8 Universitas Swasta di Medan yang Murah dengan Kualitas Pendidikan Bagus

Melanjutkan pendidikan tinggi di bangku kuliah seringkali harus tertunda karena biaya kuliah yang sangat mahal. Universitas swasta di Medan yang murah mungkin bisa menjadi solusi untuk permasalahan tersebut. Universitas mana saja yang biaya kuliahnya murah? Berikut daftar rekomendasi universitas dengan biaya kuliah murah.

Rekomendasi Universitas di Medan dengan Biaya Kuliah Murah

  • STIKOM Medan

Universitas swasta di Medan dengan Akreditasi B ini bisa menjadi rekomendasi untuk Anda yang mencari perguruan tinggi dengan biaya studi bulanan tidak terlalu besar. Dana pendidikan yang perlu Anda siapkan setiap bulannya sekitar Rp 400.000 dengan syarat dan ketentuan.

STIKOM Medan memiliki dosen-dosen berkualitas untuk membimbing para mahasiswanya. Dilengkapi juga dengan sarana dan ruang praktik yang lengkap untuk memaksimalkan kemampuan mahasiswa.

kampus PTS universitas swasta di medan yang murah biayanya
  • Al-Azhar Medan

Universitas Al-Azhar di daerah Kwala Bekala, Medan termasuk salah satu pilihan favorit karena keringanan biaya pendidikannya. Perguruan tinggi swasta ini bahkan memberikan program pinjaman biaya pendidikan yang mempermudah mahasiswa mendapatkan dana pendidikan tanpa jaminan dan bunga.

Terdapat 8 program studi yang ada di universitas Al-Alzhar Medan. Program studi yang bisa diikuti antara lain akuntansi, agroteknologi, manajemen, ilmu hukum, teknik sipil, teknik industri, teknik mesin, dan teknik elektro. Serta ada kelas karyawan atau kelas malam di Universitas Al-Azhar Medan.

  • Politeknik LP3I Medan

Politeknik LP3I Medan merupakan salah satu perguruan tinggi favorit, bukan karena kualitas akreditasi kampus melainkan biaya pendidikan yang ditawarkan tidak terlalu besar. Selain itu, LP3I juga menjadi kampusnya mahasiswa yang ingin langsung kerja setelah lulus.

LP3I memberikan pengalaman kerja selama 2 tahun untuk mahasiswa yang telah tamat sebagai bekal mencari pekerjaan lain. Program studi di LP3I Medan sendiri ada Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik.

  • STBA-PIA Medan

Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia atau STBA-PIA merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Medan yang patut untuk diperhitungkan bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan bahasa asing dengan biaya kuliah yang tidak terlalu besar.

STBA-PIA ini memang menjadi kampus yang lebih fokus ke bahasa asing. Didirikan berkat kerjasama dari kampus-kampus dan negara-negara di Asia, STBA-PIA memiliki dua program studi yaitu English Literature dan Chinese Literature.

  • STMIK Potensi Utama

Rekomendasi kampus di Medan yang murah berikutnya adalah STMIK Potensi Utama. Memiliki 6 fakultas yang terdiri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Fakultas Seni dan Desain, Fakultas Hukum, Fakultas Politik dan Kependidikan, serta Fakultas Psikologi.


Selain biaya pendidikan yang cukup terjangkau, Potensi Utama juga menjadi salah satu kampus yang menyediakan kelas malam atau kelas karyawan. Bagi Anda yang sedang bekerja dan ingin melanjutkan pendidikan bisa mengambil kelas karyawan tersebut.

  • Universitas Prima Indonesia Medan (UNPRI)

Salah satu universitas swasta di Medan ini memiliki akreditasi B. Universitas Prima Indonesia (UNPRI) menjadi salah satu rekomendasi universitas swasta di Medan yang murah dengan program studi yang cukup banyak.

Pilihan program studi yang tersedia antara lain pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Dokter, Teknik Industri, Teknik Elektro, Psikologi, Pendidikan Dokter Gigi, Ilmu Hukum, Agroteknologi, Kebidanan, dan Ilmu Keperawatan.

  • Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

Pilihan berikutnya adalah Universitas Tjut Nyak Dhien Medan, mahasiswa dapat mengangsur biaya kuliah setiap bulannya dengan nominal yang dapat disesuaikan berdasar kemampuan finansial masing-masing mahasiswa.

Pendidikan yang diselenggarakan di kampus ini juga cukup terjangkau dengan berbagai bantuan dan keringanan yang disediakan untuk mahasiswa/i. Selain subsidi, ada juga bantuan keringanan biaya pendidikan sehingga bisa menjadi solusi untuk mereka yang ingin mengenyam pendidikan tinggi tetapi terkendala finansial.


  • Universitas Panca Budi

Universitas Panca Budi Medan masuk dalam rekomendasi universitas yang murah dengan akreditasi cukup bagus yaitu B. Universitas swasta ini menawarkan pendidikan untuk jenjang D3, S1, dan S2. Universitas Panca Budi juga memiliki kelas karyawan untuk Anda yang ingin melanjutkan pendidikan tetapi tetap bekerja.

Selain biaya studi bulanan yang lebih terjangkau, Anda bisa mengikuti pendidikan di universitas swasta di Medan ini tanpa batasan umur. Terdapat beberapa fakultas di UNP, antara lain Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Agama Islam, Fakultas Filsafat, dan Fakultas Pertanian.

universitas murah akreditasi A terbaik

Biaya Hidup di Medan

Bagi Anda yang berencana untuk melanjutkan studi di Medan, dapat menghitung perkiraan biaya hidup untuk seorang mahasiswa di kota tersebut. Berikut kisaran biaya hidup mahasiswa di Medan yang perlu Anda ketahui.

  • Biaya tempat tinggal

Jika pilihannya adalah kamar kos, maka biaya yang perlu disiapkan untuk tempat tinggal kurang lebih RP 2 juta – Rp 5 juta per tahun. Ada juga yang menggunakan sistem sewa bulanan dengan biaya per bulan sekitar Rp 300 ribu hingga Rp 600.000.

Namun untuk Anda yang ingin tinggal di rumah kontrakan, biaya sewanya sekitar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta per tahun. Harga sewa rumah kontrakan tergantung jumlah ruangan dan fasilitas di dalamnya.

  • Biaya makan

Bagi para mahasiswa bisa menghemat biaya makan dengan menggunakan jasa catering. Biasanya untuk biaya yang perlu dikeluarkan sekitar Rp 350 ribu hingga Rp 500 ribu per bulan. Setiap harinya akan diberi jatah makan 2 kali yaitu siang dan malam dengan paket lengkap yang terdiri dari nasi, sayur, dan lauk pauk lainnya.

— — —
Itulah beberapa rekomendasi universitas swasta di Medan yang murah dan kisaran biaya hidup untuk mahasiswa di kota ini. Tentunya untuk biaya hidup tergantung dari selera dan gaya hidup masing-masing orang.

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom, An engineer who loves to write about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. CP: Twitter | FB | IG

Logo DeckaRenas