4 Sekolah Marshaller di Indonesia dan Biaya Pendidikannya

Marshaller merupakan seseorang yang berprofesi sebagai juru parkir pesawat atau biasa dikenal dengan istilah “Aircraft Marshaller”. Apabila kalian tertarik untuk berkarier dalam bidang ini, maka sedari awal harus sudah mempersiapkan ilmunya di berbagai sekolah marshaller di Indonesia.

Walaupun hanya berperan sebagai juru parkir, namun jangan anggap enteng penghasilan seorang marshaller. Dengan estimasi gaji mulai dari 3jt hingga belasan juta per bulan, tentu membuat profesi ini dilirik banyak orang.

Mengenal Tentang Profesi Marshaller

Marshaller adalah operator bandara yang masuk dalam kategori “Ground Support” yang bertugas memberikan aba-aba atau komando secara visual kepada pilot pesawat pada saat landing maupun take off.

Sekolah Marshaller di Indonesia

Dalam proses penerbangan di suatu bandara, kita mengenal ada empat bagian utama yang berperan penting dalam mengurus lalu lintas pesawat atau biasa disebut sebagai airlines crew. Di antaranya adalah:

  • Aviation Security (AVSEC): personel keamanan yang bertugas untuk menjaga, mengawasi, dan melindungi segala aspek keamanan di ruang lingkup bandara.
  • Flight Operation Officer (FOO): personel bandara yang bertanggung jawab alam mengatur jadwal keberangkatan atau rencana penerbangan dari keseluruhan pesawat.
  • Dangerous Good (DG): personel yang berperan dalam pengiriman dan penerimaan barang-barang yang diangkut dalam kargo pesawat agar tidak terdapat barang berbahaya.
  • Ground System Equipment (GSE): personel yang mendukung proses penerbangan dari lapangan secara langsung. Selain aircraft marshaller, GSE juga mengacu pada  peralatan lalu lintas penerbangan seperti GPS, BTT, ATT, dan ASS.

Persyaratan Menjadi Marshaller

Untuk menjalankan tugasnya sebagai marshaller, maka sebagai pendaftar kita wajib memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Berikut di antaranya:

  • Usia 18 – 35 tahun
  • Tinggi badan 158 – 160 cm (wanita)
  • Tinggi badan 165 – 170 cm (pria)
  • Berat badan ideal
  • Berkepribadian baik
  • Berpenampilan menarik
  • Sehati jasmani rohani
  • Mampu berkomunikasi dengan baik
  • Lulusan SMA sederajat
  • Memiliki lisensi khusus

Tidak seperti menjadi pilot atau pramugari yang membutuhkan sekolah perguruan tinggi khusus penerbangan, menjadi marshaller syaratnya cukup mudah karena kalian hanya perlu mengikuti pendidikan marshaller di salah satu lembaga pelatihan yang telah bekerja sama dengan Departemen Perhubungan.

Jadi, walaupun kalian hanya lulusan SMA sederajat namun tetap berpeluang untuk bisa menjadi seorang marshaller asalkan memiliki lisensi yang didapatkan dari hasil pendidikan kilat di salah satu sekolah marshaller di Indonesia.

Daftar Sekolah Marshaller di Indonesia

Apabila kalian ingin mendaftar sebagai seorang marshaller, maka tidak perlu masuk sekolah perguruan tinggi penerbangan. Cukup ikuti salah satu lembaga pendidikan aviasi yang terdaftar di Kemenhub RI seperti berikut ini:

Nama SekolahLokasiWaktuBiaya
Asta Learning CenterDenpasar, Bali1 bulanRp 9.500.000
SAS Training CenterSukoharjo, Jawa Tengah7 hariRp 8.500.000
Jogja FlightKalasan, DIY Yogyakarta1 bulanRp 8.000.000
Poltekbang PalembangPalembang, Sumatera Selatan15 hariRp 8.000.000

Keterangan:

  • Sekolah marshaller di Indonesia di atas merupakan kampus sekaligus LPK yang telah bekerja sama secara resmi dengan Kemenhub RI sehingga terjamin kualitas dan standar pembelajarannya.
  • Rincian tarif di atas belum termasuk biaya pendaftaran sesuai kebijakan yang ditetapkan oleh masing-masing sekolah marshaller tersebut di atas.
  • Biaya di atas sudah termasuk biaya pendidikan, biaya pelatihan OJT, dan biaya lisensi. Namun belum termasuk biaya transportasi OJT, dan biaya lain di luar ketiga biaya tersebut.
  • Tiap LPK memiliki jangka waktu pembelajaran yang berbeda-beda tergantung dari sistem pengajaran yang mereka lakukan.
  • Sistem diklat (pendidikan kilat) yang dilakukan di sekolah marshaller terdiri atas teori sekaligus praktek. Proporsi antara keduanya berbeda-beda sesuai dengan ketentuan dari pihak sekolah.

Biaya Sekolah Marshaller di Indonesia

Biaya sekolah marshaller di Indonesia tidak semahal biaya sekolah di perguruan tinggi penerbangan yang ditujukan untuk menjadi pilot atau pramugari yang mana biayanya sangat mahal yakni mulai dari puluhan juta hingga hampir mencapai milyaran rupiah.


Hal ini dikarenakan proses pembelajarannya yang singkat dan lisensinya pun tidak semahal saat mendapatkan lisensi untuk pilot, pramugari, maupun teknisi mekanik pesawat. Nah, berikut kami berikan rincian detail seputar daftar biaya yang harus dibayarkan saat akan masuk sekolah marshaller:

1) Biaya Pendaftaran

Pertama adalah biaya pendaftaran yang mana biaya ini menyangkut administrasi dan berkas registrasi yang didapatkan oleh calon pendaftar. Jenis biaya ini harus dibayarkan saat proses pendaftaran awal berlangsung. Jadi baik lolos maupun tidak lolos saat pendaftaran, maka biaya ini tidak akan dikembalikan.

Bagi beberapa sekolah marshaller, mereka sudah menyediakan layanan tes kesehatan dan tes buta  warna yang sepaket dalam biaya pendaftaran tersebut. Namun, ada juga yang belum menyediakannya sehingga kita harus mendapatkan surat keterangan sehat secara mandiri.

Cara menjadi marshaller wanita

2) Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan mencangkup segala jenis pembiayaan yang berkaitan dengan proses pelatihan menjadi marshaller. Di antaranya ialah:

  • Set seragam marshaller
  • ID card
  • Modul pembelajaran
  • OJT (On Job Training)
  • Kaos diklat
  • Perpustakaan
  • Ruang belajar ber AC
  • Layanan wifi gratis
  • Tas atau totebag
  • Pin wings

Tiap sekolah marshaller menyediakan biaya pendidikan yang berbeda-beda besarnya. Namun rata-rata ialah berada di kisaran angka di atas Rp 3.000.000 untuk tiap program pendidikan yang terdiri atas 1 minggu hingga 1 bulan.


3) Biaya Lisensi Marshaller

Menjadi seorang marshaller harus punya lisensi berupa SKTP yang dibuat langsung oleh Kementrian Perhubungan Udara. Tanpa memiliki lisensi ini, maka kalian tidak akan bisa mendaftar menjadi marshaller di manapun.

Saat ini, biaya lisensi yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Kemenhub ialah Rp 5.000.000 per lisensi. Nah, lisensi ini hanya bisa kalian dapatkan apabila sudah lulus ujian teori maupun ujian praktek yang diadalah oleh LPK.

4) Biaya Transportasi dan Akomodasi

Biaya yang lebih besar sesungguhnya ialah biaya akomodasi dan transportasi yang kita keluarkan selama proses OJT (On Job Training) langsung di bandara.

Seperti yang kita tahu bahwa biaya menginap dan transportasi dekat bandara sangatlah mahal. Terlebih jika program pendidikannya lama. Karena itu, kami sarankan untuk mencoba beberapa cara berikut:

  • Pilihlah akomodasi yang direkomendasikan dari pihak sekolah
  • Bawa kendaraan sendiri agar tidak perlu bolak-balik bayar biaya tranportasi
  • Pilih sekolah marshaller yang jangka waktunya singkat

Lama Pendidikan Sekolah Marshaller di Indonesia

Seperti yang telah kami singgung dalam ulasan di atas, bahwa lama pendidikan sekolah marshaller itu bergantung kepada pelaksana Diklat di suatu LPK.

Jadi, ada yang sangat singkat hanya dalam beberapa hari dan ada yang hingga berbulan-bulan. Namun rata-rata lama pendidikan yang dibutuhkan ialah antara 7 hari – 1 bulan.

Proses pembelajarannya pun sangat mempengaruhinya, karena ada sekolah marshaller yang menetapkan sistem pembelajaran full dari pagi hingga sore dan ada juga yang menyediakan kelas hanya sore atau malam saja.

marshaller tukang parkir pesawat

Risiko Menjadi Marshaller yang Harus Diantisipasi

Di samping gajinya yang besar dan menggiurkan, marshaller pun memiliki beberapa risiko yang perlu diwaspadai. Berikut di antaranya:

  1. Pesawat yang diparkir meleset dari garis yang sudah ditentukan (risiko yang paling umum terjadi di lapangan).
  2. Bekerja dalam kondisi cuaca apapun baik siang yang begitu terik dan panas, hujan petir, maupun saat malam yang dingin.
  3. Pesawat gagal landing karena masalah cuaca ekstrem seperti angin yang kencang, badai, ataupun masalah landasan.
  4. Mental harus kuat karena bekerja di bawah tekanan yang terus menerus sesuai jadwal yang ada, bahkan harus siap shift siang malam.
  5. Dituntut untuk memiliki daya fokus yang tinggi, cekatan, tegas, dan selalu sigap atas setiap jadwal take off atau landing pesawat.
Editor Choices :

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan seputar sekolah marshaller di Indonesia. semoga bermanfaat dan sampai bertemu lagi di artikel yang akan datang!

Komentar / Pertanyaan