11 Jurusan S2 yang Paling dibutuhkan Saat Ini

Setelah berhasil menyelesaikan jenjang pendidikan S1, lalu apa yang ada di benak kamu? Apakah ingin melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, yaitu S2 atau langsung memasuki dunia kerja? Untuk bisa meneruskan pendidikan magister atau S2 pastinya kamu harus menentukan jurusan terlebih dahulu.

Inilah Beberapa Jurusan S2 yang Paling Dibutuhkan Saat Ini

Supaya menemukan jurusan yang tepat pastinya harus melihat dahulu profesi apa yang memang dibutuhkan untuk saat ini. Alasannya karena banyaknya pilihan jurusan yang ditawarkan. Pastikan kamu tidak salah menentukan jurusan S2.

Jurusan S2 yang Paling dibutuhkan Saat Ini

Agar kamu tidak merasa bingung ketika dituntut untuk menentukan jurusan S2 yang paling dibutuhkan saat ini, berikut ini daftar jurusan yang bisa dijadikan bahan pertimbangannya, diantaranya:

  • Magister Arsitektur

Magister arsitektur menjadi jurusan S2 yang paling tepat untuk Kamu tempuh saat ini. Mengingat bahwa pesatnya sektor pembangunan yang. Ada baik itu di dalam negeri ataupun di luar negeri.

Kebutuhan akan ahli arsitektur juga mengalami peningkatan. Ahli arsitektur bertugas untuk merancang proyek-proyek pembangunan. Oleh karena itu sangat dibutuhkan ilmu yang benar-benar dipahami dengan baik.

Salah satunya yaitu berasal dari jurusan magister arsitektur. Ada banyak sekali universitas yang bisa kamu tempuh dengan jurusan ini.

  • Magister Ilmu Komputer

Jurusan S2 yang paling dibutuhkan saat ini yaitu magister ilmu komputer. Alasannya karena untuk saat ini hampir semua aspek kehidupan para masyarakat dapat dilakukan menggunakan sistem komputer.

Hal inilah yang menjadikan banyak universitas menyediakan ilmu kuliah jurusan komputer. Semakin gaya hidup modern dan canggih, maka dibutuhkan para ahli di dalam bidang komputer.

Terlebih lagi menjadi lulusan magister ilmu komputer berpeluang banyak untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Sebagai magister ilmu komputer juga mempunyai kesempatan yang tinggi dalam melakukan berbagai jenis inovasi.

Terutama pada bidang komputer, Bagaimana? Menarik bukan?

  • Magister Desain

Perkembangan dalam dunia desain terus-menerus mengalami peningkatan dan berkembang dengan pesat. Hampir semua perusahaan membutuhkan desain.

Baik itu membuat kartu nama, desain, logo, desain perusahaan, ataupun yang lainnya. Untuk itu banyak sekali perusahaan yang mencari seseorang ahli dalam mendesain.

Meskipun menjadi ahli desain tidak harus mempunyai embel-embel magister, akan tetapi akan lebih meyakinkan lagi jika kamu adalah lulusan dari magister desain.

Peluang dunia kerja dan dunia bisnis terbuka lebar bagi para masyarakat yang ahli dalam mendesain. Sehingga jangan sia-siakan kesempatan untuk bisa kuliah di jurusan desain.

Terlebih lagi banyaknya beasiswa yang bisa diperoleh. Untuk cara mendapatkan beasiswa S2 setiap universitas menetapkan cara yang berbeda.

  • Magister Bioteknologi

Ada banyak ilmu yang bisa dipelajari ketika kuliah dengan jurusan bioteknologi. Ilmu yang sering dipelajari dalam jurusan S2 bioteknologi yaitu perihal pemanfaatan makhluk hidup.

Misalnya seperti virus maupun bakteri beserta produknya. Produk tersebut seperti alkohol dan enzim yang dimanfaatkan dalam berbagai jenis teknologi.

  • Magister Sains

Ternyata jurusan magister sains tidak hanya ada satu jenis saja. Melainkan terdapat beberapa pilihan magister sains yang memang sangat dibutuhkan saat ini.

Misalnya seperti magister sains untuk sistem energi terbarukan, penggunaan energi dan efisiensi, sistem energi berkelanjutan dan prosesnya, serta magister sains manajemen lingkungan.

  • Magister Engineering

Perusahaan sangat membutuhkan magister engineering yang ahli dalam bidangnya. Tidak hanya perusahaan besar saja, akan tetapi beberapa perusahaan infrastruktur, perusahaan startup, perusahaan robotik, maupun perusahaan yang lainnya juga membutuhkannya.

Di tahun 2020, jurusan engineering memang menjadi gelar pascasarjana yang paling populer. Terlebih lagi di dalam dunia kerja ternyata permintaan engineering graduate atau Insinyur profesional mengalami peningkatan pada setiap tahunnya.

Bagaimana tidak? Berbagai jurusan teknik memang selalu lekat dengan perusahaan maupun start-up dan industri. Misalnya saja seperti infrastruktur, manufaktur, mesin efisiensi, sistem manajemen industri, robotik, telekomunikasi, bahkan sampai energi.

Untuk semuanya pasti mempunyai keterkaitan dengan engineering atau teknik. Hampir semua universitas yang ada di dunia menawarkan berbagai pilihan spesialisasi pada bidang-bidang Engineering.

advertisement

Untuk itu kamu mempunyai banyak pilihan ketika ingin melanjutkan pasca sarjana bidang mechanical engineering, biomedical engineering, electrical engineering, maupun spesialisasi teknik yang lainnya.

Pihak perusahaan akan mencari calon pekerja yang mempunyai kemampuan mumpuni. Nah disinilah kamu bisa menggali semua wawasan dan skill yang memang bisa kamu dapatkan melalui kuliah S2.

Pastinya, ilmu yang kamu peroleh tersebut sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Bagaimana? Masih minatkah menjadi magister engineering?

  • Hospitality

Jurusan S2 hospitality juga masuk sebagai jurusan yang sangat dibutuhkan saat ini. Alasannya  karena prospek karirnya yang bagus dan sangat menjanjikan.

Hospitality menjadi bagian gaya hidup hampir semua orang karena cakupannya pun juga sangat luas. hospitality tidak hanya pada jurusan travel saja.

Akan tetapi juga mencakup jurusan perhotelan, event, culinary, dan tourism. Apabila kamu sudah berpengalaman bekerja pada bidang pariwisata dan tertarik dengan bidang ini maka dapat mempersiapkan gelar master pada bidang perhotelan maupun pariwisata.

  • Magister Healthcare

Jurusan S2 yang paling dibutuhkan saat ini juga bisa kamu temukan pada bidang kedokteran maupun kesehatan. Terlebih lagi saat virus covid-19 menyerang dari tahun 2019 hingga 2020 ini.

Hal inilah yang membuat tenaga kesehatan merasa kewalahan karena jumlah pasien covid-19 yang terus-menerus mengalami peningkatan. Sepertinya kamu wajib mengambil jurusan health-care ini atau bidang kedokteran dan kesehatan.

Pekerjaan ini sangat mulia karena bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Pastinya hal ini mampu memberikan kebanggaan tersendiri karena bisa membantu orang lain yang sakit.

  • Bidang Perpajakan

Bergelar sebagai magister perpajakan pastinya hal ini membuat kebanggaan tersendiri bagi diri kamu. Ditambah lagi dengan bidang perpajakan ini dibutuhkan untuk saat ini dan seterusnya.

Kamu bisa memilih beberapa jurusan untuk kuliah S2 seperti jurusan Master of science di dalam perpajakan atau MS-TAX. Selain itu kamu juga bisa mengambil gelar master eksekutif di dalam konsultasi pajak.

  • Bahasa Inggris

Sejak tahun 2016 Indonesia telah memberlakukan MEA. Sehingga peluang semakin terbuka bagi siapapun yang ingin berkarir di negara yang sudah menjadi anggota MEA.

Akan tetapi untuk syarat mutlaknya yaitu harus menguasai bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Ternyata lulusan jurusan bahasa Inggris memang sangat dibutuhkan di berbagai lembaga.

Baik itu lembaga pendidikan swasta ataupun negeri. Selain itu banyak sekali peluang pekerjaan dan bisnis bagi magister bahasa Inggris. Seperti menjadi guru privat, dosen, guru kursus bahasa Inggris, penerjemah, tour guide, ataupun yang lainnya.

  • Magister Bisnis

Di dalam prinsip perekonomian memang tidak akan terlepas dari yang namanya kehidupan sehari-hari. Dengan belajar bisnis maka penerapan keduanya bisa dijadikan sebagai senjata.

Bisnis dn ekonomi dibutuhkan hingga kapanpun pada setiap aspek maupun industri tanpa ada pengecualian. Oleh karena itu bisnis menjadi bidang yang yang terus mengalami peningkatan dan dibutuhkan hingga detik ini.

Kamu bisa memperdalam ilmu bisnis dengan melanjutkan pendidikan ke tahap S2. Bisnis menjadi jurusan S2 yang paling dibutuhkan saat ini.

Untuk jurusan magister bisnis yaitu seperti risk management, marketing supply, chain and Logistics, bahkan sampai digital ekonomi. Jika bingung dalam menentukan pilihan, sesuaikan rencana fokus karir maupun kebutuhan untuk kedepannya.

Bagaimana ekspektasi vs realita mnejalani kuliah S2?

Kamu bakal banyak ketemu orang-orang yang jauh lebih dewasa daripada anak-anak S1. Dan banyak juga yang sudah bekerja/berkeluarga.

Tingkat kesulitan jelas naik jauh. Dalam satu kelas jumlah mahasiswanya lebih sedikit untuk kelas lanjut. Dan setiap mata kuliah lanjut selalu ada presentasi terhadap tugas yang diberikan.

Beda model dengan S1 yang berkelompok banyak dan malu-malu saat melakukan presentasi. Kebanyakan mahasiswa S2 sudah terbiasa berbicara di depan sendirian.

Kalau mahasiswanya cukup banyak yaitu diatas 12 mahasiwa dalam satu mata kuliah tersebut maka akan dibuat jadi kelompok beranggotakan 2 orang.

Apakah bermasalah jika jursan kuliah S1 dan S2 tidak linier?

Ya pasti menimbulkan masalah. Ke diri sendiri juga jadi harus belajar lebih banyak, ke almamater juga jadi mempengaruhi akreditasi, ke pekerjaan juga mungkin akan berpengaruh ke kredit pencapaian karir (kecuali kuliah lagi karena tuntutan pekerjaan).

Apa yang harus dipersiapkan untuk kuliah s2?

Tujuan untuk kuliah S2 apakah untuk menjadi Dosen/menambah ilmu/menambah gelar dan sebagainya. Jika tidak mempunyai tujuan yang jelas nantinya akan kesulitan selama mengikuti perkuliahan.
Jurusan dan universitas yang akan dipilih. Sebelum kuliah S2 kamu sudah benar-benar matang memilih jurusan tersebut dan akan kerja sebagai apa nantinya.
Biaya. Jika kuliah S2 dengan biaya sendiri, persiapkan semua biaya yang dikeluarkan selama kuliah S2 karena biaya kuliah S2 bisa 2 sampai 3 kali lipat dari biaya S1 dan biaya lainnya seperti biaya beli buku, publikasi jurnal, dan biaya lainnya.
Persiapkan judul tesis dari awal. Ada beberapa Universitas salah satu syarat masuknya harus menyiapkan proposal penelitiannya tapi walaupun universitas tidak mengharuskan tetap harus dipersiapkan karena biasanya bimbingan mahasiswa S2 lebih cepat akhir semester 1 atau awal semester 2.

Sebagai seorang wanita, pilih melanjutkan kuliah S2 atau menikah?

Jika memilih mana yang lebih dulu harus dilakukan, saran saya pilih saja kuliah S2 dulu. Toh dengan memberi pilihan artinya Anda dan pasangan belum benar-benar siap menikah. Menikah itu bukan penghalang untuk maju. Salah pilih pasangan, itu baru yang akan jadi penghalang kemajuan.

Ingin lanjut S2 tapi terkendala biaya, apa solusinya?

Sekarang beasiswa untuk S2 sangat banyak ragam pilihannya, lebih banyak daripada beasiswa S1. Beda dengan jaman dulu yang masih terbatas.
Carilah informasi sebanyak-banyaknya. Misalkan LPDP untuk dalam negeri dan luar negeri dari kemenkeu, beasiswa MEXT/Monbukagakusho dari Jepang, atau DAAD dari Jerman.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest