11 Prospek Jurusan Teknik Perminyakan Bagi Wanita

Pernyataan tentang “Prospek Jurusan Teknik Perminyakan Bagi Wanita sangat Luas” bukanlah metafora, bukan hiperbola. Faktanya Indonesia merupakan negara dengan kandungan gas dan minerba yang sangat potensial untuk di eksplore.

Dikenal sebagai salah satu jurusan yang cukup sulit, teknik perminyakan memiliki magnet tersendiri bagi banyak orang. Tidak mengherankan jika di beberapa kampus, jurusan ini kerap menjadi salah satu favorit dengan banyaknya pendaftar setiap tahunnya.

Meskipun didominasi oleh kaum laki-laki, namun sebenarnya prospek kerja teknik perminyakan untuk wanita juga terbuka lebar. Ada banyak bidang pekerjaan yang tidak hanya dapat dilakukan oleh kaum Adam, namun juga dapat dilakukan para wanita dengan lebih baik.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Perminyakan untuk Wanita
Prospek Kerja Jurusan Teknik Perminyakan bagi Wanita

Mengenal Jurusan Teknik Perminyakan

Banyak orang menganggap jika jurusan Teknik Perminyakan mirip dengan Teknik Pertambangan. Secara sekilas memang terlihat ada persamaan, yakni sama-sama melakukan eksplorasi lebih terhadap bahan tambang dan sumber daya alam.

Teknik Pertambangan akan lebih banyak berkutat dengan mineral padat, sedangkan sesuai namanya, teknik perminyakan adalah jurusan yang membedah bagaimana teknik eksplorasi, produksi, pengeboran, hingga proses pengumpulan sumber daya alam seperti gas alam dan minyak bumi.

Perkuliahan pada jurusan teknik perminyakan ini tentunya akan membuatmu tahu bagaimana cara mengidentifikasi letak cadangan gas alam dan minyak bumi pada suatu tempat. Ketika telah mengetahui letaknya, maka tempat tersebut akan mulai dilakukan pengeboran untuk dimanfaatkan sebaik mungkin.

Apabila kamu mengambil jurusan ini, tentunya ada beberapa hal yang akan dipelajari seperti ilmu-ilmu dasar fisika, kimia, matematika, ekonomi, hingga bahasa. Bahkan, kamu juga akan belajar bagaimana berkomunikasi yang baik dalam menangani berbagai proyek yang dilakukan.

Tidak lupa, kamu juga akan belajar secara spesifik bagaimana cara menganalisis stok minyak bumi, produksinya, pengeboran, alurnya, dan sebagainya. Dan yang paling menyenangkan tentu saja adalah kuliah praktik di lapangan atau laboratorium kemudian membuat laporan penelitian.

11 Prospek Kerja Teknik Perminyakan

Dalam memilih sebuah jurusan kuliah, tentunya tidak terlepas dari prospek kerja yang dimiliki setiap lulusannya. Oleh karena itu, buat kamu yang berminat mengambil kuliah pada jurusan ini sejatinya sangat tepat karena ada beberapa prospek kerja teknik perminyakan untuk wanita dengan gaji yang tinggi.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Perminyakan untuk Wanita
Prospek Kerja Jurusan Teknik Perminyakan untuk Wanita

1. Teknisi geologi perminyakan

Di bidang pekerjaan ini, seorang teknisi geologi perminyakan akan bekerja sama dengan ilmuwan dan sejumlah insinyur untuk mendapatkan berbagai data terkait sumber daya alam yang mengandung gas serta minyak bumi. Tentunya pekerjaan ini dapat dilakukan baik di laboratorium maupun lapangan.


Data-data ini nantinya akan dikumpulkan sebagai dasar pengadaan proyek pengambilan migas. Oleh karena pekerjaan ini memerlukan ketelitian dan kecermatan yang tinggi, maka wanita bisa saja tergabung dalam tim teknisi tersebut.

2. Insinyur tambang dan geologi

Hal yang tidak jauh berbeda dengan bidang pekerjaan ini di mana kamu akan menjadi seorang surveyor lapangan. Apalagi posisi ini sangat dibutuhkan di industri migas.

Posisi tersebut juga cukup sentral karena dengan adanya surveyor, maka proyek pengeboran minyak dan gas bumi bisa segera dilakukan. Posisi yang cukup sentral ini menjadikannya sebagai salah satu profesi di bidang migas dengan pendapatan yang cukup tinggi.

3. Spesialis K3

Seorang spesialis di bidang kesehatan dan keselamatan kerja (K3) tentu juga memegang peranan penting dalam setiap proyek migas. Tanpa adanya seseorang yang ahli di bidang tersebut, tentunya aspek keselamatan dan kesehatan pada setiap lingkungan kerja akan terabaikan.

Sebagai seorang spesialis K3, kamu akan membantu mengatur, merencanakan, hingga berkoordinasi untuk memperbarui alat-alat K3 di lingkungan perusahaan perminyakan. Dengan adanya K3, para pekerja juga akan lebih aman dan nyaman dalam melakukan semua tugas-tugasnya.


4. Ahli teknik energi

Posisi yang satu ini juga memiliki peranan penting dalam setiap proyek migas. Bagaimana tidak, dengan rata-rata gaji di atas 4-7 juta, kamu bisa menjadi seseorang yang bertugas merancang, mengembangkan, hingga mengevaluasi berbagai proyek dan pengeboran minyak bumi.

5. Quality control analyst

Kamu juga bisa menjadi analis dan pengontrol kualitas bahan baku, produk setengah jadi, hingga produk yang sudah siap jual. Posisi ini cenderung rumit karena membutuhkan ketelitian yang tinggi sehingga para wanita cocok dengan pekerjaan ini.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Perminyakan untuk Wanita
Prospek Jurusan Teknik Perminyakan bagi Wanita

6. Petroleum landman

Pekerjaan di bidang migas tidak selalu berada di lingkungan proyek pertambangan, namun juga dapat dilakukan pada lingkungan lain seperti pemerintahan. Salah satunya dengan posisi ini di mana kamu akan tergabung dalam lembaga pemerintah untuk melakukan negosiasi dan kerja sama dengan pihak lain di bidang migas.

Bidang seperti ini tentunya bisa dikuasai tidak hanya para pria namun juga para wanita. Yang dibutuhkan tentu saja kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik sehingga kerja sama dapat dilakukan dengan baik. Cukup menarik, bukan?

7. Insinyur teknik minyak bumi

Bidang pekerjaan ini juga bisa dilakukan oleh kaum wanita di mana kamu akan bertanggung jawab dalam menemukan metode dan inovasi dalam mengekstrak mintak dan gas bumi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara lebih maksimal.

Terlihat cukup berat memang, namun bidang pekerjaan seperti ini sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah buat para wanita karena biasanya mereka akan lebih cermat melihat keadaan masyarakat sehingga inovasi yang dihasilkan juga bisa lebih optimal.

8. Konsultan perminyakan

Siapa bilang wanita tidak bisa menjadi konsultan yang handal di bidang perminyakan? Dengan bekal ilmu yang didapat semasa kuliah dan pengalaman yang matang, tentunya kamu bisa mendapatkan posisi ini untuk diaplikasikan pada perusahaan hingga lembaga pemerintahan.

9. Petroleum accountant

Satu lagi bidang pekerjaan yang sebenarnya cukup identik dengan wanita dan bisa dilakukan di area kantor dan perusahaan migas. Ya, sebagai akuntan dan strategi keuangan di bidang migas nyatanya bisa membawamu mendapatkan bayaran yang fantastis!

Terlebih untuk urusan keuangan, wanita biasanya akan lebih teliti dan cermat. Tingkatkan terus wawasan dan kemampuan di bidang strategi keuangan sehingga hasilnya lebih maksimal ya.

Prospek Jurusan Teknik Perminyakan bagi Wanita
Prospek Jurusan Teknik Perminyakan bagi Wanita

10. Peneliti

Saat ini, peneliti di bidang migas masih belum banyak. Hal ini tentu bisa menjadi peluang besar di mana kamu akan bekerja dengan melakukan penelitian seputar migas, eksplorasi, pengolahan, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan migas dan aplikasinya untuk masyarakat luas.

Kamu yang ingin menjadi peneliti di bidang migas tentunya harus membekali diri dengan wawasan dan pengetahuan yang matang. Terlebih jika kamu mendapat kesempatan bekerja di perusahaan migas asing, tentu saja harus bersaing dengan banyak peneliti dari mancanegara.


11. Dosen

Bidang pekerjaan lain yang dapat dilakukan oleh wanita adalah sebagai dosen. Saat ini sudah ada sejumlah kampus yang membuka jurusan perminyakan, namun sebagian besar pengajar didominasi oleh laki-laki. Sebagai contoh di UPN Veteran Yogyakarta, sekitar 90% pengajar di jurusan Teknik Perminyakan adalah laki-laki.

Tentunya, peluang ini menjadi dobrakan baru di dunia pendidikan tinggi. Oleh karenanya, kamu perlu membekali diri dengan melanjutkan studi hingga S2 bahkan S3 untuk bisa menjadi pengajar yang handal dan memiliki pengetahuan lebih di bidang migas.

Prospek Jurusan Teknik Perminyakan bagi Wanita
Prospek Jurusan Teknik Perminyakan bagi Wanita

Kampus Terbaik Jurusan Perminyakan

Indonesia merupakan negara yang kaya minyak, namun SDM yang ahli di bidangnya masih sedikit. Nah, jika kamu ingin menjadi salah satu SDM unggul di bidang perminyakan, berikut beberapa kampus baik negeri maupun swasta yang bisa kamu pilih dengan biaya yang bervariasi.

1. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
Merupakan salah satu universitas negeri yang terkenal dengan jurusan teknik pertambangan dan perminyakannya. Bagaimana tidak, jurusan Teknik Perminyakan S1 di kampus ini sudah mendapat akreditasi A sejak tahun 2019 dari BAN-PT serta telah mendapat reputasi baik di berbagai industri migas.

Sebagai salah satu kampus yang memiliki jurusan perminyakan terbaik di Indonesia, kampus ini memiliki pengajar yang berpengalaman dengan penelitian dan praktisi di bidang perminyakan. Terlebih lulusan dari jurusan ini sudah dikenal luas oleh berbagai industri sehingga lapangan kerja terbuka luas bagi lulusannya.

2. Institut Teknologi Bandung
Siapa sih yang tidak mengenal ITB? Salah satu kampus terbaik di negeri ini juga memiliki jurusan Teknik Perminyakan dengan predikat Unggul dari BAN-PT sejak 2020 lalu. Lulusannya juga sudah tersebar ke berbagai lembaga pemerintahan maupun perusahaan migas terbaik.

Reputasi ITB yang baik disertai dengan kualitas jurusan Teknik Perminyakan tentu membawa keuntungan tersendiri bagi para lulusannya. Kamu tidak hanya dapat langsung bekerja pada sektor perminyakan, bahkan tidak sedikit alumninya yang belajar kembali ke luar negeri pada bidang yang sama.

3. Universitas Trisakti
Sebagai salah satu universitas swasta yang terkenal, Trisakti juga mempunyai jurusan Teknik Perminyakan S1 yang sudah terakreditasi B. Kerja sama antara perusahaan hingga perguruan tinggi lain juga membuktikan bahwa lulusan dari universitas ini memiliki kemampuan yang baik dalam bidang migas.

Fasilitas di jurusan ini juga sangat memadai dengan laboratorium dan praktik lapangan yang melibatkan berbagai ahli di bidangnya. Apalagi jurusan yang ada sejak tahun 1980an ini telah melahirkan banyak lulusan yang sudah tersebar di banyak perusahaan migas dalam dan luar negeri.

4. Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi Balikpapan
Atau yang juga dikenal dengan STT MIGAS Balikpapan adalah salah satu perguruan tinggi dengan konsentrasi program studi Perminyakan terbaik, terutama di pulau Kalimantan. Akreditasi terbarunya sudah B sejak 2021 lalu sehingga kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi.

Letaknya yang berada di kawasan industri migas membuat kampus STT Migas Balikpapan bisa menjadi pilihan buatmu melanjutkan studi. Bahkan para pengajarnya banyak yang berasal dari praktisi yang sudah turun langsung di perusahaan-perusahaan migas ternama sehingga kamu akan lebih mudah praktik langsung di lapangan.

5. Universitas Islam Riau
Merupakan salah satu kampus di Sumatera yang mempunyai jurusan Teknik Perminyakan terbaik. Dengan akreditasi B sejak tahun 2020, kampus ini sudah mencetak lulusan terbaik dengan berbagai peluang kerja berlatar belakang akademisi dan praktisi di bidang teknologi perminyakan.

Beberapa kampus lain juga bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang perminyakan, di antaranya adalah Universitas Pertamina, Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, hingga Universitas Jember. Semuanya tentu menawarkan kualitas pembelajaran dan prospek kerja yang menarik untuk masa depanmu.

Bagaiamana Rasanya Bekerja di Sektor Perminyakan?

Pertama, Sudah jadi rahasia umum kalau kerja di industri perminyakan pendapatannya besar, tapi sesuai dengan resiko dan pengorbanannya.
2. Fasilitas super legkap dalam bentuk tanggungan kesehatan pekerja, pasangan, dan 3 anak fasilitas VIP dan unlimited.
3. Industri global yang memungkinkan untuk melihat dunia. Kerja di berbagai belahan dunia dan ketemu dengan berbagai macam orang.

Apa Sisi Kurang Enaknya Bekerja di Perminyakan?

Resiko besar. Kita tidur bersama dengan puluhan ribu barel minyak mentah yang sewaktu-waktu bisa meledak. Atau ketika proses pengeboran sumur bisa sewaktu-waktu tidak terkendali.
Penuh tekanan. Banyak deadline yang harus dipenuhi padahal faktor ketidakpastian sangat tinggi di lapangan. Bekerja dengan barang yang tidak terlihat di dalam bumi hanya mengandalkan sensor.
harus pinter ngeles (Technical Reason) disetiap rekomendasi/keputusan.

Industri perminyakan merupakan industri high risk high return. Bayangkan, mencari lokasi yang ada minyak itu ibarat dokter mendiagnosis penyakit. Semakin banyak data yang diperoleh, maka semakin pede mengambil “vonis”.

Kenapa high risk? Karena sebenarnya tidak ada yang benar-benar menjamin minyak akan keluar dan berapa volume produksinya meskipun sudah di lengkapi data-data.

Sebagai gambaran, ngebor sumur pada kedalaman 1500 s/d 2000 meter estimasi biayanya bisa 2 juta dollar. Itu untuk pengeboran di darat. Jika di laut biayanya bisa lebih mahal lagi.

Kebayang ngga ketika habis ngebor ternyata minyak sedikit bahkan ngga dapat minyak? Duit 2 jt dollar melayang. Maki-makilah Investor duitnya jadi abu :p

Editor Choices :

Itulah beberapa hal mengenai jurusan Teknik Perminyakan dan prospek jurusan teknik perminyakan bagi wanita. Bagaimana, kamu tertarik untuk masuk ke jurusan penuh tantangan ini?

Komentar / Pertanyaan