11 Alasan Memilih Jurusan Manajemen & Prospek Kerjanya

Bingung menjawab pertanyaan ‘alasan memilih jurusan manajemen?’ maka anda di tempat yang tepat untuk membaca. Kini banyak orang memilih melanjutkan pendidikannya di bangku perkuliahan dengan mengambil jurusan manajemen.

Jurusan ini ternyata tak hanya diincar oleh anak IPS saja yang memang sudah memiliki modal dasar yang sudah dipelajari di SMA, seperti salah satunya adalah pelajaran manajemen. Kini, anak IPA pun berbondong-bondong untuk masuk jurusan yang satu ini.

Jika Anda ingin melanjutkan pendidikan dengan memilih jurusan manajemen maka nantinya Anda akan mempelajari dasar-dasar bisnis yang kokoh seperti misalnya marketing, perencanaan, perekrutan, dan kepemimpinan.

Bekal ini nantinya bisa Anda gunakan untuk memilih spesialisasi di bidang manapun yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda, di antaranya sumber daya manusia, manajemen kesehatan, ataupun sistem informasi komputer.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengambil jurusan manajemen, maka Anda perlu menyimak beberapa alasan mengapa banyak orang memilih jurusan ini dan juga bagaimana prospek kerja bagi para lulusannya.

Alasan Memilih Jurusan Manajemen

Alasan Memilih Jurusan Manajemen

  • Membentuk Pribadi yang Tanggung Jawab  

Alasan memilih jurusan manajemen yang pertama terkait dengan pembentukan karakter positif bagi mahasiswa. Melalui jurusan ini mahasiswa akan belajar bagaimana rasanya memikul tanggung jawab dalam mengelola sebuah perusahaan ataupun organisasi. Para mahasiswa akan mendapat belajar untuk berlatih tanggung jawab dalam proses pengelolaan proyek dan keuangan hingga mengatur Sumber Daya Manusia (SDM).  

  • Pilihan Karir yang Cerah

Sebelum memilih sebuah jurusan ini, Anda pasti bertanya-tanya kuliah manajemen kerjanya apa. Hal ini tentu saja bukan sebuah hal yang salah karena rasanya sangat wajar untuk mengetahui bagaimana prospek kerja untuk jurusan ini. Kabar baiknya, lulusan jurusan manajemen punya kesempatan yang besar untuk memilih jenis pekerjaan.

Ada banyak pilihan jenjang karir bagi para lulusan jurusan manajemen. Dengan bekal yang didapatkan dari bangku perkuliahan, para lulusan dapat mengisi berbagai lowongan pekerjaan yang terkait dengan manajemen organisasi ataupun manajemen proyek. Mereka pun dapat mengemban pekerjaan yang terkait dengan keamanan investasi, mengelola anggaran, memastikan kelayakan standar kesejahteraan karyawan, dan lain sebagainya.

  • Meningkatkan Kemampuan Berorganisasi

Alasan memilih jurusan manajemen bagi sebagian orang adalah karena jurusan ini mampu membentuk kemampuan berorganisasi yang baik pada diri para mahasiswa. Dalam bidang manajemen, keahlian untuk berorganisasi sangat diperlukan guna menunjang peran mereka di dunia kerja.

  • Cocok bagi yang Ingin Berwirausaha

Jurusan manajemen sangat cocok dipilih oleh Anda yang memiliki passion dalam bidang wirausaha. Melalui jurusan ini Anda akan mempelajari berbagai hal yang dapat menunjang kemampuan manajerial dan berwirausaha.

Anda pun dapat mengembangkan diri menjadi pengusaha yang berintegritas, memiliki intelektualitas tinggi, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, mampu menganalisis, serta mumpuni untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Jadi, bisa dikatakan kalau jurusan ini merupakan salah satu jurusan terbaik bagi Anda yang bercita-cita untuk menciptakan usaha sendiri.

  • Memiliki Esensi yang Tinggi

Ilmu manajemen berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Pengetahuan dan kemampuan yang baik terkait dengan manajemen dapat diaplikasikan guna meraih sebuah tujuan dalam.

Setiap perusahaan maupun bidang usaha kini sangat membutuhkan orang-orang yang mengusai dasar-dasar bisnis maupun prinsip-prinsip manajerial untuk bisa meraih tujuan yang mereka inginkan. Hal ini yang akhirnya membuat ilmu tentang manajeman terbilang sangat esensial.

Jadi, bagi Anda yang merasa telah memenuhi syarat masuk jurusan manajemen, maka tak ada salahnya jika Anda memilih untuk melanjutkan studi di jurusan yang satu ini.

  • Mampu Membentuk Pribadi yang Lebih Teratur dan Disiplin

Alasan memilih jurusan manajemen adalah soal pengembangan diri. Dengan mengambil jurusan manajemen, Anda bisa menjadi pribadi yang lebih teratur, rapi, lebih supel dan disiplin. Kepribadian personal yang baik tentu saja akan sangat berdampak positif pada kinerja seseorang dalam mengatur maupun mengelola sebuah bisnis.

  • Jurusan yang Cocok BAGI Anak IPS

Dalam syarat masuk jurusan manajemen sebenarnya tidak spesifik dijelaskan hanya anak IPS saja yang bisa mendaftar. Kenyataannya, kini banyak juga anak IPA yang tertarik untuk masuk jurusan manajemen saat mereka melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan.

Namun rupanya anak IPS punya peluang yang lebih besar untuk berkembang di jurusan ini. Pasalnya, mereka telah dibekali dengan modal dasar yang sudah dipelajari sejak SMA, seperti misalnya pelajaran manajemen akuntansi. Jadi, bagi anak IPS, jurusan ini merupakan salah satu jurusan terbaik yang yang bisa dipilih setelah lulus dari SMA.

  • Membentuk Pribadi yang Kreatif, Cepat, dan Cerdas

Ketika Anda masuk jurusan manajemen, maka Anda akan belajar bagaimana caranya menjadi pribadi yang kreatif, cepat, dan cerdas. Hal tersebut nantinya bisa jadi modal berharga bagi Anda dalam menentukan keputusan terbaik dalam setiap masalah yang terkait dengan manajerial.

  • Membentuk Dasar Kepemimpinan

Alasan memilih jurusan manajemen selanjutnya adalah entang leadership. Melalui jurusan manajemen, Anda akan belajar berbagai hal penting dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini tentu saja akan membuat Anda lebih lebih paham bagaimana caranya mengelola karyawan dan memimpin sebuah bidang usaha maupun organisasi.

  • Cocok bagi Tipe Orang yang Pandai Bergaul

Jurusan manajemen rasanya sangat cocok bagi tipe orang yang pandai bergaul. Dalam dunia kerja nantinya Anda akan lebih mudah untuk membangun koneksi ataupun interaksi dengan orang lain. Jadi, jika pada dasarnya Anda adalah orang yang pintar bicara dan suka bersosialisasi dengan orang lain, maka tak ada salahnya untuk memilih jurusan yang satu ini.

  • Fashionable

Ternyata ada juga alasan memilih jurusan manajemen yang terkesan anti mainstream. Sebagian orang masuk ke jurusan manajemen karena mereka merasa para mahasiswa jurusan manajemen selalu bisa tampil fashionable. Penampilan yang baik  dan fashionable dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam menjalankan aktivitas manajerial. Karena itulah, mahasiswa manajemen selalu ingin tampil dengan fashionable.

Berbagai Hal yang Dipelajari di Jurusan Manajemen

Setelah Anda mengetahui berbagai alasan memilih jurusan manajemen, pasti Anda juga ingin tahu apa saja yang akan dipelajari di jurusan ini, bukan? Dengan memilih jurusan manajemen, Anda dapat mempelajari dasar-dasar ilmu bisnis, seperti misalnya ilmu pembukuan, marketing, perencanaan , perekrutan, serta kepemimpinan.

Ketika Anda memutuskan untuk menempuh studi lanjutan di kemudian hari, maka Anda dapat memilih spesialisasi, seperti di antaranya manajemen kesehatan dan juga sistem operasi komputer.

Melalui jurusan manajemen, Anda juga dapat belajar bagaimana cara berorganisasi yang baik dan juga bekerja secara tim. Pendidikan manajemen memang selalu mengedepankan pelatihan bekerja secara tim bagi para mahasiswanya. Hal ini demi menunjang kemampuan dan kinerja lulusan manajemen saat masuk dunia kerja yang membutuhkan kerjasama tim.

Ketika Anda sudah memenuhi syarat masuk jurusan manajemen, maka Anda dapat mengikuti berbagai mata kuliah yang pastinya bisa bekal berharga untuk menunjang kemampuan Anda.

Berbagai materi yang dipelajari di kelas-kelas yang Anda ambil akan membuat kemampuan Anda dalam memecahkan masalah akan semakin terasah. Anda pun dapat mempelajari finansial, hukum bisnis, ekonomi, statistik, prinsip manajemen, pengembangan struktur, dan juga hubungan antarmanusia yang nantinya bisa jadi bekal berharga dalam menjalankan sebuah usaha ataupun mengelola sebuah bisnis.

Jurusan ini juga dianggap fleksibel karena Anda dapat memilih jenjang pendidikan yang paling tepat dengan karir Anda di masa depan. Beberapa jenjang studi yang terdapat pada jurusan manajemen di antaranya Diploma III, Diploma IV, dan Strata 1.

Prospek Kerja bagi Lulusan Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan yang memiliki banyak peminat. Hal ini tak terlepas dari besarnya peluang bagi lulusannya untuk bekerja di berbagai bidang industri.

Saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan orang-orang yang ahli dalam hal pengelolaan bisnis. Besaran gaji yang didapatkan tergantung pada beberapa faktor, di anaranya tipe industri, kondisi pasar, dan kualifikasi serta pengalaman kerja yang dimilikinya.

Kuliah manajemen kerjanya apa? Mungkin saat ini pertanyaan tersebut ada di benak Anda yang penasaran mengenai bidang pekerjaan apa yang tepat bagi lulusan jurusan manajemen.

Seperti yang kita tahu, manajemen sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan. Karena itulah, lulusan jurusan manajemen, baik yang lulus dari jenjang studi Diploma III (D3), Diploma IV (D4), maupun Strata 1 (S1), telah dipersiapkan untuk meniti karir di berbagai bidang usaha ataupun bisnis, baik di instansi swasta maupun instansi pemerintah.

Bahkan, para lulusan manajemen berpeluang untuk menciptakan usaha atau bisnisnya sendiri. Berbagai profesi yang bisa digeluti oleh lulusan manajemen, di antaranya:

  1. Manajer produksi industri
  2. Manajer penjualan
  3. Spesialis pencegah kerugian ritel
  4. Pengajar bisnis
  5. Analis manajemen bisnis
  6. Manajer pencegah Kerugian
  7. Spesialis manajemen keamanan
  8. Analis riset pasar dan spesialis pemasaran
  9. Manajer umum dan operasional
  10. Analis riset operasional
  11. Akuntan
  12. Bisnis internasional
  13. Manajemen bisnis pariwisata
  14. Business creation
  15. Green economy
  16. Matematika bisnis
  17. Entrepreneurship
  18. Ekonomi bisnis

Dengan banyaknya jenis pekerjaan yang bisa digeluti oleh lulusan manajemen tentu saja akan membuat lulusan manajemen akuntansi punya peluang yang besar untuk mendapatkan pekerjaan.

Tak hanya itu saja, setelah masuk ke dunia kerja, nantinya lulusan manajemen juga dapat meningkatkan prospek karirnya ke jenjang yang lebih tinggi. Bagi Anda yang masih bertanya-tanya kuliah manajemen kerjanya apa, maka Anda tak perlu khawatir karena ada banyak jenis profesi yang bisa Anda geluti.

Tanya Jawab Seputar Jurusan Manajemen

Meskipun prospek kerjanya terbilang besar, namun persaingan untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut juga sangat ketat. Di era seperti sekarang ini, persaingan dalam mencari pekerjaan terbilang sangat berat.

Namun, dengan tekad kuat dan bekal ilmu yang dipelajari di bangku kuliah diharapkan akan membuat para lulusan manajemen dapat bersaing dan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jenjang dan latar belakang pendidikannya.

Apa Kelebihan dan Kekuarangan Jurusan Manajemen?

Keunggulan: Peluang kerja lebih luas, Materi belajar yang mudah untuk didapatkan Lebih fleksibel, Mudah untuk beradaptasi, tingkat stress perkuliahan lebih kecil.
Kekurangan: Jurusan yang termasuk pasaran, Tidak cocok untuk karyawan

Apakah Kuliah Jurusan Manajemen Sering Presentasi ?

Tidak hanya presentasi saja. Ada komponen lain di jurusan manajemen sebelum mempresentasikan visi, misi, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga pengawasan terhadap program organisasi (bisnis/usaha yang dijalankan)

Apakah Jurusan Manajemen Sudah Meliputi Manajemen Bisnis ?

Belum tentu. Tidak semua Jurusan Manajemen mempunyai prodi manajemen bisnis. Seringkali kurikulum yang ditawarkan adalah kurikulum manajemen secara umum dengan peminatan atau konsentrasi.
Biasanya manajemen bisnis terdapat pada Jurusan Manajemen yang dibawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Apakah Jurusan Manajemen Bisnis Harus Pintar Matematika?

Masuk di jurusan manajemen bisnis tidak perlu pintar dalam pelajaran matematika. Alasan pernyataan tersebut adalah dalam jurusan tersebut lebih disarankan memiliki analitis yang kuat terhadap kajian terutama dalam hal prosedural.

Dimana Rekomendasi Kuliah Magister Manajemen Bisnis?

Universitas Indonesia (UI)
Universitas Gadjah Mada (UGM)
Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (ITB)
Universitas Diponegoro (UNDIP)
Universitas Airlangga (UNAIR)

Mahasiswa/i Jurusan Manajemen Butuh Laptop Spesifikasi Seperti Apa?

Jurusan Manajemen tidak memerlukan specs notebook yang besar. Hanya perlu untuk keperluan seperti microsoft office. Selain itu, paling akan menggunakan software statistik seperti SPSS, Eviews dan Stata. Untuk laptop baru saya sarankan memiliki spesifikasi: cpu core i3 atau ryzen 3 2200u/3200u Hardisk sudah SSD, Ram 4GB. Jadi jurusan manajemen tidak butuh performa laptop yang luar biasa, kecuali hobi ngegame.

advertisement

Itulah beberapa alasan memilih jurusan manajemen dan bagaimana prospek kerja bagi para lulusannya. Bagi Anda yang tertarik untuk belajar segala hal mengenai manajemen, maka tak ada salahnya jika Anda mencoba untuk masuk ke jurusanyang satu ini.

Baca juga:
Prospek Kerja Jurusan Aktuaria

Mengingat prospek kerjanya yang terbilang besar, tak heran kalau jurusan manajemen menjadi jurusan favorit bagi kebanyakan orang. Setelah lulus kuliah, nantinya Anda tak hanya bisa bekerja sebagai sebagai pekerja kantoran saja. Namun, Anda juga berpeluang besar untuk membangun usaha Anda sendiri.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest