11 Prospek Kerja Teknik Mesin yang Jarang Dilirik Banyak Orang

Teknik mesin merupakan salah satu jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik. Jurusan ini biasa juga dikenal dengan teknik mekanik. Jenjang pendidikannya mulai dari D3, S1, S2 dan S3.

Biasanya banyak orang tua yang memasukkan anaknya ke jurusan ini karena prospek kerja teknik mesin yang cukup luas dan fleksibel untuk bergabung bersama banyak industri.

Lulusan teknik sipil memiliki gelar ST untuk jenjang sarjana dan M.T ntuk Magister. Selain bekerja di industri seperti yang banyak orang kenal, lulusan teknik mesin pun dapat memiliki profesi lain.

Nah, pada bagian  kali ini kami akan memberikan Anda informasi seputar prospek kerja tersebut, universitas jurusan teknik mesin terbaik di Indonesia, perbedaan tekik mesin dan teknik otomotif,hingga apa saja yang dipelajari di teknik mesin. Semua ini penting Anda ketahui sebelum memutuskan untuk masuk ke jurusan ini.

Jurusan teknik mesin sendiri secara umum mempelajari prinsip dasar dari ilmu fisika. Setelah itu mereka baru dapat menganalisis dan mendesain suatu sistem mekanik berupa motor, mobil, mesin, atau apa saja.

Prospek Kerja Teknik mesin

Prospek kerja Teknik mesin

Tanpa perlu berlama-lama lagi, mari masuk pada pembahasannya saja. Ingat, jika ini adalah informasi yang sedang Anda butuhkan, sebaiknya Anda membaca 11 prospek kerja teknik mesin hingga selesai ya.

1. Industri Otomotif

Sebagaimana prospek kerja lulusan teknik lainnya, bekerja di industri, seperti industri otomotif bagi lulusan teknik mesin adalah pekerjaan yang bagus. Sebelum itu perlu dipahami bahwa untuk bekerja di industri ini, selain pengalaman dan keahlian, industri juga mempertimbangkan dari universitas mana calon karyawannya berasal.

prospek kerja teknik mesin di industri otomotif perakitan mobil

Beberapa universitas di Indonesia memang sudah memiliki jurusan teknik mesin. Namun apakah itu saja sudah cukup untuk mempersiapkan diri bekerja di industri? Tentu tidak. Universitas jurusan teknik mesin terbaik di Indonesia bisa dilihat dari akreditasi jurusannya.

Adapun universitas tersebut di antaranya adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sumatera Utara, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Malang, hingga Universitas Islam Indonesia. Semua universitas itu telah mendapat akreditasi A dari BAN PT.

2. Konversi Energi

Pekerjaan selanjutnya yang bisa dipertimbangkan oleh lulusan teknik mesin adalah bekerja di bagian konversi energi sebuah perusahaan. Bagian ini bertanggung jawab untuk merancang sebuah mesin yang nantinya bisa mengubah bentuk energi satu ke energi yang lain.

Sederhananya, orang yang memilih pekerjaan ini paham mengalihkan suatu energi ke alat yang kemudian bisa dimanfaatkan oleh manusia sehari-hari.

Panel surya dan kincir uap adalah salah satu contoh konversi energi yang pada akhirnya bisa membantu manusia. Beberapa perusahaan besar pun sedang mengembangkan energi listrik untuk membuat kendaraan sendiri.

Nah, lulusan teknik mesin yang tertarik di bidang ini bisa memberi sumbangsih pada bagian mesin yang akan dihasilkan sebagai bentuk dari energi yang dibuat tadi. Berminat?

3. Industri Bioteknologi

Akhir tahun 2020 ini bumi semakin kehabisan sumber daya alamnya karena ketimpangan antara populasi manusia dan ruang-ruang hidup. Semakin terbatasnya sumber daya membuat manusia mulai mencari cara agar tetap bisa bertahan dan mewariskan sesuatu pada anak cucunya kelak. Tanpa sumber daya alam yang memadai, cepat atau lambat manusia akan punah.

Bioteknologi pun lahir dan berkembang sebagai cabang ilmu yang menganalisis pemanfaatan makhluk hidup dalam sebuah proses produksi yang nantinya bisa melahirkan barang atau jasa yang memiliki nilai jual.

Peran teknik mesin, dalam hal ini adalah membuat alat yang sekiranya cocok dengan apa yang dibutuhkan oleh bidang teknologi. Adapun untuk masalah gaji angka yang ditawarkan mulai jutaan hingga ratusan juta rupiah.

prospek kerja teknik mesin menjadi perakit mesin industri bioteknologi
Industri bioteknologi berbasis mikroalga

4. Menjadi Dosen

Profesi selanjutnya yang bisa dipilih oleh lulusan teknik mesin adalah dosen. Ya, pekerjaan yang bagi banyak orang mulia karena memindahkan ilmunya pada orang lain ini turut menjadi incaran mereka yang memang senang mengajar dan bertemu dengan orang-orang baru.

Syarat terbaru yang disampaikan oleh pemerintah adalah untuk menjadi dosen, setidaknya seseorang harus memiliki gelar magister di bidangnya. Meskipun pada kenyataannya, orang-orang yang memiliki gelar doktor akan lebih dipertimbangkan.

Jadi jika Anda adalah orang yang memiliki passionkuat di bidang mengajar dan pengembangan ilmu pengetahuan, atau Anda adalah orang yang siap dengan tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Anda bisa memilih pekerjaan yang satu ini. Tentu saja dengan catatan Anda harus melanjutkan studi dulu ke tingkat magister. Setelah itu Anda bisa berproses dengan sendirinya.

Nah, untuk jurusan ini sendiri, Anda harus memahami terlebih dahulu apa saja yang dipelajari di teknik mesin? Tentunya pada saat S1 dan apa yang dipelajari saat S2. Harapannya agar Anda tidak kaget lagi dengan mata kuliahnya nanti. Adapun pelajaran yang dimaksud mulai dari fisika, kimia dasar, aljabar linier, gambar mesin, material teknik, statistika struktur, kalkulus, hingga prinsip rekayasa dan ilmu kealamiahan dasar.

Semua materi tersebut akan di-upgradeke tingkat yang lebih kompleks saat Anda memutuskan mengambil jenjang magister atau bahkan doktor. Jadi bagaimana sejauh ini, mau pilih pekerjaan apa setelah lulus di jurusan teknik mesin?

5. Industri Manufaktur dan Otomasi

Industri manufaktur dan otomatis merupakan prospek kerja teknik mesin lain yang bisa dipilih bagi lulusan jurusan ini. Pada bidang ini, industri mencoba untuk menerapkan sebuah sistem kontrol yang diharapkan nantinya mampu mengoperasikan peralatan secara mandiri tanpa membutuhkan bantuan manusia. Sistem tersebut harus memiliki daya tahan, kecepatan, hingga presisi yang pas agar dapat sesuai dengan harapan.

Bagi Anda yang berminat bekerja industri manufaktur dan otomatis ini, sebaiknya Anda betul-betul memikirkan semampu apa Anda bertahan di bidang tersebut. Sebab pekerjaan ini memiliki risiko yang cukup tinggi.

Bayangkan saja, Anda diminta untuk membuat sistem kontrol. Beruntung bila percobaan pertama Anda berhasil. Bagaimana jika tidak? Anda harus mengulang lagi dari awal. Tetapi tenang saja. Anda akan mendapatkan bayaran yang setimpal dengan itu.

prospek kerja teknik mesin otomasi industri manufaktur

6. Kontrol Lingkungan

Pekerjaan berikutnya yang bisa dijalani oleh seorang lulusan teknik mesin adalah bagian kontrol lingkungan. Anda mungkin bingung, lingkungan seperti apa yang harus dikontrol? Mengapa ia harus dikontrol? Tenang, kami akan membahasnya satu per satu.

Jadi seperti ini. Lingkungan yang dimaksudkan berhubungan dengan suhu dalam sebuah ruangan. Nah, Anda pasti pernah menyimpan sesuatu di kulkas pribadi Anda, bukan? Mengapa Anda menyimpannya di kulkas? Mengapa tidak di dalam kamar atau di ruang tamu saja?

Jawabannya sederhana, karena suhu kulkas cocok dengan apa yang Anda ingin simpan dan di kulkas semua makanan tentu bisa bertahan lama.

Seperti itu juga ilustrasi dari pekerjaan kontrol lingkungan ini. Namun yang menjadi perbedaan adalah “kulkas” yang kami bicarakan lebih besar daripada kulkas rumah tangga pada umumnya.

Sebagai bagian dari kontrol lingkungan, Anda harus memastikan suhu AC di “kulkas” sebuah perusahaan sudah sesuai dengan suhu makanan yang akan disimpan. Hanya anak teknik mesinlah yang bisa membantu pekerjaan ini.

7. Bergabung Bersama PLN

PLN atau Perusahaan Listrik Negara terkenal diminati oleh banyak lulusan teknik listrik. Tapi tunggu dulu. Usut punya usut, ternyata jurusan mesin juga sangat dibutuhkan dalam Badan Usaha Milik Negara ini.

Jurusan kuliah yang biasanya direkrut antara lain untuk jenjang S1/D-IV adalah jurusan Teknik Elektro Arus Kuat, Teknik Industri, Geologi, Teknik Mesin, Teknik Informatika, Administrasi Bisnis, Akuntansi dan Hukum

Saat ini Direktur Utama PLN adalah Zulkifli Zaini. Ketenagalistrikan yang sudah ada sejak abad ke-19 ini pun menjadi ladang penghasilan baru bagi para lulusan jurusan teknik mesin.

Ada beberapa kelompok unit induk distribusi yang dimiliki oleh PLN, mulai dari Jakarta, Bandung, Tangerang, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Bandar Lampung.

Apabila Anda ingin bergabung bersama PLN, Anda harus mengikuti beberapa tahap seleksi yang kemudian jika sudah lolos, baru Anda bisa OJT atau On Job Training. Tenang, meskipun masih OJT, Anda tetap akan dibayar secara profesional.

prospek kerja teknik mesin kerja di PLN

8. Industri Pertambangan

advertisement

Industri pertambangan adalah satu dari banyak industri yang juga membutuhkan Anda sebagai lulusan jurusan teknik mesin. Beberapa industri pertambangan yang mungkin sudah Anda kenal dengan baik seperti Freeport hingga Pertamina tentu membuka pintu yang seluas-luasnya bagi anak negeri yang ingin bekerja.

Sama dengan PLN tadi, Anda tidak bisa masuk dengan mudah dalam industri ini. Seleksi yang ketat dengan banyaknya kompetitor mungkin akan mematahkan nyali Anda.

Tetapi tenang saja, jangan putus asa. Memang banyak orang yang mengincar pekerjaan ini karena alasan gajinya yang tinggi. Namun Anda tentu juga memiliki kualifikasi Anda sendiri. Persiapkan diri dan teruslah berusaha!

9. Menjadi Designer Mekanik

Sebagai lulusan jurusan teknik mesin, Anda akan dihadapkan pada banyak prospek kerja teknik mesin yang menggiurkan seperti designer mekanik. Tidak hanya pakaian saja yang memiliki designer. Mekanik atau mesin pun membutuhkan orang yang merancangnya dari awal agar nanti bisa dimanfaatkan.

Apa yang didesain oleh seorang mekanik adalah mesin-mesin dengan model terbaru. Ada banyak perusahaan yang tiap tahunnya membuka lowongan untuk pekerjaan yang satu ini. Gajinya? Jutaan hingga puluhan juta, tergantung seberapa lama Anda bekerja dan bagaimana pekerjaan Anda.

prospek kerja teknik mesin desainer mekanik

10. Menjadi Wartawan atau Penulis Lepas Pada Rubrik Otomotif

Pekerjaan menjadi seorang wartawan atau penulis lepas mungkin terdengar receh bagi Anda yang daritadi sudah disodorkan beberapa prospek kerja di bidang industri dan BUMN.

Tetapi tahukah Anda, pekerjaan sebagai wartawan atau penulis lepas kini menjadi tren di kalangan remaja karena pekerjaannya yang fleksibel dan bisa remotedari mana saja.

Tidak hanya jurusan ilmu komunikasi saja yang bisa bekerja di bidang ini, Anda pun bisa dengan mengisi pekerjaan sebagai penulis di rubric otomotif. Tapi tunggu dulu.

Apakah sebelumnya Anda sudah tahu perbedaan teknik mesin dan teknik otomotif secara umum? Jika belum, kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Sederhananya, teknik otomotif lebih berfokus pada rancangan dan konstruksi mobil. Sementara teknik mesin sendiri lebih general melibatkan proses yang panjang, mulai dari perancangan, pengonstruksian, sampai pada pengoperasian mesin.

Nah, mesin yang dimaksud dalam jurusan teknik mesin adalah mesin secara umum, tidak spesifik ke mobil seperti yang di fokusi oleh teknik otomotif.

11. Industri Kedirgantaraan

Kedirgantaraan diartikan sebagai apapun yang berhubungan dengan dirgantara. Dirgantara sendiri dimaknai secara luas sebagai apapun yang ada di sekeliling bumi, mencakup ruang udara, dan antariksa. Jadi industri kedirgantaraan ini berkutat pada urusan perancangan dan perakitan pesawat terbang.

Perakitan pesawat ini tidak asal jadi begitu saja. Industri membutuhkan Anda sebagai lulusan dari teknik mesin untuk merakit mesin pesawat. Persoalan rakit merakit ini sebenarnya juga akan Anda pelajari di bangku kuliah.

prospek kerja teknik mesin dirgantara

Laptop seperti apa yang cocok untuk mahasiswa teknik mesin?

Beberapa perangkat lunaksofware yang sering digunakan adalah :
CAD: AutoCAD, SketchUp, FreeCAD.
Numerical Computing: MATLAB, SciLab,
FD: OpenFOAM, ANSYS.
FEM: Calculix, FreeFEM.
Spesifikasi yang dibutuhkan : CPU minimal Core i5 atau AMD Ryzen 5, Memory minimal 4gb Kalau bisa 8gb, Storage kalau bisa 1TB

Kenapa mahasiswi di jurusan Teknik Mesin sangat sedikit?

1. Faktor Genetik dan Sosial
Secara genetik, laki-laki dan perempuan memiliki cara berpikir yang berbeda, perbedaan ini dipengaruhi oleh kromoson. Perempuan lebih mengedepankan perasaan, sedangkan laki-laki tidak menunjukan sisi emosionalny. Dengan demikian, laki-laki lebih milih ke bidang yang minim penggunaan perasaan, salah satunya adalah jurusan teknik.
2. Stigma perempuan di masyarakat
Berdasarkan beberapa penelitian, perempuan cenderung terabaikan pada kegiatan berbasis tim, perempuan lebih condong ke arah manajerial dan laki-laki ke arah persoalan teknis.

Apa perbedaan teknik mesin dan otomotif?

Prospek karier teknik mesin lebih luas daripada otomotif. Prospek teknik mesin terbagi dua yaitu : manufacturing serta energi dan utilitas. Manufacturing masuk pada bidang transportasi, kereta api, energi dan telekomunikasi.
Untuk energi dan utilitas masuk bidang pengeboran, konstruksi, peralatan penyelaman, transportasi energi, pengencer bensin atau kilang.
Prospek teknik otomotif lebih kepada bidang teknisi otomotif, perancangan safety, perancangan NVH ( Noise, Vibration and Harshness), Operations Research.

Berapa gaji seorang lulusan teknik mesin?

Gaji seseorang ditentukan oleh seberapa kometen dia dan pekerjaan apa yang dia dapat.
Contoh: lulusan teknik mesin yang berkarier di bidang perminyakan, gajinya akan berbeda dengan seorang teknik mesin yang mendapat pekerjaan di bidang otomotif, dan akan berbeda juga dengan teknik mesin yang mendapat pekerjaan di bidang perbankan.

Apakah benar jurusan teknik mesin jurusan paling lama lulus?

Jurusan teknik tidak ada yang mudah. Mulai dari materi kuliah, praktek, laporan dan tugas. Jurusan yang terkenal lama tamatnya di beberapa PTN/PTS adalah: Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik PWK dan Teknik industri.

Apa kelebihan dan kekurangan jurusan teknik mesin?

Kelebihan: Selalu dibutuhkan di industri, Gaji relatif tinggi, Tidak banyak pergi ke lapangan dibanding jurusan lain. Sangat sedikit mendalami biologi, kimia.
Kekurangan: Masih didominasi cowok, Hitung-hitungannya bisa dibilang susah bikin pusing

Jadi prospek kerja teknik mesin yang beragam tentu membuat Anda memiliki banyak pilihan untuk mengambil yang mana sesuai dengan passiondan ketertarikan Anda di dunia industri. Jadi bagaimana? Sudah tahu harus memilih jurusan kuliah yang mana?

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest