9 Jurusan untuk Kerja di Stasiun TV dengan Karir Cemerlang

Bekerja di stasiun televisi memang sangat menarik, hal ini disebabkan karena meski pekerjaannya berat tetapi sistem dan gaya kerjanya sangat asyik. Hal inilah yang membuat banyak orang yang ingin masuk jurusan untuk kerja di stasiun TV.

Apa saja jurusan untuk kerja di stasiun TV yang terbaik?

Sesungguhnya apapun jurusan kamu, kamu tetap bisa masuk ke stasiun TV. Akan tetapi ketika kamu belajar di jurusan-jurusan ini, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan termasuk menjadi prioritas dalam pemilihan pegawai.

Mengapa? Karena dengan belajar dari bidang yang sesuai, akan lebih mudah bagi pegawai untuk sesegera mungkin mendukung tim stasiun TV tersebut. Lalu apa saja jurusan yang terbaik untuk kamu yang ingin bekerja di TV? Ini dia ulasannya. 

Jurusan untuk Kerja di Stasiun TV
Jurusan untuk Kerja di Stasiun TV

1. Televisi dan film

Jurusan pertama yang kami rekomendasikan untuk kamu yang ingin bekerja di pada jurusan televisi dan perfilman. Tidak perlu diragukan lagi bahwa jurusan ini adalah jurusan yang terbaik jika kamu ingin bekerja di bidang pertelevisian. 

Hal ini disebabkan karena belajar di jurusan televisi dan perfilman akan membuat kamu memiliki pengetahuan lebih banyak tentang dunia televisi dan perfilman tersebut. Hal ini akan mendukung pekerjaan kamu sehingga kamu bisa bekerja lebih mudah sesuai dengan SOP.

Sponsored Link

Selain itu, jika kamu mengambil jurusan televisi dan film, kamu juga akan melakukan kerja praktik bekerja di televisi dan disebut film. Hal ini akan membantu kamu mendapatkan koneksi lebih luas sehingga nantinya kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih mudah setelah lulus.

2. Jurnalistik

Jurusan kedua yang akan kami rekomendasikan untuk diambil jika kamu memiliki cita-cita untuk televisi adalah jurusan jurnalistik. Jurusan ini akan membantu kamu untuk belajar mengenai bagaimana cara mengumpulkan informasi yang tepat dan benar.

Mengumpulkan informasi yang tepat dan benar sangat penting bagi sebuah stasiun TV. Tujuannya adalah agar stasiun TV bisa menyuguhkan berita yang akurat dan dipercaya. 

Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki kegemaran kerja dengan fakta dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Biasanya jika kamu berasal dari jurusan jurnalistik, kamu akan masuk ke bagian redaksi berita dari stasiun TV yang kamu tuju. 

3. Ilmu komunikasi 

Jurusan selanjutnya yang memungkinkan kamu mendapatkan pekerjaan lebih mudah di stasiun televisi adalah jurusan ilmu komunikasi. Jurusan ilmu komunikasi merupakan salah satu jurusan paling banyak dicari oleh stasiun televisi. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajarannya, jurusan ini akan membuat kamu belajar mengenai bagaimana cara menyampaikan informasi yang lebih efektif pada audiences kamu.


Untuk mendapatkan cara komunikasi yang paling efektif dengan berbagai kondisi, di dalam jurusan ilmu komunikasi ini kamu akan belajar banyak media komunikasi. Mulai dari media tulis, media gambar bahkan media video.

Banyaknya media yang akan dipelajari dalam proses pembelajaran di jurusan ilmu komunikasi membuat kamu mendapatkan lebih banyak pengetahuan dan skill baru. Ini juga Akan membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan lebih mudah di stasiun televisi. 

4. Multimedia

Selain belajar di jurusan ilmu komunikasi, tempat lain yang memungkinkan kamu untuk belajar lebih banyak tentang media adalah di jurusan multimedia. Umumnya jurusan ilmu komunikasi akan lebih fokus pada bagaimana caranya membangun sebuah media komunikasi yang lebih efektif guna menyampaikan pesan. Hal inilah yang membuat jurusan ilmu komunikasi harus belajar lebih banyak media.

Akan tetapi pada jurusan ilmu komunikasi, kamu hanya akan belajar di bagian luarnya saja. Jika kamu ingin belajar tentang media dengan lebih detail, maka jurusan multimedia bisa jadi pilihan tepat untuk kamu menuntut ilmu. 

5. Desain komunikasi visual

Jurusan untuk kerja di stasiun TV sering disingkat dengan nama DKV. Jurusan ini bisa disebut cukup mirip dengan jurusan multimedia. Hanya saja jurusan Desain Komunikasi Visual merupakan sebuah jurusan yang fokus pada pembuatan media komunikasi yang ada dalam bentuk visual.


Di sini kamu tidak hanya akan belajar mengenai bagaimana membuat desain media visual yang menarik, tapi juga belajar mengenai bagaimana cara menyampaikan pesan yang terkandung di dalam media komunikasi ini dengan lebih sempurna. Oleh karena itu selain memiliki kemampuan desain yang baik, kamu yang belajar di jurusan Desain Komunikasi Visual akan lebih sukses jika memiliki ketertarikan di dunia marketing.

6. Animasi

Jurusan animasi adalah jurusan media komunikasi yang berhubungan dengan pembuatan gambar bergerak atau animation. Jurusan animasi ini secara garis besar membuat kamu belajar bagaimana caranya membuat ilustrasi menjadi sebuah gambar bergerak yang memiliki cerita.

Akan tetapi, saat ini jurusan animasi tidak terbatas pada pembuatan film seperti film kartun. Melainkan juga bisa digunakan untuk membuat pengiklanan dan juga konten yang dibutuhkan dalam acara di stasiun televisi.

Bisa kita lihat bahwa saat ini iklan juga banyak dibuat dengan menggunakan gambar bergerak untuk menaikkan value dan meningkatkan daya tarik iklan tersebut. Hal inilah yang membuat jurusan animasi sedang sangat dibutuhkan dalam dunia televisi dan perfilman.

Jurusan untuk Kerja di Stasiun TV
Jurusan untuk Kerja di Stasiun TV

7. Fotografi

Selanjutnya, salah satu jurusan yang terkesan kurang cocok untuk bekerja di stasiun televisi tapi ternyata sangat banyak diminati adalah jurusan fotografi. Jurusan fotografi sangat menarik karena di dalam jurusan ini kamu mungkin akan belajar mengenai videografi. 


Baik foto maupun video grafis merupakan komponen yang sangat penting dalam dunia televisi dan perfilman saat ini. Oleh karena itu, jika kamu memiliki ketertarikan dalam mengutak-atik mesin, maka jurusan ini dapat membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan di stasiun TV dengan lebih mudah.

kuliah

8. Desain grafis

Pilihan jurusan lain yang saat ini juga sedang banyak dicari oleh stasiun televisi adalah jurusan desain grafis. Jurusan desain grafis merupakan sebuah jurusan di mana kamu akan belajar mengenai cara membuat gambar yang dapat berkomunikasi secara efektif dan memiliki daya tarik visual tinggi.

Biasanya lulusan dari jurusan desain grafis akan bertugas untuk membuat konten-konten promosi maupun perangkat-perangkat untuk event. Akan tetapi jika kamu ingin mencari sekolah yang memiliki jurusan desain grafis, pastikan universitas tersebut merupakan universitas yang maju dan mengikuti perkembangan zaman.

Hal ini disebabkan karena dunia teknologi dan dunia desain terus berkembang. Jadi jika kamu tidak menuntut ilmu di universitas yang maju, ilmu-ilmu yang kamu dapatkan dari sekolah kamu tentu akan ketinggalan zaman.

9. Fashion design

Jurusan terakhir yang memungkinkan kamu lebih mudah masuk ke stasiun TV adalah jurusan fashion design. Jurusan ini akan sangat banyak dicari untuk televisi yang memiliki acara pribadi karena di sini kamu bisa bekerja memamerkan karya kamu dan memberikan penampilan pada pembawa acara sesuai dengan ini yang dibutuhkan oleh stasiun televisi.

Jurusan-jurusan yang disebutkan di atas merupakan jurusan untuk kerja di stasiun TV yang paling banyak dicari. Akan tetapi seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika kamu yang sudah terlanjur masuk ke jurusan lain, kamu masih memiliki kesempatan untuk bergabung di stasiun televisi yang kamu inginkan.

alasan memilih jurusan hukum
Lulusan Hukum bisa kerja di Stasiun TV sebagai Staff Legal

Posisi / Jabatan apa Saja yang Ada di Stasiun TV ?

Produser bertanggung jawab pada isi siaran. Produser juga mendampingi proses editing.
Produksi jurnalis biasanya berfokus pada produksi suara pada suatu konten jurnalistik. Misalnya: voice over pada acara berita.
Presenter bertugas berbicara dan menyampaikan yang sudah disusun menjadi skrip program.
Reporter adalah salah satu jenis jabatan yang bertugas melakukan peliputan berita di lapangan dan melaporkannya kepada publik.

Selain itu juga ada Studio Director, Editor, Character Generic, Jurnalis, Agent Model, Electric & Light Departement, Floor Director, Penata Rambut, Penata Kostum, Tim Kreatif/Research Departement, Gaffer/KeyGrip, dsb


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Komentar / Pertanyaan