9 Prospek Kerja Jurusan D3 Perpajakan dan Perkiraan Gajinya

Prospek Kerja Jurusan D3 Perpajakan. D3 perpajakan jadi salah satu jurusan yang banyak diminati oleh lulusan SMA maupun SMK. Jurusan ini digadang – gadang memiliki prospek yang cerah untuk kedepannya. Dalam penentuan jurusan kuliah tentu saja bukan hal yang mudah. Harus diketahui terlebih dahulu dimana minat dan bakat anak.

Jurusan Kuliah D3 Perpajakan

Banyak juga dari anak yang sudah masuk kuliah tetapi masih mengaku salah jurusan. Hal itu dapat terjadi karena pada saat pendaftaran tidak mempelajari lebih dalam mengenai jurusan yang akan diambilnya. Berikut ini akan diulas secara lengkap mengenai jurusan D3 perpajakan, serta prospek kerja D3 perpajakan.

Apa Itu Jurusan D3 Perpajakan

D3 perpajakan akan jadi salah satu jurusan kuliah yang lulusannya banyak dicari oleh perusahaan. Pasalnya, jurusan ini berhubungan dengan perpajakan serta keuangan yang pasti dimiliki oleh setiap perusahaan. Sehingga perusahaan pasti akan mencari tenaga kerja yang paham mengenai perpajakan.

Prospek Kerja Jurusan D3 Perpajakan

Pajak menjadi salah satu sumber pendapatan negara, suatu perusahaan pasti akan dikenai pajak. Sehingga perusahaan membutuhkan lulusan perpajakan untuk bisa mengelola hal tersebut. Peluang kerja dari D3 perpajakan ini banyak sekali karena semua perusahaan membutuhkan.

Anda dapat bekerja di perusahaan jenis apapun tetapi masih dalam posisi yang sama yaitu di bagian perpajakan.

Apa yang Dipelajari di D3 Perpajakan?

Ada banyak materi yang akan dipelajari di jurusan D3 Perpajakan ini. Terutama materi yang berkaitan dengan pajak baik itu pajak perseorangan atau pribadi maupun pajak perusahaan atau pajak daerah dan lain sebagainya.

Jurusan ini akan sangat cocok bagi Anda yang pandai dalam urusan menghafal. Karena akan banyak sekali hal yang harus dihafalkan dalam jurusan ini. Baik itu mengenai aturan – aturan perpajakan yang harus dihafalkan hingga tarif pajak yang tentunya setiap bidang memiliki tarif yang berbeda – beda.

Kemampuan yang harus dimiliki dalam jurusan ini yaitu penalaran yang baik akan sangat dibutuhkan. Materi mengenai pengawasan serta pemeriksaan pajak juga akan didapatkan disini.

Selain melaksanakan tatap muka di dalam kelas, jurusan ini juga sering kali melakukan praktikum lapangan atau praktik lapangan untuk melakukan simulasi terkait dengan perpajakan. Pengajaran juga biasa dilakukan di laboratorium komputer dan lain sebagainya. Sangat menarik bukan?

Apa Gelar yang didapat?

Bagi lulusan D3 Perpajakan akan mendapatkan gelar A.Md.Pjk. Mengapa Ahli madya? Karena yang diambil yaitu gelar D3 atau vokasi bukan mengambil strata satu atau S1. Gelar tersebut akan didapatkan setelah kelulusan atau tepatnya setelah Yudisium.


Prospek Kerja Jurusan D3 Perpajakan & Kisaran Gajinya

Bagi yang sedang ingin memilih jurusan kuliah pertimbangan prospek kerja pasti jadi satu hal yang sangat penting. Karena hal tersebut akan menentukan bagaimana kedepannya, akan menjadi apa, bekerja dimana, mendapatkan gaji berapa dan masih banyak pikiran lainnya.

Terutama bagi yang ingin mengambil jurusan D3 Perpajakan pasti sedang bertanya – tanya, akan jadi apa kedepannya? Berikut ini akan diulas mengenai prospek kerja D3 Perpajakan dengan lengkap!

kuliah
  1. Pegawai Pajak

Prospek kerja pertama untuk jurusan D3 Perpajakan ini yaitu sebagai pegawai pajak dalam kantor perpajakan. Salah satu yang banyak dikejar bagi siswa SMA atau SMK yaitu sekolah kedinasan untuk perpajakan. Nantinya Anda akan jadi abdi negara melalui kedinasan ini.

Gaji yang ditawarkan sebagai pegawai pajak ini juga cukup menjanjikan yaitu mulai dari kisaran 5 jutaan. 5 juta tersebut bahkan belum termasuk untuk tunjangan dan lainnya. Bagaimana, apakah tertarik dengan jurusan ini?

  1. Pegawai Bea Cukai

Pegawai Bea Cukai jadi salah satu yang bisa Anda lakukan. Bekerja di pemerintahan seperti bea cukai ini tentu sangat membutuhkan lulusan dari perpajakan. Tetapi biasanya untuk lebih mudah menjadi pegawai bea cukai harus masuk sekolah kedinasan terlebih dahulu.


Setelah lulus barulah akan bekerja di bea cukai dengan sangat mudah karena untuk masuk sekolah ikatan dinas juga tidaklah mudah. Mahasiswa juga perlu mempertahankan prestasi dengan indeks prestasi kumulatif yang tidak boleh rendah. Oleh karena itu, mereka bisa dengan mudah masuk sebagai pegawai bea cukai.

Pegawai Bea Cukai ini memiliki gaji yang bervariasi mulai dari 3 juta rupiah hingga 10 juta rupiah. Hal ini akan tergantung dimana Anda ditempatkan atau posisi yang Anda dapatkan.

  1. Dinas Keuangan Daerah

Prospek kerja D3 perpajakan selanjutnya yaitu bisa masuk ke dalam formasi Dinas Keuangan Daerah. Disini Anda bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS dengan gaji yang bervariasi tergantung dari golongan PNS. Semakin tinggi golongan maka akan semakin tinggi gaji yang didapatkan.

  1. Staf Kementerian Keuangan

Menjadi Staf Kementerian Keuangan juga merupakan salah satu prospek kerja dari lulusan D3 Perpajakan ini. Tentu saja jika menjadi bagian dari Kementerian Keuangan maka akan memiliki gaji yang bersaing. Ada banyak posisi yang sesuai dengan latar belakang bidang keilmuan Anda.

Dengan gaji yang cukup fantastis yaitu mulai dari 5 juta hingga 117 juta rupiah tergantung posisi Anda ditempatkan. Bagaimana? Tertarik untuk punya gaji puluhan hingga ratusan juta? Boleh coba jurusan D3 Perpajakan dan lamar sebagai Staf Kementerian Keuangan!

  1. Perusahaan BUMN

Selanjutnya prospek kerja dari D3 Perpajakan yaitu bisa bekerja di perusahaan BUMN. BUMN punya banyak sekali anak perusahaan yang membutuhkan lulusan dari D3 Perpajakan. Perusahaan tersebut seperti PLN, Pertamina, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan banyak perusahaan lainnya.

Gaji yang akan di dapatkan dengan masuk ke perusahaan BUMN ini akan diserahkan ke masing-masing perusahaan. Biasanya gaji yang akan didapatkan di atas UMR masing-masing kota. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan tunjangan.

gaji otomatisasi dan tata kelola perkantoran
  1. Perusahaan Swasta

Apabila tidak ingin terikat dengan negara maka bisa memilih perusahaan swasta untuk tempat bekerja. Setiap perusahaan pasti akan berurusan dengan masalah keuangan dan masalah perpajakan. Oleh karena itu, Anda bisa masuk ke perusahaan swasta dengan posisi yang sesuai berdasarkan bidang keilmuan yang dimiliki.

Untuk masalah gaji tentu saja bisa di atas UMR dan bagi yang sudah menjadi staf perusahaan akan mendapat bonus berkali-kali lipat dari gaji yang didapatkan.

  1. Dosen

Untuk menjadi seorang dosen Anda perlu melanjutkan studi terlebih dahulu hingga memiliki gelar magister. Memang membutuhkan waktu yang cukup lama tetapi akan ada banyak fasilitas yang didapatkan dan tunjangan.


  1. POLRI

Prospek kerja D3 Perpajakan selanjutnya yaitu bisa bekerja di POLRI karena instansi ini juga membutuhkan lulusan dari perpajakan untuk menangani pajak. Gaji yang didapatkan juga bervariasi bisa 1,6 juta hingga 5,9 juta rupiah untuk tiap bulannya.

  1. Guru

Terakhir yaitu menjadi Guru. Pekerjaan ini sangat cocok bagi lulusan yang mahir dalam menyampaikan dan menguasai materi. Anda juga bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil dan mendapatkan gaji yang sesuai dengan golongan.

Editor Choices :

Kenapa jarang ada Universitas yang membuka S1 Perpajakan?

Diploma merupakan sains terapan yang apabila selesai dipelajari maka siap dipraktekkan, siap kerja, sedangkan Sarjana adalah sains yang selesai dipelajari maka dijadikan penelitian dan dikembangkan.
Alasan kedua adalah urusan pajak lebih ke arah vokasional. Hanya segelintir orang yang memikirkan secara khusus tentang bagaimana mendapatkan pemasukan melalui pajak, karena semuanya harus dipertimbangkan dengan bijak. Oleh karena itu, ranah program vokasi lebih pas untuk urusan perpajakan. Jadi, program pendidikannya dimasukkan dalam program Diploma.

Komentar / Pertanyaan