Gaji Lulusan Hukum Ekonomi Syariah dan 15 Prospek Kerjanya

Hukum ekonomi syariah merupakan sebuah jurusan di suatu perguruan tinggi yang mempelajari tentang hukum ekonomi yang berlandaskan Al Quran, Hadis Nabi, dan Ijtihad ulama sesuai aturan syariat islam. Lalu, berapakah gaji lulusan hukum ekonomi syariah yang membuat banyak lulusan SMA SMK tertarik untuk masuk jurusan ini?

Seperti yang kita tahu, akhir-akhir ini perkembangan ekonomi syariah di Indonesia maupun ruang lingkup global berkembang pesat. Hampir semua bidang ekonomi sudah berlabel syariah, mulai dari bank syariah, pegadaian syariah, pasar modal syariah, asuransi syariah, hingga e-wallet pun ada yang sudah berlabel syariah.

Oleh sebab itu, prospek kerja di bidang ini pun semakin meningkat dari tahun ke tahun. Terlebih, jika menyangkut bidang ekonomi tentunya gaji yang didapatkannya besar. Nah, bila kalian penasaran tentang gaji lulusan hukum ekonomi syariah, silakan cek informasinya di bawah ini.

Gaji Lulusan Hukum Ekonomi Syariah
Gaji Lulusan Hukum Ekonomi Syariah

Prospek Kerja dan Estimasi Gaji Lulusan Hukum Ekonomi Syariah

Hukum ekonomi syariah sering disebut sebagai “Muamalah” yang merupakan bagian dari ilmu fiqih yang dipelajari di universitas islam. Umumnya, para mahasiswa menjadikan program studi ini sebagai prodi tambahan di samping program studi ekonomi syariah. Nah, berikut beberapa prospek kerja dari jurusan tersebut:

1. Perbankan Syariah

Hampir semua bank BUMN saat ini sudah berlabel syariah, sementara bank swasta sedang mulai progres secara perlahan-lahan.

Para lulusan hukum ekonomi syariah tentunya memiliki peluang karier yang tinggi untuk bekerja di perusahaan semacam bank syariah ini karena rata-rata pihak bank membutuhkan lulusan yang paham tentang dasar-dasar aturan ekonomi syariah.

JenisKeterangan
Prospek KerjaPegawai di suatu perbankan syariah
Tugas & Tanggung JawabSebagai analis, teler, customer service, manager, atau lainnya
Tingkat persaingan kerjaTinggi
Estimasi GajiRp4 – 10 juta / bulan

2. Lembaga Perpajakan

Direktorat Jenderal Perpajakan RI tentunya membutuhkan seorang lulusan hukum ekonomi syariah untuk membantu menganalisis aturan pajak berdasarkan nilai-nilai syariat islam.

Seorang lulusan ekonomi tentu sudah punya pemahaman yang luas tentang perpajakan dan konsep penerapannya dalam suatu bisnis. Jadi, kalian pun memiliki kesempatan untuk masuk ke lembaga perpajakan.

JenisKeterangan
Prospek KerjaPegawai di lembaga perpajakan
Tugas & Tanggung JawabMembantu mencatat, merekap, dan melaporkan tentang aktivitas perpajakan.
Tingkat persaingan kerjaTinggi
Estimasi GajiRp 3 – 6 juta / bulan

3. Majelis Ulama Indonesia

MUI atau majelis ulama merupakan lembaga yang menetapkan aturan dan fatwa terhadap segala hal yang berkaitan dengan keagamaan, terutama agama islam.

Walaupun bukan seorang ulama, lulusan hukum ekonomi syariah juga bisa masuk ke dalam MUI yang nantinya bertugas untuk membantu menentukan aturan terhadap berbagai produk-produk yang berkaitan dengan ekonomi.


JenisKeterangan
Prospek KerjaPegawai di Majelis Ulama Indonesia
Tugas & Tanggung JawabMenentukan aturan terhadap berbagai produk-produk yang berkaitan dengan ekonomi
Tingkat persaingan kerjaSedang
Estimasi GajiRp 3 – 9 juta / bulan

4. Guru, Dosen, atau Ustad

Apabila kalian punya bakat sebagai pengajar, maka bisa juga setelah lulus S1 hukum ekonomi syariah nantinya langsung menjadi seorang pengajar atau guru.

Jika ingin mendapatkan ilmu yang lebih tinggi, maka bisa lanjut ke S2 atau S3 ekonomi syariah sehingga nantinya bisa menjadi dosen atau ustad / kyai untuk mengajar di pondok pesantren.

JenisKeterangan
Prospek KerjaGuru, Dosen, atau Ustad
Tugas & Tanggung JawabMengajar tentang ilmu fiqih muamalah di universitas / ponpes
Tingkat persaingan kerjaTinggi
Estimasi GajiRp 3 – 6 juta / bulan
gaji lulusan hukum ekonomi syariah

5. Perencana Keuangan

Hampir semua perusahaan membutuhkan seorang perencana keuangan yang tugas utamanya untuk menentukan perencanaan atau planning terhadap pemasukan dan pengeluaran uang perusahaan.

Jadi, begitu lulus hukum ekonomi syariah kalian bisa langsung mendaftarkan diri sebagai perencana keuangan di berbagai macam perusahaan terutama perusahaan yang berbasis islam.

JenisKeterangan
Prospek KerjaPerencana Keuangan
Tugas & Tanggung JawabMembuat susunan rangka perencanaan terhadap masuk keluarnya keuangan perusahaan.
Tingkat persaingan kerjaTinggi
Estimasi GajiRp 3 – 7 juta / bulan

6. Dewan Pengawas Syariah

Dewan pengawas syariah dibutuhkan untuk mengawasi transaksi keuangan dan penetapan aturan berbasis syariah seperti pada  perbankan syariah, asuransi syariah, hingga pasar modal syariah.


Walau tidak terlalu populer, namun potensi gaji lulusan hukum ekonomi syariah di bidang ini sangat besar loh, apalagi jika posisi kalian cukup tinggi.

JenisKeterangan
Prospek KerjaDewan Pengawas Syariah
Tugas & Tanggung JawabMengawasi pelaksanaan aturan berbasis syariah pada lembaga keuangan di Indonesia
Tingkat persaingan kerjaSedang
Estimasi GajiRp 4 – 10 juta / bulan

7. Pengadilan Agama

Pengadilan agama membutuhkan seorang ahli yang paham  betul tentang ekonomi syariah. Nantinya, mereka akan ditempatkan di berbagai posisi baik sebagai staf, hakim pengadilan agama, panitera, juru sita, dan lainnya.

JenisKeterangan
Prospek KerjaPengadilan Agama
Tugas & Tanggung JawabStaf, hakim pengadilan agama, panitera, dan juru sita
Tingkat persaingan kerjaTinggi
Estimasi GajiRp 3 – 10 juta / bulan

8. Kementrian Agama

Tak hanya bekerja di lingkungan pengadilan agama, kalian para lulusan hukum ekonomi syariah pun dapat masuk ke dalam kementrian agama RI.

Posisi yang dibutuhkan sangat banyak karena lingkup kementrian agama itu luas. Contoh posisi terbawahnya ialah menjadi pegawai di KUA (Kantor Urusan Agama) termasuk para pengulu.

JenisKeterangan
Prospek KerjaStaf dan pegawai Kementrian Agama
Tugas & Tanggung JawabMelakukan tugas sesuai posisi dan jabatannya masing-masing
Tingkat persaingan kerjaTinggi
Estimasi GajiRp 4 – 6 juta / bulan
alasan memilih jurusan hukum ekonomi syariah
alasan memilih jurusan hukum ekonomi syariah

9. Pasar Modal Syariah

Pasar modal memang identik dengan riba dan ghoror, maka dari itu dibentuklah pasar modal berbasis syariah seperti yang ada saat ini.

Walau masih jarang ada pasar modal syariah, namun ke depannya prospek kerja di bidang ini sangat terbuka lebar untuk semua jurusan ekonomi syariah.

JenisKeterangan
Prospek KerjaPasar Modal Syariah
Tugas & Tanggung JawabMelakukan pekerjaan sesuai posisi dan jabatannya masing-masing di perusahaan pasar modal syariah.
Tingkat persaingan kerjaSedang
Estimasi GajiRp 5 – 10 juta / bulan

10. Pegadaian Syariah

Pegadaian memiliki dua produk yakni pegadaian konvensional yang menjalankan aktivitasnya dengan tidak berlandaskan aturan syariat dan pegadaian syariah yang berlandaskan aturan syariat islam.

Pihak pegadaian syariah tentu lebih menyukai para lulusan ekonomi syariah dibandingkan lulusan ekonomi biasa (non syariah). Hal ini karena mereka sudah paham betul tentang dasar-dasar prinsip gadai secara syariah.

JenisKeterangan
Prospek KerjaPegawai di pegadaian syariah
Tugas & Tanggung JawabMenetapkan tentang aturan-aturan dan transaksi gadai yang berpotensi melanggar aturan syariah.
Tingkat persaingan kerjaSedang
Estimasi GajiRp 3 – 7 juta / bulan

11. Perusahaan Asuransi Syariah

Saat ini, beberapa perusahaan asuransi telah membuat produk asuransi baru berbasis syariah yang sesuai dasar-dasar aturan dalam agama islam.

Walau jumlahnya masih bisa di hitung jari, namun kalian bisa mencoba mendaftar ke perusahaan yang sudah memiliki produk asuransi syariah. Selain gajinya besar, posisi yang bisa di ambil pun sangat bervariasi.

JenisKeterangan
Prospek KerjaPerusahaan Asuransi Syariah
Tugas & Tanggung Jawab 
Tingkat persaingan kerjaTinggi
Estimasi GajiRp juta / bulan

12. Baitul Mal wa Al Tamwil (BMT)

Baitul Mal wa Al Tamwil (BMT) merupakan balai usaha mandiri dan terpadu yang digunakan untuk mengembangkan usaha produktif dan investasi untuk membantu mengurangi angka kemiskinan.


Masyarakat kita mengenal BMT sebagai koperasi syariah yang melakukan penghimpunan dan penyaluran dana dengan berbasis konsep syariah tanpa adanya unsur riba.

JenisKeterangan
Prospek KerjaPegawai di Baitul Mal wa Al Tamwil (BMT)
Tugas & Tanggung JawabMenjalankan tugas sesuai perannya di suatu BTM
Tingkat persaingan kerjaRendah
Estimasi GajiRp 2 – 5 juta / bulan

13. Legal Officer

Legal officer dibutuhkan oleh hampir setiap perusahaan untuk mengatasi masalah terkait hukum mulai dari perizinan, pertimbangan hukum, konsultasi hukum, dan masalah hukum yang sedang menimpa.

Walaupun persaingan kerjanya cukup tinggi, namun gaji lulusan hukum ekonomi syariah di bidang legal officer ini pun cukup tinggi yakni hingga puluhan juta tiap bulannya.

JenisKeterangan
Prospek KerjaLegal Officer
Tugas & Tanggung JawabMengatasi masalah yang berkaitan dengan hukum di suatu perusahaan
Tingkat persaingan kerjaTinggi
Estimasi GajiRp 4 – 12 juta / bulan

14. Drafter Kontrak Bisnis Syariah

Drafter kontrak bisnis syariah merupakan profesi yang bertugas untuk membuat draft atau rencana kontrak antar individu maupun perusahaan yang menggunakan prinsip syariah.

Seperti yang kita tahu, saat ini kebanyakan drafter kontrak bisnis tidak paham tentang aturan hukum syariah sehingga beberapa perusahaan yang berlabel syariah sangat membutuhkan lulusan ini.

JenisKeterangan
Prospek KerjaDrafter Kontrak Bisnis Syariah
Tugas & Tanggung JawabMembuat draft kontrak bagi suatu bisnis atau perusahaan
Tingkat persaingan kerjaRendah
Estimasi GajiRp 3 – 7  juta / bulan

15. Badan Amil Zakat Nasional

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) merupakan lembagag yang mengelola zakat secara nasional. Pengelolaan ini meliputi pengambilan zakat, pendataan, sekaligus penyaluran zakat mal maupun zakat fitrah.

Tak hanya itu, lulusan hukum ekonomi syariah juga dapat bekerja di berbagai lembaga amil zakat lain. Ada banyak sekali lembaga amil zakat yang sudah terdaftar resmi di Kementrian agama.

JenisKeterangan
Prospek KerjaBadan Amil Zakat
Tugas & Tanggung JawabSebagai amil atau pengurus zakat (mal maupun fitrah)
Tingkat persaingan kerjaRendah
Estimasi GajiRp 2 – 4 juta / bulan

Perguruan Tinggi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah

Berikut daftar universitas terbaik yang memiliki jurusan hukum ekonomi syariah dalam program studinya:

Editor Choices :
Perguruan TinggiStatusFakultas & ProdiAkreditasiLokasi
Universitas Islam Negeri Syarif HidayatullohPTN11 Fakultas 58 Program StudiATangerang
Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif KasimPTN10 Fakultas 46 Program StudiBPekanbaru
Universitas Islam Negeri Sunan KalijagaPTN9 Fakultas 41 Program StudiAYogyakarta
Universitas Islam Negeri WalisongoPTN13 Fakultas 41 Program StudiBSemarang
Universitas Islam Negeri Antasari BanjarmasinPTN6 Fakultas 21 Program StudiBanjarmasin
Universitas Islam Negeri Sumatera  UtaraPTN5 Fakultas 14 Program StudiMedan
Universitas Sains Al QuranSwasta6 Fakultas 9 Program StudiWonosobo

Nah, itu dia sedikit informasi  yang dapat kami sampaikan seputar gaji lulusan hukum ekonomi syariah beserta prospek kerja dan daftar perguruan tingginya. Semoga bermanfaat!

Komentar / Pertanyaan