Apa yang Dipelajari di Teknik Informatika Fakultas Komputer?

Sering kali kita bertanya dalam hati “Apa yang dipelajari di teknik informatika“. Ketika saya di sekolah menengah, saya juga berpikir seperti ini, saya memahami Windows, Office, Internet, memahami beberapa Desain Grafis dan Photoshop pertanyaannya adalah belajar 4 tahun dikampus mau belajar apa?

Baiklah di sini saya akan menjelaskan materi di Jurusan Teknik Informatika secara umum karena jurusan TI di masing-masing kampus memiliki konsentrasi yang berbeda tetapi memiliki komponen dasar yang sama. Berikut adalah beberapa hal apa yang dipelajari di teknik informatika.

Bahan studi umum dasar

Materi kuliah dasar adalah materi yang sifatnya umum untuk semua jurusan, bukan hanya IT. Apa pun gelar yang Anda ambil dari materi ini, tampaknya ini adalah kuliah dasar wajib yang selalu tersedia di semua jurusan di semua kampus di Indonesia. Ini kuliahnya.

  1. Bahasa Indonesia
  2. Bahasa Inggris
  3. Metode penelitian / penelitian operasi
  4. Kewarganegaraan
  5. Ilmu sosial dan budaya dasar
  6. Etika profesi
  7. Pendidikan agama
  8. Kewirausahaan dan manajemen
apa yang dipelajari di teknik informatika

Pengetahuan tersebut akan selalu ada dengan variasi nama yang berbeda tergantung pada arah yang Anda ambil. Saya yakin Anda akrab dengan sains sebelumnya kecuali dalam poin 3, 6 dan 8. Fokus kuliah ini pada metode penelitian adalah sains dasar dalam hal melakukan penelitian dan menulis artikel ilmiah.

Terkadang materi ini juga mencakup metode pengumpulan statistik dan data. Ingat bahwa poin 6 etika profesional lebih menekankan pada “Do something Good when using your skill after Graduate”.

Contoh dasar dari profesi Etika ini bukanlah menjadi pembobol kartu ATM atau kartu kredit, tidak menciptakan virus, tidak bekerja untuk kejahatan atau membuat situs web pornografi (etika), situs web teroris, dan sebagainya, ini adalah contoh sederhana.

Saya yakin Anda mengerti Poin kedelapan pasti ada (harusnya) di setiap jurusan sehingga ketika mereka lulus mereka tidak selalu berpikir “di mana saya harus melamar?” tetapi sebaliknya berfokus pada “Peluang ekonomi apa yang bisa saya lakukan dan mempekerjakan orang lain dengan pengetahuan yang saya miliki?”.

Matematika dan sains

Teknik Informatika adalah salah satu “TEKNIK” utama pengelompokan dalam wadah  “Sains dan Teknologi” atau “Teknik”, terutama di bidang “teknik listrik dan komputer”.

Oleh karena itu, jelas bahwa sains ini membutuhkan pemahaman matematika , fisika dan memiliki kuliah sains dasar yang sama dengan spesialis teknik lainnya, yang hanya menggarisbawahi perbedaannya.

Ilmu komputer sendiri dibagi menjadi lima sektor: ilmu komputer (ilmu komputer), teknik komputer (perangkat keras komputer), teknik informasi (engineering perangkat lunak), sistem informasi (sistem informasi) dan teknologi informasi (teknologi informasi). informasi). Untuk Teknologi Informasi, sering disebut sebagai CSR (Teknik Komputer dan Jaringan) di Indonesia.

Apa saja ilmu dasar yang harus dipahami? Berikut adalah beberapa kuliah dasar dalam PERBANDINGAN dengan jurusan teknik informatika.

  • Fisika dasar
  • Kalkulus I dan Kalkulus II
  • Logika matematika (Logika informatika)
  • Matematika diskrit
  • Aljabar linier dan Matrix
  • Metode numerik
  • Statistik

Pertimbangkan 7 ilmu di atas? Jika Anda tidak suka matematika, Anda pasti bingung, bingung, dan panik. Tetapi jika Anda memiliki kemampuan tinggi dalam studi IPS, apakah Anda masih bisa belajar IT? Mungkin perlu beberapa saat bagi Anda untuk bersabar dan tawakal, tetapi jika saya tidak bisa, saya sarankan memasuki sistem informasi.

Kuliah di atas biasanya diikuti pada semester 1 hingga III, yang berarti bahwa jika Anda mendapatkan skor buruk di beberapa tahun pertama, Anda akan lebih kesulitan meningkatkan IP Anda selama semester berikutnya.

Mata kuliah wajib

  • Basis data
  • Sistem operasi
  • Sistem Berkas
  • Jaringan komputer
  • Analisis dan desain berorientasi objek
  • Arsitektur komputer
  • Grafik Komputer (Computer Graphic)
  • Bahasa pemrograman X
  • Pemrograman jaringan
  • Pemrograman web
  • Desain antarmuka pengguna (user interface)
  • Rekayasa perangkat lunak (dan metodenya)

Meskipun terbilang agak susah, akan tetapi jurusan ini memiliki banyak sekali peminat. Hal ini menjadikan prospek kerja lulusan teknik informatika masih terbuka lebar. Berikut daftar peluang dan prospek pekerjaan jurusan Teknik Informatika yang perlu Anda ketahui.

1. Full Stack Developer

Full stack developer adalah orang-orang yang bekerja di berbagai bidang TI. Full stack developer juga bekerja dari Back-End hingga Front-End. Full stack developer bertanggung jawab untuk mengembangkan semua pekerjaan, termasuk basis data, server, rekayasa sistem dan beberapa sisi klien.

Untuk menjadi Full Stack Developer butuh waktu lama karena Anda harus menguasai konsep teknologi. Selain itu, Anda harus kreatif, berpikiran global, selalu ingin tahu, memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik dan komunikasi yang baik.

2. Front-end Developer

Front End Developer adalah programmer yang tugasnya adalah mengerjakan program yang langsung terlihat oleh pengguna. Untuk menjadi pengembang frontend, Anda perlu mengetahui pemrograman HTML, CSS dan JavaScript.

HTML yang sama digunakan sebagai kerangka kerja untuk situs web. CSS digunakan untuk meningkatkan tampilan halaman web. Sedangkan JavaScript digunakan untuk komponen fungsional halaman web.

3. Back End Developer

Jika front-end developer menangani hal user interface maka Back End Developer adalah kebalikannya. Back End Developer mengurusi segala sesuatu yang berurusan dengan server database, hingga pemrogramannya. Bahasa pemrograman ada banyak salah satunya adalah PHP, JavaScript, Ruby dan masih banyak lagi.

Apa saja yang harus diketahui sebelum masuk ke jurusan Teknik Informatika?

Imposiible menjadi hebat karena materi kampus, anda perlu melakukan eksplorasi sendiri setiap hari. Materi kampus hanya memberi yang basic saja, itupun tidak up to date dengan perkembangan dunia IT. Materi kampus tidak akan mampu menandingi kecepatan ilmu pengetahuan IT yang sedang beredar di kalangan developer.

Anda perlu menyediakan waktu 1–2 jam minimal satu hari untuk belajar sesuatu yang baru pada bidang fokus anda, anda dapat mulai untuk menentukan passion anda apakah anda harus mendalami frontend atau backend.

Anda tidak bisa menjadi fullstack (seorang programmer yang menguasai backend dan frontend) dengan berpindah-pindah secara cepat, anda harus mendalami satu materi terlebih dahulu hingga cukup matang. Setelah itu, barulah anda dapat pindah ke sebrang.

Prospek kerja jurusan Teknik Informatika apa saja?

Banyak. Mau jadi apapun bisa, anda mau masuk kedunia perusahaan apapun bisa.. kecuali kedokteran, perawat dan bidan itu mustahil. Di dunia IT sendiri banyak macamnya:
1. Programmer=> Mau jadi Frontend, backend atau mau jadi fullstack devloper juga bisa.
2. QA => Manual atau Engginering.
3. UI/UX Designer
4. System Analyst
5. Database Administrator
6. Jaringan: ini banyak jenisnya juga

advertisement

Mana yang lebih bagus? Teknik Informatika atau Ilmu Komputer ?

Hal itu tergantung passion, karena passion menentukan ketekunan Anda nanti selama 8semester / 4tahun. Sebagai gambaran Ilmu Komputer itu lebih ke arah matematika dan statistika dalam information teknologi atau lebih ke arah pemrosesan digital dalam ranah text, gambar, atau suara.
Untuk teknik informatika lebih ke dalam pengembangan aplikasi dan infrastruktur IT. Namun dilihat juga dalam kurikulum jurusan tersebut lebih memilih dimana ? Teknik informatika atau Ilmu Komputer

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *