10 Perguruan Tinggi Ikatan Dinas Jurusan IPA

Setelah lulus dari SMA dengan spesifikasi jurusan IPA, langkah selanjutnya yang paling umum diambil oleh calon mahasiswa adalah melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan mengambil jurusan kedokteran.

Nyatanya, banyak perguruan tinggi ikatan dinas jurusan IPA yang mampu memberikan fasilitas pembelajaran yang memadai, bahkan menjanjikan lapangan kerja yang jelas selepas menjalani masa kuliah di sana.

Kali ini, kami akan memberikan referensi tentang beragam sekolah kedinasan yang cocok bagi calon pendaftar yang datang dari jurusan IPA. Khususnya dengan konsep ikatan dinas, masing-masing perguruan tinggi ini tidak main-main dalam memberikanmu keleluasaan, baik selama menjalani maupun setelah menyelesaikan proses kuliah.

Perguruan Tinggi Ikatan Dinas Jurusan IPA

Sekolah Kedinasan Jurusan IPA

Agar kamu memiliki informasi yang cukup dan tepat seputar perguruan tinggi ikatan dinas jurusan IPA, berikut kami siapkan 10 daftarnya. Simak baik-baik daftar berikut agar kamu bisa menentukan pilihan, serta menindaklanjuti keinginanmu untuk bersekolah di tempat yang tepat, ya.

1. Akademi Militer

Akademi Militer, atau yang biasa juga disebut dengan Akmil, adalah sekolah kedinasan tempat belajar dan dilatihnya para calon perwira TNI Angkatan Darat (AD).

Khususnya bagi kamu yang memang ingin mengabdi pada negara, serta merasa memiliki kemampuan akademis dan fisik yang kuat, perguruan tinggi ini bisa menjadi tempat kamu berkembang. Akmil sendiri berlokasi di Magelang, Jawa Tengah.

Untuk lebih jelasnya, Akmil dikenal memiliki setidaknya tiga keunggulan, meliputi bebas biaya pendidikan selama proses belajar berlangsung, adanya prospek yang terjamin, serta memungkinkan perpangkatan yang lebih cepat di waktu yang akan datang.

2. Akademi Angkatan Laut

Akademi Angkatan Laut, atau AAL, adalah referensi lainnya untuk kategori sekolah kedinasan penghasil para calon perwira. Untuk AAL, lulusan yang dihasilkannya akan menjadi calon anggota TNI Angkatan Laut (AL) yang tidak hanya cakap di bidang akademis, tetapi juga memiliki kekuatan fisik dan berdedikasi untuk membela keutuhan bangsa. Lokasi sekolah kedinasan AAL ini ada di Surabaya, Jawa Timur.

Sebagai hasil dari persiapan fisik dan mental untuk dapat masuk, hingga lulus dari sini, kamu setidaknya akan memiliki tiga keuntungan selama mengikuti proses pembelajarannya, meliputi bebas biaya pendidikan, masa depan yang jelas, serta perpangkatan yang cepat.

3. Akademi Angkatan Udara

Selain sekolah kedinasan Akmil untuk para calon perwira AD, serta AAL untuk calon perwira AL, kamu yang berkeinginan untuk menjadi perwira TNI Angkatan Udara (AU) bersiaplah untuk mendaftarkan diri dan berproses di sekolah kedinasan Akademi Angkatan Udara, atau AAU.

Sekolah kedinasan yang berlokasi di Yogyakarta ini adalah tempat yang tepat untuk membentuk kekuatan akademik, fisik dan mental kamu untuk menjadi prajurit yang penuh kompetensi.

Tiga hal yang bisa memudahkanmu selama proses pendidikan berlangsung, meliputi pembebasan biaya kuliah. Nantinya, masa depanmu juga lebih terjamin berkat proses penyerapan tenaga kerja yang jelas di sektor militer, berikut proses perpangkatan yang lebih cepat.

4. Akademi Kepolisian

Akademi Kepolisian, atau Akpol, dapat pula menjadi referensimu selain tiga sekolah kedinasan penghasil calon perwira TNI, seperti yang telah disebutkan di atas.

Akpol tak kalah menariknya dari segi jumlah peminat, sehingga kamu harus siap bersaing dari segi kompetensi, serta kualitas fisik dan mentalmu, ya. Akpol berlokasi di Semarang, Jawa Tengah.

Mengapa Seragam para Taruna Harus Ketat?

1. Pengontrol berat badan
2. Efeknya jadi telihat semakin gagah
3. Memotivasi taruna untuk membentuk badan
4. Seduai Permendagri No.46 tentang Peraturan Tata Kehidupan Praja (Petadupra)

5. STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

Sekolah kedinasan dengan nama Politeknik Keuangan Negara, atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara ini, lebih dikenal dengan sebutan STAN. Ini adalah sekolah yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan, yang tentunya akan menghasilkan lulusan yang cakap dan berkualitas di bidang ekonomi dan keuangan.

Perguruan tinggi ini memiliki jumlah peminat yang sangat banyak, lho, untuk pendaftaran setiap tahunnya. Maka dari itu, persiapkan dirimu baik-baik untuk dapat belajar di sekolah yang berada di Bintaro, Tangerang, ini.

Berkat statusnya yang merupakan sekolah kedinasan binaan pihak kementerian, kamu akan dibebaskan dari biaya kuliah, serta berkesempatan ditempatkan langsung sebagai PNS di lingkungan Departemen Keuangan Negara. Selama proses pembelajarannya pun, kamu akan didukung dengan kurikulum yang mumpuni, sarana yang cukup, serta uang saku.

Perguruan Tinggi Ikatan Dinas Jurusan IPA

6. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

STIS, yang merupakan kepanjangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, tentu tidak kalah familiar dengan referensi sekolah kedinasan lainnya yang menarik perhatian banyak kalangan masyarakat, termasuk kamu.

Sekolah kedinasan ini memiliki program studi D-IV yang diselenggarakan dan dikelola oleh Badan Pusat Statistik. Nantinya, lulusan diharapkan dapat menjadi tenaga ahli yang mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian, menganalisa fenomena sosial-ekonomi, serta melakukan perencanaan terhadap pengembangan sistem informasi di Tanah Air.

Perguruan Tinggi Ikatan Dinas Jurusan IPA

7. Sekolah Tinggi Sandi Negara

Referensi selanjutnya adalah Sekolah Tinggi Sandi Negara, atau yang biasa disingkat STSN. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) saat ini bertransformasi menjadi Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Sekolah kedinasan dengan prospek ke depan yang menjanjikan, satu dan lain hal dikarenakan penyelenggaraan dan pengelolaannya oleh Lembaga Sandi Negara.

Di sini, terdapat dua program studi yang bisa dipilih, yaitu Teknik Persandian dan Manajemen Persandian. Sekolah kedinasan yang bertempat di Bogor, Jawa Barat, ini juga membebaskan peserta didik dari biaya pendidikan, serta proses perekrutan dan penempatan bagi lulusan sebagai PNS.

advertisement

8. Sekolah Tinggi Intelijen Negara

Perguruan tinggi ini diselenggarakan dan dikelola oleh Badan Intelijen Negara. Seiring dengan perkembangan waktu, cakupan pekerjaan di lingkungan BIN semakin luas. Itu berarti kebutuhan akan sumber daya yang cakap dan ahli tentu juga mengalami peningkatan.

Sekolah kedinasan yang berlokasi di Sentul, Jawa Barat, ini membebaskan peserta didik dari biaya kuliah. Pada akhirnya, lulusan akan langsung ditarik untuk bekerja di lembaga terkait sebagai PNS.

9. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

Sering mendengar bidang kerja yang dilakukan oleh orang-orang di BMKG? Untuk dapat secara langsung bekerja sebagai ahli gempa, ahli iklim, serta ahli cuaca di sana, salah satunya kamu bisa mendaftarkan diri dan lulus dari Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau STMKG ini.

Sekolah kedinasan yang ada dalam naungan BMKG sendiri ini berlokasi di Tangerang Selatan. Selain proses rekrutmen yang terstruktur, biaya pendidikan juga digratiskan selama kamu mengenyam pendidikan di sana.

10. Sekolah Tinggi Pertahanan Nasional

Meskipun namanya mungkin belum dikenal seluas referensi-referensi sebelumnya, Sekolah Tinggi Pertahanan Nasional kian diminati seiring dengan proses penyelenggaraan pendidikan yang dikelola sangat baik oleh Badan Pertahanan Nasional.

Ya, perguruan tinggi ini berada langsung di bawah naungan BPN, yang menggratiskan biaya pendidikan bagi peserta didik, lalu merekrut lulusan langsung sebagai PNS untuk bekerja di lingkungan terkait. STPN berlokasi di Yogyakarta. Baca juga: Prospek Jurusan Aktuaria

Perguruan Tinggi Ikatan Dinas Jurusan IPA

Mengapa Memilih Sekolah Kedinasan?

Sekolah kedinasan memberikan jaminan akan masa depan yang baik yang tentunya dapat diberikan kepada mereka yang benar-benar bercita-cita untuk dapat menempuh pendidikan disana.

Apakah Ada Tips untuk Masuk Sekolah Kedinasan?

Niat dan tekat yang kuat, Belajar mandiri maupun ikut bimbel, Beribadah, Bermain/Refreshing (kalau terlalu memforsir justru tidak efektif), yang terakhir adalah konsisten

Apa Saja Tahapan Seleksi Sekolah Ikatan Dinas ?

Masing-masing instansi memiliki tes yang berbeda beda namun pada dasarnya sama. Untuk yang pertama ada seleksi administrasi kemudian seleksi kompetensi dasar. Setelah itu ada seleksi kompetensi bagian tapi untuk seleksi ini setiap instansi memiliki tes yang berbeda. Biasanya ada tes kesehatan, tes kesemaptaan, tes psikotes, tes wawancara, tes keterampilan.

Apakah Mendaftar Sekolah Kedinasan itu Sulit?

TIDAK, bila:
1. memiliki basic ilmu/jurusan yang tepat (Misal harus jurusan IPA/IPS/lainnya)
2. Memiliki tubuh yang sesuai kriteria, dan tidak memiliki kekurangan yang dilarang (misal ompong/berkacamata)
3. Memiliki nilai akademis yang bagus dan prestasi
4. Tahu aksesnya (waktu dan cara daftar), bisa browsing, info guru BK, atau keluarga
5. Prepare jauh-jauh hari. misalkan untuk yang militer/semi militer, menyiapkan kebugaran dengan latihan lari, renang, dan fisik lainnya. Untuk yang test akademis, latihan soal2 TPA/psikotest.
6. Mempunyai keluarga/kolega yang memiliki jabatan tinggi di institusi induk sekolah kedinasan (sebagai penguat saja)

Apa Kekurangan dari Sekolah Kedinasan di Indonesia?

Sekolah kedinasan di Indonesia, walaupun sipil, biasanya tetap akan menerapkan pendidikan ala militer, sedikit banyak merupakan peninggalan orde baru yang kala itu memang kental dengan aroma militer.
Kedua, anda hanya akan di didik untuk belajar satu bidang saja
Ketiga harus tahan dengan sikap disiplin yang keras. Bila ketahuan indisipliner, maka ada hukuman fisik yang harus dijalani seperti lari, atau push up
Keempat, anda harus tahan untuk jauh dari orang tercinta.

Apa suka duka sekolah kedinasan?

  • Pendidikan gratis. Hanya diminta mengeluarkan uang untuk kampus satu kali di awal pendaftaran, Rp 250.000
  • Setelah lulus langsung ditempatkan dan dicarikan pekerjaan.
  • Kegiatan pembelajarannya mudah, persis masa SMA.
    Kurikulum, jadwal kuliah, dosen pengajar, semuanya sudah ditentukan oleh lembaga.
  • Sistem Drop Out yang ganas membuat rasa kekeluargaan yang tinggi. .
  • Biaya hidup relatif murah.
  • “sekolah gratis, ga boleh protes!” Impbas dari pendidikan cuma-cuma yang kami terima adalah keseganan meminta ini-itu pada kampus.
  • Kurang bebas menjalankan apa yang mahasiswa kampus negeri/swasta bisa lakukan.
  • Tidak bisa leluasa mengomentari hal-hal berbau politik. Termasuk dalam bersosmed
  • Kemungnan ditempatkan jauh sekali dari kampung halaman. opsi untuk kembali ke dekat domisili ada, tapi prosesnya bisa sangat lama.

Itulah ulasan mengenai 10 referensi perguruan tinggi ikatan dinas jurusan IPA, terutama bagi kamu yang lulusan dari jurusan IPA dan sedang mencari tempat kuliah dengan sistem kedinasan. Semoga artikel ini bisa membantumu, serta kamu bisa menuju perguruan tinggi impian dan meraih kesuksesan di sana.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest