4 Rekomendasi Sekolah Kedinasan di Medan yang Bagus

Di Indonesia, terdapat beberapa status perguruan tinggi yang bisa kamu jadikan tempat belajar di jenjang yang lebih tinggi. Ada perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta, serta perguruan tinggi kedinasan.

Sekolah kedinasan di Medan bisa juga kamu jadikan referensi untuk tempat mengenyam pendidikan tingkat lanjut dengan berbagai keunggulan yang menanti baik selama menjalani proses pembelajaran, maupun setelah lulus.

Perguruan tinggi kedinasan, atau sekolah kedinasan, adalah jenis institusi pendidikan yang penyelenggaraan dan pengelolaannya dilakukan oleh pihak kementerian atau lembaga non-kementerian lainnya di Tanah Air.

Jenis institusi ini juga dikenal dengan sebutan sekolah dengan ikatan dinas. Karakteristik yang paling menonjol dari jenis institusi ini adalah biaya pendidikan yang sering digratiskan, serta jaminan terserapnya lulusan sebagai pegawai di lembaga penyelenggara terkait.

sekolah kedinasan di medan

4 Sekolah Tinggi Kedinasan Di Medan

Bagi kamu yang asli Medan, atau ingin melanjutkan studi di salah satu kota di ujung timur wilayah Indonesia ini, berikut kami bagikan 4 rekomendasi sekolah kedinasan di Medan yang dapat menambah daftarmu:

Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan

Berlokasi di Jl. Penerbangan No. 85, Sempakata, Medan, Sumatera Utara, sekolah kedinasan pertama yang masuk dalam daftar rekomendasi kita adalah Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan, atau yang biasa juga disebut dengan Poltekbang Medan.

sekolah kedinasan di medan poltekbang medan

Perguruan tinggi ini memiliki reputasi yang sangat baik, sehingga kamu mungkin harus bersiap-siap dengan proses seleksi yang ketat sedari awal.

Selama mengenyam proses pendidikan di sana, kamu akan diberikan kurikulum dan fasilitas yang mumpuni. Perguruan tinggi berstatus negeri ini memiliki jurusan yang membentuk calon lulusan yang cakap di dunia penerbangan.

Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan

Bertempat di Jl. Medan Tenggara No. VII, Medan Denai, Sumatera Utara, sekolah kedinasan dengan sebutan yang lebih terkenalnya PTKI beroperasi di bawah naungan Kemenperin RI.

Perguruan tinggi yang telah beroperasi sejak tahun 1986 ini telah berhasil meluluskan lebih dari enam ribu sarjana hingga kini. Para alumninya pun tersebar di seluruh wilayah Tanah Air.

Utamanya, mereka telah berkecimpung di sektor industri miliki pemerintah. Perguruan tinggi ini menyediakan tiga program kuliah berupa Teknik Kimia, Teknik Mekanika, serta Agribisnis Kelapa Sawit, yang masing-masing telah tercatat berpredikat B untuk akreditasinya.

Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan Medan

Rekomendasi sekolah kedinasan di Medan selanjutnya berlokasi di Komplek LPP Medan Estate, Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara.

Perguruan tinggi yang lebih akrab disebut dengan singkatan STIPAP Medan ini telah dikenal menjadi pencetak lulusan terbaik di bidang pertanian, teknik pertanian, serta manajemen pertanian.

Utamanya, STIPAP menyediakan jenjang D-IV untuk program studinya. Terbaru, pada Februari 2020, STIPAP membuka tiga jurusan baru yang masih berada pada rumpun ilmu pertanian.

Berbagai hubungan kerja sama dan penerapan teknologi terbaru dapat ditemukan di sini sebagai bentuk komitmen STIPAP menyiapkan lulusan berkualitas.

Poltekkes Medan

Politeknik Kesehatan Medan bertempat di Jl. Jamin Ginting, No. 13, Medan Tuntungan, Sumatera Utara. Perguruan tinggi ini sangat direkomendasikan sebagai tempat yang sarat akan edukasi di bidang kesehatan.

Beroperasi dalam naungan Kementrian Kesehatan RI, Poltekkes Medan menjadi salah satu penyedia tenaga medis terbanyak di Tanah Air, yang menunjukkan pula bahwa lulusannya telah disiapkan secara profesional untuk dapat terserap langsung di lingkungan kerja.

Untuk program pembelajarannya, Poltekkes Medan menyediakan jurusan berupa Analis Kesehatan, Farmasi, Gigi, Gizi, Kebidanan, Keperawatan, serta Kesehatan Lingkungan.

Berapa Biaya Hidup di Medan?

Biaya hidup tergantung gaya hidup, ada yang hemat ada yang hedon, apabila ditarik garis lurusnya maka akan seperti berikut ini:
Kos2an di daerah Medan harganya berkisar 300–800rb per bulan. Biasanya yg 800rb sudah mewah, ada kamar mandi dalam, lantai keramik, dan disediakan perabot umum kaya kasur, meja, lemari.
Biaya makan berkisar 10–15rb sekali makan. Kita ambil yg paling mahal 15rb, makan 3x sehari, jadi satu hari kita bulatkan saja ke 50rb. Untuk satu bulan berarti kira-kira 1.5 jt.
Pulsa dan internet. Kita bulatkan saja 100rb sebulan ya. Kalau mahasiswa pasti lebih murah karena bisa pakai kartu sekali pakai harga 30–50rb.
Perlengkapan pribadi. Ini pun bisa dibulatkan 100rb jg. (Sabun cair 30rb, deodoran 20rb, odol 15rb, facewash 35rb). Udah harga Ind*maret Medan lah ini.
Nah, kalau ditotal berarti estimasi 2~2.5jt sebulannya. FYI, UMK Medan 2019 itu sekitar 2.9jt.

Apa Saja Peraturan Tak Tertulis di Medan?

1. Cara ngomong orang yang agak keras dan kuat.
2. Hati-hati nelpon sambil jalan atau main hp, hati-hati pakai perhiasan, Medan provinsi yg rawan kriminal
3. Jaga pakaian. Biarpun medan ibukota tapi jika bukan ke mall, orang masih banyak yg risih liat baju kurang bahan.
4. Motor=Kereta, Mobil=Motor, Kapal Terbang=Pesawat, Pasar=Pajak. Air Putih=Teh

Apa Makanan/Kuliner Legendaris di Medan

Nasi goreng komdak, Food court pagaruyung, Nasi goreng pemuda,
Nasi goreng Wak Ribut, Kwetiau Akuang, Dimsum nelayan,
Martabak telur, Chapati, Kari tomat, Kari kambing,
Bolu gulung meranti, Kue moka Tiptop, bika ambon Zulaikha

Apa Universitas Swasta Terbaik di Medan?

Sumatera Utara total saat ini universitas yang terakreditasi A baru tiga, yaitu:
1. Universitas Negeri Medan (sejak 2016)
2. Universitas Sumatera Utara (sejak 2018)
3. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (sejak 2019)
Jadi jika ditanya apa universitas swasta terbaik di Medan, jika menurut standar BAN-PT, maka jawabannya adalah UMSU.

Itulah 4 rekomendasi sekolah kedinasan yang berlokasi di Medan untuk menambah daftar impianmu. Informasi lebih lanjut mengenai institusi-institusi tersebut dapat dilihat lagi di laman resmi masing-masing.

Khususnya untuk agenda penerimaan di tahun ajaran baru dari setiap sekolah kedinasan di Medan tadi, proses pendaftaran telah dibuka mulai sekarang, dengan kegiatan seleksi akan diadakan setelah proses pendaftaran selesai.

Selengkapnya mengenai persyaratan fisik maupun non-fisik yang diberlakukan juga dapat ditemukan di laman informasi terkait. Jika kamu berminat untuk mendaftar ke perguruan-perguruan tinggi tadi, segera persiapkan diri untuk mengikuti proses penerimaan mahasiswa baru dari institusi terkait, ya!

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest