Baca ▹ 5 menit

Jurusan Kuliah untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar

Jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar matematika memang harus dipikirkan dengan baik, jangan sampai salah memilih jurusan. Jika kamu sudah masuk dan memilih ke jurusan yang banyak menggunakan logika matematis, tentunya akan sangat membosankan atau lebih buruknya akan merasa tertekan sehingga tidak bersemangat saat menjalani kuliah.

Meski kamu dari jurusan sosial (IPS), jangan sembarangan juga dalam memilih jurusan. Misalnya saja jurusan akuntansi yang merupakan jurusan IPS akan sangat berhubungan dengan hitung-menghitung. Maka dari itu yuk simak artikel berikut ini agar kamu tidak salah memilih jurusan.

Alternatif Jurusan Kuliah untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar Matematika yang Populer

Matematika adalah sebuah cabang ilmu yang membutuhkan analitis, ketepatan berpikir, ketelitian tinggi dalam menyelesaikan permasalahan. Dalam bahasa awamnya matematika seringkali dikaitkan dengan angka dan menghitung.

Jurusan Kuliah untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar

Logika analitis, hubungan sebab akibat, dan ilmu lain yang berhubungan juga merupakan bagian dari matematika. Untuk dapat mengurangi beban dalam mempelajari ilmu matematika, maka ada beberapa jurusan yang dapat dipilih yaitu:

  • Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan ini biasanya mempelajari tentang ilmu mengkomunikasikan suatu gagasan kepada orang lain. Misalnya saja melalui media cetak dan media sosial, publikasi, komunikasi interkultural, hingga seni. Cabang ilmu ini memang erat hubungannya dalam interaksi sesama manusia. Kamu juga tidak ingin kan, kuliah di jurusan komunikasi tapi tidak mampu berkomunikasi dengan baik.

Beberapa keuntungan kuliah di jurusan ini adalah jurusan ini selalu dibutuhkan baik dalam perusahaan besar maupun kecil. Perusahaan biasanya butuh seorang public relation untuk mempromosikan atau membuat konsep branding tentang produk mereka. Kamu juga akan mengasah kemampuan menulis dan berbicara bahkan bisa merambah ke desain dan fotografi.

advertisement

Prospek kerja seorang jurusan komunikasi lebih banyak di dunia pertelevisian atau media elektronik, media cetak seperti koran, radio, dan juga perusahaan swasta.

  • Jurusan Ilmu Hukum

Nah buat kamu yang ingin menjadi seorang penegak hukum dapat memilih jurusan ini lho. Ilmu hukum mempelajari tentang praktik-praktik hukum yang berlaku di suatu negara yang ada kaitannya dengan ketatanegaraan ataupun bisnis. Berbagai konsentrasi ilmu di dalamnya seperti hukum pidana, hukum perdata, hukum tata negara, hukum dagang, dan yang lainnya.

Seorang yang mengambil kuliah hukum akan banyak menghapal dan memahami pasal-pasal dalam peraturan perundangan. Maka dari itu kemampuan analitis dan mengingat kamu harus cukup kuat untuk dapat menjadi ahli hukum yang baik.

Prospek kerja dari jurusan ini seperti menjadi pengacara (advokat), notaris, jaksa, diplomat, politisi, dan masih banyak pilihan karier lainnya.

  • Jurusan Desain

Sekarang ini, jurusan desain mulai banyak peminatnya karena berbagai jenis desain mulai dihargai di masyarakat. Jurusan ini juga sangat cocok untuk kamu yang berjiwa seni tinggi. Beberapa alternatif pilihan jurusan desain seperti desain grafis dan komunikasi visual, desain mode, desain interior, desain produk, dan masih banyak cabang ilmu yang lainnya.

Seorang desainer akan memiliki intuisi untuk berpikir kreatif dan selalu mengasah kemampuannya melalui ide yang tertuang dalam karya. Seorang desainer akan sangat berhubungan dengan trend yang berlaku saat itu sehingga mereka dapat dikatakan selalu up to date.

ads

Prospek kerja dari jurusan ini kebanyakan sebagai wirausahawan di bidang ilmu kreatif misalnya fashion designer, interior designer, graphic designer, dan lain sebagainya. Akan tetapi sebelum membuka konsep usaha sendiri, kamu juga dapat menimba ilmu di perusahaan desain kenamaan untuk paham cara berbisnis.

  • Jurusan Hubungan Internasional

Sering disingkat dengan HI, jurusan ini juga banyak peminatnya terutama kamu yang ingin bekerja sebagai diplomat. Yang banyak dipelajari pada jurusan HI ialah melihat isu politik, keamanan, lingkungan, kemiskinan, dan seluruh sendi kehidupan untuk dapat menjalin kerjasama yang baik antar negara.

Biasanya kemampuan yang patut dimiliki seorang denga jurusan HI adalah kemampuan analitis untuk melihat suatu masalah. Selain itu juga diperlukan kemampuan bahasa asing yang mumpuni untuk dapat menjadi negosiator dalam hubungan antar negara.

Prospek kerja yang dapat dipilih yaitu sebagai diplomat, bergabung dengan organisasi dunia seperti PBB, perusahaan multinasional, dan juga industri media.

Jurusan Kuliah untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar

Beberapa Pilihan Jurusan Sosial Lainnya

  • Jurusan Bahasa dan Sastra

Bahasa dan sastra merupakan salah satu jurusan yang saat ini kurang banyak peminatnya. Beberapa cabang jurusan bahasa seperti bahasa Inggris, Jerman, Belanda, Prancis, dan berbagai bahasa lainnya.

Orang yang kuliah di jurusan bahasa biasanya menikmati interaksi dalam menggunakan bahasa satu sama lain, menyukai karya sastra seperti puisi, novel, dan lain sebagainya. Mereka juga biasanya banyak bekerja di bidang tulis menulis, editor novel, jurnalistik, penerjemah, dan lain sebagainya.

advertisement
  • Jurusan Filsafat

Ilmu filsafat merupakan induk dari segala ilmu. Maka dari itu di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang pandangan akan suatu permasalahan di dunia. Berbagai ahli fisikawan, matematikawan, dan yang lainnya banyak lahir dari seorang filsuf besar pada jamannya.

Prospek kerja dari jurusan ini ialah pengajar, penulis buku, aktivis, industri media, dan yang lainnya.

  • Jurusan Sejarah

Mempelajari sejarah merupakan suatu hal yang sangat direkomendasikan untuk kamu. Jurusan ini akan mempelajari sejarah masa lampau dan hubungannya dengan masa kini. Jurusan ini akan sangat menarik untuk kamu yang menyukai sesuatu yang berbeda dari orang kebanyakan.

Biasanya seorang lulusan sejarah akan mempunyai wawasan yang luas dan analisis yang tajam. Mereka bicara berdasarkan evaluasi dari berbagai sumber peristiwa sejarah yang pernah terjadi.  Prospek kerja di bidang ini dapat menjadi jurnalis, reporter, pustakawan, penyiar, dosen, pemandu wisata, dan masih banyak yang lainnya.

Jurusan Kuliah untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar
  • Jurusan Antropologi

Antropologi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang manusia. Segala aspek yang berkaitan seperti budaya, bahasa, agama, hak asasi manusia, dan yang lainnya dipelajari oleh kamu yang memilih jurusan antropologi.

Seorang antropolog biasanya memiliki pemahaman yang luas akan toleransi dan keberagaman, dinamika sosial budaya lokal regional dan global. Beberapa peluang kerja jurusan ini adalah bergabung dengan organisasi asing di bidang kebudayaan, menjadi peneliti budaya dan sosial kemasyarakatan, kurator, pustakawan, dan lain sebagainya.

ads
  • Jurusan Sosiologi

Merupakan ilmu yang membahas perilaku sosial antar masyarakat. Biasanya orang jurusan sosiologi sudah memiliki intuisi dan terlatih dalam bergerak di masyarakat. Mereka mudah beradaptasi dengan lingProspek kerja jurusan ini biasanya dapat menjadi seorang community organizer di lembaga swadaya masyarakat (LSM), bekerja di perusahaan dalam divisi corporate social responsibility (CSR) jika ingin lebih dekat dengan masyarakat dan komunitas.
Baca juga: Jurusan Kuliah yang Santai

kuliah

Jurusan kuliah apa yang paling susah?

Gampang atau susahnya jurusan tergantung passionmu, Tidak bisa dipukul rata. Setiap orang punya minat dan bakatnya masing-masing, sekalipun jurusan itu mudah untuk kebanyakan orang belum tentu mudah untuk kita jika memang passion kita bukan di bidang tersebut, begitu pula sebaliknya

Fakultas teknik identik kata pusing, jurusan apa yang paling susah?

Jika harus memilih, maka saya jawab teknik sipil. Meskipun sebenarnya teknik informatika atau teknik mesin dll juga tidak kalah susah untuk mendapat IP bagus, ataupun sekdar nilai C.

Teknik sipil emiliki standar tinggi untuk meluluskan mahasiswa, karena dalam kerja dibebani resiko yang besar. Merancang bangunan sipil harus dengan analisa yang tepa. Ada pepatah yang sering diucapkan dosen teknik sipil, “Kalian berdiri di antara dua kaki, yaitu surga dan neraka”. Jika berhasil berkarya, pahalanya bukan main. Begitu juga kalau salah menghitung, berdosa karena menelan banyak korban.

Apakah kuliah itu sulit? Kenapa ada yang selesai kuliah >14 semester?

Ada beberapa alasan kenapa mahasiswa yang telat lulus, terkadang berakhir sampai DO (Drop Out = Dikeluarkan),
1. Merasa salah jurusan tidak sesuai passion/minat
2. Kebanyakan pacaran / nongkrong sama temen / main Game
3. Terlalu sibuk berorganisasi
4. Sibuk bisnis / Kuliah sambil kerja atau menjalankan usaha
5. Disentimenin dosen
6. Terkendala masalah keuangan
7. Married By Accident
8/ Mentok di skripsi

Apakah sulit mencari teman saat kuliah?

Sebenernya tidak sulit. hanya sajamahasiswa memiliki kepentingan dan kesibukan masing-masing. Itulah penyebab kita jarang bertemu meskipun berteman, hingga akhirnya kita jarang berkomunikasi. Jadi terkesan susah untuk mencari teman.

advertisement

Jadilah pribadi yang ramah, supel, tidak baperan, pandai beradaptasi dan tetap hati-hati. Dalam masa perkuliahan kamu mungkin punya 30~40 teman, namun akan mengerucut ke circle 4-7 teman saja yang bikin nyaman dan tau luar-dalam

Itulah beberapa pilihan jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar matematika Perlu kamu ketahui bahwa jurusan apapun yang kamu pilih pasti dibutuhkan dan kelak berguna untuk masa depan kamu. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan yang kamu minati dan jadilah apa yang kamu inginkan.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp


CEO / Author

CEO DeckaRenasAzkayra Jihan S.Kom
An engineer who loves to write about anything especially about education, lifestyle, movies, tech stuff and popular science. Learn something new and pretty good in digital literacy.
Kontak: TwitTer | FaceBook | InstaGram