11 Jurusan Kuliah yang Paling Santai & Mudah Dimasuki

Memilih jurusan memang bukan sesuatu yang mudah dan bisa diputuskan dalam hitungan jam bahkan hari. Butuh waktu berhari-hari, berminggi-minggu untuk bisa memutuskan ingin mendaftar ke jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat.

Terlebih lagi saat ini sudah semakin banyak jurusan yang semakin membuat kita bingung. Selain memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat, tidak jarang beberapa calon mahasiswa ingin memilih jurusan kuliah yang paling santai. Memangnya ada?

Percaya atau tidak, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang tergolong santai dan mudah. Hal ini tentu akan menambah nilai plus bagi kamu yang ingin berkuliah namun tidak ingin terlalu merasa seperti sedang dipaksa untuk belajar.

Kamu bisa berkuliah dengan usaha yang tidak perlu kamu paksakan secara ekstra untuk bisa lulus. Tingkat kesantaian dan kemudahan jurusan ini tergantung pada tugas, aturan jurusan, kesulitan mata kuliah, dan lainnya.

Untuk menentukan jurusan kuliah apa yang cocok untuk kamu ambil, alangkah baiknya jika kamu memahami tentang beberapa hal yang sangat penting untuk dijadikan acuan.

Beberapa hal tersebut yaitu potensi diri, passion yang kamu miliki, biaya kuliah yang dikeluarkan, peluang kerja, dan pastikan kamu memilih jurusan bukan karena ikut-ikutan teman ya!

Sebenarnya ada beberapa jurusan kuliah yang memang tergolong santai namun tetap memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Mungkin jurusan-jurusan yang seperti ini akan sangat cocok kamu yang  ingin berkuliah dengan suasana yang santai dan menyenangkan.

jurusan kuliah yang paling santai gampang dipelajari dan mudah dimasuki

Rekomendasi Jurusan Kuliah Yang Paling Santai.

Menjalani perkuliahan yang santai pasti menjadi idaman bagi setiap mahasiswa. Dengan kondisi yang santai, mahasiswa akan lebih bisa menikmati dan enjoy dengan kehidupan perkuliahannya.

Memilih jurusan kuliah yang santai dan mudah memang sagat perlu dilakukan, pasalnya saat ini banyak sekali mahasiswa yang merasa tertekan dengan perkuliahannya dan akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidup dengan bunuh diri atau hal berbahaya lainnya.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, berikut ini beberapa daftar jurusan kuliah yang paling santai:

  • Jurusan Sastra Asing

Jurusan Sastra Asing tergolong dalam jurusan yang paling santai dan mudah, beberapa jurusan Sastra Asing yaitu Sastra Inggris, Sastra Arab, Sastra Jepang, Sastra Mandarin, dan jurusan Sastra Asing lainnya.

Kenapa dikatakan santai? Hal ini dikarenakan proses perkuliahannya berlangsung cukup santai dan fleksibel. Tak heran jika mahasiswa Sastra Asing dikenal dengan tipikal orang yang santai dan happy.

  • Jurusan Sastra Indonesia

Selain Sastra Asing, Sastra Indonesia ternyata juga menjadi salah satu jurusan yang paling santai lo. Bisa dilihat dari mahasiswa-mahasiswa Sastra Indonesia yang berkuliah dengan santai, mulai dari pakaian, barang bawaan, dan cara bicaranya sudah sangat santai. Proses perkuliahannya juga terkenal sangat santai dan seru loh. Pembahasannya tidak melulu terkait dengan rumus maupun teori.

  • Jurusan Sastra Daerah

Jurusan Sastra sepertinya terkenal dengan jurusan yang santai ya? Mulai dari Sastra Asing, Sastra Indonesia, dan bahkan Sastra Daerah menjadi pilihan untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku kuliah namun tidak ingin masuk ke jurusan yang berat dan memusingkan. Berkuliah di jurusan Sastra memang terkenal dengan proses perkuliahan yang berjalan dengan sangat santai.

  • Jurusan Pariwisata

Sudah tidak bisa diragukan lagi kesantaian yang ada di jurusan Pariwisata. Sesuai dengan namanya, jurusan ini terkenal dengan jurusan yang hanya berisi tentang liburan, jalan-jalan, dan mengeksplorasi tempat-tempat wisata.

Dengan kegiatannya yang mayoritas dilakukan di lapangan, jurusan ini akan terasa sangat santai karena proses perkuliahan dilakukan dengan jalan-jalan diluar kelas. Selain mendapat ilmu, kita juga bisa berkunjung ke beberapa destinasi pariwisata yang menarik.

  • Jurusan Perhotelan

Masih berhubungan dengan dunia pariwisata, jurusan perhotelan juga paling diminati oleh mereka yang ingin berkuliah di jurusan yang santai. Dengan memilih jurusan perhotelan, kamu bisa mengenal dan mengunjungi beberapa hotel ternama yang akan membuatmu merasa takjub. Proses perkuliahannya pun biasanya dilakukan diluar kelas juga lho! Dijamin tidak akan membuatmu merasa bosan.

  • Jurusan Pendidikan Jasmani atau Olahraga

Nah buat kamu yang hobi berolahrga dan menyukai kegiatan-kegiatan diluar ruangan, jurusan yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu. Mayoritas perkuliahan dilakukan secara praktik diluar ruangan.

Kamu bisa mempelajari berbagai macam jenis olahraga yang bahkan sebelumnya belum pernah kamu coba. Tak heran jika guru Olahraga selama ini dikenal sebagai guru yang paling santai ya!

  • Jurusan Ilmu Sejarah

Nah jika kamu adalah seseorang yang tidak hobi atau tidak menyukai kegiatan di luar kelas atau sistem perkuliahan yang di dominasi oleh kegiatan praktik, maka jurusan ini akan sangat cocok untukmu. Kamu hanya perlu duduk di dalam kelas dan memperhatikan dosen menjelaskan tentang Ilmu Sejarah secara santai.

  • Jurusan Pendidikan Sosiologi

Jurusan Pendidikan Sosiologi terkenal dengan proses penyelesaian kuliah yang cukup cepat, banyak sekali mahasiswa jurusan ini yang mampu menyelesaikan pendidikannya kurang dari 4 tahun. Hal ini dikarenakan proses perkuliahan dan mata kuliah yang ada terkenal sangat santai dan cukup mudah karena berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

  • Jurusan Antroplogi

Jurusan Antropologi termasuk salah satu jurusan  yang memungkinkan mahasiswanya untuk lebih sering kuliah di luar kelas dalam waktu yang cukup lama.

Bahkan mahasiswa diharuskan untuk menetap selama beberapa waktu disebuah daerah dengan tujuan agar mampu mengetahui jejak-jejak kebudayaan dan tradisi yang ada di masa lampau. Seru sekali bukan!

  • Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan jurusan yang selalu ada hampir di semua perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Mata kuliah yang diajarkan di jurusan ini dinilai cukup santai dan sangat menarik, beberapa diantaranya adalah public speaking, fotografi, desain dan animasi, membuat iklan, ataupun film. Semua mata kuliah bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan.

  • Jurusan Hukum

Program studi yang satu ini mungkin sudah menjadi jurusan yang paling diminati oleh calon-calon mahasiswa. Meskipun menjadi salah satu jurusan yang bisa dikatakan cukup santai, namun jebolan jurusan Hukum memiliki masa depan dan prospek yang sangat cemerlang.

Oleh karena itulah alasan kenapa jurusan hukum semakin bertambah peminatnya dari tahun ke tahun. Kamu bisa mempelajari tentang berbagai macam bentuk hukum dan praktek peradilan yang dijamin akan sangat menyenangkan.

Nah, itu dia beberapa daftar jurusan kuliah yang paling santai namun memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Beberapa keadaan mungkin tidak akan selalu santai, namun secara tidak langsung kamu akan menyelesaikan perkuliahan dengan cukup santai kok dibanding dengan jurusan yang lain.

Kenapa Kuliah dan Gelar itu Penting?

Kuliah artinya mengenyam pendidikan di lingkungan universitas. Apa yang bisa didapatkan dari berkuliah? Akses! Ini yang paling penting. DEngan kuliah, maka opsi kedepan makin banyak
Selain akses, kampus juga bisa memberikan network (relasi sesama teman kuliah, dengan dosen dan peneliti, dsb).
Setelah akses dan network, yang kamu dapatkan tentunya hardskill(keterampilan) dan softskil (pengembangan diri)

Apa Jurusan Kuliah yang Tidak Berguna?

Semua jurusan itu bermanfaat dan berguna, karena pembukaan awal sebuah jurusan di perguruan tinggi selalu diawali dengan analisa lapangan yang dipandang perlu dibuka jurusan/prodi baru, agar mampu menjawab tantangan di pasar/industri.

Jurusan Kuliah Apa yang Sulit Mendapatkan Pekerjaan

Ilmu Filsafat mempelajari tentang kaidah berpikir. Hanya sedikit instansi yang mempekerjakan lulusan filsafat, mungkin karena dianggap tidak siap dengan praktik di lapangan (alias hanya tau teori saja).

Bagaimana Rasanya Kuliah di Jurusan yang Sepi Peminatnya ?

1. Disepelekan Banyak Orang
2. Kesempatan Berkembang Lebih Besar Jika Bisa Memanfaatkannya
3. Solidaritas Mahasiswa dan Dosen Tinggi
4. Informasi Lomba atau Acara Mudah Diterima

Mana yang Lebih Baik, Kuliah Sambil Kerja, Kuliah Saja, atau Kerja Saja?

Kerja dan kuliah seakan menjadi dua hal yang penting bagi kemajuan hidup. Namun, menjalani keduanya secara bersamaan tidaklah mudah. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu tips kerja sambal kuliah dan mulai menerapkannya.
1. Buat prioritas dan tujuan yang jelas
2. Fokus dengan tujuan yang kamu ciptakan
3. Komunikasikan dengan orang terdekat
4. Manfaatkan masa cuti tahunan untuk belajar

Bagaimana Cara Lulus Kuliah Tepat Waktu?

1. Berteman dekat dengan kakak tingkat
2. Membuat target mata kuliah apa saja yang akan diambil tiap semesternya.
3. Belajar dengan sungguh-sungguh di semua mata kuliah yang diambil, jangan sampai ada mata kuliah yang harus mengulang semester.
4. Menjalin komunikasi / dekat dengan dosen

Tips buat anak SMA yang Bimbang memilih Jurusan Kuliah?

1. Awalnya kamu harus memikirkan pengen jadi apa, pengen ngapain atau pengen kerja apa nantinya.
2. Pikirkan disiplin ilmu yang kamu suka.
3. Tes kemampuan akademikmu.
4. Cari Kerabat/keluarga/tetangga/kakak kelas yang 1 jurusan, untuk dijadikan mentor.

Selain memiliki mata kuliah yang cukup sulit, jurusan lain juga memiliki beberapa aturan yang dinilai cukup mengekang dan menambah beban mahasiswanya. Baca juga: Prospek kerja Jurusan Aktuaria

Dengan banyaknya jurusan yang bisa kamu pilih dan perguruan tinggi yang sudah semakin banyak, semoga kamu bisa menentukan jurusan yang terbaik untuk masa depanmu ya!

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest