9 Universitas Termahal di Indonesia yang Perlu Diketahui

Universitas atau perguruan tinggi adalah tempat melanjutkan pendidikan setelah lulus dalam jenjang SMA maupun SMK. Berbagai universitas tersedia baik Negeri maupun swasta yang tersebar di hampir seluruh daerah di Indonesia.

Bagi pelajar yang akan melanjutkan pendidikan tentu harus memilih universitas yang tepat untuk mendapatkan masa depan yang lebih cerah.

Memilih universitas tentu harus menyesuaikan dengan budget yang tersedia, pasalnya beberapa kampus memiliki biaya yang cukup mahal.


Daftar Universitas Termahal Di Indonesia

Beberapa universitas termahal di Indonesia tersebut tidak terlepas dari kualitas pendidikan dan fasilitas lengkap yang diberikan. Sehingga Anda perlu menyesuaikan biaya dengan kemampuan yang dimiliki untuk memilih perguruan tinggi.

Daftar Universitas Termahal Di Indonesia

Beberapa kampus terkenal memiliki biaya yang mahal, namun juga diimbangi dengan kualitas pendidikan yang baik. Anda bisa melihat beberapa daftar kampus berikut ini untuk menjadi perbandingan dalam memilih kampus di masa depan.

Sponsored Link

Universitas Negeri dengan Biaya Tertinggi di Indonesia

Universitas Negeri memiliki kebijakan dari pemerintah mengenai Uang Kuliah Tunggal atau UKT. UKT sendiri adalah biaya tunggal per semester yang dibebankan kepada mahasiswa tanpa perlu membayar biaya tambahan lainnya. Namun beberapa universitas Negeri berikut memiliki UKT tertinggi di Indonesia.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung adalah salah satu perguruan tinggi Negeri tertua di Indonesia. ITB terkenal dengan jurusan teknik yang memiliki kualitas pendidikan serta lulusan terbaik. Maka tidak heran jika biaya kuliah di ITB memiliki tarif UKT yang cukup mahal.

ITB memiliki dua kategori pilihan pendidikan yaitu Sekolah Manajemen dan Bisnis (SBM) dan Non- Sekolah Manajemen dan Bisnis (Non-SBM). UKT untuk mahasiswa yang memilih jalur non-SBM mencapai 10 juta rupiah per semester. Sedangkan UKT untuk mahasiswa kategori SBM non-reguler mencapai 20 juta per semester.

2. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Institut pertanian Bogor merupakan salah satu perguruan tinggi Negeri Pertanian terbaik di Indonesia. ITP memiliki tiga kelompok studi yaitu kelompok sosial ekonomi, kelompok sains dan teknologi, serta kedokteran hewan dan bisnis. Masing-masing kelompok studi memiliki biaya 5 golongan UKT berdasarkan ekonomi.

Untuk kategori kelompok sosial ekonomi biaya UKT mulai dari 0 rupiah hingga 9 juta per semester. Kelompok sains dan teknologi biaya UKT mulai dari 6 juta hingga 10 juta per semester. Sedangkan kelompok kedokteran dan bisnis memiliki biaya UKT mulai dari 7 juta hingga 11 juta per semester.

3. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Universitas Termahal di Indonesia ketiga adalah ITS. Beban biaya UKT di Institut Teknologi Sepuluh November dibagi ke dalam 5 golongan berdasarkan pendapatan orang tua.

Mulai dari golongan pertama yaitu 500 ribu per semester untuk pendapatan di bawah 1 juta rupiah per bulan. Hingga golongan kelima yang termahal mencapai 7,5 juta rupiah per semester untuk golongan pendapatan diatas 6 juta per bulan.

4. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga adalah Universitas Negeri yang terkenal di daerah Surabaya. Perguruan tinggi Negeri ini sudah terkenal dengan akreditasi A dan lulusan terbaiknya. Maka tidak heran jika biaya UKT di Universitas Airlangga masuk dalam kategori termahal di Indonesia.

UKT di Universitas Airlangga yang paling mahal mencapai 20 juta per semester untuk jurusan kedokteran. Sedangkan untuk jurusan lain mencapai 2,4 juta bagi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa pendidikan atau bidik misi dari pemerintah.

Universitas termahal di Indonesia

Universitas Swasta Termahal di Indonesia

Tidak hanya universitas Negeri saja yang memiliki biaya pendidikan yang cukup mahal, beberapa universitas swasta berikut ini juga cukup populer dengan biaya yang tertinggi. Berikut daftar universitas swasta dengan biaya kuliah  termahal yang perlu diketahui:

a. President University

Universitas Termahal di Indonesia ke lima adalah Presiden University. President University adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang terkenal sebagai salah satu kampus termahal di Indonesia. President University terletak di daerah Jababeka, Cikarang Kabupaten Bekasi.

Kampus ini sudah cukup populer sebagai kampus elit yang bergengsi. Pasalnya biaya untuk kuliah di jenjang sarjana mencapai 30 juta per semester diluar biaya-biaya lainnya.

Biaya keseluruhan untuk kuliah di perguruan tinggi ini mencapai 300 juta lebih hingga lulus atau 10 semester. Namun biaya tersebut sebanding dengan fasilitas lengkap yang diberikan dan kualitas pendidikan yang terbaik.

Tidak heran juga jika kebanyakan mahasiswa yang kuliah di President University berasal dari golongan orang kaya. Lingkungan yang ada di president university sendiri bisa dikatakan global. anda diwajibkan untuk bergaul dengan komunitas mahasiswa internasional. Ada program Enterpreunership juga yang tertera di LoA peserta.

b. Swiss German University

Swiss German University terletak di daerah Serpong, Tangerang terkenal sebagai kampus internasional yang cukup populer. Kampus ini masuk ke dalam kategori kampus termahal kedua di Indonesia dengan biaya kuliah mencapai 28 juta per semester. Tentu saja dilengkapi dengan fasilitas terbaik dan juga menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran.

Tidak hanya itu, Swiss German University juga terkenal dengan dosen dan pembelajar dari luar Negeri. Kebanyakan dari mahasiswa kampus ini berasal dari golongan orang kaya dan juga artis-artis terkenal yang sanggup membayar biaya kuliah yang tinggi tersebut.

c. Universitas Ciputra

Universitas Ciputra terkenal dengan mayoritas lulusannya yang sukses sebagai pengusaha. Kualitas dan mutu yang diberikan oleh Universitas Ciputra sebanding dengan biaya kuliah yang dibebankan. Biaya kuliah di perguruan tinggi ini mencapai 16 juta per semester dan menjadi urutan ketiga kampus termahal di Indonesia.

d. Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang juga memiliki biaya termahal di Indonesia. Biaya kuliah mencapai 15 juta per semester masuk ke dalam urutan keempat termahal setelah Universitas Ciputra. Banyak artis dan public figure yang melanjutkan pendidikannya di Universitas Pelita Harapan.

e. Universitas Trisakti

Universitas yang dikenal dengan almamater biru tuanya yang menggema pada saat masa reformasi tahun 1998 ini termasuk dalam Universitas Swasta yang cukup mahal lhoh.

Yap, Universitas Trisakti memang dikenal sebagai universitas dengan biaya kuliah masuk yang cukup mahal di Indonesia. Trisakti ini berada pada urutan ke-5 untuk perguruan tinggi swasta termahal di Indonesia.

Perguruan tinggi swasta ini terletak di pusat kota Jakarta tepatnya di kawasan Grogol yang padat perkotaan. Berada di lokasi strategis yang menjadi pusat kegiatan bisnis, pusat ekonomi, dan pusat politik nasional menjadikan Universitas Trisakti salah satu Universitas termahal di Indonesia.

Universitas termahal di Indonesia

Beban biaya kuliah di Universitas Trisakti mencapai 9 juta hingga 12 juta rupiah per semester. Biaya tersebut belum termasuk biaya tambahan seperti uang almamater dan biaya ujian per semester. Besarnya biaya kuliah sebanding dengan mutu pendidikan yang diberikan oleh Universitas Trisakti.

Hal apa yang paling disukai dari berkuliah di Universitas Trisakti?

1. Dosen kompeten dan sliweran di TV sebagai narasumber
2. Tempat nongkrong di kampus yang asyik
3. Saat suasana politik sedang hangat, bisa dirasakan di kampus
4. Kuliner sambel ijo mbak Tari sangat legendaris
5. Gema (Gelanggang Mahasiswa)
6. Tempat wisuda yg keren mantap

Setelah mengetahui biaya-biaya kuliah dari Universitas termahal di Indonesia bisa menjadi acuan dalam memilih kampus pilihan. Sesuaikan kemampuan biaya dengan kondisi keuangan agar dapat terus membayar biaya kuliah per semester.

Tetapi Anda juga bisa mengajukan beasiswa untuk mendapatkan keringanan bahkan biaya kuliah gratis. Pilihlah kampus sesuai dengan jurusan yang kalian minati.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp
Tinggalkan komentar


Trending Topics
Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat
Prospek Kerja Teknologi Pangan
aplikasi presentasi selain power point
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Sampah