7 Jurusan Kuliah yang Bisa Sambil Kerja dan Tips nya

Setiap orang pasti pingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Tetapi kenyataanya gak semua orang punya biaya yang cukup. Hal inilah yang akhirnya bikin sebagian orang rela kuliah sambil bekerja.

Namun gak perlu khawatir karena kini kamu bisa memilih jurusan kuliah yang bisa sambil kerja. Supaya masalah keuangan kamu bisa teratasi dan kelak kamu bisa memperoleh gelara sarjana.

Umumnya kehidupan mahasiswa memang sering dihadapkan pada masalah keuangan. Gak heran deh pasti kamu pernah mengalami kondisi bokek saat akhir bulan. Kalau sudah gitu pasti akan mulai uring-uringan tuh karena harus bayar kos, bayar kuliah, dan lainnya.

Jurusan Kuliah yang Bisa Sambil Kerja

Biar cita-citamu untuk kuliah gak terkubur sia-sia kini kamu bisa mencoba kuliah sambil kerja, pasti asik tuh, bisa dapat duit dan ilmu secara bersamaan.

7 Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Bisa Sambil Kerja

Saat dihadapkan pada pilihan kuliah sambil kerja, kamu juga harus pinter memilih jurusan kuliah yang sesuai passion tapi cocok dijalanin sambil kerja. Sebab gak semua orang bisa menjalani kuliah sambil kerja secara bersamaan.

Sponsored Link

Untuk itulah pastikan gak asal-asalan milih jurusan kuliah karena akan sangat menentukan kariermu di masa sekarang dan akan datang.

Sebagai solusi buat kamu yang masih galau milih jurusan kuliah, berikut beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang bisa sambil kerja:

Jurusan Pariwisata

Destinasi wisata di Indonesia saat ini makin keren gak kalah sama luar negeri. Gak heran jika industri pariwisata Indonesia makin eksis. Bagi kamu yang tertarik untuk terjun di industri pariwisata sebaiknya pilih jurusan pariwisata aja.

Jurusan ini akan bikin Kamu menjadi salah satu tenaga profesional di dunia pariwisata. Bahkan Kamu juga berkesempatan belajar manajemen wisata, menjalankan bisnis tour and travel hingga menjalankan bisnis perhotelan.

Selain itu, di jurusan pariwisata ini kamu akan memperoleh materi bahasa asing, hukum pariwisata, ekonomi, dan psikologi. Berbagai materi tersebut bisa jadi bekal yang bagus buat masa depanmu nanti.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi cocok buat Kamu yang ingin kuliah sambil kerja. Dimana melalui jurusan ini kamu bisa belajar proses komunikasi dengan baik. Jadi kamu memiliki kemampuan untuk menyampaikan semua informasi dengan baik dan efektif.

Jurusan ilmu komunikasi biasanya fokus pada beberapa bidang seperti Broadcasting, Public Relation, Advertising, dan Jurnalistik. Bidang-bidang tersebut pas banget dengan zaman milenial seperti sekarang ini. Jadi kamu gak perlu ragu memilih jurusan ilmu komunikasi.

Jurusan Keperawatan

Bagi kamu yang memiliki jiwa sosial tinggi atau tertarik sama dunia kesehatan maka jurusan keperawatan bisa jadi solusinya. Jurusan ini buat kamu yang lulus SMA jurusan IPA.

Gak perlu khawatir karena jurusan ini punya peluang kerja gak cuma kerja di rumah sakit aja. Melainkan juga bisa membuka praktek sendiri di rumah, menjadi asisten dokter di klinik hingga melayani homecare.

Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi masih sering dianggap hanya menangani masalah gangguan kejiwaan. Padahal jurusan ini bisa ngasih Kamu berbagai ilmu tentang perilaku, pikiran dan mental manusia.

Sponsored Link

Selain itu, peluang kerja lulusan jurusan Psikologi gak cuma jadi Psikiater dan Psikolog aja. Peluang kerja yang bisa kamu dapatkan dari jurusan ini justru lebih banyak loh, mulai dari menjadi konsultan karir, HRD perusahaan, dan lainnya.

alasan memilih jurusan psikologi

Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen bisa jadi pilihan buat kamu bagi yang ingin sambil bekerja. Sebab di jurusan ini kamu akan dapat ilmu untuk mengelola perusahaan dan organisasi. Setelah lulus kuliah nanti kamu akan mahir mengelola keuangan, SDM, operasi, pemasaran, dan masih banyak bidang lainnya.

Jurusan Akuntansi

Siapa sih yang gak tau jurusan akuntansi? Jurusan yang udah populer sejak dulu sampai sekarang ini memang punya peluang kerja yang luas banget. Bahkan hampir semua perusahaan pastinya butuh tenaga kerja dari jurusan akuntansi.

Dengan memilih jurusan akuntansi, kamu bisa kuliah sambil bekerja di bidang yang sesuai.  Bahkan kamu secara gak langsung bisa praktek ilmu-ilmu dari kampus mulai dari kemampuan menyusun laporan, analisa keuangan, serta evaluasi anggaran biar lebih mudah dan jelas.

Jurusan Teknik Informatika (TI), MI, SI

Di zaman milenial serba digital kayak sekarang ini bikin banyak anak muda makin tertarik untuk terjun di dunia informatika dan komputer. Apalagi jurusan ini sangat dibutuhkan di dunia kerja masa kini.

Jurusan ini juga sangat pas buat kamu yang tertarik di bidang software development. Jadi sambil kuliah, kamu bisa kerja sambilan di bidang yang sama sekaligus mengasah kemampuan agar makin pinter di bidang IT.

kuliah

Tips Kuliah Sambil Kerja

Setelah dapat solusi jurusan kuliah yang bisa sambil kerja, pasti kamu juga penasaran bagaimana caranya biar bisa kuliah sambil kerja secara sekaligus.

Pasti kamu juga gak mau kan kalau gagal keduanya? Sebagai solusinya berikut Tips Kuliah Sambil Kerja yang pas banget untuk anak muda:

  • Mencari pekerjaan online

Kamu bisa manfaatin gadget dan internet buat cari info lowongan kerja di situs marketplace sambil promosi apa aja keahlian yang kamu miliki.

Contoh pekerjaan online yang lagi hits diantaranya jasa desain, jasa membuat software, website, dan lainnya. Pekerjaan online ini bisa kamu kerjakan dimana aja dan kapan aja tanpa menggangu jam kuliah.

i k l a n
  • Mencari kerja shift sore dan malam

Bagi kamu yang kuliah di kelas reguler dengan jam kuliah lebih padat dari pagi sampai sore, tapi pengen kuliah sambil kerja maka bisa pilih kerja shift sore sampai malam. Contohnya dengan menjadi penjaga toko, pelayan cafe, ojek online, guru les private dan lainnya.

  • Mengambil kelas karyawan

Bagi kamu yang memang benar-benar ingin kuliah tapi udah bekerja, kamu bisa pilih kelas karyawan. Jadi kelas ini sangat mendukung kamu yang sudah bekerja untuk kuliah demi meningkatkan daya saing.

Sambil menyelam minum air, sambil bekerja, belajar ilmu sebanyak-banyaknya. Lulus dapat ijazah, karir pekerjaan bisa cemerlang.

Gimana udah gak galau lagi kan milih jurusan kuliah yang bisa sambil kerja ? setelah mantap memilih jurusan favoritmu,

Kamu juga harus paham tips yang tepat untuk kuliah sambil bekerja. Dengan demikian kamu bisa meraih cita-cita jadi sarjana tanpa perlu pusing mikirin biaya.

Bagaimana pengalamanmu kuliah sambil bekerja?

Saya bekerja sambil kuliah selama 2 tahun. Saat ini saya masih bekerja dan kuliah semester 6. Capek? Iya, tentu saja sangat capek dan terkadang juga stress.
Apakah mudah? Sangat tidak semudah yang dibayangkan. Tapi senang. Karena dengan bekerja, saya merasa memaksimalkan potensi yang saya punya. .

Kuliah reguler di kisaran waktu pukul 08.00–14.30 kemudian lanjut kerja pukul 15.00–21.00 it’s okey. Ada banyak pelajaran yang saya dapatkan, dan juga pengalaman.

Dengan bekerja, saya merasa kuliah saya harus bener-bener serius karena saya mengusahakannya dengan mengurangi waktu main, tidur, dan bareng keluarga.

Editor's Choices:

Alhamdulillah selama 3 tahun terakhir IPK saya bagus dan pekerjaan saya menyenangkan sekaligus dikasih tim kerja yang luar biasa support dan pengertian. Rekan kerja yang baik merupakan rejeki.

Kuliah sambil kerja mengajarkan saya untuk bijak mengatur waktu, selain itu saya mendapat keuntungan berupa gaji yang bisa membantu mengurangi beban orang tua saya untuk menyekolahkan dan membiayai hidup saya.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
Prospek Kerja Teknologi Pangan
Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
Sekolah Kedinasan Tanpa Tes Fisik
Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan
jurusan teknik ang cocok untuk wanita perempuan wanita