11 Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika

Jurusan kuliah yang tidak ada matematika? Apa ada jurusan yang seperti itu? Jawabannya adalah ada. Tidak semua ilmu pengetahuan selalu berhubungan dengan angka-angka, rumus yang rumit, serta teori yang akan membuat otak menjadi penat.

Ada beberapa jurusan kuliah atau program studi yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan matematika. Ini akan sangat cocok untuk kamu yang memang ada dasarnya tidak menaruh perhatian lebih atau tidak bisa menguasai soal perhitungan dengan pandai.

Yang perlu kamu kuasai dan miliki adalah kemampuan untuk menganalisa. Lalu apa saja sih jurusan yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan matematika? Simak penjelasannya dibawah ini!

Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika

Berikut ini 11 Jurusan Kuliah Yang Tidak Perlu Bertemu Dengan Matematika

Bagi kamu yang akan memasuki bangku perkuliahan namun masih bingung jurusan apa yang tidak akan hubungannya dengan matematika karena kamu tidak pandai berhitung?

Kamu tidak perlu khawatir, tidak semua orang di dunia ini wajib untuk pandai berhitung atau menguasai segala hal dengan baik. Ada kalanya beberapa orang memang ahli di bidang yang berbeda. Nah berikut ini 11 daftar jurusan kuliah yang tidak ada matematika :

  1. Program Studi Ilmu Sejarah

Ilmu Sejarah merupakan jurusan kuliah atau program studi yang tidak perlu mempelajari Matematika. Disini kamu kan mempelajari kisah atau peristiwa yang terjadi di masa lampau yang akan membuatmu bisa memetik sebuah hikmah, fenomena, karakter, dan hal lain yang akan bisa kamu bandingkan dengan keadaan saat ini. Kamu hanya akan menemukan huruf dan kata yang menjadi sebuah kalimat tanpa harus ada angka di setiap mata kuliahnya.

  1. Program Studi Kriminologi

Jurusan kuliah atau progra studi Kriminologi yang merupakan bagian dan pengembangan dari Ilmu Hukum dan Sosial ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai kasus-kasus kejahatan.

advertisement

Disini kamu akan terbebas dari yang namanya angka dan berhitung. Kamu akan dilatih untuk mengolah perilaku masyarakat untuk menyusuri dan menganalisa suatu kasus kejahatan hingga menemukan solusi untuk mengatasinya.

  1. Program Studi Desain Animasi

Kamu suka dengan pelajaran seni namun bosan dengan seni klasik? Mungkin kamu akan cocok dan tertarik dengan jurusan kuliah atau program studi Desain Animasi. Disini kamu bisa mengembangkan minat dan bakatmu di bidang seni melalui media yang lebih modern dan canggih.

Kamu akan menghabiskan waktu untuk menggambar daripada harus menghitung dan berjumpa dengan angka-angka yang akan membuatmu pusing. Jurusan kuliah atau program studi Desain Animasi ini berfokus pada film atau game 3D. Keren banget kan?

Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika dan hitung-hitungan
  1. Program Studi Sosiologi

Hampir semua jurusan kuliah atau program studi yang berhubungan dengan Humaniora tidak akan ada matematika di dalamnya, termasuk program studi Sosiologi.

Sosiologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari sikap dan perilaku manusia dalam berkehidupan sosial. Program studi ini termasuk luas cakupannya yang lebih spesifik, seperti Sosiologi Gender, Sosiologi Ekonomi, Sosiologi Pembangunan, Sosiologi Lingkungan, dan Sosiologi Industri.

  1. Program Studi Pendidikan Bahasa

Pernahkah kamu menjumpai matematika di dalam pelajaran Bahasa baik itu Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, maupun bahasa yang lainnya? Disini kamu akan dijamin tidak akan menjumpai masalah perhitungan dan berfokus pada seluk beluk bahasa termasuk juga metode cara pembelajarannya.

advertisement
  1. Program Studi Sastra

Tidak jauh berbeda dengan Program Studi Bahasa, Program Studi Sastra merupakan program studi yang terfokus pada seluk beluk sastra mulai dari drama, puisi, kisah, dan hal lain.

Pada beberapa kondisi, mempelajari sastra sama dengan mempelajari bahasa namun yang membuatnya berbeda adalah ruang lingkupnya. Lulusan sastra akan bisa menjadi seorang seniman, aktor, penulis, maupun profesi lain yang berhubungan dengan seni.

  1. Program Studi Hubungan Internasional

Menjadi seorang mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional tentu akan menjadi sebuah kebanggan tersendiri. Program Studi ini dianggap sebagai salah satu program studi yang paling keren dikalangan program studi Humaniora.

Untuk bisa menjadi mahasiswa dari program studi ini, kamu tidak perlu pandai berhitung matematika karena tidak akan mata kuliah yang menuntutmu untuk berhitung. Kamu hanya diwajibkan untuk cakap berkomunikasi, baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Asing khususnya Bahasa Inggris.

  1. Program Studi Sendratasik

Kamu anak seni? Tertarik dengan dunia Sendratasik? Program Studi ini akan cocok untuk kamu, terlebih lagi di program studi ini kamu tidak perlu menghafalak teori yang sangat rumit ataupun repot untuk berhitung. Program studi ini akan sangat menyenangkan karena dipenuhi dengan kegiatan praktek yang akan mengasah bakat dan kreatifitasmu.

  1. Program Studi Ilmu Hukum

Program studi Ilmu Hukum hingga saat ini merupakan salah satu program studi yang memiliki paling banyak peminat. Hampir di semua Perguruan Tinggi baik Swasta maupun Negeri, program studi ini selalu tidak pernah sepi mahasiswa.

advertisement

Disini kamu akan mempelajari tentang seluk beluk dunia hukum, baik dalam negeri, maupun hukum yang berlaku di luar negeri. Kamu tidak perlu khawatir karena disini kemampuan yang dibutuhkan hanyalah tentang seberapa cakapnya kamu berkomunikasi dan menganalisis suatu peristiwa yang berhubungan dengan hukum.

jurusan kuliah yang tidak ada matematika
  1. Program Studi Ilmu Filsafat

Kamu tidak suka berhitung? Tapi kamu suka menganalisa ataupun menghafal? Mungkin kamu akan cocok dengan program studi yang satu ini. Program Studi Ilmu Filsafat memang dikenal sebagai salah satu jurusan kuliah yang memerlukan kemampuan berfikir yang cukup rumit, namun tidak akan serumit menyelesaikan soal-soal matematika.

Kamu tidak akan menjumpai angka-angka yang harus kamu temukan cara penyelesaiannya. Disini kamu akan dituntut untuk berfikir logis, kritis, gemar membaca, berdiskusi dan hal lainnya.

  1. Program Studi Ilmu Komunikasi

Program Studi Ilmu Komunikasi saat ini merupakan program studi yang selalu diminati oleh calon mahasiswa. Banyak sekali pelajar yang bahkan masih duduk di bangku SMA sudah berencana ingin mengambil program studi ini. Terutama bagi mereka yang tidak menyukai matematika.

Di program studi ini kamu akan belajar tentang bagaimana caranya menulis berita, public speaking, membuat film, animasi, iklan, desain, fotografi, dan hal lain yang tentunya akan sangat menarik dan keren.

jurusan kuliah yang tidak ada matematika dan hitung-hitungan

Apakah orang cerdas selalu berhubungan dengan hitung-hitungan?

Tidak. Karena kecerdasan menghitung adalah 1 dari beberapa kecerdasan, antara lain:
Kecerdasan Lingusitik, Intrapersonal, Kinestetik(tubuh), Spasial(gambar), Musik, Naturalis Alam, Interpersonal.

advertisement

Mengapa kebanyakan siswa tidak menyukai pelajaran hitung hitungan?

Menurut pengalaman saya pribadi, banyak siswa yang men-sugesti dirinya sendiri. Maksudnya, sebelum siswa tersebut melihat dan mencoba terlebih dahulu, siswa sudah mengatakan bahwa belajar hitung-hitungan itu sulit. Padahal belajar hitung-hitungan itu merupakan hal yang menyenangkan.

Nah, itu dia 11 pilihan jurusan kuliah yang tidak ada matematika! Kamu tidak akan menjumpai angka-angka yang sangat rumit untuk menyelesaikan permasalahannya.

Kamu tidak akan dituntut untuk memahami dan menghafalkan sederet rumus yang tampak terlihat sama padahal berbeda. Kamu hanya perlu memahami beberapa teori atau menguasai beberapa hal yang bisa dipahami dengan cara yang mudah.

Meskipun di beberapa jurusan kuliah atau program studi diatas tidak akan terlepas sepenuhnya dari soal hitung berhitung, namun tingkat kesulitannya akan sangat berbeda dengan jurusan kuliah atau program studi yang berhubungan dengan matematika lainnya. Jadi, pilihlah jurusan kuliah atau program studi yang cocok dengan minat dan bakatmu ya!

advertisement

Tinggalkan Komentar / Pertanyaan


Chief Executive Officer

CEO DeckaRenas A scientist who loves to write about anything especially about education, lifestyle, tech stuff and popular science. Learn something new and pretty good in digital literacy.
  Kontak: TwitTer | FaceBook | InstaGram