11 Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan Jenjang S1 S2

Apabila mendengar jurusan ilmu politik, Anda pasti langsung mengarah pada jurusan yang lulusannya nanti menjadi politisi, mengisi kursi-kursi di DPR, jadi camat bupati walikota gubernur atau bahkan jadi Presiden, bukan?

Kemungkinan-kemungkinan itu bisa saja menjadi salah satu prospek kerja ilmu pemerintahan.Namun tidak sekadar ingin duduk mengurusi kebijakan, banyak dari lulusan ilmu pemerintahan yang juga mengabdikan dirinya untuk masuk dalam organisasi masyarakat.

Ada beberapa keahlian dan pengetahuan yang menjadi bekal bagi mahasiswa jurusan ilmu pemerintahan. Pertama, kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik. Tidak hanya jurusan ilmu komunikasi saja yang terampil berkomunikasi, jurusan ilmu pemerintahan pun mampu melakukan hal yang sama.

Kedua, kemampuan berpikir kritis dan menganalisis. Beberapa mata kuliah mengharuskan mahasiswa untuk memutar otaknya dalam menelaah suatu masalah dan mencari jalan keluarnya.

prospek kerja ilmu pemerintahan

11 Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan

Pada bagian kali ini kami akan menjelaskan prospek kerja ilmu pemerintahandan universitas yang ada jurusan ilmu pemerintahandi Indonesia. Apabila Anda membutuhkan informasi ini, pastikan Anda membacanya hingga selesai ya. Semuanya akan kami bahas tuntas di sini.

1. Berkarir Sebagai Dosen

Profesi sebagai seorang dosen memang menyenangkan jika ia sudah terangkat sebagai dosen PNS dan bukan lagi dosen tetap non PNS, dosen tidak tetap, bahkan dosen luar biasa.

Gaji dan tanggung jawab yang pasti menjadi dua hal yang patut untuk dipertimbangkan. Namun sebelum memutuskan menjadi dosen, lulusan ilmu pemerintahan sebaiknya melanjutkan studi dulu ke jenjang magister.

Apabila Anda belum mengetahui universitas yang ada jurusan ilmu pemerintahan di Indonesia, maka Anda wajib mencari tahu. Kami akan membantu Anda dengan sedikit memetakan kampus-kampus di Indonesia yang terakreditasi A pada jurusan ilmu pemerintahannya.

Pertama, ada jurusan ilmu politik dan pemerintahan di Universitas Gadjah Mada. Jurusan ini dinaungi oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Di jurusan ini, Anda tidak hanya belajar soal pemerintahan, tetapi juga politik sebagai sesuatu yang tidak terpisahkan dari bahasan pemerintahan tersebut.

Kedua, ada jurusan ilmu pemerintahan di Universitas Hasanuddin. Jurusan ini juga masuk dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Namun yang menjadi pembeda dengan UGM, jurusan pemerintahan dan jurusan politik di Unhas merupakan dua jurusan yang berbeda. Ketiga, ada jurusan ilmu pemerintahan di Universitas Brawijaya.

2. Menjadi Penulis di Platform Spesifik

Sebagai mahasiswa ilmu pemerintahan yang ditempa untuk berpikir kritis dalam melihat suatu isu, lulusan jurusan ini sangat berpeluang besar menjadi seorang penulis di platform yang spesifik membahas tentang politik dan pemerintahan hari ini. Apalagi di berbagai media sosial, semua orang senang membahas isu-isu terkini yang terjadi antara pemerintah dan masyarakat sipil.

Seorang aktivis mahasiswa yang baru-baru ini lulus di jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan UGM bahkan menuturkan dalam sebuah diskusi bahwa ia kini fokus menjadi seorang penulis. Pekerjaan ini ternyata mampu menunjang biaya sehari-harinya di Yogyakarta. Jadi bagaimana? Anda juga tertarik menekuni pekerjaan ini?

3. Bergabung dalam Lembaga Riset Sebagai Peneliti

Ciri dari mahasiswa jurusan ilmu pemerintahan adalah mereka mampu melihat suatu isu dari banyak perspektif. Negosiasi di kelas hingga menemukan atau bahkan tidak menemukan titik temu dari setiap kelompok sudah menjadi makanan sehari-hari. Nah dengan perspektif tersebut, lulusan ilmu pemerintahan pun bisa bergabung dalam sebuah lembaga riset menjadi peneliti.

Sebagai peneliti, isu yang diangkat tidak harus selalu baru dan kontekstual. Tetapi bisa diramu juga isu yang sebelumnya untuk ditarik simpulnya dengan beberapa kejadian saat ini. Pekerjaan tersebut, bagi orang yang senang berpusing-pusing ria menyelidiki dan menganalisis sesuatu akan menjadi sangat menyenangkan. Berani coba?

4. Menjadi Jurnalis

Kemampuan analisis dan komunikasi yang bagus juga bisa mengantarkan seorang lulusan ilmu pemerintahan untuk memilih prospek kerja ilmu pemerintahansebagaiseorang jurnalis. Seorang jurnalis yang memiliki latar belakang pendidikan ini pasti bisa mengolah berita yang dimilikinya dengan bagus dan tajam, tentu saja.

Apalagi beberapa media besar hari ini telah memiliki rubrik tersendiri dalam membahas soal politik dan pemerintahan. Peluang lulusan ilmu politik pun bisa sangat besar dalam hal ini sebagai seorang jurnalis bahkan reporter. Jadi bagaimana, Anda tertarik?

5. Bergabung dalam Partai Politik

Peluang menjadi bagian dari partai politik adalah prospek kerja ilmu pemerintahanyang banyak dipikirkan orang. Sebuah anekdot mengatakan, jika ingin mengubah sesuatu, maka masuklah di dalamnya.

Jika selama ini mahasiswa jurusan ilmu pemerintahan diajarkan tentang kondisi pemerintahan di Indonesia hari ini, maka mereka bisa memiliki motivasi yang tinggi untuk masuk dan mengubahnya lewat berbagai kebijakan.

Kebijakan ini, menurut banyak orang, hanya bisa diubah sesuai dengan kepentingan politisinya jika ia masuk di dalam dan membawa perubahan itu sendiri.

Jika Anda adalah lulusan ilmu pemerintahan dan jengah melihat kebijakan pemerintah yang mungkin bagi sebagian orang, tidak horizontal ke masyarakat secara langsung, maka masuk dan bergabung dalam partai politik adalah salah satu upaya yang bisa Anda lakukan.

6. Menjadi Bagian dalam Organisasi Masyarakat

Jurusan ilmu pemerintahan biasanya melahirkan banyak aktivis-aktivis kampus. Mereka adalah orang-orang yang siap membela hak-hak sipil yang direnggut oleh negara.

Teknik komunikasi, negosiasi, dan berpikir kritis menjadi bekal yang cukup bagi mahasiswa ilmu pemerintahan yang ingin terjun dan bergabung dalam organisasi masyarakat yang nirlaba ini.

Jika Anda adalah orang yang senang membantu masyarakat dan ingin mengambil bagian untuk memastikan keterpenuhan hak-hak dasar masyarakat, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih pekerjaan yang satu ini.

7. Secara Mandiri Menjadi Konsultan Pemerintahan

Secara mandiri, Anda pun bisa menjadi konsultan pemerintahan. Pekerjaan ini akan mempertemukan Anda dengan banyak aktor-aktor politik yang biasanya Anda lihat di televisi. Sekarang mereka akan meminta pendapat Anda tentang kebijakan yang akan mereka ambil.

Pemerintahan dalam hal ini bisa difokuskan pada pemerintah daerah. Dimana banyak dari mereka yang kadangkala membutuhkan konsultan sebelum menerapkan kebijakan mereka.

Apabila Anda sebagai lulusan ilmu pemerintahan ingin melakukan perubahan dari pemerintah dan untuk masyarakat, pekerjaan ini sepertinya bisa Anda pilih.

8. Memilih Menjadi Spesialis Hubungan Masyarakat

Seorang humas atau bagian dari hubungan masyarakat tidak hanya bisa dijabat oleh lulusan ilmu komunikasi. Kini, seiring perkembangan zaman, ilmu pemerintahan pun bisa menjadi Humas di perusahaan atau kantor-kantor pemerintahan. Untuk masalah gaji, Anda bisa mendapatkan jutaan rupiah dengan tunjangan yang disesuaikan dengan kinerja Anda.

Sebagai Humas, Anda akan bertugas mengomunikasikan apa yang diinginkan pemerintah di kantor Anda dengan masyarakat luas. Anda pun menganalisis SWOT terlebih dahulu sebelum menurunkan suatu kebijakan dalam suatu masyarakat tertentu. Intinya, Anda akan lebih peka apa yang diinginkan masyarakat dan apa yang harus Anda lakukan agar pemerintah di tempat Anda bekerja ingin mendengarkan.

9. Menjadi Konsultan Publik Bagi Calon Kepala Daerah

Tidak jauh-jauh dari profesi sebagai Humas, lulusan ilmu pemerintahan pun bisa menjadi ambil bagian sebagai pendamping pribadi sekaligus konsultan publik bagi calon kepala daerah. Sebagai konsultan, Anda akan mengarahkan kepala daerah tersebut untuk bersikap seperti yang diinginkan masyarakat.

Anda bisa memberikan mereka masukan setelah mendengarkan masyarakat tentu saja. Siapa tahu kepala daerah yang Anda damping menang, Anda bisa menjadi konsultannya selama dia bekerja. Sebab Anda adalah orang yang paling bisa diandalkan untuk mengetahui keinginan dan permasalahan masyarakat.

10. Menjadi Seorang Pengawas dan Penyelidik Properti Pemerintah

Profesi yang satu ini bisa Anda jalani jika Anda bekerja di kantor yang khusus menyidik pemerintah. Anda akan berkolaborasi dengan banyak elemen jurusan, sehingga Anda tidak akan berjalan sendiri. Semua orang akan membantu Anda. Adapun untuk persoalan gaji, Anda bisa mendapatkan jutaan rupiah.

11. Menjadi Pembicara Di Stasiun Televisi

advertisement

Pekerjaan ini bisa menjadi pekerjaan sampingan yang Anda tekuni sebagai seorang lulusan ilmu politik. Jika Anda memutuskan tidak melanjutkan studi S2, Anda bisa tetap diundang ke stasiun televisi sebagai pembicara jika Anda memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas soal pemerintahan hari ini. Jadi ingin berprofesi apakah Anda saat lulus nanti?

Apa itu ilmu pemerintahan?

Ilmu Pemerintahan mempelajari tentang manajemen atau pengelolaan organisasi publik, diantaranya lembaga legislatif, eksekutif, yudikatif, dan lembaga lainnya yang berfungsi dalam menjalankan fungsi negara, yang diatur dalam undang-undang.
Disini kamu akan memahami tugas-tugas administrasi, manajemen, dan organisasi pada badan-badan publik. Kamu juga akan dibekali dengan skill public speaking, negosiasi, dan pengetahuan politik.

PTN PTS yang memiliki jurusan ilmu pemerintahan terbaik dengan akreditasi A

1. Universitas Gajah Mada
2. Universitas Diponegoro
3. Univ. Muhammadiyah Yogyakarta
4. Univ. LanglangBuana Bandung
5. Univ. Islam Riau
6. Univ. Padjajaran
7. Univ. Muhammadiyah Malang
8. Univ. Muhammadiyah Makassar

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest