Marshaller Wanita, Pilihan Profesi Bergengsi di Bandara

Pernahkah Anda mendengar profesi yang bernama marshaller wanita? Profesi ini hanya akan Anda temukan di bandara, lho. Bila Anda pernah bepergian menggunakan pesawat, mungkin pernah bertemu dengan mereka. Namun, tidak sedikit para penumpang yang mengetahui nama profesi ini.

Marshaller, Profesi Penting di Bandara

Keberadaan marshaller memang sangat asing di telinga masyarakat. Apalagi bagi Anda yang belum pernah bepergian menggunakan pesawat pastinya akan terkejut dengan keberadaan dari profesi yang satu ini.

Sebagai penata transportasi di suatu tempat, kita biasanya akan mengenal dengan pekerjaan juru parkir. Mereka akan menata berbagai kendaraan pada suatu tempat sehingga terlihat lebih rapi dan tidak memakan banyak space. Tak hanya itu, para juru parkir juga akan memberikan arahan kepada para pengendara baik untuk menata kendaraannya maupun hendak keluar dari tempat parkir.

advertisement
Marshaller Wanita

Nah, kendaraan itu tidak hanya motor dan mobil saja. Kedua kendaraan itu akan diatur dan ditata oleh juru parkir. Pada kendaraan yang ukurannya besar bahkan tidak dapat dijangkau oleh manusia, tentu memerlukan usaha yang lebih ekstra untuk memarkirkannya. Apalagi semacam pesawat, pengarahan parkir yang salah sedikit akan menimbulkan perkara yang mencekam.

Lalu, apakah pada transportasi pesawat terbang itu ada juru parkirnya? Tetap ada, lho. Hanya saja berbeda istilah. Juru parkir yang mengatur pesawat di bandara yakni bernama marshaller. Bahkan, juru parkir pesawat di bandara ini tidak hanya diminati kaum adam, lho. Justru banyak marshaller wanita yang standby di landasan pacu bandara.

Syarat Menjadi Marshaller

Marshaller memang menjadi profesi yang sangat asing bila Anda belum pernah berkunjung ke bandara. Bukan berarti meremehkan, namun profesi ini memang hanya akan Anda temui di bandara. Bahkan, mereka juga terkadang tidak berada di lapangan sehingga Anda tidak menemukan mereka saat hendak takeoff maupun landing dari pesawat yang dinaikinya.

adv
Marshaller Wanita
marshaller wanita pertama di Bandara Halim Perdanakusuma

Berbicara mengenai marshaller wanita, memang banyak kaum wanita yang justru tertarik untuk menjadi juru parkir pesawat. Profesi ini tentunya sangat keren terlebih dibanderoli dengan atribut-atribut yang menempel di badan marshaller.

Profesi yang biasanya didominasi oleh kaum pria ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum wanita. Anda tentu juga akan terkagum-kagum bila melihat juru parkir ini sedang memberikan arahan kepada para pilot dalam memarkirkan pesawatnya.

Bayangkan, seorang wanita mengarahkan pilot untuk memarkirkan pesawatnya sesuai dengan arahannya tentu menjadi hal yang sangat asing. Hal ini bukanlah perkara yang gampang, tapi justru harus sangat handal  dan profesional dalam memberikan pengarahan kepada pilot.

Bila Anda tertarik untuk menjadi seorang marshaller, syarat apa saja yang perlu Anda lengkapi? Anda pastinya sangat penasaran, kan?

ads

Untuk menjadi marshaller, Anda harus berasal dari lulusan sekolah staf penerbangan atau SMK penerbangan dengan usia maksimal 24 tahun. Anda tentunya juga harus berbadan sehat jasmani serta rohani sehingga tidak mudah mengalami stres maupun sakit saat berada di ruangan yang terbuka luas. Bahkan, Anda harus merasakan angina yang kencang dari hembusan pesawat.

Seorang juga belum pernah menikah bila dirinya hendak mendaftarkan diri sebagai marshaller. Untuk tinggi badannya, pria umumnya 165 cm dan wanita 157 cm. Penampilan yang menarik tentunya harus Anda miliki sehingga mendapatkan jam operasional yang lama.

Selain itu, Anda juga harus memastikan diri bahwa Anda terbebas dari hepatitis. Anda juga tidak memiliki permasalahan pada mata seperti minus maupun buta warna. Meski demikian, seseorang yang mempunyai mata minus sebenarnya masih bisa dinegosiasi asalkan dalam taraf yang ringan.

Marshaller Wanita
marshaller wanita

Gaji Marshaller Wanita dan Fakta Lainnya

Seorang marshaller wanita memang memiliki penampilan yang sangat menarik. Bila Anda pernah berjumpa dengan mereka saat hendak take off maupun landing dari pesawat, Anda pasti sangat terkagum-kagum dengan penampilannya.

Banyak fakta yang akan Anda temukan dalam ulasan ini mengenai juru parkir pesawat. Ada hal-hal menarik yang perlu Anda ketahui dan mungkin Anda akan tertarik dengan profesi yang satu ini. Selain itu, Anda juga akan mengintip gaji yang biasanya akan diterima oleh para juru parkir ini. Kira-kira berapakah rate dari gaji mereka?

a d s

Sebelum kita mengintip gaji para juru parkir pesawat, mari kita simak beberapa fakta dibalik keberadaan dari profesi tersebut. Pada umumnya, seorang juru parkir menggunakan rompi yang gagah.  Anda biasanya melihat juru parkir kendaraan roda dua maupun roda empat dengan rompi berwarna orange. Begitu pun dengan juru parkir pesawat, mereka juga memakai rompi namun berwarna hijau neon.

Warna hijau neon ini dipilih karena mampu menghasilkan cahaya saat berada dalam penerangan yang minim. Para pilot dapat melihat mereka dengan jelas dari ketinggian maupun kejauhan saat hendak landing.

Tak hanya itu, mereka juga dilengkapi dengan topi agar tidak merasa kepanasan. Mereka juga dibekali dengan headphone yang menempel dikupingnya. Penggunaan headphone ini bukan sekedar untuk bergaya atau untuk mendengarkan musik, namun juga untuk berkomunikasi dengan pilot dan bagian lainnya. Selain untuk berkoordinasi, penggunaan headphone ini juga untuk meredam suara kebisingan dari pesawat.

Atribut lain yang digunakan oleh juru parkir ini yakni menggunakan stik di tangannya. Alat tersebut untuk membantu pilot dalam mengarahkan keberadaan pesawat yang disetirnya sehingga dapat parkir dengan mudah dan tidak berpapasan dengan pesawat lain. Stik neon saat malam hari, bet (sepeti bet pimpong) saat siang hari.

Fakta-fakta di atas rasanya kurang lengkap bila kita tidak mengetahui gaji dari para juru parkir ini. Bila Anda pernah mengamati hasil yang didapat oleh juru parkir di pinggir jalan, mungkin Anda kaget dengan pendapatan mereka. Bayangkan, dalam beberapa menit saja sudah mendapatkan penarikan dari jasa parkir yang didapatkannya. Dalam sehari pastinya akan meraih banyak pendapatan.

Marshaller Wanita

Lantas, bagaimana dengan juru parkir pesawat ini? Melansir dari berbagai sumber, seorang juru parkir yang sudah profesional dan memiliki jam kerja yang tinggi biasanya mampu mendapatkan gaji lebih dari 70-100 juta per tahun. Bahkan ada juga juru parkir yang bisa mencapai lebih dari 400juta per tahun, bila bertugas di bandara yang besar/rame..

sponsor

Pendapatan tersebut tentunya sangat menggiurkan bagi banyak orang. Tak heran bila keberadaan dari juru parkir ini diminati oleh berbagai lapisan. Bila Anda tertarik untuk bergabung sebagai staf penerbangan ini, maka segera lengkapi persyaratan yang ada.

Meskipun gaji yang diterima oleh juru parkir ini sangat fantastis, namun sebenarnya sebanding dengan profesionalitasnya. Memarkirkan kendaraan seperti roda empat saja bukan hal yang gampang. Apalagi untuk memarkirkan transportasi yang jumbo seperti pesawat, Anda harus pandai dalam memberikan arahan kepada para pilot.

Apakah lulusan SMK bisa jadi tukang parkir pesawat?

Jika lansung maka jawabanya tidak bisa. Yang pertama, kamu wajib mengikuti training yang diadakan Kementerian Perhubungan atau Gapura Learning Centre. Tidak perlu memiliki kemampuan teknis karena akan dipelajari selama training. Nantinya lulusan kursus harus bersaing dengan sekolah penerbanngan.

Apakah wanita berhijab bisa jadi Marshaller ?

Bisa, selama tanda/gestur badan jelas dan hijab tidak mengganggu pergerakan tangan.
Yang utama bagi wanita adalah memiliki tinggi badan 157cm, tidak berkacamata, tidak buta warna dan hepatitis, usia maksimal 24tahun dan belum menikah.

kuliah

Apakah pekerjaan yang dipandang sebelah mata, namun sebenarnya bergaji besar?

Marshaller / Tukang parkir pesawat (4-8 juta /bulan)
Mekanik pesawat bagian maintenance (5-15 jt/bulan)
Mekanik alat berat di pertambangan (8-20juta/bulan)
Jasa sedot limbah (margin untungnya besar. Tarif jasa 600-700rb sedangkan biaya pengolahan 80rb)
Jasa pengambilan sampah (25rb per rumah dikali ratusan pelanggan )


Demikian informasi mengenai marshaller wanita, seorang juru parkir dalam dunia penerbangan. Salah satu pilihan profesi yang sangat bergengsi di bandara ini pastinya banyak diminati oleh masyarakat. Anda akan sering bertemu dengan para awak pesawat serta menyaksikan langsung penerbangan pesawat di bandara.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp
Tinggalkan komentar

Author / CEO

CEO DeckaRenasAzkayra Jihan S.Kom
An engineer who loves to write about anything especially education, movies and popular science.
Kontak: TwitTer | FaceBook | InstaGram