11 Alasan Memilih Jurusan Teknik Informatika di Era Digitalisasi

Teknik informatika adalah salah satu jurusan kuliah favorit yang menginduk pada ilmu komputer, dan mendalami pengelolaan informasi serta penerapan logika dalam komputer.

Meskipun tergolong dalam jurusan yang berat, namun tetap banyak yang ingin mendalami jurusan yang satu ini. Karena salah satu alasan memilih jurusan teknik informatika adalah prospek kerja yang menjanjikan.

Namun rupanya tak hanya prospek kerja yang menjanjikan saja, terdapat beragam alasan lain yang menjadikan teknik informatika banyak dipilih para calon mahasiswa.

Alasan Memilih Jurusan Teknik Informatika

Mulai dari menciptakan hardware,menciptakan dan mengembangkan software,hingga menjadi jasa konsultan IT, temukan kelebihan jurusan teknik informatika lainnya dibawah ini!

Alasan Memilih Jurusan Teknik Informatika

  • Prospek Kerja yang Menjanjikan

Lulusan teknik informatika tak jarang dilirik oleh sejumlah perusahaan, karena kecanggihan teknologi di era saat ini membuat hampir seluruh pekerjaan terbantu oleh kehadiran robot maupun komputer. Tak heran jika lulusan teknik informatika banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan besar.

Selain bekerja di perusahaan, Anda juga dapat mendirikan perusahaan berbasis IT sendiri. Perkembangan teknologi yang pesat seperti saat ini membuat perusahaan berbasis IT menjadi salah satu perusahaan menjanjikan yang layak untuk Anda coba realisasikan.

  • Mampu Memahami Komputer Hingga Detail

Mahasiswa teknik informatika akan mempelajari bagaimana dasar pemograman, sistem komputer, jaringan komputer, cara kerja komputer hingga seluk beluknya secara mendalam dan detail. Sehingga tak heran jika lulusan teknik informatika menguasai bagian dalam (hardware) maupun luar komputer (Jaringan) dengan sangat baik.

alasan memilih jurusan teknik informatika bisa bongkar rakit PC komputer
  • Mampu Menciptakan Hardware

Salah satu keunggulan jurusan teknik informatika tak lain adalah mampu merakit komputer. Para mahasiswa akan mempelajari bagaimana cara merangkai komputer dan membuat hardwarebuatan mereka sendiri, sehingga nantinya dapat menciptakan sebuah perangkat keras yang berguna dan dibutuhkan banyak orang. Misalnya saja PC ataupun hardwarelainnya yang menjadi pelengkap komputer.

  • Mampu Menciptakan dan Mengembangkan Software

Jika Anda memilih jurusan teknik informatika, membuat softwaremenjadi suatu hal penting yang harus dapat Anda kuasai nantinya. Jurusan ini akan mempelajari bagaimana membuat software, pemrograman, hingga bagaimana membuat aplikasi yang bermanfaat. Sehingga nantinya softwarebuatan Anda memiliki daya jual tinggi dan dapat menjadi sumber penghasilan Anda.

  • Melek Teknologi

Isu atau segala hal yang terkait dengan dunia teknologi pasti cepat sekali berganti, sehingga seseorang perlu untuk selalu up-to-dateagar tidak ketinggalan berita yang berkaitan dengan teknologi. Tak heran jika melek teknologi atau dapat selalu updateteknologi menjadi salah satu alasan memilih jurusan teknik informatika.

Dengan memilih jurusan teknik informatika, Anda sekaligus akan melek teknologi dan mengerti updateterbaru mengenai dunia teknologi hingga mendetail. Hal ini tentu baik bagi para mahasiswa untuk dapat lebih terbuka atas perkembangan teknologi yang terjadi, sehingga nantinya dapat membantu kesuksesan perkuliahan mereka. 

alasan memilih jurusan teknik informatika jadi programmer
  • Mampu Membuat dan Mengembangkan Website

Tak hanya seputar hardwareataupun softwaresaja yang dipelajari oleh mahasiswa teknik informatika, di jurusan ini Anda juga akan mempelajari bagaimana cara membuat dan mengembangkan websiteAnda sendiri. Mulai dari jenis dan teknik pembuatan websitehingga pengembangan dengan bahasa pemograman tertentu akan dipelajari di jurusan teknik ini.

Hal ini tentu bermanfaat ketika nanti Anda lulus, agar dapat membuka jasa pembuatan serta pengembangan websiteterlebih untuk keperluan bisnis. Karena orang akan cenderung lebih mempercayakan hal tersebut kepada seorang lulusan teknik informatika.

  • Mampu Men-developSuatu Sistem

Mahasiswa dan lulusan teknik informatika mampu untuk men-developsuatu sistem, baik perangkat keras ataupun lunak untuk keperluan apapun. Sehingga tak heran banyak yang mempercayakan hal ini kepada lulusan teknik informatika, karena jurusan ini mempelajari bagaimana membuat dan mengembangkan suatu sistem secara lebih mendalam.

alasan memilih jurusan teknik informatika bisa membuat sistem flowchart
ontoh sederhana sistem/flowchart rReservasi Hotel
  • Mampu Mengatasi Kerusakan Komputer/Notebook

Jika Anda berkeinginan untuk membuka jasa perbaikan komputer atau laptop sendiri, memilih jurusan teknik informatika merupakan pilihan tepat. Di jurusan ini Anda akan mempelajari ilmu komputer secara lebih detail, sehingga nantinya dapat Anda terapkan untuk mengatasi kerusakan atau masalah pada komputer.

  • Mampu Memahami Proses di Dalam Komputer

Salah satualasan memilih jurusan teknik informatika adalah agar mampu memahami setiap proses yang terjadi di dalam komputer. Bukan rahasia lagi jika komputer merupakan perangkat yang terbilang sangat rumit, terlebih dalam proses pencernaan informasinya.

Di jurusan teknik informatika, Anda dapat mempelajari dan menekuni mata kuliah yang mempelajari setiap proses yang terjadi di dalam komputer. Sehingga nantinya Anda dapat dengan mudah menciptakan suatu inovasi baru maupun mengembangkan sistem tertentu.

  • Mudah Kerja Freelancedan WFH

Menjadi lulusan teknik informatika terbilang mudah untuk mencari pekerjaan. Karena selain bekerja langsung di perusahaan, Anda juga dapat menjadi pekerja lepas atau freelancedan bisa dikerjakan dimanapun Anda berada. Bahkan tak perlu menunggu lulus, mahasiswa pun juga dapat mencari pekerjaan freelanceuntuk menambah uang saku dan mengisi waktu luang.

  • Dapat Menjadi Jasa Konsultan IT

Lulusan teknik informatika juga tak sedikit yang menjadi jasa konsultan IT. Konsultan IT umumnya bekerja untuk membantu para kliennya dalam memperoleh informasi terkait dengan pemasangan suatu sistem, sehingga nantinya sistem tersebut dapat bekerja dengan baik.

Selain itu profesi ini juga umumnya membantu klien dalam hal pencarian ide mengenai penggunaan teknologi informasi, sehingga klien dapat mencapai target bisnis seperti yang diharapkan. Profesi yang satu ini tak boleh diremehkan karena dapat menghasilkan gaji cukup tinggi, yakni Rp 6 juta hingga Rp 10 juta.

Perbedaan Jurusan Teknik Informatika, Teknik Komputer, Serta Sistem Informasi

Tak jarang calon mahasiswa yang merasa bingung dengan ketiga jurusan diatas. Meskipun sama-sama memiliki keterkaitan dengan komputer, namun jurusan teknik informatika, teknik komputer, serta sistem informasi merupakan jurusan yang berbeda. Lantas dimana letak perbedaannya?

  • Teknik informatika lebih mendalami tentang masalah transformasi maupun pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer yang melalui proses logika. Sehingga dapat disimpulkan jurusan ini lebih berfokus pada programmingatau pemrograman, pengembangan perangkat lunak, dan teknologi jaringan komputer.

Jika dibandingkan dengan teori, jurusan teknik informatika akan cenderung mengarah ke implementasi sehingga lebih berfokus pada proses pembuatan aplikasi. Meskipun teori tetap akan dibahas di jurusan ini, namun tidak sedetail dan sedalam ilmu komputer.

  • Berbeda dengan teknik komputer, yang lebih berfokus pada hardwareatau perangkat keras. Hardwareyang dimaksud adalah hal yang terkait dengan prosesor komputer maupun microcontroller.

Ilmu komputer lebih mengarah kepada “sains”-nya sebuah komputer, sehingga tak heran teori yang dibahas meliputi konsep pemikiran aplikasi, algoritma, teori jaringan, dan lain sebagainya.

advertisement
  • Sedangkan sistem informasi merupakan penggabungan jurusan manajemen atau bisnis dengan ilmu komputer. Dapat dikatakan bahwa jurusan ini menjadi sebuah penghubung antara aplikasi yang dirancang dengan kebutuhan bisnis.

Apa yang dipelajari pertama kali di jurusan teknik informatika?

Mahasiswa akan diajarkan tentang Pemrograman Dasar, yaitu menulis dengan bahasa kerangka pemrograman, dan diminta untuk menuliskan logika dasar seperti print, if, else, else if, lalu cara membuat variable, serta pengertian masing-masing variable.
Kemudian naik ke pemrograman terstruktur dengan class yang sudah dibuat, lalu akan naik ke pemrograman berorientasi objek (OOP)
Setelah semua pemrograman dasar selesai akan naik ke level database relasi, seperti MySQL, SQL Server, atau SQLite

Apa saja kesalahpaham mengenai jurusan teknik informatika?

1. Mengira anak IT tahu segalanya tentang komponen hardware,
2, Mengira anak IT update dan tahu harga barang teknologi di pasar,
3. Mengira anak TI bisa benerin printer dan bisa jadi hacker,
4. Mengira anak IT bisa membedakan berita yang hoax dan tidak

Apa saja info penting dalam perkuliahan Teknik Informatika bagi para Mahasiswa Baru?

1. Teknik Informatika dibagi menjadi 4 yaitu jaringan, database, analis, dan pemrograman.
2. Mata kuliah pemrograman yang saling berkaitan.
3. Pemrograman lebih menekankan logika dibanding hafalan.
4. Materi di kampus hanya mempelajari basicnya, mahasiswa perlu mempelajari lebih dalam, praktek dan belajar sendiri.

Demikianlah 11 alasan memilih jurusan teknik informatika yang wajib Anda ketahui, terlebih jika Anda tertarik untuk mendaftar di jurusan ini. Setelah mengetahui kelebihan jurusan teknik informatika diatas, apakah Anda sudah merasa mantap untuk mendalami jurusan ini? Semoga informasi diatas bermanfaat.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest