa Kami Harus Memilih Anda

Untuk menghindari kegugupan berlebih yang dapat membuat Anda menjawabnya dengan gagap, Anda perlu memikirkan jawabannya dulu sejak sebelum hari wawancara kerja tersebut tiba. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh setiap pelamar kerja untuk menjawab pertanyaan ini dengan benar, dan beberapa tips tersebut adalah:

1. Jelaskan Keahlian dan Keterampilan dalam Diri dengan Baik

Poin paling penting yang akan diperhatikan oleh para HRD adalah keahlian serta keterampilan yang ada dalam diri masing-masing kandidat. Maka dari itu, jawaban dari pertanyaan ini harus bisa menunjukkan keahlian serta keterampilan dalam diri Anda secara jelas. Jelaskan secara rinci bahwa keahlian serta keterampilan tersebut sesuai dengan posisi kerja yang sedang dibutuhkan perusahaan.

Selain itu, jelaskan juga bahwa keahlian serta keterampilan tersebut dapat memberikan keuntungan yang lebih besar terhadap perusahaan yang bersangkutan. Rangkai jawaban ini dengan menggunakan susunan bahasa yang jelas dan padat, sehingga pihak HRD dapat lebih memahami isi dari jawaban tersebut.

2. Jelaskan Riwayat Pendidikan dan Pengalaman Kerja yang Sesuai

Bagi para fresh graduate, mereka bisa menjelaskan riwayat pendidikannya sesuai dengan posisi kerja yang sedang dibutuhkan perusahaan tersebut. Sementara untuk para pelamar kerja yang sudah memiliki pengalaman di bidang yang sama sebelumnya, mereka bisa memberikan jawaban yang menunjukkan bahwa pengalaman tersebut dapat memberikan keuntungan bagi pihak perusahaan.

Cara ini sering dikatakan sebagai cara yang cukup kreatif untuk menarik perhatian pihak HRD. Dengan begitu, pihak perekrut dapat lebih mempertimbangkan kemungkinan untuk menerima Anda bekerja di perusahaan tersebut.

Mengapa Kami Harus Memilih Anda

3. Tunjukkan Keunikan yang Ada dalam Diri Anda

Setiap individu pasti akan memiliki keunikan yang berbeda-beda, sehingga Anda bisa menunjukkan keunikan ini pada saat menjawab salah satu pertanyaan wawancara kerja tersebut. Sebab, ada banyak pesaing lainnya yang juga menginginkan serta membutuhkan posisi kerja tersebut. Jadi, Anda harus memiliki keunikan tersendiri yang dapat membuat pihak HRD semakin yakin dengan kemampuan Anda.

Semakin sesuai keunikan yang ada dalam diri Anda dengan posisi kerja yang dilamar, hal ini dapat meningkatkan peluang untuk Anda diterima bekerja di perusahaan tersebut. Dalam hal ini, keunikan tersebut dapat dibuktikan dengan sertifikat tertentu, sehingga HRD bisa lebih yakin dengan keunikan yang ada dalam diri Anda tersebut.


4. Hindari Jawaban Klise

Tips lain untuk menjawab pertanyaan ini adalah menghindari jawaban klise yang dapat membuat pihak HRD enggan untuk menerima Anda. Jawaban klise sering diremehkan oleh beberapa orang, padahal jawaban ini dapat berakibat fatal pada saat wawancara kerja. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat jawaban klise itu sendiri memiliki kesan yang tidak jelas.

Jawaban klise tidak bisa menunjukkan potensi yang dimiliki para kandidat, sehingga HRD akan merasa tidak yakin untuk menerimanya bekerja di perusahaan. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa jawaban yang dilengkapi dengan bukti nyata akan lebih dipertimbangkan oleh pihak HRD maupun perusahaan itu sendiri.

5. Sampaikan Hal-Hal yang Tidak Ada di CV

CV atau Curriculum Vitae adalah salah satu jenis dokumen penting yang harus disiapkan sebelum melamar pekerjaan di sebuah perusahaan tertentu. Di dalam dokumen ini akan tersedia beragam jenis informasi penting terkait para pelamar kerja, mulai dari nama lengkap, umur, alamat, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, hingga keterampilan dalam diri masing-masing kandidat.

Meski begitu, ada beberapa hal lain juga yang biasanya tidak sempat dicantumkan ke dalam CV. Maka dari itu, para pelamar kerja bisa menjelaskan tentang beberapa hal tersebut pada saat wawancara kerja. Yang terpenting, beberapa hal tersebut masih sesuai dengan pertanyaan yang sedang diajukan serta posisi kerja yang dilamar.

Kenapa Perusahaan Harus Memilih Anda

6. Menunjukkan Hasil Karya yang Ada

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, jawaban yang dilengkapi dengan bukti nyata akan lebih menarik perhatian pihak HRD maupun perusahaan, sehingga Anda juga bisa menunjukkan hasil karya selama menjawab pertanyaan ini. Namun, jangan menunjukkan hasil karya yang tidak sesuai dengan posisi kerja tersebut, karena ini akan membuat pihak HRD berpikir 2 kali untuk menerima Anda bekerja di perusahaannya.


Nantinya, hasil karya ini bisa diberikan bersamaan dengan portofolio yang telah disiapkan oleh setiap kandidat. Jadi, pihak HRD dapat menilai sendiri apakah kelebihan Anda tersebut bisa memberikan keuntungan kepada pihak perusahaan.

7. Tunjukkan Hasil Riset Anda terkait Kondisi Bisnis Perusahaan di Masa Kini

Sebelum mengikuti wawancara kerja di sebuah perusahaan tertentu, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk mencari tahu tentang kondisi bisnisnya pada saat itu. Sebab, sebagai pelamar kerja Anda juga harus mengetahui tentang latar belakang perusahaan tersebut. Selain itu, cara ini juga dapat membuat pihak HRD mengetahui keseriusan Anda dalam melamar pekerjaan tersebut.

Dengan memberi jawaban seperti ini, pihak HRD dapat lebih melihat antusias dalam diri Anda untuk bekerja di perusahaannya. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menunjukkan hasil riset terkait kondisi bisnis perusahaan di masa kini pada saat menjawab pertanyaan ini.

jawaban interview Apa Rencana Anda 5 Tahun ke Depan

Contoh Jawaban “Kenapa Perusahaan Harus Memilih Anda” yang Tepat

Baik pihak HRD maupun perusahaan akan membutuhkan alasan yang tepat untuk memilih Anda sebagai salah satu karyawannya. Maka dari itu, salah satu pertanyaan yang akan diajukan dalam wawancara kerja adalah mengapa kami harus memilih Anda. Untuk menghindari jawaban yang salah, Anda bisa menyimak salah satu contoh jawabannya berikut ini:

Dari apa yang sudah saya pelajari selama ini, saya dapat mengasumsikan bahwa perusahaan ini sedang mencari sosok yang dapat menangani masalah pelanggan dengan cepat dan efektif. Dalam hal ini, saya memiliki pengalaman dalam menangani masalah pelanggan yang berakhir dengan baik. Jadi, saya berpikir posisi kerja ini cocok dengan keahlian dan keterampilan yang ada dalam diri saya.

Editor Choices :

Sampai di sini saja pembahasan kita mengenai jawaban interview mengapa kami harus memilih Anda, dan kami berharap artikel ini dapat membantu banyak orang dalam menjawab segala jenis pertanyaan yang diberikan pada saat wawancara kerja secara lebih mudah.

Komentar / Pertanyaan