7 Universitas di Jakarta Selatan yang Spesial & Pasti Cocok

Melanjutkan jenjang ke Universitas merupakan salah satu pilihan yang kerap dipilih oleh para siswa lulusan sekolah menengah. Meskipun melanjutkan belajar ke universitas bukan hanya dikhususkan untuk para lulusan SMA atau SMK saja, kebanyakan dari mahasiswa baru yang masuk universitas adalah mereka yang baru saja lulus.

Tidak hanya para lulusan baru, melanjutkan ke universitas juga bukan hal yang tidak mungkin bagi mereka yang sudah mulai bekerja. Pasalnya, saat ini ada banyak Universitas di Jakarta Selatan baik PTN atau PTS yang menawarkan kuliah kelas karyawan. Program ini memang lebih dikhususkan bagi para karyawan yang hanya memiliki waktu akhir pekan saja untuk kuliah.

Bagi yang tinggal atau bekerja di wilayah Jakarta Selatan, saat ini ada berbagai macam pilihan perguruan tinggi negeri atau swasta yang bisa kamu pilih.


Universitas di Jakarta Selatan

Tentunya dengan memilih universitas yang dekat dengan tempat tinggal akan menghemat biaya transportasi untuk pulang pergi serta juga untuk lebih mengefektivitaskan waktu yang cukup singkat tersebut.

Agar tidak salah pilih dalam memilih universitas yang cocok, calon mahasiswa perlu melakukan survei dan perbandingan antara satu universitas dengan universitas lain. Pasalnya, bagi mereka yang mengambil jenjang Strata 1 atau S1 akan menghabiskan paling tidak 3.5 sampai 4 tahun untuk mendapatkan gelar tersebut.

advertisement

Hal yang Diperhatikan saat Memilih Universitas Di Jakarta Selatan

  • Nilai Akreditasi Universitas

Dalam memilih perguruan tinggi, penting bagi calon mahasiswa untuk mengetahui nilai akreditasi dari sebuah universitas. Akreditasi adalah sebuah tolak ukur bagi sebuah perguruan apakah memenuhi kompetensi dan sertifikasi yang sudah ditetapkan oleh sebuah lembaga. Akreditasi ini akan berpengaruh pada saat mencari pekerjaan.

  • Pilihan Program Studi

Saat mendaftar ke universitas, program studi sangat berpengaruh untuk mahasiswa menjalankan perkuliahan. Pilihlah program studi yang paling kita sukai dan cukup berpotensi untuk dibutuhkan di dunia kerja. Jangan memaksakan pada pilihan yang tidak disukai karena hanya akan membebani di kemudian hari.

  • Biaya Masuk Kuliah & Semesteran

Bagi yang sudah memiliki pekerjaan sendiri, biaya kuliah mungkin tidak terlalu berat. Akan tetapi, hal ini akan berbeda bagi mereka yang masih mengandalkan dari orang tua. Biaya kuliah dan semesteran akan berbeda antara satu prodi dengan lainnya. Prodi dengan banyak kegiatan praktik biasanya akan membutuhkan biaya yang lebih besar dari prodi lainnya.

Daftar Universitas Di Jakarta Selatan

kampus yang ada di jakarta selatan

Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Jakarta Selatan

Universitas negeri memang sering kali lebih banyak dipilih oleh para calon mahasiswa dan orang tua. Selain karena menambah nilai prestige atau gengsi, masuk sebagai mahasiswa PTN juga bisa mendapatkan kesempatan beasiswa yang lebih beragam dari pemerintah. Selain itu, biaya perkuliahan pun biasanya jauh lebih murah daripada PTS.

Berikut ini adalah daftar PTN di Jakarta Selatan

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ)

PTN yang secara resmi didirikan pada 21 Februari 167 ini menjadi satu-satunya Universitas Negeri yang ada di Jakarta Selatan. UPNVJ memiliki nilai Akreditasi Universitas B dan memiliki 7 pilihan jenjang strata 2,1, dan diploma 3 bagi mereka yang tertarik masuk ke universitas ini.

PTN ini memiliki total 7 fakultas seperti:

  1. Fakultas Ekonomi & Bisnis
  2. Fakultas Kedokteran
  3. Fakultas Teknik
  4. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
  5. Fakultas Ilmu Komputer
  6. Fakultas Hukum
  7. Fakultas Ilmu Kesehatan
  8. Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta (Polimedia)

Polimedia adalah satu-satunya politeknik yang berdiri di Jakarta Selatan setelah pengesahannya pada 8 Oktober 2008 oleh mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Politeknik yang memiliki 3 pilihan jurusan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan terbaik di bidang kreatif nasional.

Polimedia tidak hanya memiliki kampus utama di Jl. Srengseng Sawah, Jagakarsa Jakarta Selatan, namun juga memiliki kampus lain yang berlokasi di Medan dan Makassar. Pilihan jurusan yang ditawarkan antara lain Desain Grafis, Penerbitan, dan Teknik Grafika.

Perguruan Tinggi Swasta Di Jakarta Selatan

Daftar Perguruan Tinggi Swasta Di Jakarta Selatan

Meskipun perguruan tinggi negeri menjadi pilihan utama bagi sebagian besar calon mahasiswa, ada banyak pilihan universitas di Jakarta selatan yang berstatus PTS dan memiliki kualitas yang cukup baik.

Bahkan, ada beberapa PTS yang lebih unggul untuk beberapa prodi jika dibandingkan dengan PTN di Jakarta Selatan.

Berikut ini adalah daftar PTS terbaik yang di Jakarta Selatan:

Universitas Nasional Jakarta (UNAS)

Sebagai salah satu universitas swasta tertua di Jakarta, UNAS didirikan pada 15 Oktober 1949. Kampus ini juga memiliki akreditasi A dari BANPT yang bisa dijadikan referensi untuk memilih PTS ini.

UNAS memiliki cukup banyak fakultas yang mencapai 9 Fakultas utama dan pilihan Strata 1, 2, dan Strata 3 pada program studi Ilmu Politik. Tidak mengherankan, kampus ini disebut-sebut menjadi salah satu kampus terbaik yang banyak dipilih oleh calon mahasiswa

SAE Institute

Di zaman yang semakin modern ini, kebutuhan akan lulusan di bidang kreatif hiburan memang cukup banyak. SAE Institute adalah salah satu perguruan tinggi cukup baru di Jakarta Selatan.

PTS ini sudah banyak didirikan di negara-negara lain yang mencapai 20 negara berbeda di seluruh dunia.

SAE Institute cocok untuk mereka yang tertarik di industri media kreatif karena menawarkan program studi yang berkaitan seperti Film, Animasi, Musik, serta Audio Engineering.

Pengajaran dan kurikulum yang diberikan tidak perlu diragukan lagi karena sangat cocok untuk dunia kerja di bidang industri hiburan.

Universitas Indraprasta PGRI Jakarta (Undagri)

Undagri merupakan salah satu universitas yang memiliki banyak program studi yang ditujukan untuk mendapat lulusan calon guru yang berkualitas. Seperti halnya universitas perguruan lainnya, universitas ini menawarkan berbagai prodi keguruan mulai dari jenjang S1, S2, dan doktoral.

Universitas Di Jakarta Selatan Untuk Kelas Karyawan

Daftar Universitas Di Jakarta Selatan Untuk Kelas Karyawan

Bagi karyawan yang sudah mendapat pekerjaan namun ingin menempuh pendidikan yang lebih tinggi, kini ada banyak pilihan yang bisa dilakukan.

Ada banyak PTN dan PTS yang membuka kelas karyawan khusus hari Sabtu dan Minggu saja atau di hari reguler di jam malam. Meskipun demikian, materi atau SKS yang diberikan di kelas karyawan tidak berbeda dengan kelas reguler pada umumnya.

Berikut adalah daftar Universitas di Jakarta Selatan yang menyediakan kelas karyawan terbaik:

  1. Universitas Nasional (UNAS)

UNAS tidak hanya membuka kuliah reguler untuk calon mahasiswanya namun juga kelas karyawan dengan pilihan biaya yang cukup terjangkau.

  1. Universitas Mercu Buana

Kampus ini bisa dibilang spesial. Meskipun kampus utamanya terletak di Jakarta Barat, Universitas Mercu Buana membuka kelas khusus di daerah Warung Buncit Jakarta Selatan dengan pilihan jenjang mulai dari strata 1,2, hingga 3.

  1. Universitas Trilogy Jakarta

Universitas ini memiliki dua prodi yang dikhususkan untuk karyawan yaitu prodi manajemen dan akuntansi untuk kelas malam pukul 18.20 – 21.00.

universitas di jakarta selatan

Bagaimana perjuangan kamu ketika mengambil kuliah kelas karyawan?

Yang pasti cape. Salut buat orang-orang yag pagi-sore kerja kemudian lanjut kuliah hingga jam 9-10 malam, di tambah rapat dikit buat organisasi.

Belum lagi di tambah tugas kuliah + tugas kantor yang belum selesai. Waktu tenaga udah asti terforsir tapi akan menjadi sebuah kebanggaan karena bisa biayain sendiri, punya pengalaman lebih dulu.

Apa rasanya ambil kuliah di jam malam / kelas karyawan?

Yang menyenangkan adalah pertukaran pengetahuan dan pengalaman akan sangat luas, dan nyata.

advertisement

Ini terjadi karena semua yang hadir pada suatu kelas adalah mereka yang menjadi karyawan dan memiliki pengalaman. Bila sesuatu yang disampaikan oleh fasilitator atau pengajar, yang kebanyakan adalah dosen dan bukan praktisi, berbenturan dengan kenyataan yang dialami oleh mahasiswa, suasana selanjutnya makin seru, karena bercampur dengan sikap “pokoknya seperti ini”.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp
Tinggalkan komentar