Apa Rencana Anda 5 Tahun ke Depan? Ini Tips Menjawabnya!

Salah satu pertanyaan yang akan diajukan oleh tim HRD saat wawancara kerja adalah apa rencana Anda 5 tahun ke depan. Pihak HRD atau personalia mempertanyakan hal ini untuk mencari tahu tentang rencana apa saja yang telah disiapkan oleh pihak pelamar kerja.

Para pelamar kerja harus persiapan untuk menjawab pertanyaan ini dengan baik, bijak dan benar. Untuk membantu Anda dalam mengetahui bagaimana cara menjawabnya dengan benar, di sini kami akan membagikan beberapa tipsnya.

5 Tips Menjawab Apa Rencana Anda 5 Tahun ke Depan

Setiap pertanyaan yang dipertanyakan saat wawancara kerja akan memiliki tujuannya masing-masing. Oleh karena itu, para pelamar kerja harus menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan jujur, jelas, dan tepat.

Apa Rencana Anda 5 Tahun ke Depan

Dari sekian banyak pertanyaan wawancara kerja yang ada, pertanyaan tentang rencana pelamar kerja selama 5 tahun ke depan adalah yang paling penting. Dengan mendengar jawaban dari para pelamar kerja terkait pertanyaan ini, HRD dapat mengetahui tingkat keseriusan mereka dalam membangun kariernya. Bahkan, HRD juga bisa menilai apakah pelamar kerja tersebut cocok dengan posisi kerja yang dibutuhkan itu atau tidak.

Karena pertanyaan ini akan menjadi salah satu aspek terpenting yang harus diperhatikan oleh pihak HRD, jadi Anda harus menjawabnya dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Kenali Tujuan dari Pertanyaan Tersebut

Ada beberapa tujuan yang ditetapkan oleh pihak HRD ketika mempertanyakan tentang hal ini kepada para pelamar kerja. Berikut adalah beberapa tujuan dari pertanyaan rencana pelamar kerja selama 5 tahun ke depan ini:

  • Menyesuaikan rencana yang dibangun pelamar kerja dengan visi serta misi perusahaan.
  • Menilai tingkat keseriusan pelamar kerja dalam membangun kariernya.
  • Menilai apakah pelamar kerja benar-benar cocok dengan posisi kerja yang sedang dibutuhkan tersebut.

Dengan mengetahui apa saja tujuan dari pertanyaan ini, Anda bisa lebih mudah untuk menjawabnya secara jelas. Maka dari itu, Anda juga perlu menyesuaikan jawaban Anda dengan beberapa tujuan yang ada di atas.

2. Jelaskan Sesuai Minat dan Posisi Anda

Setiap individu pasti memiliki minat yang berbeda-beda, sehingga mereka harus menjawab pertanyaan ini dengan menyesuaikannya ke minat serta posisi yang sedang dilamarnya tersebut. Biasanya, pihak HRD akan mempertimbangkan dan menilai apakah minat Anda tersebut sesuai dengan posisi kerja yang dilamar.

Jika minat yang Anda sebutkan sesuai dengan posisi kerja yang dilamar, maka peluang untuk Anda diterima bekerja di perusahaan tersebut semakin tinggi. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika ternyata minat yang Anda sebutkan tidak sesuai dengan posisi kerja yang dilamar, maka peluang untuk Anda diterima sangatlah kecil.

Maka dari itu, jawaban dari pertanyaan ini harus menunjukkan minat Anda yang sesuai dengan posisi kerja yang sedang dibutuhkan perusahaan tersebut. Dengan begitu, pihak HRD akan lebih mempertimbangkan kemampuan Anda.


jawaban interview Apa Rencana Anda 5 Tahun ke Depan

3. Bayangkan Apa yang Ingin Anda Kembangkan

Sebelum menjawab pertanyaan ini, Anda bisa membayangkan terlebih dahulu apa saja hal-hal yang ingin Anda kembangkan dari posisi kerja yang dilamar tersebut. Mulai dari skill, tujuan, dan hal-hal seperti ini lainnya bisa menjadi jawaban yang tepat. Selain itu, masukkan juga poin-poin penting lainnya ke dalam jawaban pertanyaan ini.

Dalam arti lainnya, Anda perlu menjelaskan secara rinci apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan begitu, HRD dapat lebih merasa yakin dengan kemampuan, keseriusan, serta tujuan yang ada dalam diri Anda. Sebab, pihak HRD jadi bisa tahu apakah mereka dapat memberikan layanan tersebut atau tidak.

4. Jangan Memberikan Jawaban yang Terlalu Ambisius

Terkadang karakter ambisius memang dibutuhkan dalam dunia kerja, tapi hal ini tidak membuat karakter tersebut selalu dibutuhkan dalam dunia kerja. Saat menjawab pertanyaan tentang rencana pelamar kerja selama 5 tahun ke depan ini, Anda tidak boleh memberikan jawaban yang terlalu ambisius.

Sebab, jawaban yang terlalu ambisius seperti ini akan membuat Anda terlihat seolah-olah bersedia untuk melakukan segala jenis pekerjaan apa pun itu. Bahkan, jawaban yang terlalu ambisius juga memiliki peluang yang sangat kecil untuk bisa menarik perhatian pihak HRD. Pastikan untuk menjawab pertanyaan ini dengan jawaban yang dapat menunjukkan kemampuan, keseriusan, serta usaha Anda secara singkat, padat, dan jelas.

5. Tunjukkan Motivasi Kerja yang Sesuai Posisi

Selain minat dan tujuan, pelamar kerja juga harus menunjukkan motivasi kerjanya dengan sebaik mungkin. Jadi, jawaban dari pertanyaan ini juga harus bisa menunjukkan motivasi kerja yang sesuai dengan posisi tersebut. Dengan begitu, pihak HRD dapat lebih mudah dalam mengetahui seberapa besar ambisi serta motivasi para pelamar kerjanya.


Sebagian besar HRD akan lebih memilih pelamar kerja yang memiliki motivasi besar untuk mengembangkan diri dalam posisi kerja tersebut. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan hal ini dengan sebaik mungkin.

Tips Wawancara Kerja bagi Fresh Graduated

2 Contoh Jawaban untuk Fresh Graduate dan yang Berpengalaman kerja

Umumnya, para pelamar kerja akan mencari contoh-contoh jawaban terkait pertanyaan ini terlebih dahulu sejak jauh-jauh hari. Dengan memahami contoh-contoh jawaban ini secara jelas, mereka bisa membuat jawaban sendiri yang sesuai dengan minat serta posisinya masing-masing.

Dalam hal ini, di sini kami tidak hanya memberikan informasi terkait beberapa tipsnya saja, tapi kami juga akan memberikan 2 contoh jawabannya untuk para fresh graduate maupun yang sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, yaitu:

1. Fresh Graduate

Sebagai seorang fresh graduate, Anda harus menunjukkan semangat, tujuan, dan motivasi yang lebih besar pada saat menjawab pertanyaan ini. Maka dari itu, Anda bisa menjadikan contoh di bawah ini sebagai referensi yang tepat, yaitu:

Salah satu tujuan saya melamar pekerjaan ini adalah karena reputasi perusahaan yang sangat baik dalam membantu perkembangan karier karyawannya, serta memberikan peluang kemajuan yang tinggi kepada setiap karyawannya.

Dalam lima tahun ke depan, saya ingin menghasilkan sistem dan aplikasi yang sempurna serta dapat bermanfaat bagi banyak orang. Oleh karena itu, saya tertarik dengan posisi uji perangkat lunak ini, karena fokus dari pekerjaan ini adalah jaminan kualitas serta dedikasi perangkat lunak.

2. Memiliki Pengalaman Kerja Sebelumnya

Meski sudah memiliki pengalaman kerja di bidang yang sama sebelumnya, tapi Anda tetap harus merangkai jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan ini. Berikut adalah contoh yang bisa Anda jadikan sebagai referensi terbaik:

Dalam 5 tahun ke depan, saya ingin menjadi pakar industri yang bisa membantu banyak pihak dalam mendapatkan ide bantuan serta strategi yang paling terbaik. Saya memiliki mentor dan manajer yang luar biasa hebat di pekerjaan sebelumnya. Jadi, saya ingin memberikan panduan dari orang-orang luar biasa tersebut, agar bisa mengambil peran kepemimpinan yang sama.

Editor Choices :

Itulah beberapa contoh jawaban dari pertanyaan apa rencana Anda 5 tahun ke depan yang sering muncul pada saat wawancara kerja. Pastikan untuk menjawab pertanyaan ini dengan baik, agar pihak HRD semakin yakin untuk menerima Anda sebagai salah satu karyawannya.

Komentar / Pertanyaan