9 Pertanyaan Wawancara Beasiswa yang Wajib Kamu Simak

Siapa yang nggak ingin sekolah gratis, apalagi untuk jenjang yang tinggi seperti sekolah sarjana, magister atau doktor. Untuk bisa mendapatkan biaya sekolah gratis, banyak orang kemudian mencari beasiswa.

Bagi kamu yang berencana ingin cari beasiswa, berikut ini adalah 9 pertanyaan wawancara beasiswa yang wajib kamu tahu dan jawabannya sebagai persiapan.

Pertanyaan wawancara beasiswa 1 : pertanyaan seputar diri kamu

Pertanyaan pertama yang biasanya muncul dalam wawancara beasiswa adalah pertanyaan mengenai diri kamu. Pertanyaan ini sesungguhnya tujuannya bukan untuk tanya mengenai identitas kamu.

Mereka yang mewawancarai kamu pasti tahu siapa kamu di atas kertas, semua data sudah mereka pegang, tapi pewawancara ingin benar-benar tahu siapakah kamu sebenarnya.

Pertanyaan Wawancara Beasiswa

Mereka ingin menilai bagaimana kamu menjelaskan diri kamu dan apa yang membuat kamu benar-benar menarik.

Sponsored Link

Kamu nggak perlu merencanakan mengenai apa yang ingin kamu sampaikan. Karena pertanyaan ini sangat luas, maka kamu bisa menjawabnya dengan hal general terlebih dahulu lalu kemudian menjelaskan dengan lebih.

Jika sempat, kamu juga harus memberikan informasi mengenai skill yang kamu miliki. Contohnya kamu bisa jelaskan siapa kamu, tujuan jangka panjang dan pendek kamu, goal kamu, value yang kamu miliki dan personal yang mendukung karier kamu ke depan.

Pertanyaan 2 : mengenai kelebihan utama dan kekurangan kamu

Kelebihan dan kekurangan adalah hal yang akan selalu ditanyakan dalam setiap wawancara. Mungkin pewawancara kamu nggak akan menanyakan secara lugas mengenai pertanyaan ini, tapi kamu wajib tahu kapan pewawancara mengarahkan kamu untuk menyebutkan kelebihan dan kekurangan kamu.

Lalu bagaimana menjawab pertanyaan ini. Untuk menjawab mengenai kelebihan, pastikan kamu tahu value apa yang dibutuhkan dalam ilmu yang ingin kamu dalami.

Misalnya ketika kamu ingin masuk ke jurusan perfilman, maka kekuatan utama kamu adalah kreativitas. Tunjukkan pencapaian aplikasi saja yang kami miliki saat kamu berusaha mengejar mimpi kamu.

Lalu bagaimana dengan kekurangan? Untuk menjawab kekurangan, kamu juga harus berikan solusi atau usaha apa yang kamu lakukan untuk mengatasi kekurangan kamu ini. Pastikan untuk memilih kekurangan yang nggak fatal yang bisa menggagalkan beasiswa kamu.

pertanyaan wawancara beasiswa

Pertanyaan 3 : apakah kamu pantas mendapatkan beasiswa tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan ini kamu harus yakin terlebih dahulu bahwa kamu yakin pantas mendapatkan beasiswa tersebut. Lalu untuk menjawabnya utarakan mengenai motivasi kamu untuk masuk ke jurusan tersebut dan mengapa kamu adalah orang paling tepat untuk mendapatkan beasiswa ini.

Misal kamu ingin masuk ke jurusan kedokteran, kamu bisa jelaskan apa motivasi kamu untuk menjadi dokter. jangan muluk-muluk, simpel tapi bermakna.

Pastikan juga apa yang kamu rencanakan untuk berkontribusi dalam dunia kedokteran dan juga mengenai pencapaian kamu dalam hal kemanusiaan. Hal ini akan membantu kamu untuk mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Pertanyaan wawancara beasiswa 4 : apa tujuan karier kamu?

Tujuan karier ini bukan untuk bekerja di perusahaan x. Tapi pastikan kamu mencari jawaban yang lebih memiliki nilai. Misalnya kamu ingin mencari beasiswa untuk jurusan kedokteran, jangan jawab kamu ingin bekerja menjadi dokter.

Sponsored Link

Tapi jawablah apa tujuan akhir kamu sebagai dokter, apakah kamu ingin membuka klinik gratis, ingin melakukan penelitian mengenai salah satu bidang atau hal-hal lain yang memiliki nilai bagi jurusan dan bidang yang ingin kamu tempuh nantinya.

pertanyaan wawancara beasiswa

Pertanyaan 5 : siapa role model kamu?

Role model nggak selalu orang yang terbaik di bidang yang ingin kamu geluti, tapi bisa juga orang-orang yang memiliki prinsip yang baik dan inspiratif.

Kamu bisa pilih orang-orang yang memiliki filosofi kehidupan yang bisa dicontoh atau orang-orang yang memiliki pengaruh di bidang yang ingin kamu tuju.

Memiliki role model artinya kamu punya panutan. Nah, seseorang yang memiliki panutan biasanya memiliki visi dibandingkan mereka yang nggak memiliki bayangan siapa yang ia contoh.

Selain itu, siapa orang yang kamu gunakan sebagai panutan juga bisa membangun image kamu. Contohnya ketika kamu memilih Lady Gaga sebagai role model kamu, pewawancara bisa prediksikan kamu orang yang unik dan berani mengambil langkah.

Pertanyaan Wawancara Beasiswa 6 : kesalahan terbesar yang pernah kamu buat

Tujuan pertanyaan ini adalah untuk mengetahui apakah kamu sadar dengan kekurangan kamu karena pada dasarnya nggak ada manusia yang nggak memiliki kekurangan.

Selain itu pewawancara juga ingin tahu apa yang kamu pelajari dari kesalah yang sudah kamu buat tersebut untuk tahu apakah kamu memiliki kemampuan untuk belajar dari kesalahan.

Pertanyaan 7 : mengapa kamu memilih sekolah ini?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang cukup menjebak. Banyak orang yang kesulitan menjawab pertanyaan ini karena mereka hanya memilih sekolah secara random.

Lalu gimana caranya jawab pertanyaan ini? Kamu bisa jawab karena prestasi sekolah, karena prestasi program atau lebih baik jika kamu kenal seseorang yang sekolah di tempat tersebut dan memberikan kesan yang positif.

Tips Wawancara Kerja bagi Fresh Graduated

Pertanyaan 8 : apakah kamu terlihat aktivitas?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang digunakan untuk membantu kamu menjelaskan soft skill yang kamu miliki. Terlibat dengan kegiatan non akademik bisa memberikan penjelasan bahwa kamu adalah orang yang terhubung dengan orang lain.

i k l a n

Pertanyaan Wawancara beasiswa 9 : pertanyaan mengenai pencapaian terbaik

Jawab mengenai pencapaian yang terbaik uang membuat kamu bahagia dan bangga. Pencapaian yang terbaik untuk wawancara pekerjaan sesungguhnya adalah pencapaian prestasi.

Akan tetapi jika kamu punya pencapaian yang lebih dari itu, misalnya kamu punya sifat yang buruk dan berhasil mengubahnya, maka ini bisa jadi pencapaian yang terbaik untuk kamu. Akan lebih baik jika pencapaian ini berhubungan dengan etika dalam dunia yang akan kamu geluti.

Setiap pertanyaan wawancara beasiswa memiliki makna masing-masing. Untuk menjawab dengan baik, kamu sebetulnya nggak perlu persiapan, kamu hanya perlu kenali diri kamu dengan baik dan buktikan bahwa kamu adalah orang terbaik untuk mendapatkan apa yang mereka tawarkan.

Jawaban yang paling baik adalah jawaban yang berasal dari dasar hati kamu. Dengan tahu pertanyaan di atas, kamu bisa lebih paham bahwa kamu harus kenal diri kamu dulu untuk bisa membuat diri kamu lebih menarik dari peserta yang lainnya. 

Bagaimana pengalamanmu saat wawancara beasiswa?

Seumur hidup, dari puluhan kali saya daftar beasiswa baru 3 kali lolos sampai tahap wawancara. Sisanya selalu kandas di tengah jalan, baik itu dari seleksi berkas ataupun seleksi ujian tertulis.
Itu membuat momen ujian wawancara itu serasa kesempatan yang tidak boleh dilewatkan dengan sembarangan. Ini berlaku bahkan bagi yang sering mencoba peruntungan hidup di beasiswa.

Untuk kamu yang akan wawancara beasiswa, jadilah diri kamu sendiri. Simak dan respon semua pertanyaan dan perkataan HRD dengan antusias. Jadilah orang yang unik, tidak ada duanya di dunia. Dan orang itu adalah kamu.

Setelah berusaha, sisanya lempar jauh-jauh dan serahkan kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Berdoalah, dan biarkan semesta bekerja untukmu. Kalau khususnya, coba deh minta doa restu orang tua. Insyaallah doa orangtua itu mujarab minta ampun.

Editor's Choices:

Apa respon terbaik “Apakah kamu punya pertanyaan untuk kami?” di akhir sesi ?

Ajukan pertanyaan yang “susah”—yang kamu benar-benar tidak bisa temukan di situs kampus/jurusan tujuan kamu, di liputan media—yang hanya bisa kamu temukan ketika bertanya langsung dengan pegawai/senior kampus tersebut. Bukan cuma asal “susah”, namun relevan dan menunjukkan rasa ketertarikan kamu yang besar.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
prospek kerja kimia murni
Perbedaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi
Prospek Kerja Teknik Geofisika
Prospek Kerja Budidaya Perairan
alasan memilih jurusan hukum
Mata Kuliah Jurusan Ilmu Gizi