9 Universitas yang Memiliki Jurusan Ahli Gizi Akreditsi A

Bagi Anda yang baru lulus dari sekolah menengah ke atas, pasti saat ini sedang berpikir untuk memilih jurusan kuliah. Salah satu jurusan kuliah yang bisa Anda pilih adalah jurusan ahli gizi.

Bingung dimana kampus terbaik untuk memilih jurusan ini? Tenang saja, berikut ini ada artikel mengenai 9 universitas yang memiliki jurusan ahli gizi terbaik dengan akreditasi A yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.

Universitas yang Memiliki Jurusan Ahli Gizi

Apa yang Dipelajari di Jurusan Ahli Gizi?

Mungkin, saat ini Anda bertanya-tanya apa sih jurusan ilmu gizi itu. Anggapan tentang kemungkinan ini adalah jurusan yang ‘cewek’ banget mungkin membuat Anda sedikit bimbang.

Padahal, Anda harus tahu bahwa apa yang terkait dengan jurusan ahli gizi sama sekali tidak hanya berkutat soal makanan saja. Ada lebih banyak mata kuliah yang akan Anda pelajari dan semuanya dijamin sama pentingnya dalam mencari prospek kerja.

Adapun beberapa mata kuliah yang akan Anda pelajari di jurusan ahli gizi adalah ilmu gizi dasar, ilmu kimia dasar, hingga hubungan makanan dengan kesehatan dan penyakit pada tubuh manusia.

Memang tidak bisa dipungkiri, masuk ke jurusan ini berarti Anda harus mampu menghitung kalori dalam tubuh manusia. Tidak jarang, ada juga mata kuliah seperti food service, wisata kuliner, hingga pembuatan resep baru. Seru, bukan?

Universitas yang Memiliki Jurusan Ahli Gizi dengan Akreditasi A

Seperti yang sudah dibahas, pada intinya jurusan ilmu gizi adalah jurusan yang membuat Anda mempelajari hubungan antara makanan dengan kesehatan dan penyakit.

advertisement

Setelah mengetahui bahwa mata kuliahnya pun beragam, maka kini saatnya Anda menentukan ingin kuliah dimana. Daripada bingung, yuk simak tentang 9 universitas yang memiliki jurusan ahli gizi terbaik dengan akreditasi A, antara lain :

Universitas yang Memiliki Jurusan Ahli Gizi
  1. Universitas Indonesia

Kampus yang memiliki jurusan ahli gizi dengan akreditasi A pertama adalah Universitas Indonesia. Di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat, jurusan ini memiliki setidaknya 17 dosen tetap yang mana terdiri dari profesor / guru besar, doktor, hingga magister.

Maka tidak heran, para lulusan dari jurusan ini mampu bekerja di banyak bidang pelayanan kesehatan masyarakat, contohnya Dinas Kesehatan.

  • Universitas Gajah Mada

Kampus yang memiliki jurusan ahli gizi dengan akreditasi A kedua adalah Universitas Gajah Mada. Berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran, jurusan yang sangat terkenal di kampus yang ada di Jogja tersebut mampu mencetak banyak lulusan kompeten. Maka tidak heran, diperlukan seleksi ketat jika Anda ingin menempuh pendidikan disana ya.

  • Institut Pertanian Bogor

Kampus yang memiliki jurusan ahli gizi dengan akreditasi A ketiga adalah Institut Pertanian Bogor. Ada di bawah naungan Fakultas Ekologi Manusia, jurusan ini menargetkan para lulusannya untuk tidak hanya mampu secara teori gizi saja, tapi juga mampu berbagai dasar bidang ilmu linier lainnya.

  • Universitas Airlangga

Kampus yang memiliki jurusan ahli gizi dengan akreditasi A keempat adalah Universitas Airlangga. Berada di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat, jurusan ini menjadi salah satu paling banyak diminati di kampus yang ada di Surabaya ini.

advertisement

Beberapa hal yang wajib Anda pelajari di jurusan ini tidak hanya gizi saja, melainkan juga research, food service skill, hingga advocacy skill.

  • Universitas Diponegoro

Kampus yang memiliki jurusan ahli gizi dengan akreditasi A terakhir adalah Universitas Diponegoro. Berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran, jurusan ini memiliki dosen pengajar yang pendidikannya hanya boleh minimal S2. Jadi, tidak usah ragu lagi dengan kualitas pengajaran dari jurusan yang ada di kampus di Semarang ini.

  • Universitas Hasanuddin

Kampus yang memiliki jurusan ahli gizi dengan akreditasi A keenam adalah Universitas Hasanuddin. Ada di bawah bendera Fakultas Kesehatan Masyarakat, jurusan ini juga menjadi banyak incaran para mahasiswa di luar Jawa.

  • Universitas Brawijaya

Kampus yang memiliki jurusan ahli gizi dengan akreditasi A selanjutnya adalah Universitas Brawijaya di Malang. Jurusan ada di bawah naungan Fakultas Kedokteran dengan jumlah mahasiswa yang diterima per tahunnya hanya sekitar 100 orang saja.

  • Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Kampus yang memiliki jurusan ahli gizi dengan akreditasi A berikutnya adalah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Jurusan ahli gizi di kampus ini ada di bawah bendera Fakultas Ilmu Kesehatan. Dalam satu kali pendaftaran, daya tampung yang diberikan hanya sekitar 50 mahasiswa saja.

advertisement
  • Universitas Jenderal Soedirman

Kampus yang memiliki jurusan ahli gizi dengan akreditasi A terakhir adalah Universitas Jenderal Soedirman. Jurusan ini ada di dalam Fakultas Ilmu Kesehatan dan menjadi salah satu prodi dalam rumpun saintek yang memiliki daya saing paling tinggi / sulit di Indonesia.

Kenapa gula tidak memiliki persentase AKG?

Pada dasarnya gula adalah jenis karbohidrat. Gula perlu dicantumkan di tabel informasi gizi karena konsumsi gula yang berlebihan bisa meningkatkan resiko berbagai penyakit kronik.
Kemenkes RI menyarankan orang dewasa membatasi konsumsi gula paling banyak 4 sendok makan tiap harinya.

Bagaimana persektif Ahli Gizi tentang orang yang makan banyak tetapi tetap kurus?

Manusia mempunya 3 jenis tubuh yaitu ectomorph, mesomorph, dan endomorph
1. Tipe ectomorph mempunyai kemampuan metabolisme yang tinggi. Sehingga mudah untuk membakar apa saja makanan yang dimakan.
2. Tipe mesomorph memiliki metabolisme yang ideal, struktur tulang yang cukup besar dan otot yang besar.
3. Tipe endomorph memiliki tingkat metabolisme tubuh yang rendah sehingga berat badan mudah naik walau hanya makan sedikit makanan

Demikian ulasan mengenai 9 universitas yang memiliki jurusan ahli gizi terbaik dengan akreditasi A yang bisa Anda pilih untuk pendidikan Anda. Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda dan bisa jadi referensi pilihan pendidikan.

advertisement

Tinggalkan Komentar / Pertanyaan


Chief Executive Officer

CEO DeckaRenas A scientist who loves to write about anything especially about education, lifestyle, tech stuff and popular science. Learn something new and pretty good in digital literacy.
  Kontak: TwitTer | FaceBook | InstaGram