5 Contoh Pertanyaan dan Jawaban Interview Dosen yang Tepat

Interview dosen merupakan sebuah wawancara yang dilakukan oleh peserta atau kandidat yang ingin melamar mengajar di suatu institusi. Tujuan dari interview ini ialah berupa pendekatan agar mengetahui kecakapan dan sejauh mana bisa mengajar di kelas pendidikan tertinggi.

Nah, bila kalian ingin mempersiapkan interview dosen, pastikan sudah memahami pertanyaan dan jawaban interview dosen yang nantinya akan diajukan. Dosen sendiri merupakan sebuah profesi yang memiliki prospek kerja begitu luas.

Sayangnya, persaingan menjadi dosen sangatlah ketat sehingga diperlukan seleksi yang begitu intens baik melalui tes tertulis maupun wawancara. Apabila ingin melamar menjadi seorang dosen di suatu perguruan tinggi, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pertanyaan dan jawaban interview dosen universitas

Daftar Contoh Pertanyaan dan Jawaban Interview Dosen

Inilah beberapa pertanyaan dan jawaban interview dosen yang mestinya kalian perhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan sesi wawancara:

Mengapa Anda Memutuskan untuk Menjadi Dosen

Dosen memang bukanlah profesi yang populer seperti guru sekolah dasar atau sekolah menengah, walau begitu tugas yang diemban oleh dosen sangatlah berat karena mereka harus siap secara mental, fisik, maupun pengetahuan terkait bidang yang akan mereka jalani.

Untuk mengetahui pendapat anda tentang alasan menjadi dosen, biasanya para pewawancara akan menanyakan terkait pertanyaan tersebut. Untuk menjawabnya, sedikit tips dari kami ialah cobalah untuk menjawab dengan jawaban yang berupa peran dan keikutsertaan kalian dalam perguruan tinggi tersebut.

Jawaban: “Saya memutuskan untuk menjadi dosen ialah karena saya memiliki pengetahuan dan pengalaman yang ingin dibagikan kepada adik-adik saya nantinya. Selain itu, dengan pengetahuan saya tersebut, saya harap bisa memberi bantuan bagi perkembangan kampus ini.”

Apa Gelar yang Kamu Miliki serta Apa Mata Kuliah yang Akan Kalian Ajar?

Beberapa perguruan tinggi memang ada yang tidak menerima dosen dengan lulusan Magister jika memang sedang tidak sangat dibutuhkan, mereka hanya membutuhkan gelar doktoral karena pengalaman dan pengetahuannya yang benar-benar terjamin.

Jika kalian menemui pertanyaan semacam ini, maka jawablah dengan jawaban yang jujur sesuai apa yang kalian pelajari. Nah, untuk mata kuliah yang akan diajar, pilihlah sesuai pengetahuan yang kalian miliki berdasarkan lulusan sebelumnya. Jika ingin mengambil jurusan lain, pastikan pilih yang memiliki catatan nilai akademiknya bagus serta tidak jauh dengan status lulusan kalian.

Jawaban: “Gelar yang saya miliki adalah doktor lulusan teknik manajemen. Karena itu, saya ingin mengajar di perguruan tinggi ini dengan mata kuliah teknik manajemen. Selain teknik manajemen, saya pun punya pengalaman di bagian akuntansi yang bisa jadi pertimbangan bagi Bp/Ibu untuk menerima  saya menjadi dosen di sini.”


cara menjadi aktuaris profesional gaji besar

Apakah Punya Pengalaman Mengajar Sebelumnya? Jika Punya, Coba Ceritakan!

Setiap calon dosen, umumnya akan menjalani micro teaching yakni sebuah tes yang dilakukan untuk melihat kemampuan para calon dosen terkait kemampuan mengajarnya. Nah, kalian bisa menjadikan kegiatan tersebut sebagai salah satu pengalaman mengajar.

Jika punya pengalaman lain seperti pernah mengajar di lingkungan masyarakat sekitar seperti mengajar di TPQ, menjadi asisten guru PPAUD, ataupun menjadi asisten dosen, maka kalian bisa menceritakan pengalaman tersebut secara detail.

Jawaban: “Sejak tahun 2020 saya menjadi asisten dosen di perguruan tinggi X. Namun, sebelum itu juga sudah punya pengalaman mengajar saat KKN di sekolah SMAN X serta di micro teaching”.

Bagaimana Cara Anda Menangani Mahasiswa yang Tidak Menurut?

Mahasiswa yang tidak menurut ialah mereka yang suka membolos kelas, hanya titip absen, dan bahkan sering membantah dan menjadikan dosen sebagai lelucon. Jika pertanyaan ini dilontarkan kepada kalian, maka kalian bisa menjawab dengan melakukan hal apa saja yang penting tidak mengandung unsur kekerasan.

Saran dari kami, jawablah dengan kata-kata yang mengikutsertakan aturan dari kampus. Jadi, kalian akan dipandang sebagai seorang dosen yang bertindak sendiri di luar aturan kampus tersebut.


Jawaban: “Untuk menangani mahasiswa yang nakal dan tidak menurut, saya cenderung untuk memperingatinya baik dengan paksaan atau sebaliknya. Namun, jika mereka tidak menengarkna, maka saya akan menindaknya sesuai aturan yang ditetapkan oleh pihak kampus.”

pertanyaan wawancara beasiswa

Apakah Anda Merasa Keberatan Jika Menjadi Dosen Magang Di Sini?

Menjadi dosen magang tentu sudah menjadi hal umum yang diketahui oleh calon dosen. Sama seperti halnya guru, menjadi dosen di perguruan tinggi negeri bisa membutuhkan waktu yang sangat lama untuk diangkat. Bahkan, bisa sampai puluhan tahun.

Sementara di perguruan tinggi swasta, umumnya membutuhkan waktu yang lebih sedikit yakni tidak sampai 1 tahun. Jadi, untuk menjawab pertanyaan ini maka kalian harus menjawab bahwa kalian tidak keberatan.

Jawaban: “Saya sama sekali tidak keberatan menjadi seorang dosen magang. Selama saya bisa berkontribusi terhadap kampus ini dan mendapatkan pengalaman yang berharga dengan saling bertukar pikiran dengan dosen lain maka saya tidak merasa keberatan sama sekali”.

Editor Choices :

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan seputar pertanyaan dan jawaban interview dosen. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel yang akan datang!

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom S.pd, An engineer who loves to write about anything especially about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. Learn something new and pretty good in digital literacy.
Kontak: TwitTer | FaceBook | InstaGram