11 Jurusan untuk Introvert yang Paling Recommended !

Pemilihan jurusan ketika mendaftar ke perguruan tinggi perlu perhitungan dan pertimbangan yang matang. Khususnya bagi seorang introvert karena akan berdampak terhadap karir dan pekerjaan di masa depan. Oleh sebab itu, jurusan untuk introvert yang tepat perlu diketahui agar tidak salah dalam memilih jurusan di perkuliahan.

Apa Itu Introvert?

Sebelum menentukan jurusan yang cocok, sebaiknya kenali terlebih dahulu seputar introvert. Banyak mitos beredar bahwa orang yang introvert cenderung pemalu dan tidak dapat bergaul.

Padahal faktanya, seorang introvert lebih banyak mengeluarkan energi ketika berada di keramaian. Sehingga mereka akan mengisi ulang kembali energinya saat sedang sendirian. Itulah mengapa orang yang introvert lebih senang menyendiri.

advertisement
jurusan untuk introvert

Apa kelebihan dari seorang introvert?

Orang introvert pada umumnya adalah orang yang Cerdas dan pandai, ahli dalam strategi (perencana ulung). kreatif dan imajinatif, memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi, talkless do more sedikit bicara banyak bekerja, memiliki ciri khas tersendiri (tidak peduli dengan tren masa kini / sederhana dan antimainstream), tidak suka mencari perhatian (caper) dan low profile, pendengar yang baik (cocok dijadikan teman curhat), pandai memecahkan masalah, pandai menjaga rahasia, sangat menghargai pertemanan dll

introvert

Kepribadian introvert cenderung lebih fokus pada pikiran, perasaan dan suasana hati di dalam diri mereka sendiri. Berbeda dengan kepribadian sebaliknya yaitu ekstrovert dengan sifat terbuka dan sangat antusias saat berbicara dengan orang lain.

My first instinct when I see an animal is to say ‘hello’.
My first instinct when I see a person is to avoid eye contact and hope it goes away.

adv

Jurusan yang Cocok bagi Seorang Introvert

Bagi seorang introvert, pemilihan jurusan yang tepat sangat penting agar dapat memaksimalkan potensi, passion, serta bakatnya. Berikut ini beberapa jurusan untuk introvert yang perlu Anda ketahui:

1. Jurusan Bahasa dan Sastra

Jurusan bahasa dan sastra umumnya identik dengan percakapan dan bentuk komunikasi secara langsung (tatap muka). Padahal kenyataannya, jurusan ini lebih berfokus teori di dalam bahasa itu sendiri, sehingga dapat menjadi pilihan yang tepat bagi seorang introvert.

Saat Anda lulus dari jurusan bahasa dan sastra asing, mungkin Anda akan mendapatkan pekerjaan sebagai seorang penerjemah. Pekerjaan yang cocok untuk introvert karena lebih banyak menghabiskan waktu dengan teks-teks terjemahan daripada berkomunikasi dengan orang lain.

ads

2. Teknik atau Sistem Informatika

Jurusan teknik informatika atau sistem informatika berfokus pada pemrograman di dalam komputer. Jurusan ini dapat dipilih oleh seorang introvert karena tidak harus menghabiskan waktu untuk berbicara atau bertemu dengan orang lain.

Jurusan teknik informatika merupakan salah satu jurusan yang paling banyak diminati di hampir setiap perguruan tinggi. Tingkat persaingan untuk mendapatkan kursi di jurusan ini pun cukup ketat, jika Anda ingin mengambil jurusan teknik informatika pastikan Anda memiliki bakat dan minat yang kuat.

alasan memilih jurusan informatika

3. Jurusan Sains

Kuliah di jurusan sains akan lebih banyak menghabiskan waktu di dalam laboratorium untuk melakukan penelitian. Hal tersebut sangat cocok bagi seorang introvert yang merasa kurang nyaman saat berada di keramaian.

a d s

Anda dapat memilih jurusan sains, jika ingin mendapatkan pekerjaan yang berfokus pada penelitian serta pengembangan ilmu pengetahuan. Persiapan yang matang sangat diperlukan jika Anda ingin mengambil jurusan sains, sebab kemampuan dalam menghapal istilah-istilah ilmiah dan rumus kimia termasuk cukup rumit.

4. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Bagi Anda yang memiliki hobi membaca, maka Anda dapat memilih jurusan ilmu perpustakaan. Di jurusan ini Anda akan mempelajari mengenai informasi teknologi, managemen data (pengarsipan), dan managemen pengumpulan data.  Jurusan ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki sifat teliti dan disiplin.

Jika Anda termasuk orang yang pendiam namun tetap ingin membangun komunikasi yang baik, maka Anda dapat mengambil jurusan ilmu perpustakaan. Anda dapat bekerja di tempat yang tenang setelah lulus yaitu di sebuah perpustakaan.

5. Jurusan Desain Grafis

Jurusan desain grafis lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer dan berfokus pada desain. Seperti sebuah ungkapan quote yaitu “pekerjaanmu berbicara lebih keras dibanding suaramu” yang sangat relevan dengan para mahasiswa yang kuliah di jurusan desain grafis.

Anda akan disibukkan dengan tugas-tugas merancang, melakukan analisa, serta menghasilkan karya. Sehingga Anda tidak perlu menghadapi keramaian, jika Anda merasa memiliki bakat dan passion yang kuat, Anda dapat mengambil jurusan desain grafis.

sponsor
Alasan Memilih Jurusan Akuntansi

6. Jurusan Akuntansi

Jurusan akuntansi juga sangat cocok bagi seorang introvert, pasalnya di jurusan akuntansi Anda akan mempelajari segala hal mengenai metode pencatatan dan transaksi keuangan. Jurusan akuntansi membutuhkan perhitungan yang akurat, sehingga konsentrasi dan fokus menjadi tugas utama.

Orang-orang introvert yang cenderung lebih fokus akan sangat berguna jika mengambil jurusan akuntansi. Sebab perhitungan dan pencatatan setiap transaksi menjadi lebih detail dan akurat.

7. Jurusan Farmasi


Saat berkuliah di jurusan farmasi, waktu Anda akan banyak digunakan untuk menguasai teori dan melakukan praktik di dalam laboratorium. Jurusan farmasi akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk membuat formula, mengidentifikasi dan meracik obat, serta menganalisis obat-obatan.

Sehingga sangat cocok bagi seorang introvert yang tidak harus bertemu dan berkomunikasi dengan banyak orang. Namun saat bekerja di bidang farmasi Anda mungkin akan tetap menjadi seorang front-liner untuk menjelaskan tentang obat-obatan kepada pasien.

Jurusan Saintek UGM

8. Jurusan MIPA

iklan

Semua jurusan yang termasuk ke dalam fakultas MIPA sangat cocok untuk orang introvert dan cenderung pendiam. Jurusan matematika membutuhkan konsentrasi dan fokus yang baik dalam memahami teori dan mengaplikasikannya ke dalam setiap kegiatan praktik.

Demikian juga dalam jurusan biologi, fisika dan kimia yang akan lebih banyak menghabiskan waktu di laboratorium. Kemampuan dalam pemahaman dan menganalisa akan diasah dengan baik jika Anda mengambil jurusan MIPA. Anda pun akan sibuk dengan berbagai hapalan rumus-rumus yang cukup menantang.

Jurusan Saintek UGM

9. Jurusan Radiologi

Saat Anda melakukan rontgen di rumah sakit, Anda akan dibantu oleh seorang perawat khusus. Orang tersebut dulunya mengambil kuliah di jurusan radiologi. Jurusan radiologi termasuk ke dalam studi terapan yang secara umum merupakan jenjang diploma.

Pada masa perkuliahan Anda akan berfokus pada laboratorium serta mengoperasikan alat-alat. Selain itu, Anda tidak harus berinteraksi terlalu sering dengan orang lain jika mengambil jurusan radiologi.

10. Jurusan Pemasaran

Jurusan Pemasaran atau lebih dikenal dengan sebutan teknik marketing juga termasuk cocok bagi para introvert. Ketika bekerja di bidang pemasaran, Anda akan fokus terhadap target pasar melalui media sosial.

Anda akan bekerja di depan komputer atau media komunikasi elektronik lainnya yang tidak memerlukan interaksi langsung dengan orang lain. Jurusan pemasaran berfokus pada produk yang akan ditawarkan kepada pembeli dengan memanfaatkan jaringan internet.

jurusan arsitek

11. Jurusan Teknik Arsitek

Jurusan teknik arsitek hampir serupa dengan jurusan desain grafis, perbedaannya hanya terletak pada objek yang akan dirancang. Jurusan teknik arsitek juga disebut sebagai jurusan desain interior yang berfokus pada perancangan bangunan. Jurusan ini cocok sekali bagi seorang introvert yang bekerja dengan fokus penuh terhadap rancangan bangunan.

Apakah introvert merupakan suatu kelemahan?

Menjadi introvert, adalah dua keping mata uang kelemahan dan kelebihan. Sama saja dengan menjadi seorang extrovert.
PR-nya adalah, bagaimana seorang introvert bisa mengenali dirinya lebih utuh, sehingga dia bisa menutup kelemahan dirinya dengan belajar, dan mengoptimalkan kelebihan dirinya dengan berkarya.

Introvert bukanlah permanen. Waktu peralihan dari extrovert menjadi introvert (dan juga kebalikanya) tidak sama tiap individu. Menjadi introvert / extrovert adalah adaptasi manusia menghadapi lingkungannya.

Apakah mungkin seorang introvert bisa jadi pengusaha ?

Kalau Anda seorang introvert, jangan coba-coba membebani diri dengan berupaya menjadi seorang yang ekstrovert karena ingin menjadi pengusaha.
Mungkin benar bahwa kemampuan sosialisasi kaum ekstrovert lebih baik karena mereka mampu membangun relasi dan cepat beradaptasi.

Tapi, dalam dunia usaha, tak selamanya semua hal bergantung pada kemampuan sosialisasi. Walau ini penting. Saya rasa, kaum introvert tak kalah memukau karena sifat pendiamnya itu tidak melulu adalah kekurangan. Justru merupakan kelebihan yang sangat besar jika mampu dimanfaatkan secara optimal.

Demikianlah sebelas jurusan untuk introvert yang perlu Anda ketahui sebelum memilih jurusan di bangku kuliah. Pastikan Anda memilih jurusan sesuai dengan kemampuan Anda selain melihat kepribadian Anda sebagai seorang introvert, karena seorang introvert tetap dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp
Tinggalkan komentar

Author / CEO

CEO DeckaRenasAzkayra Jihan S.Kom
An engineer who loves to write about anything especially education, movies and popular science.
Kontak: TwitTer | FaceBook | InstaGram