6 Universitas Swasta Jurusan Tata Boga di Jakarta

Bagi yang punya bakat memasak dan punya cita-cita sebagai seorang koki atau barista, maka belajar di perguruan tinggi jurusan tata boga merupakan pilihan yang tepat. Saat ini, sudah ada beberapa universitas swasta jurusan tata boga di jakarta yang menyediakan kelas culinary berstandar internasional.

Jurusan tata boga sendiri merupakan program studi yang mempelajari seputar culinology, hospitality, dan gastronomy. Lulusan dari jurusan ini diharapkan dapat memiliki keterampilan sebagai seorang chef handal yang mampu menyajikan aneka hidangan berkualitas tinggi.

Kenapa Memilih Jurusan Tata Boga?

Setiap orang tentu punya alasannya masing-masing saat mereka memutuskan untuk masuk jurusan tata boga, misalnya karena alasan hobi ataupun karena ajakan dari seorang teman. Namun, selain itu ada banyak alasan lagi yang menjadikan kenapa jurusan tata boga itu dilirik banyak orang. Berikut di antaranya:

universitas swasta jurusan tata boga di jakarta

1. Prospek Kerja Sangat Luas

Tak seperti jurusan lain yang sulit mengembangkan keahliannya di dunia kerja, jurusan tata boga justru sangat mendukung peningkatan keahlian dari masing-masing tenaga ahli. Hal inilah yang menjadikan prospek kerjanya luas.

Seorang chef profesional justru banyak diperebutkan di berbagai perusahaan maupun di berbagai bidang, misalnya:

  • Perusahaan industri
  • Kepal pesiar
  • Restoran
  • Instansi pemerintahan
  • Hotel & resort
  • Perusahaan makanan
  • Cafe dan bar
  • Toko kue

2. Belajar Secara Menyenangkan

Sebagian besar waktu yang dihabiskan jurusan tata boga ialah di dapur. Aktivitas yang tersedia pun tidak hanya masak-masak saja, melainkan juga berkesempatan untuk icip-icip makanan begitu  masakan yang kita buat selesai!

Bagi yang hobi berkreasi, kalian juga dapat terus mengembangkan inovasi terkait pengembangan resep dan cita rasa masakan baru. Bahkan, memadukan antara aneka makanan tradisional dengan makanan khas western.

3. Ilmu yang Didapatkan Lengkap

Mahasiswa jurusan tata boga tidak hanya mempelajari terkait pengolahan makanan saja, namun juga belajar tentang ilmu lain yang berhubungan dengannya.

Beberapa ilmu tersebut meliputi:

  • Ilmu bahan pangan
  • Mikrobiologi pangan
  • Pengetahuan alat pengolahan
  • Ilmu kewirausahaan
  • Pengolahan roti
  • Akomomdasi perhotelan
  • Teknologi bumbu dan rempat
  • Teknik pengawetan makanan
  • Ilmu dasar gizi
  • Perilaku konsumen
  • Manajemen perenc
  • Seni kuliner
  • Ilmu kesehatan
  • Akuntansi dasar

4. Tersedia Berbagai Pilihan Kampus

Memang, kampus jurusan tata boga baik itu negeri ataupun swasta masih terbilang langka di Indonesia tidak seperti jurusan populer lainnya. Hal ini dikarenakan minat terhadap jurusan ini cukup sedikit.


Walau begitu, hampir di semua kota besar di Indonesia tersedia jurusan ini. Misalnya universitas swasta jurusan tata boga di Jakarta juga sudah ada yang terakreditasi BAN-PT, dan ada juga yang hanya berperan sebagai “culinary school”.

Daftar Universitas Swasta Jurusan Tata Boga di Jakarta & Sekitarnya

Berikut kami tampilkan rincian daftar universitas swasta jurusan tata boga di Jakarta dan sekitarnya yang melingkup Jabodetabek, Banten, & Jawa Barat yang bisa kalian masuki nantinya:

syarat masuk jurusan tata boga

1) Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyediakan program studi pendidikan tata boga tentang kuliner, restoran, hotel, katering, dan pastry. Dengan status akreditasi A, tentu fasilitas yang ditawarkan pun tidak main-main.

Di Jakarta, satu-satunya universitas negeri yang menawarkan jurusan tata boga hanya di UNJ. Karena itu, setiap tahunnya pasti kelas selalu penuh akan pendaftar baru.

JenisKeterangan
Nama Perguruan TinggiUniversitas Negeri Jakarta
Tipe Perguruan TinggiPTN (Perguruan Tinggi Negeri)
Program StudiPendidikan Tata Boga
StrataS1
No. SK9584/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VII/2021
Akreditasi BAN-PTA
Lokasi (Kota)Jakarta

2) Pradita Institute

Pradita Institute merupakan perguruan tinggi favorit yang berada di Tangerang, Banten. Dengan biaya kuliah mulai dari Rp 10 juta per semester, kalian sudah bisa mendapatkan paket pembelajaran yang lengkap seputar tata boga.


Di universitas swasta ini, para pengajarnya sudah terjamin profesional dan aktif yang akan membimbing setiap mahasiswa agar memiliki skill kompetensi sesuai dengan konsep pembelajaran yang diterapkan selama masa kuliah.

JenisKeterangan
Nama Perguruan TinggiPradita Institute
Tipe Perguruan TinggiPTS (Perguruan Tinggi Swasta)
Program StudiSeni Kuliner
StrataD3
No. SK2036/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/IV/2021
Akreditasi BAN-PTBaik
Lokasi (Kota)Tangerang, Banten

3) Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Tidak semua perguruan tinggi “pariwisata” di Indonesia yang memiliki program studi yang berkaitan dengan tata boga yakni manajemen patiseri.

Namun tidak halnya di STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) Bandung yang telah terakreditasi A ini. Di kampus yang di bawah pengawasan Kementrian Pariwisata ini, para mahasiswa dapat belajar tentang segala hal yang berkaitan dengan manajemen patiseri (pastry dan bakery).

JenisKeterangan
Nama Perguruan TinggiSekolah Tinggi Pariwisata Bandung
Tipe Perguruan TinggiPTN (Perguruan Tinggi Negeri)
Program StudiManajemen Patiseri
StrataD3
No. SK954/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/I/2020
Akreditasi BAN-PTA
Lokasi (Kota)Bandung

Daftar Universitas Swasta Jurusan Tata Boga di Kota Lainnya

Bagi kalian yang tinggal di selain kota di atas, silakan untuk mendaftar di salah satu universitas jurusan tata boga berikut ini:

syarat masuk jurusan tata boga

1) Universitas Negeri Malang

Bisa dibilang, Universitas Negeri Malang saat ini menjadi sekolah tinggi terbaik di Indonesia yang menawarkan prodi tata boga.

Tak hanya fasilitasnya yang sangat lengkap, mata pelajaran yang didapatkan pun sudah berstandar internasional. Jadi begitu lulus, maka kalian sudah bisa bekerja di restoran lingkup global. Menarik bukan?

JenisKeterangan
Nama Perguruan TinggiUniversitas Negeri Malang
Tipe Perguruan TinggiPTN (Perguruan Tinggi Negeri)
Program StudiTata Boga
StrataD3
No. SK2391/SK/BAN-PT/AK-ISK/Dipl-III/IV/2022
Akreditasi BAN-PTUnggul
Lokasi (Kota)Malang

2) Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia pun tak kalah dengan Universitas Negeri Malang baik dari sisi fasilitas, dosen pengajar, dan kualitas pembelajarannya.

Bahkan, jenjang pendidikan yang ada pun sudah S1. Dengan begitu, nantinya para lulusan jurusan tata boga dari kampus ini akan mendapatkan gelar berupa S.Pd. (Sarjana Pendidikan).

JenisKeterangan
Nama Perguruan TinggiUniversitas Pendidikan Indonesia
Tipe Perguruan TinggiPTN (Perguruan Tinggi Negeri)
Program StudiPendidikan Tata Boga
StrataS1
No. SK1677/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/III/2020
Akreditasi BAN-PTA
Lokasi (Kota)Bandung

3) OTTIMMO International Mastergourmet Academy

OTTIMMO merupakan sekolah khusus kuliner dan hotel berskala internasional yang didirikan oleh PERITA Foundation yang merupakan bagian dari Italian Gastronomic.

Walau pada awalnya dibangun hanya sebagai learning center, namun saat ini OTTIMMO sudah berkembang menjadi sebuah akademi berkelas internasional dan sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT.

JenisKeterangan
Nama Perguruan TinggiAkademi Kuliner Dan Patiseri Ottimmo Internasional
Tipe Perguruan TinggiPTS (Perguruan Tinggi Swasta)
Program StudiSeni Kuliner
StrataD3
No. SK375/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/III/2019
Akreditasi BAN-PTB
Lokasi (Kota)Surabaya

Catatan:


Terkait status akreditasi BAN-PT yang kami tampilkan pada masing-masing rincian tabel di atas, kami sesuaikan berdasarkan data resmi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang menggunakan 2 mekanisme penilaian:

  • Peringkat akreditasi A, B, C dilakukan untuk PTN maupun PTS yang menggunakan sistem instrumen akreditasi 7 standar yang merupakan sistem lama.
  • Peringkat Unggul, Baik Sekali, Baik digunakan untuk akreditasi yang sudah menggunakan IAPT 3.0 dan IAPS 4.0

Ketentuan di atas didasarkan pada Peraturan BAN-PT No. 1 Tahun 2020 pada pasal 1 Nomor 8. Karena itulah penulisan akreditasi masing-masing sekolah berbeda.

Apakah Lulusan SMA IPS bisa masuk jurusan Tata Boga?

Salah satu teman sekelas saya sewaktu SMA lolos di salah satu universitas negeri di Bandung jurusan tata boga melalui jalur SBMPTN. Kuncinya, skor anda harus cukup untuk masuk jurusan tersebut.

Itulah beberapa universitas swasta jurusan tata boga di Jakarta dan beberapa kota lainnya yang perlu kalian ketahui. Apakah kalian tertarik untuk masuk ke salah satu di antaranya?

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom, An engineer who loves to write about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. CP: Twitter | FB | IG

Logo DeckaRenas