Biaya Kuliah Jurusan Radiologi dan Prospek Kerjanya

Jika Anda pernah berkunjung ke rumah sakit, pasti pernah bertemu dengan satu layanan khusus yang bernama Radiologi. Nah untuk memiliki sebuah keahlian untuk bekerja di bidang radiologi Anda harus berkuliah di jurusan tersebut. Biaya kuliah jurusan radiologi pun hampir sama dengan biaya kuliah jurusan kedokteran karena berada di satu naungan jurusan yang sama.

Radiologi merupakan sebuah cabang ilmu kedokteran yang berfokus untuk mempelajari pemindaian serta diagnosa pada organ dalam tubuh manusia menggunakan peralatan khusus dengan penerapan radiasi gelombang.

Pada mulanya, teknologi radiologi untuk memindai kondisi tubuh dan organ dalam manusia dilakukan dengan menggunakan radiasi sinar-X. Dan dengan bertambahnya kecanggihan teknologi, sarana yang digunakan bukan hanya sinar-X saja, namun juga USG dan MRI.

Biaya Kuliah Jurusan Radiologi dan Prospek Kerjanya

Ketahui Keunggulan Jurusan Radiologi di Sebuah Universitas

Saat ini, semakin banyak orang yang tertarik untuk mengetahui berbagai jenis profesi yang ada untuk memiliki karir yang prospek di masa yang akan datang. Lalu sebenarnya apa saja keunggulan kuliah di jurusan radiologi? Berikut ulasannya Kami rangkum hanya untuk Anda.

1. Gaji menjanjikan

Menurut hasil sebuah survey, rata-rata gaji yang dimiliki oleh seorang radiolog adalah sekitar 6,5 juta per bulannya. Profesi radiolog memiliki gaji lumayan tinggi namun tenaga ahli radiologi masih jarang tersedia sehingga peluang untuk memiliki karir ini masih terbuka lebar.

2. Jaringan pertemanan yang menarik

Meski hampir sama dengan berkuliah di jurusan kedokteran, namun mereka yang tertarik untuk bekerja menjadi radiolog tentunya memiliki minat yang sama terhadap sesuatu. Yaitu pada bidang teknik radiolog, yang secara otomatis jaringan pertemanan yang ada pun berbeda dan lebih menarik.

3. Materi dan Ilmu yang menarik

Untuk bisa berkuliah di jurusan radiologi tentunya Anda harus memiliki bakat dan minat tersendiri dalam bidang tersebut. Untuk mereka yang memang memiliki ketertarikan pada bidang radiologi akan menganggap belajar bidang tersebut sebagai sesuatu yang menarik dan menyenangkan.


4. Bisa memiliki peluang pekerjaan lainnya

Berkuliah di jurusan radiolog juga akan memberikan peluang banyak pekerjaan pada Anda untuk dilakoni di tengah masyarakat. Pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan yang melibatkan kesehatan manusia sehingga harus dilakukan dengan serius dan tetap fokus.

 5.  Banyak pilihan jenjang pendidikan dari mulai D3 hingga S1

Dan jika Anda ingin menempuh pendidikan jurusan radiologi ini bisa memilih jenjang pendidikan yang lengkap dari mulai D3 hingga S1. Sehingga Anda bisa mendapatkan pengalaman dan pendidikan secara profesional terutama dalam bidang radiologi.

Biaya Kuliah
Biaya Kuliah

Berapa Biaya Perkuliahan Jurusan Radiologi?

Menurut informasi terpercaya yang Kami rangkum, terdapat beberapa perkiraan tentang biaya perkuliahan jurusan radiologi yang dilakukan di universitas negeri maupun swasta. Untuk universitas negeri, sudah diketahui bahwa setiap universitas menerapkan biaya UKT yang kisarannya menyesuaikan dengan kondisi perekonomian calon mahasiswa.


Besar UKT yang ada di universitas negeri sendiri adalah sekitar 0 rupiah hingga 500 rupiah untuk pendapatan orang tua atau wali murid yang berada di jumlah kurang dari satu juta rupiah tiap bulannya. Semakin tinggi jumlah pendapatan orang tua maka akan semakin tinggi biaya UKT yang harus dibayarkan setiap semesternya.

Sedangkan untuk berkuliah di universitas swasta membutuhkan biaya sebesar 12 juta rupiah. Kampus swasta saat ini juga sudah menerapkan sistem UKT yang ke depannya akan memudahkan mahasiswa untuk bisa membayar biaya kuliah secara tunggal.

Besar biaya UKT tentunya ditentukan oleh kebijakan dari kampus atau universitas swasta yang bersangkutan. Setiap mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu pastinya akan bisa mendapatkan keringanan biaya, apalagi jika memiliki prestasi tersendiri.

Meski biaya untuk berkuliah di jurusan Radiologi memiliki rentang biaya yang cukup terjangkau, tak semua orang tertarik untuk mengambil jurusan kuliah di jurusan radiologi apalagi memiliki profesi sebagai seorang radiolog. Alasannya cukup masuk akal, yaitu karena kekhawatiran mereka untuk mendapatkan paparan radiasi yang dikeluarkan oleh mesin radiologi.

Meski peluang untuk terpapar radiasi dari mesin yang digunakan untuk bekerja sebagai seorang radiolog memang terbilang tinggi, namun hal itu bisa dicegah dengan melakukan beberapa tindakan khusus untuk keamanan diri. Dan hal itu juga diberikan pengetahuan tersendiri untuk keamanan dan keselamatan kerja terutama untuk lingkungan kerja yang memiliki resiko tersendiri.

Untuk itulah, gaji menjadi seorang radiolog juga termasuk tinggi mengingat resiko yang bisa diterimanya cukup berbahaya untuk kesehatan diri radiolog yang bersangkutan.

Biaya Kuliah Jurusan Radiologi dan Prospek Kerjanya

Prospek Kerja Jika Kuliah di Jurusan Radiologi

Untuk Anda yang berminat dan ingin menempuh pendidikan di jurusan radiologi, tentunya sudah mengetahui jenis profesi atau karir apa yang bisa dicapai jika memilih jurusan tersebut. Berikut ulasan singkatnya tentang prospek kerja jurusan radiologi.

a. Radiografer

Seorang radiografer bertugas untuk mengambil foto rontgen  dari pasien yang sedang melakukan terapi pengobatan. Foto Rontgen sendiri dilakukan pada semua pasien yang membutuhkan tindakan Rontgen untuk mengetahui kondisi kesehatan bagian dalam tubuh dengan benar dan secara menyeluruh.

b. Ahli teknologi pengobatan nuklir

Menjadi seorang ahli teknologi pengobatan nuklir adalah profesi yang memiliki tugas menjadi seorang ahli dalam bidang teknologi bidang pengobatan nuklir. Yang mana  memiliki tugas untuk menyiapkan, mengelola serta mengukur isotop radioaktif yang ada di dalam studi terapi diagnostik.


Selain itu juga harus memiliki kemampuan untuk melacak dengan menggunakan aneka ragam peralatan radioisotop. Sekaligus bisa menyiapkan persediaan jalan keluar dari bahan radioaktif sekaligus menghitung dosis yang akan diberikan oleh seorang ahli radiologi dalam pekerjaannya.

c. Ahli terapis radiologi

Profesi sebagai ahli terapis radiologi bertugas untuk membantu proses diagnosa kesehatan, serta melakukan terapi radiologi untuk beberapa jenis penyakit tertentu. Karir ini terbilang cukup penting karena paling tidak harus ada beberapa ahli terapis radiologi yang bertugas di sebuah rumah sakit.

d. Teknisi radiologi medis

Seorang teknisi radiologi medis akan bertugas menjadi teknisi yang bertanggung jawab pada operasional serta berfungsinya mesin radiologi yang dipakai dalam sebuah rumah sakit. Tentunya jurusan perkuliahan yang diambilnya juga meliputi jurusan teknik radiologi yang secara khusus mempelajari cara menggunakan dan melakukan perawatan pada mesin radiologi yang digunakan.

e. Akademisi

Anda juga berpeluang untuk bisa memiliki profesi sebagai seorang akademisi seperti menjadi dosen di sebuah universitas misalnya. Dengan mengajar di sebuah universitas setelah memiliki pendidikan Sarjana dan Pascasarjana, Anda bisa langsung mendaftar menjadi dosen untuk mengajarkan pengetahuan dan keahlian menjadi radiografer pada mahasiswa.

f. Konselor genetis

Adalah tugas sebagai seorang konselor yang memberikan layanan konsultasi terkait topik genetik yang dibutuhkan oleh pasien.

g. Peneliti

Jika ingin menjalani profesi sebagai peneliti di bidang radiologi juga bisa dilakukan oleh Anda. Dalam hal ini Anda akan memiliki pekerjaan untuk mengerjakan proyek penelitian sesuai dengan kebutuhan yang memiliki proyek. Besar gaji atau pendapatan tentunya disesuaikan dengan skala proyek penelitian yang dikerjakan.

jurusan radiologi
jurusan radiologi

Daftar Universitas Jurusan Radiologi Terbaik di Indonesia

Setelah mengetahui apa saja keunggulan untuk berkuliah di jurusan radiologi, kini waktunya Anda menyimak universitas mana saja yang memiliki jurusan radiologi terbaik yang bisa menjadi rujukan untuk Anda. Berikut informasinya Kami bagikan pada Anda.

  1. Universitas Indonesia.

Merupakan universitas Negeri yang memiliki jurusan radiologi dan berada di kota Depok Jawa Barat. Jurusan Radiologi FKUI diketahui memiliki keunikan terutama dalam bidang hybrid radiologi serta bidang transplantasi hepar yang memiliki daya saing.

Jurusan Radiologi FKUI sendiri sudah memiliki rumah sakit pendidikan utama yaitu RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo serta 4 RS Jejaring yang terdiri dari RS Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, RS Umum Pusat Fatmawati, RS Anak dan Bunda Harapan Kita serta RS Kanker Dharmais yang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap sekaligus variasi kasus untuk menambah pengetahuan bidang radiologi.

 2. Jurusan Radiologi Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada, terutama untuk Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan menaungi sebuah program studi Program Pendidikan Dokter Spesialis atau PPDS Radiologi.

Sejak dibentuknya Bagian Radiologi Fakultas Kedokteran UGM pada tahun 1949, bagian radiologi menjadi tak terpisahkan dari proses pendidikan yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran UGM.

3. Jurusan Radiologi Universitas Diponegoro Semarang

Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro bekerja sama dengan RS. Dr. Kariadi dalam penyelenggaraan pendidikan untuk para mahasiswanya. Dan sejak tahun 2016, FK Undip membuka program studi baru yaitu Farmasi dan Kedokteran Gigi. Program studi radiologi juga bernaung di bawah fakultas kedokteran Universitas Diponegoro ini.

Hingga saat ini, peluang untuk bekerja menjadi seorang radiolog memang masih menjadi profesi impian yang belum dicapai oleh kebanyakan orang. Bahwa setelah para mahasiswa jurusan radiolog lulus dari pendidikannya, mereka memiliki rentang waktu tunggu yang terbilang rendah sehingga semua lulusan akan langsung direkrut oleh berbagai fasilitas penyedia layanan kesehatan yang berkualitas.

Baik itu untuk rumah sakit milik pemerintah, milik swasta hingga fasilitas kesehatan lainnya yang memiliki pelayanan khusus Radiologi, pencitraan bidang medis dan radiologi intervensional.

Kesempatan untuk memiliki profesi lulusan jurusan radiologi juga sangat terbuka luas khususnya dalam bidang pengembangan ilmu pengetahuan, baik itu dalam bidang perumusan kebijakan kesehatan tingkat internasional maupun nasional, penelitian kesehatan multidisipliner, serta dalam bidang pendidikan SDM (sumber daya manusia) yang ada di dalam bidang radiologi itu sendiri.

Semua mahasiswa jurusan radiologi akan mendapatkan bekal pendidikan soft skill selama masa pendidikan mereka, sehingga mereka akan memiliki sebuah keahlian untuk memberikan partisipasi aktif serta memberikan kesempatan dalam berkarir di organisasi atau kepemimpinan untuk bisa mencapai pengelolaan pelayanan radiologi yang lebih aman, efektif dan efisien.

Dokter spesialis apa yang kurang familiar, tapi fungsinya krusial?

Pernah dengar Spesialis patologi klinik? Spesialis patologi anatomi? Spesialis radiologi? Spesialis kedokteran penerbangan? Atau mungkin kedokteran nuklir atau kedokteran okupasi?
Itu adalah segelintir dokter spesialis yg kurang terkenal tapi ikut andil dalam mendiagnosa, memberi terapi dan monitoring. Dalam dunia kedokteran, dokter tidak pernah benar2 bekerja sendirian. Selalu dalam sebuah tim.

Itulah ulasan lengkap mengenai jurusan radiologi yang hingga saat ini masih menjadi salah satu profesi yang banyak dibutuhkan namun masih banyak generasi muda yang tak tertarik untuk menggeluti ilmu tersebut. Dengan biaya kuliah jurusan radiologi yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan karir yang cemerlang untuk masa depan yang lebih baik.

Editor Choices :

Pilih universitas dengan jurusan yang terbaik untuk jurusan radiologi, fokus pada pendidikan radiologi dan dapatkan pengalaman terbaik dalam bidang tersebut. Kemampuan yang terbaik dalam bidang radiologi pastinya akan membuat diri Anda dicari oleh pekerjaan yang diidamkan. Sekian dan semoga sukses.

Komentar / Pertanyaan