Lebih Penting Akreditasi Kampus atau Jurusan ?

Banyak yang harus dipersiapkan sebelum mendaftar di sebuah perguruan tinggi, salah satunya adalah mencari informasi lengkap seputar kampus dan akreditasi yang dimiliki. Akreditasi kampus yang tinggi mencerminkan kualitas kampus tersebut, namun mana yang lebih penting akreditasi kampus atau jurusan?

Mengenal Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi

Akreditasi adalah standar nilai dan mutu dari suatu lembaga pendidikan yang telah ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi adalah bentuk dari upaya pemerintah untuk memberikan standar pada kualitas lulusan suatu perguruan tinggi.

Tidak hanya perguruan tinggi saja yang perlu memiliki akreditasi namun setiap program studi juga perlu mendapatkan akreditasi. Akreditasi pada perguruan tinggi mencangkup keseluruhan sistem yang ada pada suatu perguruan tinggi.

Lebih Penting Akreditasi Kampus atau Jurusan

Secara dasar, akreditasi perguruan tinggi adalah rata-rata dari akreditasi seluruh jurusan dan program study dari perguruan tinggi tersebut. Tidak lupa, sistem dan manajemen dari perguruan tinggi juga menjadi pertimbangan yang krusial untuk nilai akreditasi perguruan tinggi.

Sedangkan akreditasi program studi mencangkup mutu dan kualitas pada sistem pembelajaran, materi, dan hasil lulusan di sebuah program studi. Oleh karena itu, akreditasi pada program studi juga sangat penting untuk diketahui sebelum memilih jurusan yang akan diambil.

Sponsored Link

Mengapa Akreditasi Perguruan Tinggi Penting?

Akreditasi kampus sangat penting untuk diperhatikan karena mewakili citra dan penilaian kampus atau suatu perguruan tinggi tersebut. Beberapa alasan berikut ini menjadi faktor pendukung pentingnya sebuah akreditasi kampus yang akan Anda pilih:

  • Cerminan Lembaga Pendidikan

Akreditasi merupakan cerminan dari kualitas pendidikan di suatu program studi dan juga perguruan tinggi. Program studi dan perguruan tinggi yang memiliki akreditasi tinggi tentu memiliki kualitas yang baik pula. Sehingga para calon mahasiswa tidak perlu ragu memilih kampus dengan akreditasi tinggi.

  • Standar Mutu Pendidikan

Semakin tinggi akreditasi suatu perguruan tinggi dan program studi maka semakin baik pula kualitas sistem pendidikannya. Jika Anda memilih jurusan dengan akreditasi A makan Anda akan terjamin untuk mendapatkan pendidikan dengan lingkungan yang bagus dan relevan.

  • Persyaratan Mendaftar Pekerjaan di Institusi Pemerintah

Terkhusus bagi Anda yang memiliki cita-cita untuk bekerja di sebuah institusi pemerintah, maka Anda perlu memperhatikan juga akreditasi pada perguruan tinggi. Sebab persyaratan melamar pekerjaan di institusi pemerintah memerlukan ijazah dari perguruan tinggi negeri dengan minimal akreditasi B.

  • Persyaratan Mendaftar Pekerjaan di Perusahaan

Tidak hanya di institusi pemerintahan, namun beberapa perusahaan tertentu juga menerapkan minimal akreditasi sebagai persyaratan bagi para pendaftar. Hal ini berkaitan dengan mutu dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dihasilkan dari para lulusan perguruan tinggi dengan akreditasi yang baik.

Perusahaan swasta atau BUMN dan multinasional memberikan batasan akreditasi dengan minimal akreditasi B. Maka jika Anda merupakan lulusan dari perguruan tinggi dengan akreditasi diatas B, Anda dapat mencoba melamar pekerjaan di perusahaan swasta.

  • Daya Saing Lulusan Terjamin

Perguruan tinggi dan program studi yang telah memiliki akreditasi baik pasti memiliki sistem belajar yang telah berstandar global. Saat perkuliahan berlangsung, para mahasiswa akan mendapatkan materi dan sistem pembelajaran berstandar internasional yang diajarkan langsung oleh pengajar berkualitas.

kuliah
Young students learning,library bookshelves on background

Memahami Pentingnya Akreditasi Program Studi

Untuk mengetahui lebih penting akreditasi kampus atau jurusan, Anda juga perlu mengetahui pentingnya akreditasi jurusan atau program studi yang akan Anda ambil dalam perkuliahan. Akreditasi jurusan dengan akreditasi kampus berbeda sehingga Anda perlu mengetahui keduanya dengan baik.

Sebagai contoh, sebuah perguruan tinggi di suatu daerah memiliki akreditasi A untuk kampus, sedangkan jurusan sosiologi pada kampus tersebut akreditasinya masih B. Hal yang demikian perlu diketahui agar tidak salah dalam memilih jurusan dan kampus nantinya, tujuan akreditasi program studi adalah:

1. Menentukan layak tidaknya sebuah program studi berdasarkan dari kriteria yang telah ditetapkan dan mengacu pada Standar Nasional Perguruan Tinggi.

Sponsored Link

2. Akreditasi menjamin mutu dan kualitas dari sebuah program studi di perguruan tinggi baik di bidang akademik maupun non akademik secara eksternal. Gunanya untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat yang terlibat.

3. Menjamin lulusan yang memiliki kualitas dan mutu terbaik sumber daya manusia, sehingga siap untuk terjun di dunia kerja.

Universitas Tertua Di Indonesia

Akreditasi Tanpa Diperpanjang atau Akreditasi Otomatis

Berdasarkan apa yang disebutkan dalam pasal 6 tentang Perguruan Tinggi, jangka waktu berlakunya akreditasi untuk program studi maupun perguruan tinggi adalah lima tahun. Akreditasi yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

BAN-PT dapat melakukan perpanjangan kembali waktu akreditasi untuk lima tahun ke depan tanpa menggunakan surat permohonan perpanjangan akreditasi, hal tersebut sesuai dan berdasarkan pada kebijakan kampus merdeka.

Namun perpanjangan jangka waktu dilakukan berdasarkan dari evaluasi yang dilakukan oleh kementerian atau laporan masyarakat terkait dugaan pelanggaran atau penurunan mutu dalam proses pembelajaran pendidikan tinggi yang tidak terjadi.

Selama jangka waktu tersebut, peringkat dari akreditasi yang telah diberikan pun dapat ditinjau kembali oleh BAN-PT. Penurunan peringkat akreditasi dapat dilakukan apabila terdapat beberapa kondisi yang perlu dipertimbangkan karena berpengaruh pada penurunan mutu seperti berikut ini;

Demikianlah penjelasan mengenai akreditasi kampus dan jurusan yang perlu Anda ketahui. Kesimpulan untuk menjawab lebih penting akreditasi kampus atau jurusan, jawabannya adalah keduanya sama-sama penting dan berpengaruh kualitas pendidikan yang akan Anda dapatkan di masa perkuliahan.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
Sekolah Kedinasan Tanpa Tes Fisik
Universitas di Jakarta Selatan
Prospek Kerja Teknologi Hasil Pertanian
Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis
Prospek Kerja Teknik Geologi untuk Wanita
prospek kerja teknik kimia