7 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Orang Pendiam

Apabila kamu tipikal orang suka menyendiri dan tidak banyak omong, maka perlu mepertimbangkan apa saja Jurusan kuliah yang cocok untuk orang pendiam. Kepribadian yang kita miliki adalah sesuatu yang tidak bisa kita memilihnya sendiri. Perjalanan kita sejauh ini dan pengalaman yang kita miliki menentukan kepribadian dan perilaku kita. Beberapa dari kita hiperaktif, sosialisasi bagus dan ceria.

Ada juga sebagian dari kita yang lebih suka merasa nyaman dan nyaman dengan dunia kita sendiri. Tidak ada salahnya menjadi seorang ekstrovert atau introvert. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hanya saja kadang-kadang orang menganggap introvert lebih powerless dan menjadi minoritas.

Padahal, ada banyak cara untuk menciptakan kemampuan orang introvert untuk berbicara dengan sendirinya. Jika anda introvert atau pendiam dibawah akan kami berikan informasi mengenai jurusan kuliah yang cocok untuk orang pendiam.

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Orang Pendiam

Orang pendiam menurut psikologi

Orang pendiam menurut psikologiyaitu Carl Jung, seorang psikolog menggambarkan seorang introvert sebagai pemikir kreatif dan pemecah masalah. Mereka hanya tidak suka mengatakannya atau berbicara sebelum benar-benar matang. Seorang introvert juga dapat bersosialisasi dan bekerja dengan banyak orang. Tergantung pada tingkat kenyamanan, saya lebih nyaman bahkan dengan tim kecil saya sendiri.

Ciri lain dari seorang introvert adalah:

  • Mereka lebih suka mendengarkan daripada berbicara
  • Mereka lebih suka berbicara dengan satu atau dua orang saja
  • Detail oriented
  • tipe menunggu untuk diajak bicara terlebih dahulu
  • Dia biasanya terlihat tenang
  • Berpikiran terbuka
  • Ejnoy bekerja sendirian atau dengan satu orang saja.

Bagaimana membedakan orang introvert dan yang mengaku introvert?

1. Introvert asli tidak ingin menjadi populer. Mencari perhatian bukan tujuan mereka. Kadang mereka tahu banyak hal dan mempunyai kecerdasan luar biasa tapi tidak akan pernah menunjukkan hal tersebut jika tidak diminta pendapat mereka.
2. Introvert sejati bisa berpidato di depan ratusan orang tapi merasa tidak nyaman jika harus berbaur dengan puluhan orang. Dalam diskusi grup mereka lebih sering mendengarkan, tapi begitu berbicara aura mereka yang penuh kharisma akan terlihat.
3. Introvert asli tidak punya banyak teman, bukan karena tidak bisa tapi tidak mau. Tapi jika bisa berteman dengan mereka biasanya introvert asli jujur, setia, dan adil. Sedangkan yang palsu mereka ingin punya banyak teman, diundang ke berbagai acara atau panjat sosial.
4. Introvert asli sama sekali tidak peduli dengan penampilan. Bagi mereka baju atau potongan rambut yang bagus hanyalah artificial.

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Orang Pendiam Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Orang Pendiam

Jurusan kuliah yang cocok untuk orang pendiam

 Tidak mudah untuk membuat introvert berbicara lama dan panjang lebar. Tetapi tidak sulit untuk membuat kemampuan introvert terlihat dan diakui. Mereka menyimpan harta dalam diri mereka. Di bawah ini adalah jurusan kuliah yang cocok untuk orang pendiam.

1. Akuntansi dam Menejemen

Dunia bisnis dikenal dengan banyak keterampilan yang harus dimiliki oleh para aktornya. Antara lain adalah keterampilan dalam berkomunikasi, bernegosiasi dan menjaga hubungan dengan orang lain. Karena itu, dunia bisnis sepertinya sulit bagi anak-anak yang pendiam.

Tapi tidak selamanya begitu. Masih ada bagian penting dari dunia bisnis yang membutuhkan introvert. Bidang akuntansi keuangan ini menuntut orang yang tidak banyak bicara tetapi berhati-hati. Oleh karena itu, jurusan akuntansi sangat ideal bagi mereka yang ingin memasuki dunia bisnis.

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Orang Pendiam

2. Desain grafis

Seorang desainer tidak perlu banyak berinteraksi dengan orang lain kecuali ketika mereka bertemu pelanggan. Hari-hari mereka akan penuh inspirasi. Jadi mereka akan bekerja dengan bantuan teknologi. Seorang desainer juga orang yang memiliki passion dan imajinasi tinggi. Mereka bekerja dengan hati dan pikiran.

3. Biologi atau sains

Bidang utama lain untuk orang yang pendiam adalah biologi atau sains. Departemen sains didominasi oleh praktik dan penelitian. Yang namanya penelitian. Tangan dan fokus Anda akan bekerja penuh waktu. Setelah lulus, mereka bisa menjadi peneliti atau teknisi lab yang kebetulan tidak perlu banyak kontak dengan orang lain.

4. Teknik komputer

Ini jelas penting bagi para introvert. Programmer dikenal cerdas dan dihormati. Mereka bisa menghabiskan berjam-jam di depan komputer dan berjuang dengan pemrograman.

Dalam pembelajaran lebih intens koding sehingg tidak perlu banyak berinteraksi dengan orang lain. Mereka hanya perlu fokus dan memastikan tidak ada yang salah dengan kode mereka. Anda tahu sendiri dalah pemrograman kurang satu titik atau koma saja program mereka tidak akan berfungsi.

