11 Alasan Kuliah Jurusan Psikologi dan Prospek Kerjanya

Tidak hanya jurusan kedokteran saja yang banyak diminati oleh calon mahasiswa. Buat kamu yang saat ini masih bingung akan memilih bidang studi yang mana maka kamu bisa langsung memilih jurusan psikolog ini.

Tentunya ada banyak alasan kuliah jurusan psikologiini yang wajib kamu ketahui. Terlebih lagi, lulusan dari jurusan ini akan banyak dicari oleh masyarakat.

Psikologi sendiri adalah ilmu yang mempelajari mental, perilaku hingga pikiran manusia. Tidak sampai disitu saja, bidang studi yang satu ini pun juga meneliti alur pemikiran maupun alasan yang ada di balik perilaku seorang manusia.

Bukan hanya itu saja, ilmu psikologi ini pun dipercaya menjadi ilmu yang mampu membantu menyelesaikan masalah yang dimiliki oleh setiap manusia.

Menjadi salah satu jurusan favorit di Indonesia, kamu bakalan mendapatkan banyak manfaat loh. Bukan hanya dibutuhkan oleh masyarakat saja, feeyang bakal kamu peroleh juga tidak sedikit loh terlebih lagi, kamu juga banyak dicari oleh perusahaan maupun instansi.

Alasan kuliah Jurusan Psikologi

Untuk kamu yang masih ragu buat memilih bidang studi ini, kamu bisa langsung membaca alasan atau kelebihan dari jurusan ini.

Alasan Kuliah Jurusan Psikologi

  • Menjadi jurusan favorit banyak mahasiswa

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jurusan psikologi ini memang menjadi jurusan yang digemari oleh banyak orang selain jurusan kedokteran. Hal ini pun bisa kamu buktikan dengan banyaknya kuota pendaftar yang ingin menjadi salah satu mahasiswa di bidang studi yang satu ini. Untuk kamu yang bingung memilih jurusan mana, jurusan ini sangat recommended loh.

  • Membantu kamu mempelajari tentang diri atau jiwa

Lebih dari itu, alasan kuliah jurusan psikologiyang lainnya adalah akan membantu kamu untuk mempelajari mengenai diri atau jiwa. Terlebih lagi, mempelajari diri sendiri memang cukup penting. Tidak heran selama mempelajari ilmu ini maka kamu secara tidak langsung juga akan mempelajari jiwa kamu.

  • Menjadi jurusan yang sangat menyenangkan

Nantinya, ketika kamu sudah masuk ke dalam jurusan psikologi ini maka kamu akan mendapatkan hal-hal baru bahkan pengetahuan yang baru seperti mempelajari bagaimana jiwa orang lain. Tidak heran jika jurusan yang satu ini dijamin menjadi jurusan yang sangat menyenangkan. Dijamin kamu tidak akan bosan ketika mempelajari jurusan ini.

  • Bisa menjadi bidang spesialisasi yang kamu miliki

Perlu kamu ketahui jika setiap manusia mempunyai kelebihan dan keahlian masing-masing di bidangnya bukan. Walaupun demikian, tidak semua orang memang tahu apa bakat dan keahlian yang mereka miliki. Di bidang jurusan psikologi inilah, nantinya akan membantu kamu untuk mengetahui arah mana bidang spesialisasi yang kamu miliki.

  • Mampu membantu kehidupan masyarakat

Masih ada loh alasan kuliah jurusan psikologiini yang wajib kamu ketahui yakni kamu bisa membantu untuk mengubah kehidupan masyarakat loh. Hal ini bukan tanpa alasan karena jika kamu sudah lulus, maka kamu bisa menjadi seorang konselor dimana mempunyai tingkat pertemuan dengan orang lain lebih sering.

Mereka biasanya memang datang dengan berbagai macam keluhan kepadamu. Disinilah, peranmu sangat dibutuhkan untuk membantu mereka di dalam menyelesaikan setiap masalah mereka.

  • Membantu kamu mempelajari bagaimana cara merekam, mengatur, melakukan analis dan menafsirkan data

Tidak sampai disitu saja, dengan mempelajari ilmu ini maka kamu biasanya juga akan mempelajari bagaimana metode penelitian dan statistik.

Tidak hanya sampai disitu saja, kamu pun juga akan mempelajari bagaimana mengumpulkan, mempresentasikan hingga mengatur data. Tentunya ini juga akan mempengaruhi keterampilan karir yang kamu miliki.

  • Menjadi jurusan yang dipenuhi oleh orang-orang pengertian

Masih ada lagi alasan yang wajib kamu ketahui mengapa kamu memilih jurusan psikologi ini adalah dipenuhi oleh orang-orang yang pengertian. Bahkan jurusan ini masuk ke dalam 10 jurusan yang dipenuhi oleh orang-orang pengertian loh.

Hal ini bukan tanpa alasan karena didalam jurusan ini, kamu bakal mempelajari ilmu jiwa. Tidak heran jika lulusan jurusan ini bakal menjadi tempat yang tepat untuk curhat.

  • Membantumu menjadi seorang pribadi yang lebih baik

Tidak hanya mampu menjadi tempat solusi bagi orang lain, dengan menjadi mahasiswa psikologi ini, kamu juga bisa menjadi seorang pribadi yang lebih baik. Hal ini tidak lain karena kamu akan mempelajari seputar diri atau jiwa. Kamu juga bisa memahami dirimu lebih baik lagi.

  • Kamu bisa dengan mudah melanjutkan pascasarjana

Setelah lulus sarjana psikologi, pasti diantara kalian termasuk kamu ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yakni pascasarjana bukan? Kamu tidak perlu khawatir karena ternyata lulusan psikologi ini akan mudah didalam melanjutkan pendidikan pascasarjana. Bukan hanya itu saja, kamu pun juga bisa beralih ke bidang yang lainnya.

  • Kamu bisa belajar mengenai filsafat juga

Secara tidak langsung, ketika kamu menjadi mahasiswa psikologi, maka kamu tidak hanya mempelajari tentang seseorang saja tetapi kamu juga akan mempelajari filsafat loh. Hal ini bukan tanpa alasan karena filsafat sendiri menjadi salah satu mata perkuliahan di dalam jurusan ini.

  • Mempunyai prospek kerja yang sangat luas

Alasan kuliah jurusan psikologiyang berikutnya adalah adanya peluang kerja yang cukup luas loh. Bukan hanya itu saja, bahkan lulusan psikologi ini juga berkesempatan untuk memperoleh pendapatan yang besar. Buat kamu yang penasaran dengan prospek kerja jurusan ini, berikut ini prospek kerjanya:

  • Menjadi seorang HRD

HRD atau human resourses development merupakan salah satu prospek kerja paling banyak dicari oleh para lulusan psikologi loh. Hal ini bukan tanpa alasan karena memang lulusan psikologi sangat tepat berada di posisi ini. Terlebih lagi, perkerjaan HRD ini sangat berkaitan erat dengan sumber daya manusia.

  • Menjadi Psikolog

Buat kamu yang lulusan psikologi, kamu juga bisa menjadi seorang psikolog juga. Hanya saja, buat kamu yang ingin menjadi psikolog, kamu harus menyelesaikan minimal jenjang S2 psikologi terlebih dahulu. Kamu juga bisa bekerja secara mandiri dengan membuka klinik maupun bergabung dengan rumah sakit.

  • Konselor

Tidak sampai disitu saja, Konselor juga menjadi salah satu prospek kerja lulusan psikologi berikutnya yang bisa kamu coba. Adapun tugas utama dari seorang konselor ini adalah untuk memberikan konseling kepada setiap kliennya. Tidak hanya dibutuhkan oleh sebuah perusahaan, konselor juga dibutuhkan oleh LSM.

  • Menjadi guru bimbingan konseling

Buat yang ingin menangani para siswa yang bermasalah, keberadaan guru bimbingan ini memang sangat dibutuhkan. Tidak heran jika setiap sekolah masih akan menyediakan adanya guru BK. Lulusan psikologi sendiri ternyata juga bisa bekerja menjadi seorang guru BK.

Tidak sampai disitu saja, jurusan psikologi pun juga bisa menjadi dosen psikologi, terapis anak dengan kebutuhan khusus, trainer, hingga di bidang research and development.

alasan memilih jurusan psikologi

Kenapa Jurusan Psikologi Sangat Diminati?

•Senang mendengarkan cerita orang lain,
•Tidak ingin orang lain depresi,
•Ingin menghindari rumus dan pelajaran hitung-hitungan .
•Tertarik dengan kepribadian orang lain.

Apa Suka Duka Kuliah Jurusan Psikologi?

1. dianggap orang supel yang gampang akrab dengan orang
2. diminta kunci jawaban psikotes
3. awal masuk kuliah langsung belajar statistik
4. dianggap dukun karena bisa baca pikiran orang
5. jadi tempat rahasia banyak orang jadi kalau mau ngomong harus hati-hati takut keceplosan rahasia orang
6. lebih peka karena sering observasi orang
7. persenetase laki-laki dalam satu angkatan cuman 10 persen.

Apa Bedanya Jurusan Psikologi Saintek dan Psikologi Soshum?

Bedanya hanya konsentrasi studi atau di mata kuliah saja. Untuk psikologi bidang soshum konsentrasinya akan ke arah sosial dan humaniora, sedangkan untuk saintek konsentrasi lebih mengarah kepada bidang eksak.
Untuk jurusan psikologi yang masuk rumpun soshum biasanya mahasiswa akan lebih diarahkan ke bidang psikologi sosial serta perkembangan sedangkan Psikologi dengan rumpun saintek akan lebih mengarah kepada Psikologi klinis.

Apa Saja Jangkauan dan Prospek Jurusan Psikologi?

1. di bidang layanan kesehatan kamu bisa menjadi psikolog
2. di bidang pendidikan kamu bisa menjadi dosen, guru, konselor
3. di bidang industri bisa menjadi HRD
4. selain itu bisa menjadi seorang peneliti, psikolog forensik, frontliner bank, sales marketing, dll

Walaupun menjadi jurusan yang tidak begitu popular seperti teknik, akuntansi, kesehatan maupun pendidikan, ada banyak alasan kuliah jurusan psikologiini. Untuk yang ingin punya pengalaman banyak, jurusan psikologi ini sangat recommended.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest