9 Download Buku Kuliah Gratis Bahasa Indonesia Terlengkap

Sedang mencari situs untuk download buku kuliah gratis bahasa indonesia? Tak perlu khawatir lagi, para mahasiswa bisa coba mengunjungi situs berikut untuk mencari buku yang diinginkan.

Banyak buku dalam Bahasa Indonesia dan juga Inggris yang bisa dibaca oleh pengunjung. Tak hanya itu, buku tersebut juga bisa diunduh untuk dibaca ketika offlne. Apa saja situs yang dimaksud?

download buku kuliah gratis bahasa indonesia

Situs Download Buku Kuliah Gratis Bahasa Indonesia

Pilihan pertama dan mungkin yang paling populer diantara para mahasiswa pemburu buku elektronik adalah Openlibrary. Seperti namanya, situs ini memiliki jutaan buku yang bebas diakses dan diunduh oleh para pengunjung dan anggota.

Untuk mencari judul buku dalam Bahasa Indonesia, si pemakai harus merubah pengaturan Bahasa yang tersedia. Cara lain adalah dengan langsung memasukkan judul buku.

Kelebihan dari Openlibrary adalah proyek terbuka; artinya, siapa saja bisa memberikan kontribusi pada situs tersebut. Database situs ini pun akan semakin besar setiap tahunnya. Tak heran, situs ini selalu menjadi rujukan pertama bagi para mahasiswa.

Tanpa mendaftar, sudah ada daftar e-book yang bisa diunduh. Mahasiswa yang mendaftar sebagai anggota akan mendapat akses ke lebih banyak e-book.

  • FreeBookSpot

Dengan membaca namanya, sudah bisa ditebak bahwa situs ini memberikan layanan untuk mencari e-book secara gratis. Tampilan awal situs ini menarik dan tersusun dengan rapi.

Di bagian kiri layar, pengunjung bisa melihat berbagai kategori buku. Fitur ini dapat memotong waktu pencarian buku yang diinginkan. Untuk bisa mengunduh buku yang diinginkan, calon mahasiswa cukup mengisi formulir.

FreeBookSpot tidak menarik biaya bulanan dari para anggota. Sebaliknya, situs ini akan memberitahu bila ada e-book baru yang bisa diunduh. Ketika melakukan pencarian, kolom pencarian tidak hanya mendeteksi judul, tapi juga penulis dan ISBN.

Meski terlihat sepele, fitur ini akan sangat membantu para mahasiswa yang hanya memiliki potongan informasi tentang buku yang mereka cari.

Ketika sedang mencari buku tertentu di mesin pencari, seringkali rekomendasi dari Google Books akan muncul. Calon mahasiswa bisa melihat potongan halaman dalam jumlah terbatas, terutama yang mengandung kata kunci khusus.

Menimbang bahwa pemain tak bisa mengunduh buku tersebut, banyak yang mengira bahwa Google Books tidak menyediakan situs khusus yang berisi ebook gratis.

Nyatanya, Google memiliki sebuah situs bernama Books.google.com yang membantu para anggotanya menemukan buku langka yang dicari. Untuk mendaftar, para calon mahasiswa hanya perlu memiliki akun Gmail saja.

Situs ini juga bisa diunduh dalam bentuk aplikasi dengan nama Play Books. Tidak semua buku dapat diunduh gratis. Sebagian buku dapat diakses setelah dibeli dengan harga terjangkau.

  • Aceh Books

Isi sebuah situs biasanya bisa ditebak dari namanya. Lalu dengan nama Aceh Books, apakah semua buku yang ada di situs ini hanya tentang Aceh? Tepat sekali.

Situs ini adalah sumber referensi yang baik bagi para calon mahasiswa yang sedang mempelajari tentang kota di ujung Indonesia ini. Koleksinya tak terbatas pada buku berbahasa Indonesia saja. Ada pula referensi dalam Bahasa Inggris dan Belanda.

Pembuatan situs Aceh Books dimulai pada tahun 2004, tak lama setelah bencana tsunami melanda kota tersebut. Banyak buku dan sumber belajar lain yang tersapu bersih.

Maka untuk menjaga keutuhan perpustakaan Aceh, banyak buku dikonversi menjadi bentuk e-book dan dikumpulkan dalam satu situs besar ini. Setidaknya ada 1200 buku yang bisa diakses oleh para anggota situs.

Adakah tips untuk membaca sebuah eBook?

Pilih ebook yang jumlah halamannya tidak terlalu banyak.
Gunakan fitur slide ke kanan untuk menuju halaman selanjutnya (paper curl).
Hindari hal-hal yang membuat kamu terdistraksi/hilang fokus.
Jangan memaksakan membaca ebook sampai habis bila sudah bosan.
Buat resume dari setiap ebook yang sudah selesai di baca.

Hampir sama dengan Aceh Books, situs download buku kuliah gratis bahasa indonesia yang berbasis di luar negri ini diprakarsai oleh sebuah misi mulia.

Seorang penulis buku bernama Bruce Hartman memiliki impian untuk membuat sebuah perpustakan online raksasa dimana siapapun bisa mendapatkan akses untuk membaca dan mengunduh buku elektronik tanpa berbayar sama sekali.

Nama situs tersebut adalah manybooks.net. Untuk mahasiswa yang suka berburu buku populer, daftarnya bisa ditemukan di bagian “download”. Selain itu, kolom pencarian juga tersedia dan bisa diatur untuk memilah berdasarkan judul, Bahasa atau nama penulis.

Semua kemudahan ini bersama dengan 30.000 lebih buku yang tersedia menanti para mahasiswa universitas manapun yang membutuhkannya.

advertisement
download buku kuliah gratis bahasa indonesia

Salah satu perpustakaan elektronik besar karya anak bangsa yang patut diapresiasi adalah Dunia Download. Untuk sebuah situs yang tak mengambil keuntungan apa pun, jumlah topik atau kategori yang tersedia cukup lengkap.

Para mahasiswa bisa mencari buku dalam topik novel, computer, pariwisata, resep, dan masih banyak lagi. Kategori ini dapat diakses di halaman awal situs.

Banyak situs ebook gratis yang mewajibkan para mahasiswa mendaftar sebelum proses pengunduhan bisa dimulai. Uniknya, Dunia Download tidak melakukan hal serupa.

Dengan status sebagai pengunjung situs pun, semua buku yang ada di situs tersebut bisa diunduh tanpa biaya. Bahkan, situs ini aktif mengadakan undian dengan hadiah buku versi asli yang akan dikirimkan ke alamat pemenang.

Ketika mahasiswa mencari referensi untuk tugas kuliah, buku bukan satu satunya sumber yang valid. Tak jarang mereka juga harus menyertakan artikel ilmiah untuk mendukung tugas tersebut.

Jika ini yang mahasiswa cari, maka situs yang paling tepat adalah Z-library. Situs ini memiliki basis di berbagai benua, memungkinkan pencarian dalam berbagai Bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Untuk bisa mengunduh tanpa batas, para mahasiswa hanya perlu mendaftar tanpa biaya bulanan. Cukup ketikkan judul buku atau potongan kata yang mahasiswa ingat. Hasil yang muncul akan secara otomatis disortir berdasarkan tahun terbit, mulai dari yang paling baru sampai yang paling lawas.

Sulit mencari situs yang menyediakan buku dan artikel dalam Bahasa Indonesia? Coba untuk mengunjungi situs LIPI. Singkatan ini berasal dari kata Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Tujuan dari situs ini adalah menyediakan sumber ebook gratis untuk para pengguna internet tanpa perlu mendaftar dan tanpa meminta biaya tiap bulannya.

Dengan mengunduh buku berbahasa Indonesia, para mahasiswa akan lebih mudah memahami materi yang ada didalamnya. Karena itulah, situs LIPI sangat direkomendasikan untuk mereka yang sedang menjalani skripsi atau tugas akhir.

Tidak menemukan buku yang dicari di situs LIPI? Coba beralih ke situs Indonesia ebook. Situs ini memiliki koleksi buku non-fiksi dan juga fiksi yang bisa menjadi pilihan untuk para mahasiswa.

Jangan heran jika ada buku karya penulis terkenal di situs ini. Para mahasiswa bisa mendapatkan versi Bahasa Indonesia dengan gratis tanpa tambahan biaya apapun. Menarik bukan?

Apa kelebihan eBook dibanding Buku Fisik?

– Membaca via Ebook bisa lebih betah
– Ringkas dan tidak berat
– I can read everywhere, anytime.
– paperless, lebih murah daripada buku asli, bahkan gratis versi Ebook nya.

Apa situs download eBook lainnya?

Project Gutenberg
Aplikasi LibriVox
NetGalley
Aplikasi iJakarta
iPusnas

Ebook reader apa yang paling enak dan berapa estimasi harganya?

Kalau punya dana cukup banyak (kisaran Rp 5 juta atau lebih), disarankan untuk beli ebook reader dari merk-merk terkenal seperti Kindle Oasis, Kobo Aura, Kobo Forma, dll.
Tapi kalau kamu tidak punya banyak budget, Boyue Likebook bisa jadi alternatif yang sangat baik, dengan harga Rp 3,5 juta.

Kenapa ebook reader (Kindle atau Kobo) tidak populer di Indonesia?

Karena membaca buat sebagian besar orang Indonesia tergolong kebutuhan tersier. peringkat literasi (minat baca) indonesia berada di ranking 60, dari 61 negara.

Cepat atau lambat, para mahasiswa yang sekarang sedang duduk di bangku kuliah akan membutuhkan berbagai buku pendukung. Tak jarang, buku yang dibutuhkan tidak tersedia di perpustakaan kampus.

Maka kalian harus mencari cara lain agar bisa mendapatkan buku tersebut. Pilih salah satu situs download buku kuliah gratis bahasa indonesia diatas ya!

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest