9 Universitas Islam Terbaik di Indonesia Berdasarkan Data Statistik

Pandemi virus Corona yang belum kunjung usai tidak membuat para pencari ilmu kehilangan semangat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Meskipun pembelajaran tidak bisa dilakukan secara tatap muka melainkan secara online, tidak membuat perguruan tinggi kehilangan pamornya diantara para calon mahasiswa.

Sebentar lagi, perguruan tinggi akan mulai membuka penerimaan mahasiswa baru bagi para lulusan SMA/SMK/MA. Pada bulan Mei, biasanya universitas-universitas negeri mulai membuka pendaftaran berbagai gelombang penerimaan mahasiswanya.

Akan tetapi sudahkah kamu memilih universitas Islam terbaik di Indonesia sebagai tempatmu belajar selama 4 tahun ke depan? Perbanyak referensi sebelum melangkah kedepan.


Universitas Islam Terbaik di Indonesia

Apa yang Membedakan Universitas Formal Negeri dengan Universitas Islam Negeri?

Hal yang paling menonjol dari kedua universitas ini adalah dari segi materi SKS mengenai agama Islam yang jauh lebih banyak dari universitas formal pada umumnya. Di UIN, agama Islam terpecah menjadi beberapa materi SKS seperti Aqidah, Akhlak, Bahasa Arab dan Fiqih. Sedangkan di universitas formal, materi agama dipadatkan menjadi satu mata kuliah yakni Agama Islam.

Selain itu, UIN biasanya mewajibkan para mahasiswinya untuk memakai hijab dan bawahan rok atau celana yang longgar. Hal ini ditujukan agar mahasiswa senantiasa menjaga aurat dan tidak menimbulkan lekukan yang jelas dari bentuk tubuh.

advertisement
Universitas Islam Terbaik di Indonesia

Cara memilih Universitas Islam Negeri Terbaik di Indonesia

Dalam memilih universitas terbaik, ada beberapa kriteria yang perlu kamu pertimbangkan. Kriteria ini akan menentukan hasil lulusan yang dihasilkan serta kualitas pembelajaran serta dosen yang ada di sana. Berikut ini adalah kriteria UIN terbaik yang perlu kamu tahu.

  1. Peringkat Nasional.

Dari jumlah total 86 universitas negeri yang tersebar di seluruh Indonesia, universitas terbaik harus memiliki peringkat yang cukup tinggi diantara yang lainnya. Untuk saat ini, universitas formal negeri terbaik diduduki oleh Institut Pertanian Bogor sebagai peringkat pertama. Sedangkan untuk universitas Islam negeri diduduki oleh UIN Bandung.

  1. Nilai Akreditasi

Saat memilih universitas terbaik, sudah dipastikan akreditasi kampus dan jurusan sangat berpengaruh dalam penentuan baik atau biasa nya sebuah universitas. Paling tidak, pastikan kampus dan jurusanmu memiliki akreditasi minimal B.

  1. Hasil Lulusan

Biasanya, setelah mahasiswa lulus, pihak kampus akan meminta data terkait pekerjaan yang mereka lakukan setelah lulus. Mereka akan mendapat nilai plus apabila menghasilkan lulusan yang bisa bekerja tepat sasaran sesuai dengan jurusan yang sudah diambilnya.

  1. Jumlah dosen yang bergelar Doktor

Untuk saat ini, beberapa universitas memang mewajibkan jenjang S3 bagi para dosennya. Hal ini ditujukan agar kampus memiliki dosen yang berkualitas dalam membimbing dan mengajari para mahasiswanya.

Universitas Islam Terbaik di Indonesia

Deretan Universitas Islam Negeri Terbaik di Tahun 2020

Pada tahun 2020, daftar UIN terbaik di Indonesia adalah sebagai berikut.

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati Bandung

Berlokasi di Jl. A.H. Nasution, Cibiru Bandung, UIN Bandung menduduki peringkat ke-43 diantara Universitas yang ada di Indonesia. Dalam hal ini, UIN Bandung meraih peringkat pertama sebagai universitas Islam terbaik di Indonesia.

Universitas ini memiliki 9 pilihan fakultas yang terdiri dari:

  1. Ushluddin
  2. Tarbiyah dan Keguruan
  3. Syariah dan Hukum
  4. Dakwah dan Komunikasi
  5. Adab dan Humaniora
  6. Psikologi
  7. Sains dan Teknologi
  8. ISIP
  9. Ekonomi & Bisnis Islam

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh Jakarta

Sebelumnya universitas ini memiliki nama IAIN Syarif Hidayatulloh Jakarta dan kemudian diubah menjadi UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta pada tahun 2007. Perguruan tinggi ini berlokasi di Ciputat Banten dan telah berdiri sejak tahun 1957.

UIN in juga menghasilkan beberapa nama yang cukup dikenal publik karena kebolehannya di dunia politik. Adapun nama-nama tersebut seperti:

  1. Prof. Dr. Bachtiar Effendy
  2. Prof. Dr. Komarudin Hidayat
  3. Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj
  4. Prof. Dr. Nasarrudin Umar

Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim Malang

Berlokasi di bagian timur pulau Jawa, UIN cukup banyak diminati oleh para calon mahasiswa dari berbagai daerah. Pasalnya, Universitas ini memiliki banyak pilihan jurusan hingga 41 jurusan yang juga meliputi jurusan kedokteran dan ilmu kesehatan.

Selain itu, ada banyak pilihan program pasca sarjana yang cocok buat kamu yang tertarik untuk meneruskan ke jenjang S2 dan S3 sekaligus. Berikut adalah 2 program terbaiknya:

  1. Manajemen Pendidikan Islam
  2. Pendidikan Bahasa Arab
  3. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Berlokasi tidak terlalu jauh dari UIN Malik Ibrahim Malang bisa menjadi salah satu referensi UIN terbaik di Indonesia di tahun 2020. Tepatnya berlokasi di Jl. Ahmad Yani No.117, Jemur Wonosari, Kec. Wonocolo, Kota SBY, Jawa Timur, universitas ini tergolong cukup lama karena diresmikan pada tahun 1965.

Dahlan Iskan, Ida Fauziah, serta Abdul Malik Fajar merupakan alumni dari UIN ini yang cukup populer di Indonesia semenjak kemunculannya di bursa politik Indonesia.

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Sering disebut-sebut sebagai UIN Suska, perguruan tinggi ini berlokasi di Kabupaten Kampar, Riau. Kampus ini bisa menampung lebih dari 22 ribu mahasiswa dengan 8 pilihan fakultas. Dengan memegang akreditasi kampus B, kampus ini memiliki biaya kuliah yang cukup terjangkau mulai dari 2 jutaan per semester.

Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Universitas ini termasuk sebagai universitas termuda di Indonesia karena baru saja didirikan pada tahun 2014 yang lalu. Hal ini berarti baru ada kurang dari 10 pelepasan wisuda yang sudah dilakukan oleh kampus ini. Meskipun demikian, hal ini tidak mempengaruhi kualitas pendidikannya.

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Jogjakarta

Kampus yang terletak di tengah kota Sleman ini memang sudah banyak menghasilkan tokoh-tokoh penting di masyarakat seperti Gus Miftah, M. Amin Abdullah, dan Ahmad Muwafiq.

Untuk bisa berkuliah di kampus ini, biaya per semester berubah dengan semakin mahal untuk semester yang lebih tinggi. Biayanya berkisar dari 400 ribu hingga 9 juta per semester tergantung jurusannya.

Hal apa yang di sukai dari berkuliah di Universitas Islam Indonesia?

Mempelajari ilmu untuk bekal di dunia dan juga di akhirat (untuk yang beragama muslim).
Terakreditasi sebagai kampus swasta terbaik.
Pembayaran SPP UII di cicil 4x dalam satu tahun

Selain itu juga dari aspek biaya. Biaya yang di bayarkan sebanding dengan fasilitas Suasana kampus yang mendukung mood untuk belajar , UII sangat royal/pport kepada mahasiswanya, dibidang akademik maupun non akademik, Akses internet super cepat,
Integrasi dengan Google, Punya akun Google Drive Unlimited

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Menjadi satu-satunya UIN di pulau Sulawesi, UIN Makassar menyedot puluhan ribu calon mahasiswa dari segala penjuru Sulawesi. Beberapa pilihan fakultas yang bisa kamu pilih meliputi:

  1. Fakultas Syariah dan Hukum
  2. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  3. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
  4. Fakultas Ushuluddin dan Filsafat
  5. Fakultas Adab dan Humaniora
  6. Fakultas Dakwah dan Komunikasi
  7. Fakultas Sains dan Teknologi
  8. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Aceh

advertisement

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Aceh atau biasa disingkat UINAR merupakan salah satu universitas Islam terbaik yang di Indonesia yang cukup tua di provinsi Aceh. Aceh sebagai serambi mekahnya Indonesia memang memiliki beberapa Universitas berbasis Islam yang banyak muncul di daerah ini.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp
Tinggalkan komentar