7 Prospek Kerja Teknik Geologi untuk Wanita Jenjang S1

Jurusan Teknik Geologi identik dengan pria, wajar saja pekerjaan alumni jurusan ini biasanya bekerja di lapangan. Walau begitu bukanya tidak ada wanita di jurusan ini, biasanya di setiap angkatan tetap ada beberapa wanita yang mengambil jurusan teknik geologi.

Prospek kerja teknik geologi untuk wanita tergolong cemerlang, karena penghasilan yang didapatkannya biasanya lumayan besar. Selain itu, lulusan jurusan ini tidak melulu kerja di lapangan karena ada juga yang bekerja di laboratorium.

Prospek Kerja Teknik Geologi untuk Wanita

Mata Kuliah Teknik Geologi

Jurusan teknik geologi merupakan jurusan yang mempelajari ilmu bumi, didalamnya tercakup mata kuliah yang mempelajari batuan, lapisan tanah dan fosil yang ada di dalamnya.

Pada semester awal, mahasiswa akan mempelajari ilmu-ilmu dasar IPA seperti matematika, fisika, kimia, geologi, geomorfologi dan biologi. Setelah itu mata kuliah teknik geologi di semester selanjutnya merupakan perkenalan tentang ilmu ini diantaranya geologi penginderaan jauh, geokimia, paleontologi, petrografi dan stratigrafi.

Pada pertengahan semester, mahasiswa akan diberi pilihan untuk memilih bidang konsentrasi mana yang mereka inginkan. Setiap bidang konsentrasi memiliki mata kuliah pilihan yang berbeda, bidang konsentrasi yang ada di Teknik Geologi UGM ada 3 yaitu geologi lingkungan, geologi sumberdaya energi dan geologi sumberdaya mineral.

Prospek Kerja Teknik Geologi Untuk Wanita

Bagi seorang wanita, tentunya akan lebih baik jika mencari pekerjaan yang tidak memerlukan bekerja di lapangan sehingga jauh dari suami dan anak. Ada beberapa prospek kerja untuk alumni teknik geologi wanita yang tidak memerlukan banyak bekerja di lapangan.

1. Bekerja di laboratorium batu akik dan permata

Prospek kerja ini sangat saya rekomendasikan untuk wanita lulusan teknik geologi. Pekerjaannya tidak perlu di lapangan, hanya di laboratorium saja untuk mengidentifikasi spesimen batu yang ada.

Orang yang ingin mengecek apakah batu permata yang ia punya asli atau tidak sangatlah banyak. Saya menyarankan anda untuk membuka laboratorium sendiri, karena peralatan yang dibutuhkan untuk identifikasi batu ini tidaklah mahal.

Apalagi saat ini, jumlah laboratorium batu permata yang memiliki laboran seorang ahli geologi sangat sedikit. Kita ambil contoh saja Sky Lab yang berada di Jakarta, laborannya justru seorang sarjana Ekonomi.

Begitu juga ISGL yang merupakan laboratorium batu permata di Jogja, dimana laborannya justru seorang sarjana Ilmu Politik. Tentunya bagi anda yang merupakan sarjana teknik geologi memiliki keunggulan dari dasar yang anda miliki, apalagi jika anda merupakan lulusan universitas ternama seperti UGM atau ITB. Tentunya laboratorium yang anda buat memiliki keunggulan tersendiri di latar belakang laborannya.

2. Perusahaan minyak

Tidak semua lulusan teknik geologi yang bekerja di perusahaan minyak harus ke lapangan. Ada juga yang pekerjaannya adalah mengolah data ataupun meneliti sampel yang ada di laboratorium.

Anda bisa memilih kedua posisi tersebut jika anda berkeinginan memiliki pekerjaan yang tidak mengharuskan anda kelapangan. Gaji yang ditawarkan perusahaan minyak biasanya juga cukup besar, sehingga bisa mencukupi kebutuhan keluarga anda.

3. Dosen

Bagi saya, prospek kerja teknik geologi untuk wanita yang paling baik adalah dosen. Pekerjaan ini tidaklah terlalu berat untuk dilakukan oleh kaum hawa. Selain itu, seorang dosen tidak terlalu sering diharuskan keluar kota untuk urusan pekerjaan.

Menjadi seorang pengajar yang membantu mencerdaskan anak bangsa juga merupakan pekerjaan yang sangat mulia. Apalagi gaji dosen sendiri tergolong besar, karena bila anda telah menjadi seorang profesor di sebuah universitas negeri anda akan mendapatkan tunjangan senilai 30 juta rupiah perbulannya.

4. Peneliti di LIPI

Bekerja sebagai peneliti di LIPI atau lembaga lainnya juga merupakan suatu pekerjaan yang baik untuk dilakukan wanita. Sebagai seorang peneliti, anda hanya diharuskan sesekali saja bekerja di lapangan untuk mengambil sampel.

Sebagian besar waktu bekerja anda, akan dihabiskan di laboratorium untuk meneliti sampel yang anda punya. Profesi sebagai peneliti ini juga sangat keren, gajinya pun lumayan berkisar antara 5-10 juta rupiah per bulannya.

prospek kerja teknik geologi untuk wanita

5. Kementerian lingkungan hidup dan kehutanan

Kementerian lingkungan hidup dan kehutanan membutuhkan banyak sarjana teknik geologi untuk bekerja di berbagai bidang. Diantaranya adalah untuk menganalisis lapisan tanah yang ada di hutan gambut, menganalisis dampak pembangunan terhadap lingkungan dan pekerjaan lainnya.

Bekerja sebagai pegawai negeri di kementrian membuat anda mendapatkan jaminan hari tua yang bagus, karena mendapatkan dana pensiun.

advertisement

6. Kontraktor

Jangan dikira alumni teknik geologi tidak ada yang bekerja sebagai kontraktor. Seorang lulusan teknik geologi berfungsi untuk meneliti struktur bangunan terhadap tanah dan bagaimana resiko yang bisa terjadi terhadap bangunan tersebut.

Penghasilan seorang kontraktor terbilang cukup tinggi karena bisa mencapai ratusan juta rupiah, tergantung dari jumlah proyek yang dia dapatkan.

prospek kerja teknik geologi untuk wanita jadi kontraktor
helm kontraktor warna putih = manajer, pengawas, mandor

7. Kementerian energi dan sumber daya mineral

Prospek kerja teknik geologi untuk wanita selanjutnya adalah bekerja di Kementerian energi dan sumber daya mineral. Setiap tahunnya, kementrian ini membutuhkan puluhan sarjana geologi untuk bekerja disini.

Gaji yang didapatkan cukup besar, biasanya mulai dari 5 hingga 15 juta rupiah perbulan nya. Sayangnya, bekerja di kementrian ini membuat anda harus banyak melakukan survei ke lapangan sehingga tidak saya sarankan bagi anda yang ingin berada di sisi keluarga anda secara terus menerus.

Apa suka dukanya kuliah jurusan Teknik Geologi?

Sukanya ketika bisa melihat indahnya pemandangan (singkapan batuan) di bumi yang jarang dilihat oleh orang lain.
Teknik geologi juga prospeknya lebih luas bisa di bidang eksplorasi sumberdaya, lingkungan, dll.
Dukanya adalah praktikum dan laporan yang menumpuk, dari semester satu hingga semester enam pun masih ada.

Apa bedanya jurusan geologi dan teknik geologi?

Geologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bumi, sedang jurusan teknik geologi adalah penerapan tentang ilmu bumi tersebut.
Jurusan geologi dimasukan fakultas mipa, lulusan nya dapat gelar S.Si. Kalau teknik geologi masuk fakultas teknik, lulusan nya dapat gelar S.T

Jurusan teknik geologi bisa masuk ke fakultas teknik karena tidak lepas dari makin berkembangnya industri pertambangan dan migas di Indonesia. Sehingga Perguruan Tinggi pun menyesuaikan kebutuhan ini dengan membuka jurusan Teknik Geologi. Yang mana sisi teknik dan terapannya lebih banyak dipelajari.

prospek kerja teknik geologi untuk wanita rasanya kuliah gimana

Bagaimana rasanya kuliah di jurusan teknik geologi?

Banyak pengalaman menarik. Kuliah di geologi berarti pasti banyak kegiatan outdoor, menyusuri sungai dan naik turun bukit hanya untuk mengetahui batuan apa saja yang ada disana,
mengeksplorasi tempat-tempat asing hanya bermodalkan peta, GPS, kompas, dan banyak bertanya dengan warga lokal apabila sedang melakukan kegiatan pemetaan,
mengambil sampel batuan di lapangan lalu dianalisa di laboratorium untuk mengetahui kandungan mineral dan jenis batuan, menyusun laporan dan peta persebaran batuan.

Siapa saja tokoh nasional lulusan Teknik geologi?

1. Basuka Tjahya Purnama / Ahok.
2. M. Basuki Hadimuljono / Menteri PUPR

Itulah beberapa prospek kerja yang bisa dipilih untuk seorang sarjana teknik geologi wanita. Setiap pekerjaan jurusan ini, kebanyakan memiliki gaji yang cukup besar. Bagi anda yang masih bingung memilih jurusan untuk kuliah anda sebaiknya anda memikirkan untuk memilih teknik geologi karena masa depan alumninya cukup cerah.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest