5 Tips Wawancara Kerja bagi Fresh Graduated yang Efektif !

Sedang nyari info tentang tips untuk wawancara kerja? Setelah menyelesaikan tahapan wisuda, seorang fresh graduated pasti memiliki berbagai pertanyaan kompleks mengenai tahapan-tahapan perekrutan karyawan. Sebagai seorang yang masih buta dengan dunia kerja, tentu harus ada banyak hal yang dipersiapkan.

Salah satu persiapan yang penting adalah wawancara. Tahapan ini biasanya dilakukan setelah seleksi administrasi dan dapat dilakukan dalam beberapa kali tahapan wawancara. Misalnya wawancara User atau manager, HRD, hingga jajaran direksi lainnya.

Anda yang masih awam dengan tahapan wawancara ini tentu harus benar-benar mencermati hal-hal penting yang harus dipersiapkan. Oleh karena itu, berikut kami sampaikan 5 tips wawancara kerja bagi fresh graduated.

Tips Wawancara Kerja bagi Fresh Graduated

Tips Wawancara Kerja / Job Interview secara Umum

Secara umum, yang harus Anda lakukan adalah benar-benar melakukan persiapan, baik dari segi penampilan, sikap, hingga gestur badan. Ketiga hal ini harus dipersiapkan secara matang sehingga akan memberi kesan profesional. Adapun rincian hal-hal yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • Penampilan yang Menarik

Berpenampilan menarik saat melakukan sesi wawancara adalah hal pertama yang perlu Anda ketahui dan persiapkan. Penampilan yang dimaksud tidaklah berarti harus mahal, namun pakaian yang rapi dan bersih tentunya sudah cukup. Dengan begitu, Anda akan terlihat lebih profesional.

Sponsored Link

Perhatikan juga potongan rambut supaya terlihat lebih baik. Bagi wanita yang berambut panjang, sebaiknya diikat supaya terlihat lebih rapi dan tidak merepotkan. Bila perlu, Anda dapat menggunakan wewangian (parfum) namun pastikan tidak berbau menyengat.

  • Sikap yang Tepat

Anda juga wajib memperhatikan sikap alias attitude yang tepat pada saat akan melakukan sesi interview. Sikap pertama, tentunya tidak datang terlambat. Akan lebih baik jika Anda sudah datang 15-30 menit sebelum wawancara dimulai.

Pada saat sesi wawancara berlangsung pun, sebaiknya Anda selalu menunjukkan sikap yang profesional. Misalnya jika pewawancara tersebut ternyata adalah teman Anda, maka sebaiknya Anda bersikap sewajarnya dan tidak terkesan sok akrab.

  • Memperhatikan Gestur Badan

Gestur atau bahasa tubuh adalah hal yang juga sangat penting bagi setiap calon karyawan. Bagi para fresh graduate, rasa gugup adalah hal yang wajar sehingga tidak jarang ada bahasa-bahasa tubuh yang tidak diperlukan seperti sikap tangan yang terlalu berlebihan. 

Sangat disarankan untuk duduk secara tegak, tidak menyilangkan kaki dan tangan, serta usahakan menatap mata pewawancara ketika ditanya. Sikap yang seperti ini tentunya akan memberikan kesan baik bagi Anda sendiri. Salah satu tips untuk wawancara kerja bagi fresh graduated, tariklah napas panjang sebelum masuk ke ruangan supaya mengurangi rasa gugup.

Tips Wawancara Kerja bagi Fresh Graduated

Tips Menjawab “Ceritakan tentang Diri Anda”

Pertanyaan yang satu ini sering kali menjadi pertanyaan jebakan bagi beberapa calon karyawan. Meskipun demikian, sebenarnya inti dari pertanyaan ini adalah HRD yang ingin melihat bagaimana Anda mendeskripsikan diri sendiri.

Deskripsi yang disampaikan ini akan menjadi kesan awal dari HRD terhadap diri Anda. Oleh karenanya, pastikan informasi yang disampaikan sesuai dan tepat sesuai dengan CV atau resume yang sudah Anda lampirkan.

Biasanya, para fresh graduate akan menjawab pertanyaan ini dengan perkenalan identitas diri saja, seperti nama, alamat, dan kampus atau almamater. Padahal, pada kesempatan ini Anda dapat menambahkan berbagai informasi penting lain yang related dengan pekerjaan yang dilamar.

Adapun contoh hal-hal yang dapat Anda sampaikan yakni pengalaman organisasi, magang, hingga kegiatan sukarelawan jika ada. Anda juga dapat menyampaikan berbagai pencapaian yang sudah didapatkan sedari bangku kuliah, hingga minat dan passion yang sesuai dengan bidang pekerjaan atau posisi yang Anda lamar di perusahaan tersebut.

Tips Wawancara Kerja bagi Fresh Graduated

Cara Menjawab Interview Kelebihan dan Kekurangan

Beberapa pelamar sering merasa kesulitan dan ragu untuk menjawab pertanyaan ini. Hal tersebut tidak lain karena memang untuk menilai diri sendiri sangatlah susah. Anda juga musti benar-benar menjawab pertanyaan tersebut dengan baik sehingga tidak terkesan mengurangi kualitas pribadi Anda sendiri.

Sponsored Link

Biasanya, pewawancara akan meminta Anda menyebutkan masing-masing tiga kelebihan dan kekurangan diri Anda. Jawaban yang disampaikan haruslah jujur dan hendaknya disesuaikan dengan posisi pada lamaran. Anda juga harus menyesuaikan jawaban dengan karakter yang sesungguhnya.

Contohnya, yaitu ketika tengah melamar posisi sebagai Customer Service. Kelebihan yang Anda perlu jelaskan misalnya kemampuan dalam berkomunikasi, cepat belajar dan dapat beradaptasi dengan baik, serta mampu bekerja dalam tim. Jangan lupa menjelaskan alasan atau contoh kejadian yang mendukung kelebihan Anda tersebut.

Untuk menjawab pertanyaan seputar kekurangan Anda, jawablah dengan jujur namun harus disertai dengan penyelesaian kekurangan tersebut. Dengan demikian, pihak pewawancara akan mengetahui bahwa Anda merupakan seseorang dengan problem solving yang baik. Bahkan, jawaban atas kekurangan tersebut juga dapat mencerminkan kelebihan Anda.

Sebagai contoh, apabila Anda menjabarkan bahwa kekurangan Anda adalah orang yang perfeksionis, maka berikan tambahan bahwa tujuannya adalah agar pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik.

Salah satu tips untuk wawancara kerja bagi fresh graduated, dapat pula ditambahkan kalau Anda selalu membuat to-do-list sehingga pekerjaan dapat terencana dengan baik.

Tips Wawancara Kerja bagi Fresh Graduated

Jawaban Interview Motivasi Kerja

Motivasi kerja berhubungan dengan alasan mengapa Anda melamar untuk posisi tertentu. Apabila mendapatkan pertanyaan ini, sudah semestinya dijawab dengan baik.

Terlebih bagi para fresh graduate, dapat dihubungkan dengan jurusan kuliah yang linier atau pernah memiliki pengalaman magang di posisi yang sama.

Selain itu, Anda juga dapat menyampaikan alasan lain seperti kemampuan dan kelebihan yang Anda miliki sangat sesuai dengan posisi yang tengah dilamar. Sangat disarankan untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan singkat, jelas, padat, serta tidak terkesan berlebihan.

Jawaban Interview “Kenapa Anda Ingin Bekerja disini”

Pertanyaan di atas sangat berhubungan dengan alasan mengapa Anda harus diterima di perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan. Meskipun Anda adalah seorang fresh graduate, usahakan jangan menjawab ingin membantu orang tua dan untuk mendapatkan gaji tinggi. Sebisa mungkin sampaikan kelebihan Anda dan kontribusi apa yang akan diberikan jika diterima.

Perlu berikan alasan juga kelebihan perusahaan tersebut sehingga Anda tertarik mendaftarkan diri. Hal ini tentunya perlu dibekali dengan riset yang mendalam mengenai perusahaan tersebut.

i k l a n

Sebagai contoh, visi dan misi perusahaan start-up A merupakan tempat yang cocok untuk mengembangkan passion Anda di bidang teknologi.

Apabila semua pertanyaan dari tim pewawancara sudah selesai diberikan, biasanya perekrut akan menanyakan apakah Anda sendiri juga memiliki pertanyaan yang ingin diajukan. Jangan buang kesempatan ini karena jika mengatakan “tidak”, maka hal ini menunjukkan ketidaktertarikan Anda terhadap perusahaan tersebut.

Tanyakanlah hal-hal yang cukup mendetail, seperti sistem kerja, tugas dan tanggung jawab, bahkan jika memungkinkan sistem penggajian. Dari pertanyaan yang diajukan, pihak pewawancara akan mengetahui bahwa Anda memang antusias dan menaruh perhatian terhadap perusahaan tersebut.

Bagaimana contoh CV yang disukai HRD?

Poin utamanya adalah it’s not for me, it’s for them. CV yang saya buat bukan untuk saya, tapi untuk dibaca HRD perusahaan. Jadi seharusnya selera/gaya menulis CV bukan mengikuti kemauan pelamar, tapi mengikuti selera pangsa pasar, dalam hal ini HRD.

1. Less is more. Ringkas Jelas Padat
2. Artsy. Menulis CV itu seni, perhatika jenis font, tata letak, warna.
3. Foto. Banyak yang salah mengartikan foto untuk CV itu harus formal/kaku, maksudnya foto dengan latar warna biru/merah
4. Bahasa yang komunikatif

Editor's Choices:

Demikian beberapa hal penting mengenai 5 tips wawancara kerja bagi fresh graduated. Bagaimana, tidak terlalu sulit bukan? Ada yang baru 1-3 kali interview sudah mendapat pekerjaa, ada juga yang puluhan kali interview baru diterima, intinya tetap semangat

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
alasan memilih jurusan farmasi
sekolah kedinasan di medan
Jurusan Kuliah untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar
sekolah ikatan dinas dengan gaji tertinggi
Prospek Kerja Budidaya Perairan
Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat