5 Perbedaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Ketika membahas tentang jurusan informasi, ada banyak orang yang belum memahami betul apa perbedaan sistem informasi dan teknologi informasi,sebagai salah satu jurusan yang paling diminati di Indonesia saat ini.

Ketidakpahaman ini biasanya akan membuat seseorang menjadi bingung saat penentuan jurusan. Meskipun terlihat mirip, ternyata ada begitu banyak perbedaan di antara keduanya.

Selain perbedaan tersebut, banyak calon mahasiswa yang tidak mengetahui apakah jurusan sistem informasi IPA atau IPS. Sebab karena namanya yang berkaitan dengan informasi dan informasi biasanya dikaitkan dengan teknologi yang dikuasai rumpun teknik dengan dasar-dasar IPA yang kuat, kesalahpahaman ini tidak bisa dihindari.

Nah, pada tulisan kali ini kami akan menjabarkan kepada Anda apa saja perbedaan sistem informasi dan teknologi informasi,apakah IPS bisa mendaftar jurusan sistem informasi, dan bagaimana prospek ke depan dari jurusan tersebut. Jadi jika saat ini Anda sedang membutuhkan informasi semacam ini, pastikan untuk membacanya hingga selesai ya.

Perbedaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Perbedaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi yang Wajib Kamu Tahu

Pembahasan pertama dimulai dengan melihat perbedaan sistem informasi dan teknologi informasi yang akan dimulai dari pengertiannya untuk kemudian mengkhusus ke mata kuliah yang dipelajari pada kedua jurusan tersebut.

1. Pengertian Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Secara umum, sistem informasi mempelajari gabungan ilmu komputer, bisnis, hingga manajemen. Dimana mahasiswanya nanti akan diajarkan mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan serta proses bisnis dari sebuah perusahaan yang semuanya didasari oleh data-data.

Setelah memahami apa yang harus mereka lakukan untuk perusahaan, biasanya mereka akan diminta untuk merancang sistem seperti apa yang pas untuk diterapkan di perusahaan tersebut. Sistem itu tentunya harus menguntungkan perusahaan.

Sementara itu, teknologi informasi merupakan rumpun dari studi teknik elektro. Dimana jika Anda masuk jurusan ini, Anda akan ditempa untuk mempelajari seluk beluk teknologi yang berhubungan dengan pengolahan, pemrosesan, penyusunan, penyimpanan, hingga pengubahan suatu data dengan berbagai cara. Tujuannya, setelah data tersebut diolah, sebuah informasi terkait sesuatu akan ditemukan untuk kemudian dimanfaatkan.

2. Komponen Khusus Pada Jurusan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Selain pada pengertian, perbedaan sistem informasi dan teknologi informasipun bisa dilihat dari segi komponen khusus yang akan Anda pelajari jika masuk salah satu jurusan ini.

Pertama, pada jurusan sistem informasi lebih berfokus pada komponen input, proses, output, sampai dengan feedback. Kedua, pada jurusan teknologi informasi, komponen yang dikhususkan ada pada hardware, software, dan brainware.

Jadi secara kesimpulan, sistem informasi lebih kepada perangkat lunak. Sementara itu, teknologi informasi juga merambah pada perangkat lunak, tetapi tidak semuanya. Sebab teknologi informasi dimungkinkan ke perangkat keras dan user sebagai bagian yang tidak terpisahkan.

3. Pemanfaatan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Apabila penjabaran sudah Anda ketahui, komponen khusus pun telah dipahami, maka mari beranjak melihat pemanfaatan dari kedua jurusan ini sebagai bagian dari perbedaannya. Pertama, pada sistem informasi Anda akan belajar pada ranah bisnis, ekonomi, administrasi, bahkan manajemen. Implementasi bisnis tersebut pun diusahakan agar bisa berada pada bidang IT.

Sedangkan yang kedua, yaitu jurusan teknologi informasi, pemanfaatan ilmunya akan diarahkan para pengembangan bagian teknologi dari IT ini. Karena teknologi selalu berkembang dari tiap waktu, maka jurusan ini akan diminta melakukan pembaharuan dari teknologi yang sebelumnya.

4. Perbedaan Gelar Kesarjanaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Perbedaan khusus tadi mengantarkan kita pada pembahasan mengenai gelar kesarjanaan yang akan didapatkan oleh kedua jurusan ini. Pada jurusan sistem informasi, gelar yang didapatkan biasanya S.Si atau Sarjana Sistem Informasi. Sedangkan pada jurusan teknologi informasi, gelarnya akan menggunakan S.TI atau Sarjana Teknologi Informasi.

Namun gelar tersebut adalah gelar secara umum. Seperti gelar pada jurusan Sistem Informasi yang juga kadang menggunakan S.Kom, bukan S.Si. Bisa jadi setiap kampus atau fakultas juga menerapkan gelar yang berbeda. Semuanya tetap diserahkan pada jurusan, fakultas, dan universitas masing-masing.

5. Perbedaan Peluang/Propsek Kerja

Sistem Informasi menitikberatkan pada teknik mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis agar kebutuhan organisasi akan informasi dapat terpenuhi.

Menekankan pada “informasi” sebagai sebuah sumber daya penting dalam berproduksi, terutama dalam kaitannya kebutuhan korporasi dalam pencapaian visi dan misi yang dicanangkan.

Sedangkan Teknologi Informasi mencakup bidang komputasi meliputi pemrograman, perancangan dan analisis algoritma, arsitektur komputer, sistem operasi, jaringan komputer, teori komputasi, sistem cerdas, rekayasa perangkat lunak, analisis numerik, dsb.

perbedaan sistem informasi dan teknologi informasi

Masuk pada penjabaran mengenai jurusan sistem informasi secara khusus, sekarang kami akan menjawab banyak pertanyaan orang mengenai jurusan sistem informasi IPA atau IPSdan bagaimana prospek yang terbuka luas bagi lulusannya Simak hingga selesai ya.

Pertama, jurusan sistem informasi sebenarnya bisa dimasuki oleh calon mahasiswa dari berbagai rumpun ilmu, mulai dari ipa hingga ips. Sebab pada kenyataannya, beberapa universitas dengan akreditasi A di Indonesia pun masih memperbolehkan siswa IPS untuk mendaftar jurusan ini. Berbeda dengan teknologi informasi atau informatika, Anda harus benar-benar berasal dari jurusan IPA murni saat SMA.

Kedua, mengenai apa saja yang dipelajari di jurusan sistem informasi, Anda akan tetap menemukan mata kuliah menyebalkan seperti matematika, meskipun tidak akan sebanyak di jurusan komputer lainnya.

Biasanya sejak semester satu perkuliahan, Anda akan diajarkan mengenai manajemen dan organisasi secara umum, matematika diskrit, dan bahasa pemrograman agar nantinya Anda tidak bingung.

Masih di semester yang sama, Anda pun akan mendapat materi tentang bahasa pemrograman dan sistem serta teknologi informasi. Mata kuliah ini menjadi pengantar untuk masuk ke semester kedua dengan beberapa mata kuliah, mulai dari wawasan teknologi dan komunikasi ilmiah, algoritma dan struktur data, kepemimpinan dan keterampilan interpersonal, aristektur perusahaan, hingga bahasa inggris.

perbedaan sistem informasi dan teknologi informasi

Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi

Semua yang dipelajari pada jurusan sistem informasi akan mengantarkan Anda untuk meraih masa depan menjanjikan di tahun 2020. Adapun beberapa prospeknya adalah sebagai berikut.

1. Pengembang Sistem. Profesi ini bertugas menjembatani programmerdan userdalam sebuah perusahaan. Gaji mereka mulai dari 5 juta rupiah hingga puluhan juta tergantung dari kinerja.

2. IT Manager. Angka yang di atas hanya untuk karyawan biasa saja. Lain cerita jika Anda melamar menjadi seorang IT Manager. Gajinya bisa sampai puluhan juta rupiah. Sama besar dengan tanggung jawab yang dimilikinya. Adapula konsultan IT yang bisa Anda kerjakan. Nantinya ya Anda akan memberikan konsultasi berbayar dalam bidang tersebut.

3. Information System Manager. Anda akan mendapatkan gaji puluhan bahkan jika berkinerja bagus, akan sampai ratusan juta rupiah.

4. Database Administrator. Deskripsi pekerjaan ini seputar memasukkan, menyimpan, dan mengolah data menggunakan perangkat lunak tertentu. Data tersebut nantinya akan digunakan untuk memonitor kinerja perusahaan.

5. Business Analyst. Kami sudah bilang bahwa jurusan ini memiliki banyak prospek pekerjaan. Selain yang sudah disebutkan di atas, Anda pun bisa mendalami profesi sebagai seorang business analystatau analis bisnis. Deskripsi pekerjaannya meliputi menilai proses, menyelesaikan laporan, dan memberi rekomendasi penghubung antara kesenjangan teknologi informasi dan bisnis dalam sebuah perusahaan.

6. Web Developer.Gambaran pekerjaan Anda di sini misalnya, Anda akan diminta bekerja oleh klien, instansi atau perusahaan untuk men-developer sebuah websitemulai dari awal, mempercantik interfacedari websitetersebut, dan memerhatikan lagi tiap fitur di dalamnya.

perbedaan sistem informasi dan teknologi informasi

Apa saja Contoh Sistem Informasi?

Enterprise Resource Planning (ERP), Decision Support System (DSS), Informatic Management System (IMS), Transaction Processing System (TPS), Information Reporting Systems (IRS), Supply Chain Management (SCM), Knowledge Work System (KWS)

Contoh Sistem Informasi dalm Kehidupan Sehari-hari

Sistem Pendidikan Online (eLearning), Sistem Perbangkan Online (eBanking), eCommerce seperti Bukalap#k Tokoped#a dll, Sistem Pendaftaran Siswa/Mahasiswa online, Sistem pemesanan Hotel Online seperti tavel#ka triv#go dll

Apakah Jurusan Sistem Informasi Sulit?

Jurusan sistem informasi tidaklah sulit, ketika Anda telah mengetahui prospek peluang kerja dan usaha dari lulusan ini.
Hal tersebut menjadi motivasi untuk semangat belajar menerima materi perkuliahan yang diambil selama kurang lebih 8 semester. Kuncinya adalah mau belajar dan bisa bagi waktu.

Apa Contoh Judul Skripsi Sistem Informasi?

Dari yang umum sampai jarang. Yang umum bisa SI perpustakaan, SI Manajemen barang, SI kepegawaian, SI akademik, dsb
Judul skripsi yang menarik dan auto ACC biasanya yang berkaitan dengan penggunaan algoritma, maps/pemetaan, dsb

Jadi itulah tadi ulasan mengenai perbedaan sistem informasi dan teknologi informasi.Pertanyaan mengenai ipa atau ips yang boleh mendaftar pada jurusan sistem informasi dan analisis mengenai prospek kerjanya pun telah kami uraikan.

Jika masih ragu, Anda bisa mencari informasi tambahan di mesin pencari. Pastikan pilihan Anda tepat, sebab masa depan Anda sangat ditentukan oleh pilihan Anda hari ini.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest