9 Universitas Negeri yang Ada Jurusan Analis Kesehatan S1 Terbaik

Analis Kesehatan merupakan salah satu jurusan kuliah yang nantinya akan berprofesi pada sarana kesehatan untuk melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bukan berasal dari manusia.

Hasil pemeriksaan tesebut kemudian ditentukan termasuk ke dalam jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor lain yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat. Lalu dimana saja Universitas Negeri yang ada jurusan Analis Kesehatan S1?

universitas negeri yang ada jurusan analis kesehatan s1

Di Indonesia, banyak sekali Universitas Negeri atau Perguruan Tinggi Negeri terbaik dan kualitasnya bisa diadu dengan Universitas Swasta ataupun Universitas yang ada di luar negeri.

Hampir di seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia selalu memiliki fakultas atau jurusan kuliah yang berhubungan dengan kesehatan. Jurusan yang berhubungan dengan dunia kesehatan memang memiliki peminat yang cukup banyak jika dibandingkan dengan jurusan lainnya.

Hal ini dikarenakan fakultas atau jurusan yang berhubungan dengan dunia kesehatan akan memiliki prospek kerja yang menjanjikan dan akan selalu dibutuhkan.

Ini Dia Daftar Perguruan Tinggi Negeri Dengan Jurusan Analis Kesehatan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas jika fakultas atau jurusan yang berhubungan dengan dunia kesehatan selalu menjadi primadona dan memiliki jumlah peminat yang semakin lama semakin banyak.

Tidak terkecuali dengan jurusan Analis Kesehatan, dulu jurusan Analis Kesehatan hanya tersedia untuk tingkat D3 atau D4 saja. Seiring dengan banyaknya jumlah peminat, saat ini jurusan Analis Kesehatan juga terdapat untuk tingkat S1 lho!

Jadi bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan pada jurusan Analis Kesehatan tidak perlu repot lagi. Berikut ini Universitas Negeri yang ada Jurusan Analis Kesehatan S1terbaik yang ada di Indonesia :

  1. Universitas Gadjah Mada

Siapa sih yang tidak tahu dengan Universitas terbaik ini? Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik yang menjadi impian calon mahasiswa.

Banyak sekali generasi milenial yang bercita-cita ingin melanjutkan pendidikannya disini. Universitas Gadjah Mada berada di daerah Bulaksumur, Caturtunggal. Kecamatan Depok, Kebupaten Sleman, DIY.

  1. Universitas Airlangga

Universitas Negeri terbaik di Indonesia selanjutnya dengan jurusan Analis Kesehatan S1 adalah Universitas Airlangga. Universitas Airlangga memang merupakan salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia yang berhasil mencetak ahli di bidang kesehatan, oleh sebab itu jangan pernah ragu untuk melanjutkan pendidikan disini karena dijamin kamu akan menjadi seorang Analis Kesehatan yang profesional.

  1. Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin juga menjadi Perguruan Tinggi yang semakin lama memiliki jumlah peminat yang sangat banyak. Terletak di Kota Makassar, Perguruan Tinggi Negeri yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

universitas negeri yang ada jurusan analis kesehatan s1
  1. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa saat ini. Universitas ini juga memiliki banyak sekali pilihan jurusan kuliah.

Beberapa diantaranya bahkan tidak ada di Perguruan Tinggi lainnya. Dengan banyaknya pilihan jurusan yang ada, maka semakin banyak peluang yang akan didapatkan.

Salah satu jurusan yang saat ini mendapat perhatian lebih adalah jurusan S1 Analis Kesehatan karena tidak di semua perguruan tinggi memiliki jurusan ini.

  1. Poltekkes Kemenkes Bandung

Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi kesehatan negeri terbaik di Indonesia. Lulusan Poltekkes Kemenkes Bandung khususnya untuk jurusan Analis Kesehatan akan dilatih menjadi seorang profesional yang bertanggung jawab atas profesinya.

  1. Poltekkes Kemenkes Semarang

Banyak sekali poltekkes kemenkes yang ada di Indonesia, salah satu yang terbaik adalah Poltekkes Kemenkes Semarang. Politeknik Kesehatan ini menyediakan jurusan Analis Kesehatan S1 untuk para calon mahasiswa dengan beragam fasilitas pendidikan yang berkualitas.

  1. Poltekkes Kemenkes Surabaya

Termasuk ke dalam Politeknik Kesehatan tertua di Indonesia, Poltekkes Kemenkes Surabaya saat ini juga memiliki jurusan Analis Kesehatan dengan jumlah mahasiswa yang cukup banyak. Setiap tahunnya, jurusan Analis Kesehatan selalu memiliki jumlah peminat yang banyak, tidak kalah dengan jurusan lainnya.

  1. Poltekkes Kemenkes Malang

Siapa sih yang tidak kenal dengan Poltekkes Kemenkes Malang? Poltekkes Kemenkes Malang sudah menjadi Politeknik Kesehatan Negeri yang telah menyumbang banyak sekali lulusan terbaik yang telah terjun langsung di dunia kesehatan. Lulusan politeknik ini dipercaya menjadi seorang ahli di bidang kesehatan yang sangat profesional dan berkualitas.

  1. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Daftar perguruan tinggi dengan jurusan Analis Kesehatan yang terakhir yaitu Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Letaknya yang berada di kota Pelajar membuat perguruan tinggi ini sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Apakah sama, analis medis dengan analis kesehatan?

Analis Medis fokus pada studi pengelolaan laboratorium medis dan hal-hal yang lebih spesifik tentang manusia seperti, pemeriksaan darah, urin, feses, pus, sputum dan pemeriksaan lainnya.
Sedangkan Analis Kesehatan yang dipelajari lebih menyeluruh dan tidak spesifik di manusia saja tapi jg pemeriksaan lain seperti pemeriksaan air dan makanan. Jadi yg sebenarnya membedakan hanya ‘titik fokus’nya saja

Kuliah analis kesehatan, apa sih yang dipelajari?

Jurusan Analis Kesehatan atau yang dikenal dengan Teknologi Laboratorium Medis ini mempelajari teori maupun teknis dalam pemeriksaan laboratorium.

Beberapa mata kuliah yang dipelajari yaitu :
1. Bakteriologi, Biokimia, Biologi Molekuler
2. Flebotomi (teknik pengambilan darah)
3. Kimia Amami (air, makanan, minuman), Kimia Analitik, Kimia
4. Parasitologi, Patofisiologi, Pengantar Laboratorium MedikKlinik
4. Imunokimia, Imunohematologi, Imunoserologi
5. Hematologi (pemeriksaan darah)
6. Histologi (struktur jaringan tubuh)
Sitohistoteknologi, Toksikologi, Urinalisa, Virologi dan beberapa mata kuliah tambahan lain sebagai penunjang

advertisement

Apa saja syarat untuk berkuliah di jurusan Analisis Kesehatan

1. Lulusan dari SMA IPA atau SMK Analis Kesehatan
2. Tidak buta warna
3. Kesiapan mental / Tidak jijik dengan cairan
4. Harus bisa menghafal dan menganalisa
5. Punya fisik oke, Karena kuliah dari pagi hingga sore ditambah membuat tugas/laporan
6. Pintar mengatur waktu, karena sehari bisa ada 2~4 praktikum

Apa saja peluang karier untuk jurusan Analis Kesehatan?

Teknisi Laboratorium Rumah Sakit, Teknisi Laboratorium di Balai Laboratorium Kesehatan, Teknisi Laboratorium di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan, Peneliti di LIPI, Dosen, Teknisi Lab di Balai Lingkungan Hidup, Lab swasta, Analis di klinik, dll

Nah, itu dia Universitas Negeri yang ada jurusan Analis Kesehatan S1terbaik di Indonesia. Kira-kira perguruan tinggi mana yang akan kamu pilih? Pilihlah perguruan tinggi yang cocok dengan minat dan bakatmu ya! Selamat menjadi calon Analis Kesehatan yang profesional. Semangat!!

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest