13 Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Kantor Setelah Lulus

Menentukan jurusan kuliah ataupun program studi apa yang akan diambil di Perguruan Tinggi pasti bukan hanya tentang jurusan apa yang kamu sukai? Kamu pasti juga akan memikirkan tentang peluang kerja atau prospek kerja setelah lulus dari kuliah bukan?

Saat ini bisa bekerja di kantor merupakan salah satu pekerjaan impian bagi siapapun. Oleh karena itu banyak sekali calon mahasiswa yang memilih jurusan kuliah yang bisa kerja di kantor setelah lulus sehingga mereka tidak perlu untuk mencari pekerjaan lain ataupun melanjutkan pendidikan lagi.

Jurusan kuliah atau program studi yang akan kamu ambil memang akan mempengaruhi masa depanmu terutama di dunia kerja. Mayoritas orang akan bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

Sangat penting untuk menimbang dan memikirkan lagi apakah jurusan kuliah atau program studi itu cocok atau tidak, jangan sampai jurusan yang kamu ambil justru salah dan akan menyulitkanmu di bangku perkuliahan maupun di dunia kerja nantinya.

Pastikan untuk memilih jurusan kuliah atau program studi dan tentunya Perguruan Tinggi yang akan menunjang karir serta masa depanmu!

jurusan kuliah yang bisa kerja di kantor

Daftar Jurusan Yang Dibutuhkan Di Dunia Perkantoran

Ada banyak sekali jurusan kuliah atau program studi yang memiliki prospek kerja di dunia perkantoran yang sangat menjanjikan. Untuk itu kenali dengan baik jurusan yang akan kamu pilih, apakah jurusan itu sesuai dengan kemampuan dan kemauanmu atau tidak.

Jika kamu ingin bekerja di dunia perkantoran, berikut ini beberapa jurusan kuliah yang bisa kerja di kantor setelah kamu lulus :

Program Studi Ilmu Ekonomi

Setiap kantor baik itu kantor pemerintahan maupun non pemerintahan pasti akan berhubungan dengan dunia ekonomi. Di Program Studi Ilmu Ekonomi kamu akan mempelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan dunia bisnis seperti ekonomi SDM, ekonomi embangunan, ekonomi industri, dan ilmu ekonomi lainnya.

Dunia Ilmu Ekonomi memang sangat luas, dan pasti akan selalu dibutuhkan di dunia perkantoran. Jadi kalau kamu ingin bekerja di kantor, kamu bisa mengambil program studi ini.

Program Studi Managemen

Masih berhubungan dengan dunia ekonomi, Program Studi Managemen juga merupakan bagian dari ilmu ekonomi secara luas.

Dari dulu hingga sekarang, Program Studi Managemen di berbagai kampus di Indonesia bahkan luar negeri menjadi salah satu program studi yang memiliki peminat cukup banyak.

Di program studi ini kamu akan mempelajari tentang pengelolaan dan perencanaan yang akan sangat dibutuhkan di dunia perkantoran.

jurusan kuliah yang bisa kerja kantoran

Program Studi Akuntansi

Masih berhubungan dengan dunia ekonomi lagi, Program Studi Akuntansi memang menjadi salah satu program studi yang paling banyak memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

Hampir di semua sektor akan membutuhkan seorang akuntan untuk mengelola keuangan dari suatu kantor ataupun perusahaan. Di program studi ini kamu akan mempelajari tentang pengelolaan keuangan mulai dari urusan kecil hingga urusan yang rumit.

Untuk pendapatannya pun, seorang akuntan memiliki jumlah pendapatan yang tertinggi di suatu perusahaan karena memang tugasnya cenderung sulit dan membutuhkan konsentrasi penuh.

Program Studi Psikologi

Jika kamu berpikir Program Studi Psikologi hanya akan bekerja di dunia kesehatan maka kamu sangat salah besar. Program Studi Psikologi merupakan salah satu program studi yang memiliki prospek kerja yang sangat luas.

Untuk dunia perkantoran, lulusan program studi psikologi akan banyak dibutuhkan untuk mengisi posisi sebagai seorang HRD yang seringkali menjadi gerbang utama untuk melakukan proses perekrutan karena mampu mengenali karakter serta kepribadian seseorang.

Program Studi Ilmu Komputer

Di era yang sudah serba digital ini, hampir setiap kantor membutuhkan seorang yang ahli di bidang teknologi salah satunya adalah Ilmu Komputer.

Di dunia perkantoran, lulusan Program Studi Ilmu Komputer akan diperlukan untuk menjadi IT dan bagian lainnya yang berhubungan dengan komputer.

Hampir semua sektor membutuhkan lulusan komputer, contohnya perbankan, instansi pemenrintah, perhotelan, perusahaan logistik, dsb

Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV)

Program Studi Desain Komunikasi Visual saat ini sedang menjadi salah satu program studi yang memiliki banyak peminat. Banyak sekali calon mahasiswa yang berminat ingin melanjutkan pendidikan di program studi satu ini karena memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

Di dunia perkantoran, lulusan Program Studi Desain Komunikasi Visual akan dibutuhkan untuk menciptakan desain-desain yang akan dibutuhkan oleh perusahaan entah berbenrtuk brosur selembaran maupun desain yang diperuntukkan di sosmed

Program Studi Ilmu Perbankan

Lulusan Program Studi Ilmu Perbankan memang memiliki prospek kerja untuk bekerja di bank. Bekerja di bank saat ini merupakan salah satu pekerjaan yang di idam-idamkan oleh banyak kalangan. Lulusan Program Studi Ilmu Perbankan akan dibutuhkan di bank pada bagian back end, front end, teller, maupun customer service.

Program Studi Ilmu Perpustakaan

Program Studi Ilmu Perpustakaan sejak dulu memang menjadi program studi yang tidak banyak diminati, padahal prospek kerja lulusan program studi ini cukup menjanjikan.

Lulusan Program Studi Ilmu Perpustakaan bisa bekerja di kantor sama seperti dengan lulusan program studi yang lainnya. Program studi ini tidak identik dengan dunia buku atau kutu buku.

Mengapa memerlukan seorang lulusan ilmu perpustakaan di dunia kantor? Hal ini dikarenakan seorang pustakawan merupakan seorang yang pandai, rapi, ringkas, efektif, dan efisien dalam melakukan tugas pembukuan ataupun penyusunan dokumen-dokumen penting.

jurusan kuliah yang bisa kerja kantoran

Program Studi Ilmu Administrasi

Dunia perkantoran memang identik dengan pengurusan administrasi. Oleh karena itu, banyak sekali lulusan dari Program Studi Ilmu Administrasi yang setelah lulus bisa mendapatkan pekerjaan di kantor.

Setiap kantor baik kantor pemerintahan maupun non pemerintahan, serta perusahaan-perusahaan asing pasti akan membutuhkan seorang admin.

Program Studi Ilmu Pemerintahan

Lulusan Program Studi Ilmu Pemerintahan memiliki kesempatan untuk bekerja dengan nyaman di dalam kantor. Ada banyak sekali posisi di beragam kantor pemerintahan yang akan membutuhkan lulusan Program Studi Ilmu Pemerintahan untuk mengisi beberapa posisi yang sesuai dengan tugas yang dibutuhkan.

Program Studi Teknik Informatika

Seolah sesuai dengan perkembangan zaman yang memasuki dunia digital, mengambil program studi Teknik Informatika akan memberikan masa depan yang menjanjikan untukmu.

Peluang kerja di bidang teknik informatika saat ini masih sangat luas karena banyak perusahaan membutuhkan seorang ahli di bidang ini. Lulusan teknik informatika akan dibutuhkan untuk mengumpulka beragam jenis informasi dan data seperti data-data untuk memahami trend dan perilaku konsumen.

Program Studi Ilmu Hukum

Sebagai salah satu program studi yang dari dulu hingga saat ini memiliki jumlah peminat yang selalu banyak, Program Studi Ilmu Hukum memiliki prospek kerja yang cukup luas.

Tidak hanya bekerja di dunia pemerintahan saja, lulusan program studi Ilmu Hukum juga bisa bekerja di kantor-kantor advokat, perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan jasa lawyer atau seseorang yang mampu mengurus masalah perizinan maupun sengketa lainnya.

Kalau di perusahaan swasta biasanya lulusan jurusan hukum akan iempatkan di divisi legal. Divisi legal merupakan unit yang mengurusi tentang segala hal perijinan, syarat birokratif dan memastikan perusahaan berjalan sesuai dengan UU yang berlaku.

Program Studi Ilmu Bisnis

Dilihat dari namanya saja, kamu pasti sudah bisa menebak jika setelah lulus dari Program Studi Ilmu Bisnis kamu bisa langsung bekerja di dunia perkantoran bukan?

Program studi yang satu ini sangat dibutuhkan di dunia perkantoran karena banyak sekali posisi yang dibutuhkan seperti menganalisis data, mengumpulkan data, dan tugas lainnya yang berhubungan dengan bisnis.

Nah, itu dia beberapa pilihan jurusan kuliah atau program studi yang memiliki peluang besar untuk bisa bekerja di kantor. Tidak bisa dipungkiri jika menjadi pegawai kantoran memang terlihat sangat ideal dan menarik, terlebih lagi jika kamu mendapatkan jabatan serta fasilitas menarik lainnya.

jurusan kuliah yang bisa kerja kantoran
suasana kerja kantoran saat pandemi/wabah Covid19

Apakah kerja kantoran itu enak?

Setiap hari minimum 8 jam di kantor jika tidak ada halangan pekerjaan. Adakalanya 10 jam di kantor. Jadi bisa dibayangkan jika kantor itu seperti rumah kedua. Lebih bahagia lagi jika memiliki rekan atau suasana di kantor yang asik dan saling support.

Untuk pekerja kantoran, apakah lembur tanda tidak produktif?

Dalam keberlangsungan sebuah perusahaan, terkadang job baru muncul saat hendak siap-siap pulang.
Contoh : Jam 16:49 ada email masuk, isinya “tolong bantu proses data ini untuk presentasi besok lusa, pak XX sedang sakit jadi tidak bisa menyiapkan data”
Sebagai karyawan berdedikasi dan bertanggung jawab, permintaan di last minute tetap dijalankan, meski tidak ada benefit tambahan atas kelebihan waktu yang dipakai.

Apakah lulusan SMA bisa kerja kantoran?

Bisa dong, sudah banyak yang membuktikan bisa kerja kantoran (kan yang penting kantor). Namun jika kantornya perusahaan TOP tentu tidak mudah, karena proses rekruitmen yang ‘lumayan panjang dan berat’.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menjadi pegawai kantoran, beberapa diantaranya adalah kamu bisa mendapatkan fasilitas dan lingkungan kerja yang memadai, mampu belajar disiplin dan mengelola waktu, mampu mengasah skill dan kemampuan berkomunikasi, belajar tentang dunia bisnis, dan masih banyak keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dari dunia perkantoran.

Dengan beragam keuntungan tersebut, tak heran jika banyak sekali calon mahasiswa yang sudah memiliki rencana untuk bisa bekerja di perkantoran demi mendapatkan kehidupan dan masa depan yang lebih layak.

advertisement

Bagaimana? Apakah jurusan yang kamu minati ada di daftar jurusan kuliah yang bisa kerja di kantor diatas? Kalau ada, persiapkan dirimu untuk bisa mendapatkan ilmu yang sebanyak-banyaknya dan kemudian aplikasikan ilmumu tersebut dalam dunia kerja nantinya. Jangan sampai salah jurusan ya! Semangat!

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest