11 Prospek Kerja Jurusan Hukum yang Menjanjikan

Jika Anda adalah seseorang yang memiliki minat untuk fokus dalam bidang pendidikan hukum, ketahui terlebih dahulu apa saja jenis profesi yang menjanjikan jika Anda menggeluti bidang ini. Banyak yang bertanya tentang apa saja prospek kerja jurusan hukum terutama jika Anda adalah seorang lulusan jurusan IPS.

Banyak yang beranggapan bahwa untuk bisa belajar di bidang hukum, Kita harus memahami hukum dan hafal tentang semua undang-undang serta peraturan yang ada di luar kepala. Kenyataannya memang benar, namun untuk mereka yang sudah melakukannya hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah dan menyenangkan.

Perbedaan Pendidikan Hukum dan Ilmu Hukum

Di dunia ini jika tak ada hukum yang ditegakkan maka akan ada banyak sekali orang yang bersikap sewenang-wenang dan mengutamakan  kepentingan mereka sendiri meski harus dengan mengorbankan orang lain.

Prospek Kerja Jurusan Hukum

Saat Anda memutuskan untuk belajar di bidang hukum, maka akan ada dua pilihan yang bisa Anda ambil. Yaitu menjadi orang taat hukum atau menjadi orang yang melanggar hukum dengan memanfaatkan kekuasaan di bidang hukum. Karena ada banyak sekali kasus yang terjadi ketika hukum bisa dibeli atau hukum yang bisa dipermainkan.

Berikut ini adalah beberapa informasi tentang perkuliahan hukum yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

Sponsored Link
  • Perbedaan jurusan hukum dan ilmu hukum

Jurusan hukum memiliki pembelajaran yang berkonsentrasi di bidang berbagai jenis hukum yang ada dan berlaku di dunia. Sedangkan untuk jurusan ilmu hukum memiliki konsentrasi ilmu di bidang praktek hukum secara menyeluruh.

Ada banyak sekali jenis hukum yang berlaku di dunia ini dari mulai jenis hukum yang mengatur tentang hak kepemilikan, hak asasi manusia dan hukum perdagangan.

Gelar Sarjana Hukum atau S.H diberikan pada mahasiswa jurusan ilmu hukum yang sudah berhasil menyelesaikan studinya di bidang hukum untuk strata 1 di sebuah universitas.

Di dalam pendidikan jurusan hukum, Kita akan mempelajari tentang bagaimana cara untuk berpikir dengan logika yang tepat dan benar sesuai dengan bukti yang ada yang kemudian akan menjadi sebuah rujukan dalam menerapkan hukum yang berlaku.

  • Kurikulum pendidikan ilmu hukum

Pada saat pembelajaran di jurusan ilmu hukum Anda akan mendapatkan pembelajaran tatap muka, kuliah umum, praktik dan simulasi sidang yang dilakukan secara berkala. Pada awal semester, Anda akan mendapatkan teori dasar hukum yang diajarkan secara menyeluruh.

Baru kemudian di semester lanjut Anda bisa menentukan dan memilih konsentrasi jurusan sesuai dengan bakat serta minat Anda. Seperti memilih jurusan hukum pidana, perdata, hukum tentang kegiatan ekonomi, hukum acara, hukum kemasyarakatan, hukum internasional serta hukum tata negara dan administrasi negara.

jurusan kuliah yang tidak ada matematika
  • Rekomendasi kampus jurusan hukum

Memilih kampus dengan jurusan hukum yang terbaik tentu akan membuat ilmu hukum yang Anda kuasai jauh lebih baik dan memuaskan. Banyak kampus terbaik yang memiliki predikat ter-akreditasi A khususnya untuk jurusan hukum di Indonesia.

Diantaranya adalah kampus Universitas Indonesia. Kampus yang berlokasi di ibukota ini memiliki akreditasi A untuk jurusan hukumnya. Universitas Indonesia dikenal memiliki kualitas pendidikan hukum yang terbaik dan nomor 1 di Indonesia. Untuk bisa mendapatkan kesempatan kuliah di universitas ini pun sangat terbatas karena kuota yang tersedia cukup sedikit hanya sekitar 160 kursi saja.

Rekomendasi tempat kuliah terbaik yang kedua adalah UGM. Universitas yang terletak di kota budaya Jogja ini memiliki predikat sebagai Pioneer di bidang ilmu hukum yang sudah berhasil meluluskan beberapa alumni terbaik dalam bidang hukum yang kini menjadi praktisi hukum terkenal di Indonesia. Kuota yang ada di universitas ini pun hanya sedikit yaitu sekitar 150 kursi saja.

Kemudian rekomendasi tempat kuliah hukum yang terbaik ke tiga adalah UNPAD. UNPAD atau Universitas Padjajaran ini berlokasi tepatnya di kota Bandung. Dikenal memiliki banyak peminat calon mahasiswa hukum hingga ribuan jumlahnya setiap tahun namun universitas ini hanya menerima sekitar 180 mahasiswa saja setiap tahunnya.

Sponsored Link
  • Alasan tertarik bidang hukum

Dari ke sekian banyak calon mahasiswa di bidang hukum, ada beberapa alasan yang mereka miliki untuk berkuliah di bidang ilmu hukum. Diantaranya adalah karena dengan kuliah di bidang ilmu hukum maka mereka akan memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas.

 Bahwa dengan menjadi mahasiswa di bidang hukum bukan saja harus mempelajari teks undang-undang dan hukum yang berlaku. Mereka juga harus mengikuti perkembangan politik dan berita terbaru di sekitar mereka sehingga bisa menjalankan proses hukum dengan sebaik-baiknya.

Beberapa diantaranya ada juga yang memilih jurusan hukum karena memiliki latar belakang kasus tertentu dalam bidang hukum. Bahwa dengan memilih hukum, mereka juga bisa memiliki karakter yang lebih positif dalam hidup mereka.

alasan masuk jurusan hukum

Prospek Kerja Jurusan Hukum yang Menjanjikan

Jika Anda memilih untuk berkuliah di bidang ilmu hukum, maka ada beberapa prospek kerja jurusan hukum yang menjanjikan untuk Anda geluti dalam bidang ini. Berikut info singkat tentang beberapa profesi tersebut.

 1.  Profesor hukum

Profesi sebagai seorang profesor di bidang hukum memiliki banyak sekali peran dalam kehidupan sehari-hari. Dari mulai menangani kasus penting, menjadi penasehat untuk kasus hukum yang terjadi, selalu dimintai pendapat dalam berbagai pengadilan penting, menjadi saksi ahli dan narasumber dalam berbagai diskusi tema politik dan hukum yang ada di Indonesia.

Laws are like sausages, it is better not to see them being made.

 2. Hakim

Menjadi satu sosok yang sangat dihormati dalam pengadilan membuat profesi menjadi hakim juga sangat diminati oleh calon mahasiswa hukum. Namun untuk menjadi seorang hakim bukanlah sesuatu hal yang mudah. Anda harus memiliki kebijakan, cara pandang dan cara menyelesaikan masalah dengan baik serta benar. Keputusan hakim yang akan menentukan nasib seseorang dalam pengadilan.

 3. Pengacara

Menjadi seorang pengacara juga menjadi salah satu profesi yang banyak dilakukan oleh mereka yang belajar di bidang ilmu hukum. Seorang pengacara memiliki tugas untuk menjadi seorang konsultan hukum, kuasa hukum hingga memberikan pandangan serta informasi mengenai dokumen dan hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi sidang. Banyak yang menggunakan jasa pengacara untuk mendapatkan pelayanan hukum agar supaya bisa diputuskan dengan baik dan benar.

i k l a n
jurusan yang paling dibutuhkan didunia kerja

4. Notaris

Menjadi seorang notaris bukan saja harus berkuliah di ilmu hukum saja. Namun Anda juga harus melanjutkan kuliah di bidang magister kenotariatan. Dalam hal ini seorang notaris memiliki kuasa untuk membuat sebuah akta asli seperti misalnya akta tanah atau akta waris sesuai kebutuhan. Menjadi seorang notaris bisa membuka layanan jasa praktik sendiri tanpa bergantung pada biro lainnya.

Laws are like cobwebs, which may catch small flies, but let wasps and hornets break through.

5. PNS atau staf menteri

Lulusan hukum juga memiliki kesempatan untuk menjadi abdi negara atau PNS. Anda juga bisa menjadi staf ahli kementerian dalam bidang hukum dimana pekerjaan Anda adalah menghandle semua kepentingan yang berkaitan dengan hukum dalam wilayah kementerian tempat Anda bekerja.

6. Reporter Pengadilan

Meski untuk profesi ini terdengar kurang penting peranannya, namun ternyata menjadi seorang reporter Pengadilan bukanlah hal yang mudah. Anda bertugas untuk mencatat serta membuat transkripsi proses berjalannya pengadilan yang berlangsung dengan detail dan seksama.

7. Jaksa

Profesi yang terakhir yang juga sangat menjanjikan adalah profesi menjadi jaksa. Tugas jaksa adalah untuk menyampaikan apa yang menjadi dakwaan tuduhan kepada pelaku tindak kejahatan. Untuk menjadi seorang jaksa Anda harus melalui seleksi ketat yang dilakukan oleh pemerintah terlebih dahulu.

8. Legal Officer / Staff Legal

Profesi ini ada di instasi plat merah dan hampir sebagian besar perusahaan swasta. Tugasnya adalah sebagai konsultan hukum perusahaan yang memberikan saran dari perspektif hukum kepada pemimpin perusahaan alam pengambilan keputusan.

Tugas berikutnya yaitu sebagai advokat perusahaan yang mewakili perusahaan jika terjadi masalah di pengadilan dengan pihak eksternal. Dan tugas lainya yaitu sebagai pelaksana perusahaan, yaitu menyiapkan dan mengurus perizinan.

9. Bekerja di sektor Perbankan / Leasing / Asuransi / Properti

Pada awalnya akan masuk sebagai Management Development Program, yakni jalur penerimaan karyawan di suatu perusahaan yang dipersiapkan menjadi kepala cabang/supervisor/manager. Persaingan sangat ketat karena diperebutkan oleh berbagai lulusan dari beragam prodi.

10. Staff HRD

Bagian personalia identik dengan ulusan jurusan psikologi, namun ada juga yang berasal dari jurusan Hukum. Kenapa hukum ? karena terkait ketenagakerja bukanlah suatu perkara yang simpel, sangat kompleks.

Apa tugas lulusan di divisi personalia? Misalnya ditugaskan untuk mengevaluasi kembali aturan perusahaan yang menyangkut dengan ketenagakerjaan. Mulai dari rekruitmen, saat jadi karywana hingga aturan tentang PHK/pensiun. elain utu juga bertanggungjawab terhadap ketentuan hukum dalam menggunakan BPJS atau Jmsostek.

11. Pengusaha

Dengan basic regulasi yang sudah dipahami, maka akan semakin mudah mengurus bisnis. Misalnya tentang apa-apa yang tidak boleh dan diperolehkan, syarat perijinan, jalur proses agar bisnis alan dengan legal dan aman.

Apa saja pertimbangan sebelum masuk jurusan hukum ?

kuliah

Jangan bayangkan bahwa pekerjaan hukum itu selalu berada di pengadilan. Pekerjaan lulusan hukum akan lebih banyak mengacu pada administrasi.

Jangan galau apabila akan menghafal ratusan pasal-pasal, kemungkinan besar ujian di fakultas hukum open book. Unsur senioritas akan selalu ada, baik itu jaman perkuliahan hingga pasca kuliah ykni ketika bekerja. Siapkan banyak dana yang akan dikeluarkan untuk membeli buku.

Apakah kuliah jurusan hukum itu harus pede dan pinter ngomong?

mahasiswa kuliah daftar isi

Bukan hanya jurusan hukum saja yang menuntut mahasiswa nya harus aktif dan pandai berargumen, jurusan jurusan lain banyak yang juga menuntut kita untuk public speaking. Nanti di dunia kerja, kita dituntut untuk aktif inisiatif mampu menyampaikan maksud argumen data fakta..
Jadilah mahasiswa yang aktif di kampus ikuti kegiatan diskusi forum, acara seminar dan banyak lagi.

Hal-hal apa saja yang perlu diketahui maba Jurusan Hukum ?

kendlaa dan tantangan kuliah

Ospek yang cukup keras ( di universitas manapun )
Mendapatkan buku atau literatur yang relevan
Soal ujian yang menuntut analisa tingkat tinggi
Banyaknya referensi literatur untuk satu mata kuliah

Kesulitan lainnya yaitu : menghafal KUHP, KUHAP, KUHAper, KUHper
Tawaran Partai Politik Mahasiswa, Memilih BSO (Badan Semi Otonom) yang begitu banyak Banyaknya seminar dan diskusi publik yang menarik dan yang terakhir sulit menolak ajakan aksi turun ke jalan demonstrasi

Editor's Choices:

Itulah beberapa profesi yang menjadi prospek kerja jurusan hukum yang bisa Anda ambil usai menyelesaikan studi bidang ilmu hukum Anda.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
Daftar Universitas Termahal Di Indonesia
prospek kerja teknik lingkungan untuk wanita perempuan
Hard Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja
jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan
prospek kerja teknik kimia
Prospek Kerja Antropologi Sosial