Baca ▹ 5 menit

11 Universitas Tertua di Indonesia Sejak Era Proklamasi

Tahukah kamu Universitas tertua yang ada Indonesia? Apa saja keunggulan dari Universitas tersebut? Siap saja alumni mereka yang masuk ke deretan orang penting di Indonesia?

Dari beberapa pertanyaan tersebut, artikel ini berisi ulasan dan penjelasan tentang Universitas tertua di Indonesia yang tidak perlu kita ragukan lagi kualitasnya. Merekalah pionir perguruan tinggi di Indonesia yang sebagian besar dari mereka masih bertahan sampai saat ini.

Sejarah Pendidikan di Indonesia

Pendidikan formal di Indonesia dimulai sejak masa penjajahan oleh bangsa-bangsa Eropa yang singgah di Indonesia. Pada saat ini, karena kebanyakan dari mereka membawa serta keluarganya, sehingga banyak anak-anak yang ikut pindah dan bermukim di Indonesia. Pada awalnya, pendidikan di Indonesia dibuat khusus untuk para anak-anak penjajah yang jauh dari tanah asal mereka

Universitas Tertua Di Indonesia

Seiring dengan perkembangan masa, bangsa Indonesia perlahan mulai bangkit dengan adanya sekolah untuk anak-anak pribumi bangsawan dan orang kaya asli Indonesia. Kemudian, setelah beberapa puluh tahun kemudian, barulah pendidikan mulai di rasakan oleh para rakyat jelata biasa. Sayangnya, pendidikan yang mereka tempuh hanya baru sekedar pendidikan dasar saja.

Untuk menuntut ilmu yang lebih tinggi lagi, para anak-anak bangsawan harus pergi keluar negeri untuk belajar. Kebanyakan dari mereka memilih Belanda karena bangsa inilah yang paling lama menduduki Indonesia dan sedikit banyak mempengaruhi pendidikan di Indonesia.

Universitas Tertua Di Indonesia

Deretan Universitas Tertua di Indonesia

Dari ratusan universitas baik negeri maupun swasta, yang berstatus institute ataupun akademi, ada 10 Universitas tertua yang sudah ada sejak jaman dahulu.

advertisement

Universitas Islam Indonesia

Menjadi universitas negeri tertua di Indonesia yang secara resmi didirikan pada 8 Juli 1945 ini dahulunya memiliki nama Sekolah Tinggi Islam Jogjakarta. UII yang didirikan satu bulan sebelum kemerdekaan Indonesia ini awalnya didirikan di Jakarta kemudian pindah ke Jogjakarta.

Di halaman resminya, UII mengklaim dirinya sebagai pionir perguruan tinggi di Indonesia. Sebab, Universitas lain baru muncul beberapa tahun setelah UII dibuka. Berlokasi di  Jl. Kaliurang Km. 5 Krawitan, Ngemplak, Sleman Jogjakarta, perguruan tinggi negeri ini meraih posisi ke 17 menurut riset dari Kemenristekdikti di tahun 2019. Selain itu, PTN ini juga berada di posisi 500 sebagai universitas terbaik di seluruh dunia

Siapa yang meresmikan UII?

Bung Hatta. Pidato peresmian UII kala itu:
“di Sekolah Tinggi Islam ini akan bertemu agama (religion) dengan ilmu (science) dalam kerjasama yang baik untuk membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat”

Universitas Gadjah Mada

Bagi para penggemar bapak presiden Joko Widodo, tentu tidak asing lagi dengan universitas yang satu ini. Menjadi salah satu universitas tertua di Indonesia, UGM didirikan pada 19 Desember 1949, atau 4 setengah tahun setelah UII muncul.

ads

UGM menjadi satu-satunya universitas yang ada di Indonesia dengan jumlah fakultas dan jurusan program studi terbanyak di Indonesia. Jika ditotal, terdapat 18 fakultas dan sekolah pasca sarjana serta sekolah vokasi.

UGM juga menjadi salah satu Universitas favorit yang paling diincar oleh para calon mahasiswa dari seluruh Indonesia. Selain karena memiliki prodi yang beragam, lokasinya di Jogjakarta juga sering kali menjadi pilihan karena biaya hidup di daerah UGM yang cukup terjangkau.

Apa kelebihan dari UGM?

Lokasinya di Jogja, Biayanya hidup MURAH, Warga asli sangat ramah, Dekat dengan banyak tempat wisata, Akses transportasi mudah, Sangat banyak menyediakan beasiswa, Lulusan nya di “perhatikan” para HRD

Universitas Indonesia

Sejarah awal mula berdirinya universitas di Indonesia tidak dapat terlepas dari sekolah tinggi buatan Belanda yang dikhususkan untuk para anak-anak penjajah Belanda serta kaum bangsawan terpandang di Indonesia. Sebelum berubah nama pada tahun 1950 menjadi Universitas Indonesia, perguruan tinggi ini dulunya memiliki nama Djawa School Batavia.

UI memang menjadi salah satu universitas tertua. Namun, karena kemunculannya yang masih menggunakan embel-embel nama Belanda, Universitas ini baru diakui sebagai salah satu PTN negeri milik Indonesia 5 tahun sejak Indonesia merdeka.

advertisement

Sudah sejak dulu, universitas ini masuk menjadi universitas andalan dan menjadi favorit bagi para calon mahasiswa seluruh Indonesia. Ada banyak pula tokoh-tokoh penting yang menjadi alumninya seperti; MenKeu Sri Mulyani, Ketua MPR Puan Maharani, dan mantan MenKes Siti Fadilah Supari.

Apa keunggulan jadi mahasiswa UI?

UI memiliki bus kuning yang gratis untuk semua mahasiswa dan umum yg berhenti di setiap fakultas, Memiliki kartu mahasiswa yang bisa multi tapcash sekaligus, Beraktifitas lebih aman karena ada yang namanya PLK semacam polisi UI, WIFI UI gratis di semua gedung di UI, Ruang terbuka hijau yang luas dan bnyak danau, Sudah dilengkapi jalur khusus pejalan kaki/sepeda, Banyak beasiswa setiap tahun

Universitas Airlangga

Di posisi selanjutnya, Universitas yang terletak di kota Surabaya ini masuk menjadi salah satu universitas lama di Indonesia. Unair didirikan pada 10 November 1954 dan menjadi satu-satunya Universitas yang berada di sisi timur pulau Jawa.

Memiliki sejarah yang hampir mirip dengan Universitas Indonesia, perguruan tinggi ini awalnya merupakan sekolah tinggi buatan Belanda yang bernama Nederlandsch Indische Artsen School (NIAS). 105 tahun setelah sekolah tersebut berjalan, akhirnya pada tahun 1954 diubah menjadi Universitas formal Indonesia.

Perguruan tinggi ini lebih banyak terfokus pada bidang Sains dan Teknologi sehingga menawarkan beberapa jurusan unggulan. Akan tetapi, ada beberapa jurusan favorit yang sering menjadi rebutan para calon mahasiswa yang meliputi:

ads
  1. Kedokteran
  2. Manajemen
  3. Psikologi
  4. Akuntansi
  5. Ilmu Hukum

Apa saja warung/resto yang enak di sekitar kampus Unair?

Ayam kremes kampus B, Warung bu city, Seblak aulia, Sego krenyes di dalam gubeng airlangga II, Ayam penyet gubeng kertajaya, Nasi Bebek sebelah alfamidi, Sate depan FH, Tahu telur depan FEB, Mie yamin FIB, Bakso pak sabar.

Makanan disekitar Kampus C Universitas Airlangga :
Ke Galaxy Mall, ada daun lada, pancious, kitchenette, sushi tei, gyukaku, kintan buffet, kimukatsu, pizza hut, hachi hachi, marugame, fish & co, bon cafe, lind cafe, nona manis, djournal, starbucks, greenly, crunchaus, bakmi gm, chopbuntut, table 101, dll

Universitas Hasanudin

Menjadi universitas pertama yang didirikan di luar Jawa, Universitas Hasanudin berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan No.KM.10, Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar. Kampus ini juga memiliki sebutan kampus merah karena hampir di setiap bangunannya memiliki warna merah sebagai warna ikon dari PTN ini.

Beberapa alumni penting juga dilahirkan setelah menimba ilmu di Universitas ini. Nama-nama berikut kebanyakan berfokus pada dunia politik Indonesia seperti Mantan Presiden RI Jusuf Kalla, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, dan Syamsu Rizal.

Beberapa jurusan berikut juga menjadi jurusan terfavorit dengan jumlah peminat yang cukup banyak di setiap penerimaan mahasiswa barunya:

advertisement
  1. Pendidikan Kedokteran
  2. Kesehatan Masyarakat
  3. Akuntansi
  4. Ilmu Keperawatan
  5. Manajemen

Universitas Padjajaran

Berlokasi di Kabupaten Sumedang Jawa Barat, Unpad didirikan pada tanggal 11 September 1957. Unpad memiliki jurusan kedokteran terbaik dibandingkan universitas negeri lainnya.

Lokasinya yang masih berada di sekitaran Bandung membuat Unpad memiliki yang masih sejuk khas udara Bandung. Selain itu, biaya hidup selama di Unpad tergolong cukup murah jadi cocok buat kamu yang ingin tetap hemat selama kuliah di luar kota.

Universitas Tertua Di Indonesia

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

ITS menjadi perguruan tinggi tertua selanjutnya yang didirikan pada 10 November 1957 sebagai bentuk peringatan terhadap peristiwa di 10 November di Surabaya. ITS memiliki jurusan yang terfokus pada bidang teknik terutama teknik kelautan, perpipaan, serta sipil.

PTN ini sangat cocok bagi para lulusan SMK yang sudah mengambil jurusan teknik sebelumnya. Oleh karenanya, universitas ini dipercaya bisa menghasilkan lulusan siap kerja dan bersaing di dunia pekerjaan. Selain itu, ITS memiliki akreditasi PTN yang sempurna yakni A.

ads

Institut Teknologi Bandung

Resmi didirikan pada 02 Maret 1959, siapa yang tidak kenal dengan perguruan tinggi yang satu ini. ITB menghasilkan lulusan berkualitas dan berkompeten di bidangnya seperti Pengusaha Aburizal Bakrie, Bupati Achmad Husen, Menpan Azwar Abubakar, dan Direktur BNI Achmad Baiquni.

Berikut ini adalah jurusan yang paling banyak diminati selama SBMPTN

  1. Teknik pertambangan dan perminyakan
  2. Teknik Elektro & Informatika
  3. Teknik Sipil & Lingkungan
  4. Teknik Industri

Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro berada di wilayah pinggiran kota Semarang perbukitan. Wilayahnya yang berada di daerah perbukitan membuat kampus ini terasa cukup sejuk dibanding dengan udara panas pertengahan kota Semarang.

Undip biasanya dipilih karena jurusan pendidikan yang menjadikan para lulusannya menjadi calon guru yang berkompeten dan berkualitas. Dari 11 pilihan fakultas yang ada, fakultas pendidikannya lah yang memiliki jumlah peminat SBMPTN terbanyak dari tahun ke tahun.

advertisement

Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya atau UB didirikan di kota Malang pada tanggal 5 Januari 1953. Terdapat lebih dari 45 jurusan sains teknologi dan 28 jurusan sosial yang bisa dipilih oleh para calon mahasiswa ini. Jurusan sainstek menjadi jurusan dengan peminat paling banyak yang meliputi jurusan kedokteran, peternakan, dan agroteknologi.

UB juga menetaskan beberapa tokoh penting di dunia politik dan asosiasi di Indonesia yang meliputi Djarot Saiful Hidayat, Budi Setyarso, serta La Nyalla Mattaiti.

Institut Pertanian Bogor

IPB menjadi satu-satunya Universitas Tertua di Indonesia yang berfokus pada bidang pertanian dan menjadi PTN nomor satu terbaik menurut Kemenristekdikti tahun 2020. Diresmikan pada tanggal 1 September 1963, IPB berhasil mengeluarkan lulusan terbaik di bidangnya seperti Mantan Presiden SBY serta Mantan Menteri Pertanian Anton Apriyantono.

Kenapa IPB disebut IPB University?

Alasan kenapa dipilih kata University, didasari dari pemikiran bahwa IPB berkembang dan menawarkan prodi yang lebih banyak dan luas, dari waktu ke waktu. Nama singkat yaitu IPB, juga akan memberikan ruang lebih luas untuk berasosiasi dengan hal-hal yang bersifat kekinian dan modern.

advertisement
Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp


CEO / Author

CEO DeckaRenasAzkayra Jihan S.Kom
An engineer who loves to write about anything especially about education, lifestyle, movies, tech stuff and popular science. Learn something new and pretty good in digital literacy.
Kontak: TwitTer | FaceBook | InstaGram