14 Prospek Kerja Teknik Industri untuk Wanita beserta Estimasi Gajinya

Jurusan teknik industri merupakan jurusan yang populer dan selalu penuh tiap tahunnya di semua perguruan tinggi di Indonesia. Namun, jurusan ini didominasi oleh laki-laki, bahkan 90% jurusan teknik industri terdiri atas laki-laki. Padahal prospek kerja teknik industri untuk wanita pun terbuka lebar.

Nah bila kalian adalah seorang wanita dan tertarik untuk masuk jurusan teknik industri maka tak perlu risau. Hal ini karena lulusan jurusan ini dapat masuk ke berbagai sektor industri mulai dari industri jasa, penyedia informasi, hingga pelayanan masyarakat.

Mengenal Tentang Jurusan Teknik Industri

Teknik industri merupakan sebuah jurusan yang mempelajari tentang studi optimalisasi kegiatan manusia yang mencangkup aktivitas produksi, ekonomi, hingga manajemen.

Prospek Kerja Teknik Industri untuk Wanita
Prospek Kerja Teknik Industri untuk Wanita

Lulusan jurusan teknik industri diharapkan memiliki skill praktis yang bertanggung jawal dalam kegiatan produksi pabrik, optimalisasi manajemen perusahaan, hingga penyusunan proposal strategi.

Kuliah di jurusan ini membutuhkan waktu belajar minimal selama 8 semester (4 tahun). Selama kuliah, kalian tidak hanya belajar teori saja melainkan juga praktik langsung di tiap mata kuliah yang dipelajarinya.

Jika sudah lulus, mahasiswa jurusan teknik industri akan mendapatkan gelar berupa S.T. (Sarjana Teknik) yang nantinya bisa diteruskan ke program pascasarjana di program perguruan tinggi S2.

Nah, berikut ini beberapa mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan teknik industri:

  • Pengendalian dan perencanaan produksi
  • Pengendalian dan penjaminan mutu produksi
  • Rekayasa produk
  • Perancangan e-business
  • Perancangan tata letak perusahaan
  • Analisis dan perancangan  perusahaan
  • Simulasi pelayanan dalam industri jasa
  • Optimalisasi dengan pendekatan matematis
  • Rekayasa keselamatan kerja
  • Supply chain management
  • Layout planning
  • Product design and development
  • Standardisasi dan penilaian kesesuaian kerja

Daya Serap Lulusan Teknik Industri di Dunia Kerja

Jurusan teknik industri memang sering disamakan dengan jurusan teknik lain. Padahal, jurusan ini fokus di proses produksi yang melingkup rancangan desain, pembuatan sistem produksi, perbaikan material dan peralatan, pendayagunaan energi, integrasi mesin, dan penyediaan layanan informasi.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh suatu lembaga riset pendidikan menyatakan bahwa lulusan teknik industri di ITB rata-rata mendapatkan gaji setidaknya Rp 10 juta / bulan.

Nah, perusahaan yang paling banyak menyerap alumni teknik industri tersebut terdiri atas perusahaan yang bergerak di bidang:


  • Industri pengolahan
  • Jasa ilmiah dan teknik
  • Pertambangan dan penggalian
  • Informasi dan komunikasi
  • Jasa keuangan dan asuransi

Seorang yang telah ahli dalam bidang teknik industri disebut juga sebagai insinyur manufaktur atau insinyur industri yang mana tugas mereka fokus pada pengembangan aspek desain sistem manufaktur dalam industri.

Di antaranya termasuk optimalisasi penggunaan jaringan komputer, sistem pemrograman perangkat lunak, rekayasa software, AI robot, dan lainnya. Karena cakupannya yang luas itulah menjadikan jurusan ini memiliki daya serap yang tinggi dan gaji yang besar.

Prospek Kerja Teknik Industri untuk Wanita beserta Gajinya

Berikut rincian peluang kerja teknik industri bagi perempuan beserta estimasi gajinya yang perlu kalian ketahui bila tertarik untuk kuliah di jurusan ini:

1. Market Research Analyst

Bagi perusahaan yang bergerak di bidang penjualan, market researcher atau peneliti pasar memegang peranan penting dalam menyediakan analisis terkait kondisi pasar yang nantinya akan dijadikan data dan masukan untuk menentukan produk apa saja diterima pasar dan yang tidak.

Seorang market research analyst harus bisa melakukan riset terhadap tanggapan konsumen atas suatu produk yang dijual oleh suatu perusahaan. Untuk mendapatkan data tersebut, mereka harus mampu merancang market research, konsultasi klien, wawancara konsumen, serta penelitian berdasarkan data yang ada.


JenisKeterangan
Prospek KerjaMarket Research Analyst
Tugas & Tanggung JawabMelakukan analisis dan riset pasar terhadap produk yang akan dijual oleh klien atau perusahaan di mana ia bekerja.
Tingkat persaingan kerjaSedang
Estimasi GajiRp5 – 8 juta / bulan

2. Logistic Specialist

Seperti yang di ulas sebelumnya, jurusan teknik industri akan mempelajari terkait supply chain management yang mengurus kebutuhan logistik antara perusahaan, supplier, distributor, hingga pelanggan.

Nah, seorang logistic specialist akan bertanggung jawab dalam mengurus segala aktivitas, informasi, sumber daya, entitas, dan subyek yang berkaitan dengan rantai pasokan dalam kegiatan produksi.

JenisKeterangan
Prospek KerjaLogistic Specialist
Tugas & Tanggung JawabMenjalankan serangkaian aktivitas yang berkaitan dengan rantai logistik dalam suatu kegiatan produksi.
Tingkat persaingan kerjaSedang
Estimasi GajiRp3 – 7 juta / bulan

3. Project Management Analyst

Prospek kerja teknik industri untuk wanita yang sering disepelekan adalah project management analyst yang mengemban peran dalam analisis proses produksi.

Memang tidak setiap perusahaan membutuhkan bidang ini, namun lowongan di dunia industri pun terbilang cukup banyak.

JenisKeterangan
Prospek KerjaProject Management Analyst
Tugas & Tanggung JawabMenganalisis proses produksi agar efektif dan efisien
Tingkat persaingan kerjaSedang
Estimasi GajiRp5 – 12 juta / bulan

4. Cost Control Engineer

Sering kali, karena terjadi kesalahan perhitungan waktu, biaya, dan tenaga kerja menjadikan pengeluaran perusahaan bengkak.

Nah disinilah peran penting seorang cost control engineer yang berperan dalam menganalisis dan menyusun perhitungan biaya untuk mengontrol pengeluaran berlebih pada dana suatu perusahaan.

JenisKeterangan
Prospek KerjaCost Control Engineer
Tugas & Tanggung JawabMenganalisis biaya untuk mengontrol pengeluaran berlebih dalam suatu perusahaan.
Tingkat persaingan kerjaSedang
Estimasi GajiRp5 – 15 juta / bulan

5. Engineering Manager

Insinyur manager berperan dalam penyusunan sumber daya proyek dan penyusunan rencana kerja di suatu perusahaan.

Karena tanggung jawabnya yang begitu besar dalam menentukan keberhasilan proyek, maka gajinya pun terbilang tinggi.

JenisKeterangan
Prospek KerjaEngineering Manager
Tugas & Tanggung JawabMenyusun rencana kerja di suatu perusahaan
Tingkat persaingan kerjaSedang – tinggi
Estimasi GajiRp15 – 35 juta / bulan

6. Health Safety Enviromenment Engineer

Dalam perusahaan, keselamatan kerja merupakan nomor satu yang wajib didahulukan di atas segalanya.

Nah, seorang HSE ini akan bertugas dalam menganalisa prosedur kerja dan analisa lokasi yang berpotensi membahayakan keselamatan pekerja di suatu perusahaan.

JenisKeterangan
Prospek KerjaHealth Safety Enviromenment Engineer
Tugas & Tanggung JawabMenganalisa lokasi dan prosedur kerja untuk keselamatan kerja
Tingkat persaingan kerjaSedang
Estimasi GajiRp7 – 10 juta / bulan

7. Aerospace Engineer

Aerospace engineer adalah insinyur antariksa yang bertugas mendesain, mengetes, membangun, dan meneliti terkait pesawat luar angkasa.


Walaupun tingkat persaingan kerjanya yang begitu tinggi, gaji yang didapatkan pun sepadan dengan risiko besar yang menantinya.

JenisKeterangan
Prospek KerjaAerospace Engineer
Tugas & Tanggung JawabMengevaluasi masalah teknikal yang terjadi pada pesawat luar angkasa
Tingkat persaingan kerjaTinggi
Estimasi GajiHingga Rp 1,5 milyar / bulan

8. Wirausahawan

Dengan memiliki pengetahuan dalam dunia teknik industri, tentu kalian akan dapat dengan mudah mengurus segala proses produksi, rantai pasokan, dan juga pengelolaan risiko alat produksi perusahaan.

Menjadi wirausahawan atau pengusaha merupakan pilihan yang tepat bila kalian merupakan wanita mandiri yang tidak ingin bekerja di perusahaan orang lain.

JenisKeterangan
Prospek KerjaWirausahawan
Tugas & Tanggung JawabMenjalankan usaha atau bisnis sesuai kategorinya masing-masing
Tingkat persainganSedang (tergantung pendapatan usaha)
Estimasi GajiRp3 – 100 juta / bulan

Baca juga: Prospek Kerja Teknik Elektro untuk Wanita

9. Aktuaris

Terakhir, seorang lulusan teknik industri bisa berprofesi sebagai aktuaris di perusahaan asuransi atau perusahaan lain yang bersangkutan.

Aktuaris sendiri merupakan profesi yang berhubungan dengan analisis sosial dan ekonomi yang super kompleks seperti prediksi risiko kecelakaan, kematian, sakit, cacat, dan jaminan hari tua.

JenisKeterangan
Prospek KerjaAktuaris
Tugas & Tanggung JawabMenganalisis data statistik tentang sosial dan ekonomi untuk prediksi risiko dalam asuransi.
Tingkat persaingan kerjaSedang – tinggi
Estimasi GajiRp50 juta – 300 juta / bulan
Apa Bedanya Jurusan Teknik Industri dan Manajemen ?

Kedua jurusan fokus untuk mengatur segala sesuatu yang dikerjakan oleh individu atau kelompok untuk mencapai tujuan atau target dari individu ataupun kelompok tersebut dengan menggunakan sumber daya yang tersedia.
Perbedaannya teknik industri menggunakan keilmuan rekayasanya untuk mengoptimalkan sistem yang ada. Sistem ini terdiri atas Man, Material, Machine, Money, Market, Method, Information.

Editor Choices :

Nah itulah berbagai macam prospek kerja teknik industri untuk wanita yang perlu kalian ketahui. Selain 9 profesi yang dijelaskan diatas, kamu juga bisa menjadi ASN, Dosen, Kerja di sektor perbankan, kerja sebagai general Affair, kerja sebagai Sales Industrial. Jadi, bagi kalian para perempuan jangan minder lagi untuk masuk jurusan ini!

Komentar / Pertanyaan