7 Jurusan Teknik yang Cocok untuk Perempuan Masa Kini

Jurusan teknik memang identik dengan yang namanya laki-laki. Maklum saja, kuliah dan prakteknya memang bisa dibilang berat dan kebanyakan yang tertarik dengan jurusan ini adalah laki-laki.

Tapi di jaman sekarang ini, mulai banyak juga perempuan yang mulai melirik jurusan teknik. Sebenarnya, perempuan bisa masuk jurusan teknik manapun yang diinginkan, tapi berikut ini ada tujuh referensi jurusan teknik yang cocok untuk perempuan.

Jurusan Teknik yang Cocok untuk Perempuan Milenial

jurusan teknik yang cocok untuk perempuan wanita

Teknik Grafika; Sangat Dibutuhkan di Zaman Sekarang

Jurusan teknik yang satu ini memang sedang sangat dibutuhkan lho zaman sekarang ini. Sesuai dengan namanya, jurusan ini menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi tenaga ahli di bidang percetakan, grafika, dan juga penerbitan baik di media cetak maupun di media elektronik.

Nah karena sangat dibutuhkan, maka prospek pekerjaannya juga semakin besar, pantas untuk dilirik oleh perempuan juga.

Untuk kamu yang senang menulis, menggambar, atau tertarik di bidang percetakan, jurusan ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Para perempuan yang ingin berbisnis dalam bidang percetakan ataupun mencetak bukunya sendiri, bisa nih mempertimbangkan untuk masuk di jurusan teknik grafika ini.

Di jurusan ini kamu akan mendapatkan mata kuliah yang berhubungan dengan dunia percetakan nantinya seperti Kimia Grafika dan Psikologi Industri yang pastinya penting untuk digunakan saat nanti bekerja.

jurusan teknik yang cocok untuk perempuan wanita

Teknologi Industri Cetak Kemasan yang Menjanjikan

Di saat pemasaran secara online sangat diminati sekarang ini, maka salah satu industri yang kena dampak positifnya adalah industri cetak kemasan. Hal tersebut juga menjadikan jurusan teknologi industri cetak kemasan semakin diminati termasuk oleh kaum perempuan.

advertisement

Mirip dengan Teknik Grafika, jurusan yang satu ini juga berada di bidang percetakan hanya saja lebih fokus pada percetakan kemasan sesuai dengan namanya.

Di jurusan ini, mahasiswanya akan lebih khusus belajar bagaimana kemasan dicetak dan bagaimana kemasan seharusnya memenuhi standard. Bagi kamu-kamu yang suka berwirausaha, jurusan ini juga sangat tepat lho sehingga nantinya kamu bisa mencetak kemasan untuk produkmu sendiri.

Selain itu karena arah perdagangan barang secara online akan terus diminati, maka industri yang satu inipun akan terus berkembang dan dibutuhkan, juga bisa berkembang sebagai industry kreatif.

jurusan teknik yang cocok untuk wanita

Teknologi Pangan yang Jadi Primadona

Kesadaran masyarakat tentang gizi dan kandungan makanan yang mereka makan sehari-hari semakin tinggi dan itulah yang menyebabkan jurusan teknologi pangan saat ini menjadi salah satu primadona di kalangan jurusan teknik untuk perempuan.

Di jurusan ini, mahasiswanya akan belajar tentang komponen biologis dan kimiawi dalam makanan yang berefek pada tubuh manusia nantinya. Jurusan ini erat kaitannya dengan jurusan gizi.

Saat berkuliah di jurusan ini, kamu akan belajar banyak hal seperti bagaimana pengawetan, pengemasan, penyimpanan makanan yang benar dan sesuai standar.

advertisement

Jadi bisa terbayang dong prospek kerja setelah lulus dari jurusan ini akan tinggi. Kamu bisa bekerja di pabrik sebagai ahli gizi ataupun juga bisa menjamin produk yang kamu hasilkan sendiri.

Teknik Biomedik yang Sekeluarga dengan Kedokteran

Bagi kamu yang ingin kuliah kedokteran tapi terkendala banyak hal, mungkin teknik biomedik ini bisa jadi solusinya.

Masih sekeluarga dengan jurusan kedokteran, tapi sesuai namanya jurusan teknik biomedik ini menggabungkan prinsip kedokteran dan kesehatan untuk menciptakan penemuan baru, alat-alat baru, ataupun metode baru yang nantinya akan mempermudah diagnosa dokter ataupun dipakai untuk memperbaiki organ tubuh manusia.

jurusan teknik yang cocok untuk wanita

Jadi, lulusan jurusan ini juga sama pentingnya dengan yang lulus dari jurusan kedokteran. Orang awam mengira hanya ada profesi dokter, perawat dan bidan, padahal diluar itu banyak profesi kesehatan yang berperan andil.

Siapapun bisa masuk jurusan ini termasuk perempuan, yang penting berminat dalam bidang kesehatan dan kedokteran. Nantinya dalam jurusan ini, mahasiswanya akan mendapatkan kuliah seputar Anatomi Manusia untuk Teknik, Sistem Rekam Medis, dan juga mata kuliah lain yang berhubungan.

Tidak bisa jadi dokter, tapi masih bisa mendukung dunia kedokteran dengan teknik biomedik kan? Yang jelas karena kedua jurusan tersebut saling berhubungan maka keduanya sama pentingnya.

advertisement
jurusan teknik yang cocok untuk wanita perempuan

Jurusan Arsitektur Buat yang Bermimpi untuk Membangun Bangunan Bersejarah

Siapa bilang jurusan arsitektur hanya untuk laki-laki saja? Sekarang ini ada banyak arsitek perempuan yang juga sudah punya nama dan membangun banyak bangunan bersejarah.

Untuk kamu kaum hawa, jangan ragu untuk bergabung di jurusan satu ini karena memang jurusan ini adalah salah satu jurusan teknik yang cocok untuk perempuan.

jurusan arsitek terbaik di indonesia

Banyak sekali karir yang bisa dikejar setelah lulus dari jurusan ini seperti jadi konsultan bangunan, arsitek, ataupun jadi dosen. Lulusan jurusan ini juga bisa bekerja untuk kementrian tata ruang ataupun di Bappeda.

Pokoknya banyak jalan bisa dilakukan setelah lulus dari jurusan satu ini, jadi untuk kamu yang tertarik dengan bangunan, hobi menggambar bangunan, jurusan ini pasti cocok untukmu.

Jurusan Teknik Industri Pertanian

Karena negara kita terkenal dengan pertaniannya dan juga sebagai negara agraris, maka tentu jurusan yang satu ini sangat tepat untuk dimasuki. Jurusan ini akan berkutat dalam pertanian dan juga erat kaitannya dengan jurusan industri pangan yang diminati oleh banyak perempuan.

Tapi bukan cuma disitu saja, banyak mahasiswi yang berminat pada penjurusan agribisnis ataupun juga agroteknologi lho. Karena negara ini memang negara yang mengandalkan pertanian, pasti bisnis di bidang ini juga akan sangat berkembang di masa depan.

advertisement
jurusan teknik yang cocok untuk perempuan

Selain itu, lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di kementrian terkait atau di bagian pemerintahan yang mengurus bidang agrarian. Bisa juga berwiraswasta dengan mengandalkan ilmunya. Yuk yang mau membangun negara lewat bidang pertanian, jurusan satu ini bisa jadi pertimbangan.

Teknik Kimia yang Punya Prospek Kerja Banyak

Bagi kamu yang suka dengan pelajaran kimia, mungkin sudah mempertimbangkan untuk masuk jurusan yang satu ini. Tidak perlu ragu karena ada banyak perempuan yang sudah masuk di jurusan satu ini.

Bahkan di jurusan ini bisa dikatakan jumlah mahasiswa dan mahasiswinya hampir sama, jadi tidak perlu khawatir. Jurusan teknik kimia memang menjadi salah satu jurusan yang cukup menjanjikan prospek kerjanya karena perkembangan bidang ini tidak pernah berhenti.

Setelah lulus nanti, kamu bisa mempertimbangkan untuk bekerja di industri perminyakan, industri gas alam, ataupun pada kementrian terkait. Karena banyak prospeknya, persaingannya juga lumayan ketat.

prospek kerja teknik kimia

Namun, jika kamu memang berminat untuk berkarir di industri ini dan juga memang suka kimia, ya pastilah jurusan ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan. Yang jelas di jurusan ini kamu akan mendapat banyak ilmu yang berguna dalam bekerja di bidang kimia nantinya.

Jurusan-jurusan di atas bisa jadi referensi untuk perempuan dalam memilih jurusan teknik, tapi tentu saja tidak menutupi kemungkinan untuk memilih jurusan teknik lain yang mungkin diminati.

advertisement

Jurusan manapun yang diambil kalau niat dan tekun pasti berhasil. Semoga jurusan teknik yang cocok untuk perempuan ini bisa jadi referensi yang baik.

advertisement

Tinggalkan Komentar / Pertanyaan


Chief Executive Officer

CEO DeckaRenas A scientist who loves to write about anything especially about education, lifestyle, tech stuff and popular science. Learn something new and pretty good in digital literacy.
  Kontak: TwitTer | FaceBook | InstaGram