6 Tips Sukses Kuliah Teknik Sipil agar Dapet IPK > 3.00

Kuliah teknik sipil memang terkenal cukup sulit bahkan tidak sedikit yang mengeluhkan tentang tugas-tugas yang dihadapi. Selain itu, teknik sipil juga dipandang sebagai jurusan yang membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya.

Tidak hanya itu, setiap mata kuliah yang dilewati juga memiliki tingkat kesulitan yang tinggi sehingga banyak mahasiswa teknik sipil harus berjuang untuk sekedar mendapatkan nilai B+.

Tips Sukses Kuliah Teknik Sipil

Sebenarnya, kuliah di teknik sipil tidak sebegitu menakutkan asalkan kamu tahu tips sukses kuliah teknik sipil seperti di bawah ini.

Tips Sukses Kuliah Teknik Sipil

1. Jangan Bolos Kuliah

Kamu pasti pernah mendengar satu ungkapan tentang orang yang pintar pada akhirnya akan kalah dengan orang yang rajin. Mungkin ungkapan ini ada benarnya bagi mahasiswa teknik sipil.

Jika kamu ingin segera menyelesaikan masa kuliah S1 kamu di teknik sipil pas 8 semester , pastikan kamu selalu mengikuti setiap kelas. Selain itu, kamu juga harus rajin mengerjakan tugas, mengumpulkan laporan, dan berkonsultasi dengan dosen.

Sponsored Link

Tips ini mungkin dianggap sepele, trlalu mainstream,namun cara ini adalah langkah awal kamu bisa sukses kuliah teknik sipil dan lulus dengan tepat waktu. Buang jauh sikap pasif pemalu dan belajarlah komunikasi dengan kakak kelas, asdos, oembimbing, dosen

Kamu harus mengerti bahwa sepandai-pandainya kamu, jika kamu tidak rajin dan memilih bermalas-malasan, maka kamu tidak akan menyelesaikan garis akhir dengan baik. Ingat-ingatlah harapan dan asa kedua orang tua membiayai kuliah kamu.

tips sukses kuliah teknik sipil

2. Memperhatikan Ajaran Dan Arahan Dosen

Sebagai mahasiswa teknik sipil, penting untuk selalu memperhatikan ajaran dan arahan dosen dalam setiap tugas yang diberikan. Tugas-tugas dalam setiap mata kuliah teknik sipil dirasa cukup berat dan butuh kecermatan dalam menyelesaikannya.

Beberapa mahasiswa/i bahkan main hp/chat/sosmed saat dosen sedang menjelaskan materi. Oleh sebab itu, mahasiswa teknik sipil harus benar-benar mengerti apa yang dosen inginkan. Sehingga hasil nilai yang didapatkan juga maksimal.

Dalam hal ini, kamu juga bisa rajin berkonsultasi dengan dosen untuk menghindari kesalahan yang bisa terjadi. Dengan melakukan konsultasi dengan dosen, kamu bisa terbantu dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada. Namun, pastikan kamu mendengarkan dan memperhatikan dengan baik saran atau koreksi yang diberikan oleh dosen.

3. Jangan Menunda Menyelesaikan Tugas

Seringkali sebagai mahasiswa, tugas dibiarkan menumpuk dan dibiarkan begitu saja. Nah, sebagai mahasiswa teknik sipil, jangan pernah lakukan ini jika kamu ingin sukses sebagai mahasiswa teknik sipil.

Usahakan untuk menyelesaikan tugas demi tugas sebelum tenggat waktu yang diberikan. Dengan tips sukses kuliah teknik sipil ini, kamu bisa mengejar mendapatkan nilai terbaik dari dosen.

Kuncinya, jika kamu menunda mengerjakan tugas dan semakin lama tugas itu semakin banyak, maka pada akhirnya kamu akan malas untuk memulainya. Padahal, tugas mahasiswa teknik sipil tidak hanya menulis dan mengetik laporan, namun seringkali diimbangi dengan tugas praktik.

tips sukses kuliah teknik sipil

4. Menjadi Mahasiswa Aktif Saat di Kelas

Aktif di kelas merupakan salah satu cara untuk sukses menjadi mahasiswa teknik sipil. Namun, kata aktif di sini bukan berarti banyak mengobrol dengan teman saat kelas dimulai.

Aktif saat di kelas bisa dimulai dengan rajin mencatat apa yang dosen ajarkan. Hal ini penting, karena dengan mencatat kamu bisa mengingat apa pun yang dosen sampaikan.

Sponsored Link

Aktif saat di kelas juga bisa berarti aktif untuk mengikuti kelas dan tidak terlambat masuk. Selain itu, usahakan untuk aktif hadir dan tidak mencoba untuk kabur saat kelas tengah dimulai. Kamu perlu tahu bahwa aktif di kelas perkuliah, maka kamu akan mendapatkan informasi secara lengkap.

5. Rajin Bertanya dan Melakukan Diskusi

Sebagai mahasiswa teknik sipil, kamu tidak hanya pandai dalam menguasai materi yang telah diajarkan. Namun, kamu juga dituntunt untuk berwawasan luas dan meningkatkan kemampuan yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bisa belajar dengan cepat dan tentunya itu akan mempengaruhi performa kamu di kelas.

Pastikan kamu selalu rajin bertanya kepada dosen tentang apa yang mungkin belum kamu pahami. Selain itu, jangan malu untuk bertanya dan melakukan diskusi bersama teman karena ini akan sangat membantu kamu mendapatkan wawasan yang lebih banyak.

Perbanyak kenalan kamu, seperti kakak atau adik tingkat, dengan begitu kamu memiliki makin banyak teman diskusi.

6. Menguasai Perangkat Lunak Khusus untuk Teknik Sipil

Umumnya, teknik sipil menggunakan perangkat lunak atau software sebagai penunjang belajar mahasiswa. Sebagai mahasiswa teknik sipil, kamu harus menguasai perangkat lunak tersebut sehingga kamu bisa mengerjakan tugas dengan baik. Jika kamu mendapati kesulitan dalam mengoperasikannya, jangan lelah untuk bertanya atau mempelajarinya lagi.

Perangkat lunak yang ada biasanya akan tetap digunakan saat kamu bekerja di bidang yang sama. Maka penting sekali untuk menguasainya. Dan mungkin saja dengan kemampuan kamu mengoperasikannya, kamu bisa mendapatkan pekerjaan sampingan yang bisa menambah uang jajan kamu.

tips sukses kuliah teknik sipil

Apakah lulusan teknik sipil bisa bekerja di bank?

Bisa. Bank biasanya menerima fresh graduate dari semua jurusan untuk program Management Trainee nya. Biasanya, lulusan-lulusan eksakta seperti Teknik, MIPA, dan Statistik akan diarahkan untuk menjadi Credit Analyst.

Tidak merekomendasikan lulusan Teknik Sipil untuk bekerja di Bank. Memang ada bankir yang sangat sukses, tapi ada juga yang telah bekerja selama 20 tahun tapi gaji masih 2~3x UMR saja.

Agar ilmu anda lebih terpakai, anda lebih baik bekerja di:
Kontraktor BUMN (Wika, Hutama Karya, PT PP, Waskita Karya, dll)
PLN, EPC Contractor, Oil & Gas Company,
Oil & Gas Service Company

i k l a n

Apa saja peluang pekerjaan untuk lulusan teknik sipil?

Banyak. Penting untuk diingat, selama menjalani kuliah menyerap berbagai macam materi, juga harus dibarengi dengan mengasah skill yang akan bermanfaat saat telah lulus kelak.

Misal saja dengan mendalami teknik menggambar bangunan dan mempelajari software keteknikan seperti analisa struktur dengan SAP2000 dan Etabs, juga harus jago Autocad maupun Skechtup.

Apa Bedanya “site manager” dan “site engineer”?

Site manager merupakan orang yang bertanggung jawab pada pelaksanaan pembangunan keseluruhan baik biaya, waktu dan mutu di lapangan.
Site engineer adalah personal sipil yang membantu semua pelaksanaan struktur yang ada. Seorang site engineer bertanggung jawab kepada direksi, project manager, dan site manager.

Apa yang harus di ambil di Teknik Sipil: transportasi, hidrologi atau struktur?

Tergantung
Ketertarikan, kamu tertarik dibidang apa. Biasanya dengan ketertarikan yang dimiliki membuat orang lebih mudah untuk paham tentang hal yang akan dipelajari
Kemungkinan nanti akan kerja dimana, seringkali anak yang mengambil teknik memiliki kerabat yang akan mengajak bekerja setelah lulus

Sebutkan Software yang perlu dikuasai anak Teknik Sipil

1. SW-maps (kompatibel dengan smartphone), aplikasi ini biasanya digunakan untuk melakukan tracking dan menandakan titik lokasi pada saat survei tempat secara real time.
2. Alat survei, seperti TS Nikon, Drone, Waterpass, dll
3. Google Earth, untuk mendapatkan koordianat lokasi project
4. ArcGIS/ArcMap, untuk membuat peta wilayah irigasi dengan mengacu pada SW-Maps dan Google Earth
5. AutoCAD untuk menggambar profil memanjang dan melintang (long and cross section)
6. Civil 3D, digunakan untuk membuat peta topografi dan menampilkan kontur dan elevasi secara akurat
7. Microsofft Office untuk membuat laporan dan berbagai dokumen penting

Editor's Choices:

Orang sipil itu kuliahnya aja yang susah. Setelah lulus pasti langsung kerja.
Kalo emang ga dapat kerja, itu bukan berarti ga laku, tapi dianya aja yang malas dan pilih2 kerjaan.
Bahkan sebelum luluspun banyak sekali orderan proyek yang menunggu. source link

Itu tadi 6 tips sukses kuliah teknik sipil yang bisa kamu pelajari sebagai mahasiswa. Jangan berpacu pada mahasiswa teknik sipil sulit dan lama untuk menyelesaikan masa kuliahnya. Namun, kamu harus percaya pada dirimu bahwa kamu bisa menyelesaikan masa studi dengan baik dan sukses setelahnya.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
sekolah kedinasan di semarang
Jurusan Kuliah yang Bisa Sambil Kerja
sekolah kedinasan di malang
Sekolah Kedinasan di Bali
Prospek Kerja Teknologi Pangan
Daftar Universitas Termahal Di Indonesia