4. Pemasaran Internet (internet marketing)

Bahkan ketika berhadapan dengan orang lain, internet marketing masih menggunakan komputer sebagai media. Mereka bebas menulis dan berinteraksi dengan orang lain tanpa harus bertemu.

Juga, fakta bahwa seorang introvert adalah orang yang cerdas dan berwawasan luas. Internet akan membuat interaksi diam mereka lebih mudah.

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Orang Pendiam

5. Farmasi

Ketika Anda belajar di jurusan farmasi, Anda menghabiskan banyak waktu untuk meneliti teori atau laboratorium sehingga nyaman bagi Anda. Anda akan belajar untuk mencampur, merumuskan, mengidentifikasi, menggabungkan dan menganalisis obat-obatan.

Namun, untuk menjadi seorang profesional di bidang ini, Anda akan melalui fase di mana Anda harus menjadi garis depan dalam memberikan informasi perawatan kepada pasien.

6. MIPA

Jurusan yang berada di ligkup MIPA juga merupakan jurusan kuliah yang cocok untuk cowok introvert. Jika Anda pandai matematika, kemampuan Anda adalah melakukan perhitungan dan perumusan jelas tidak bisa diragukan lagi.

Sementara itu, jika anda mengambil jurusan biologi, pemahaman dan menghafal akan menjadi teman harian Anda. Ilmuwan top seperti fisika, biologi dan kimia juga akan menghabiskan banyak waktu di lab.

Lulusan Jurusan MIPA Bisa Kerja Apa?

1. Dosen
2. ASN
3. Peneliti / Quality Control
4. Perbankan
5. Wirausaha.

7. Bahasa asing

Jurusan Bahasa Asing sebenarnya identik dalam komunikasi dan percakapan, tetapi tidak selalu demikian. Anda juga akan menghabiskan banyak waktu mempelajari teori, karena pada kenyataannya apa yang sedang dipelajari di jurusan Bahasa Asing di S1 ​​akan fokus pada konsep dan teori.

Setelah lulus, Anda dapat memilih pekerjaan sebagai penerjemah yang akan menghabiskan lebih banyak waktu menerjemahkan teks daripada berbicara.

Mengapa marahnya orang pendiam sangat ditakuti?

Orang pendiam terkesan memiliki karakter yang cenderung tertutup, cuek dan tidak suka banyak bicara.
Banyak orang yang berfikir bahwa orang pendiam ini tidak memiliki emosi atau perasaan. Bahkan ada saja orang yang bertanya-tanya: Si pendiam ini bisa marah nggak sih sebenarnya?
Di satu sisi, saya sering mendengar bahwa banyak orang mengatakan orang pendiam kalau marah itu bisa lebih berbahaya daripada orang-orang yang tidak pendiam.

Sebutkan Jurusan Kuliah yang Tidak Banyak Presentasi?

Semua jurusan atau program studi memiliki mata kuliah yang mengharuskan mahasiswa/i untuk berbicara didepan kelas untuk mempresentasikan project ataupun tugas kuliah, namun intensitas presentasi yang sedikit yaitu :
Desain Grafi, Ilmu Perpustakaan, Radiologi, Sastra, Farmasi, Teknik Arsitektur dan Seni Rupa

Apakah Cewek pendiam tidak menarik bagi cowok?

Tidak juga, masalah pendiam atau tidak itu bukan tolok ukur. Karakter pendiam kadang lebih disukai oleh pria karena beberapa hal, pertama bisa menjadi pendengar yang baik apabila sedang gelisah/sedih, dan sebagainya, itu semua tergantung kenyamanan masing-masing.

Bagaimana menghilangkan sifat pendiam? Apa salah jadi anak pendiam?

Sebagian orang memiliki perspektif masing-masing dalam melihat orang dengan kepribadian pendiam, entah itu positif ataupun negatif.
Hal tersebut bisa berpengaruh terhadap perilaku atau respon orang lain, dan jika itu memberikan respon yang negatif dari lingkungan atau orang sekitar, maka ada saatnya untuk memperbaiki sifat pendiam tersebut. Tidak perlu mengubah secara total cukup beberapa bagian yang memang orang lian, atau lingkungan sekitar merasakan ketidak nyamanan terhadap perilaku tersebut.

Diam sudah pasti sangat kamu nikmati karena terbiasa. Tapi jika kamu bisa merubah sikap diam tersebut, kitapun bisa mendapatkan sebuah wawasan dari orang lain dan melihat sudut pandang yang berbeda.

Ketika berdiam kita memiliki banyak pemahaman akan apa yang kita pikirkan, tapi hanya mengandalkan diri sendiri kita tidak memiliki warna dalam kehidupan kita sendiri.

Apa Ciri-ciri Mahsiswa/i Salah Pilih Jurusan ?

1. Bingung saat ditanya ‘Apa alasan kamu memilih jurusan tersebut?’
2. Tidak bisa menjawab ‘Apa rencana 5-10 tahun kedepan?’
3. Tidak mempunyai mata kuliah favorit
4. Sulit konsentrasi saat mendengarkan materi kuliah di kelas

Dengan menikmati sebuah interaksi kamu bisa menambah pengetahuan dan suatu yang tidak kamu ketahui, di tambah sebagai makhluk sosial memang pada dasarnya kita harus bisa berbaur dengan orang lain.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest