7 Prospek Kerja Administrasi Kesehatan Rumah Sakit

Jurusan administrasi kesehatan merupakan program studi yang mempelajari terkait pengelolaan sistem administrasi di suatu fasilitas kesehatan seperti puskesmas, klinik, dan rumah sakit. Walau tak sepopuler jurusan lain, namun prospek kerja administrasi kesehatan terbuka lebar dan berpeluang cerah di masa mendatang.

Berdasarkan kategorinya, jurusan administrasi kesehatan ini berada langsung di bawah jurusan kesehatan, bukan jurusan administrasi. Karena itu, lulusan dari jurusan ini akan mendapatkan gelar S.Kes (Sarjana  Kesehatan) untuk strata S1.

Dengan demikian diharapkan, mahasiswa lulusan administrasi kesehatan dapat memiliki skill dan pengetahuan terkait pengelolaan layanan kesehatan secara menyeluruh.

Prospek Kerja Administrasi Kesehatan
Prospek Kerja Administrasi Kesehatan

Mengapa Masuk Jurusan Administrasi Kesehatan?

Bagi sebagian besar orang mungkin berpikir mengapa tidak ambil jurusan kesehatan atau kedokteran saja yang profesinya terbukti lebih terkenal dan lebih bergengsi dibanding profesi administrator. Padahal, sejatinya tidak demikian! Berikut beberapa alasan yang menyebabkan seseorang seseorang masuk jurusan ini dibandingkan jurusan lainnya:

a)  Peluang Kerja Terbuka Lebar

Saat ini, perkembangan layanan kesehatan di Indonesia tumbuh dengan sangat pesat. Misalnya pertumbuhan klinik, puskesmas, dan juga rumah sakit di seluruh wilayah di Indonesia termasuk di daerah Indonesia bagian timur sekalipun.

Hal ini tentunya membawa peluang gembira kepada kita karena dengan munculnya banyak fasilitas kesehatan baru, maka peluang di bidang administrasi kesehatan benar-benar terbuka lebar. Jadi, bisa dipastikan bahwa prospek ini memiliki prospek yang cerah setelah lulus nantinya.

b)  Dapat Dua Cabang Ilmu Sekaligus

Dengan kuliah di jurusan administrasi kesehatan, selain mendapatkan ilmu kesehatan juga akan mendapatkan ilmu administrasi. Hal inilah yang menjadikan jurusan ini lebih banyak teori dari pada praktek mengingat mata kuliah yang dipelajari sangat banyak.

Karena sudah punya ilmu tentang administrasi, maka jurusan ini pun dapat bekerja di bidang selain kesehatan atau yang menyerempet dunia kesehatan. Misalnya di industri perusahaan pembuatan obat-obatan, apotek, pabrik alat kesehatan, dan sebagainya.

c)  Gaji yang Didapatkan Besar

Segala profesi yang berhubungan dengan kesehatan umumnya mendapatkan gaji kesehatan. Terlebih, seorang lulusan administrasi kesehatan yang punya 2 basic ilmu sekaligus tentu akan mendapatkan peluang kerja di posisi yang lebih tinggi.

Selain itu, dengan gelar yang didapatkannya berupa S.Kes. (Sarjana Kesehatan), maka jurusan ini pun dapat membuka pelayanan kesehatan sendiri seperti klinik, praktek pengobatan, apotek + check up, dan masih banyak lainnya.


Daftar Perguruan Tinggi Jurusan Administrasi Kesehatan

Sebelum kita bahas secara detail tentang prospek kerja administrasi kesehatan, sekarang kita simak terlebih dahulu rincian daftar perguruan tinggi jurusan administrasi kesehatan yang ada di Indonesia berikut ini:

Perguruan TinggiLokasiStrataAkreditasi BAN-PT
Universitas Qamarul Huda Badarudin BaguLombok TengahS2Baik Sekali
Universitas IVETSemarangS1Baik
STIK RS HusadaJakartaS1Baik
STIK BrebesBrebesS1Baik
STUJ PamenangKediriS1Baik
Universitas Muhammadiyah Sidenreng RappangSidrapS1Baik
Universitas Medika SuhermanBekasiS1C
Institut Media DRG. SuhermanBekasiS1C
Universitas Kusuma Husada SurakartaSurakartaS1C
farmasi

Apa yang Dipelajari di Jurusan Administrasi Kesehatan?

Pada prinsipnya, kuliah di jurusan administrasi kesehatan hampir sama proses pembelajarannya dengan di jurusan kesehatan. Tugas yang dipelajari pun sama-sama menyangkut proses observasi, wawancara, praktikum, dan studi lapangan.

Perbedaan mendasarnya ialah dari mata kuliah yang dipelajarinya yakni lebih spesifik dalam spesialisasi keadministrasian. Seperti yang kita tahu, jurusan ini melibatkan ilmu administrasi yang lebih spesifik sejalan dengan ilmu kesehatan. Maka dari itu, biasanya mahasiswa ditugaskan untuk mencari data langsung dari rumah sakit, puskesmas, ataupun dari wawancara.

Nah, berikut ini beberapa mata kuliah spesialisasi jurusan administrasi kesehatan yang akan dipelajari mulai dari semester 1 – 8:

  • Dasar Administrasi Kesehatan
  • Informasi Kesehatan (SIK)
  • Perilaku Konsumen Pelayanan Kesehatan
  • Dasar Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat
  • Manajemen Data Kesehatan
  • Manajemen Mutu Jasa Kesehatan
  • Masalah dan Sistem Pelayanan Kesehatan
  • Hukum Kesehatan
  • Metodologi Penelitian Lanjutan
  • Manajemen Klaim, Kajian Legalisasi, dan Kecurangan dalam Asuransi
  • Manajemen Bencana
  • Organisasi Manajemen Kesehatan
  • Administrasi Rumah Sakit dan Puskesmas
  • Kepemimpinan dan Berpikir Sistem
  • Manajemen dan Evaluasi Proyek Kesehatan
  • Data untuk Pengambilan Kebijakan Kesehatan
  • Metodologi Penelitian Kesehatan Dasar

Peluang Kerja di Bidang Administrasi Kesehatan & Gajinya

Berikut ini beberapa peluang kerja yang akan kalian dapatkan apabila menjadi alumni dari jurusan administrasi kesehatan beserta estimasi gaji yang didapatkannya:


1)  Administrator Rumah Sakit

Sebagian besar mahasiswa jurusan administrasi kesehatan bercita-cita menjadi administrator rumah sakit. Seorang administrator rumah sakit memiliki wewenang untuk mengelola, mengawasi, dan mengatur jalannya seluruh operasional administrasi di suatu rumah sakit baik swasta maupun BUMN.

Jika kalian bekerja sebagai administrator rumah sakit, maka nantinya akan dihadapkan pada  beberapa tugas seperti mengatur jadwal kunjungan dokter, melayani kebutuhan administrasi pasien, melayani pendaftaran, serta mengatur kegiatan harian rumah sakit.

JenisKeterangan
Peluang KerjaAdministrator rumah sakit
Tugas & Tanggung JawabMengelola, mengawasi, dan mengatur jalannya seluruh administrasi di suatu rumah sakit.
Tingkat persaingan kerjaTinggi
Estimasi GajiRp5 – 7 juta / bulan

2)  Personalia di Rumah Sakit

Bagian personalia merupakan bagian yang mengurus tentang manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) dalam sebuah rumah sakit.

Misalnya perekrutan dokter, perekrutan karyawan, dan pengelolaan manajemen SDM agar efektif dan efisien.

JenisKeterangan
Peluang KerjaPersonalia rumah sakit
Tugas & Tanggung JawabMengelola manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) dalam sebuah rumah sakit
Tingkat persaingan kerjaSedang
Estimasi GajiRp3 – 8 juta / bulan
rekam medis

3)  Rekam Medis

Singkatnya, rekam medis merupakan profesi yang bertanggung jawab dalam mengelola sistem rekam medik yang sedang dilakukan di fasilitas kesehatan baik itu klinik, puskesmas, ataupun rumah sakit.

Nantinya, seorang yang berprofesi sebagai rekam medis akan bertanggung jawab dalam membantu dokter, bidan, atau perawat dalam memberikan data pasien seperti identitas, riwayat penyakit, kondisi kesehatan, dan sejenisnya.

JenisKeterangan
Peluang KerjaRekam medis
Tugas & Tanggung JawabMelaksanakan proses rekam medis suatu pasien yang mana datanya akan diberikan kepada dokter dan sebagai arsip rumah sakit.
Tingkat persaingan kerjaSedang
Estimasi GajiRp3 – 6 juta / bulan

4)  Dosen / Asisten Dosen

Jurusan administrasi kesehatan memang jarang yang menjadi dosen karena ilmu terkait kesehatan dan kedokterannya tidak terlalu dalam.

Walau begitu, bukan berarti tidak mungkin untuk menjadi dosen di suatu rumah sakit, terutama untuk mengajar tentang administrasi kesehatan.

JenisKeterangan
Peluang KerjaDosen / asisten dosen
Tugas & Tanggung JawabMengajar mahasiswa terkait ilmu administrasi kesehatan
Tingkat persaingan kerjaSedang – tinggi
Estimasi GajiRp4 – 10 juta / bulan

5)  Konsultan Administrasi Kesehatan

Bagi sebuah klinik kecil, mereka biasanya tidak memiliki administrator kesehatan karena ruang lingkupnya yang masih terbatas, tidak sebesar rumah sakit.

Karena itu, mereka membutuhkan seorang jasa konsultan administrasi untuk menentukan arah kebijakan yang perlu dilakukan dalam klinik tersebut.

JenisKeterangan
Peluang KerjaKonsultan administrasi kesehatan
Tugas & Tanggung JawabMemberi arahan terkait kebijakan operasional dan administrasi suatu fasilitas kesehatan.
Tingkat persaingan kerjaSedang
Estimasi GajiRp3 – 6 juta / bulan

6)  Humas & Marketing Rumah Sakit

Humas & marketing bertugas menjalin hubungan baik dengan pihak lain serta membantu memasarkan rumah sakit agar dikenal banyak orang.


Hampir setiap rumah sakit baik itu swasta maupun negeri pasti membutuhkan posisi ini, karena itulah lulusan administrasi kesehatan banyak yang berprofesi sebagai Humas & marketing.

JenisKeterangan
Peluang KerjaHumas & marketing rumah sakit
Tugas & Tanggung JawabMelakukan branding dan pemasaran serta menjalin hubungan baik dengan pihak lain.
Tingkat persaingan kerjaRendah – sedang
Estimasi GajiRp5 – 10 juta / bulan

7)  Buka Klinik & Apotek

Bagi yang suka berwirausaha sendiri, maka kalian bisa mencoba untuk membuka klinik dan juga apotek.

Untuk pembukaan klinik yang menawarkan layanan kesehatan, kalian harus lolos uji seleksi agar tidak dianggap praktek ilegal.

JenisKeterangan
Peluang KerjaPemilik klinik & apotek
Tugas & Tanggung JawabMengelola klinik dan apotek yang telah didirikannya.
Tingkat persaingan kerjaSedang – tinggi
Estimasi GajiRp3 – 15 juta / bulan

Apakah lulusan S-1 Administrasi Bisnis bisa bekerja di RS sebagai staff administrasi ?

Bisa.  Anda perlu untuk beradaptasi dengan proses bisnis rumah sakit. Yang perlu dipelajari hanya istilah-istilah (terminologi) rumah sakit seperti rekam medik, BPJS Kesehatan (e-Klaim), dan istilah-istilah medis lainnya. dan itu bisa dipelajari tidak lama.

Editor Choices :

Nah itu dia berbagai macam prospek kerja administrasi kesehatan yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel yang akan datang!

Tanggapan Netizen yang Budiman
Komentar / Pertanyaan