8 Syarat Masuk Jurusan Pertambangan yang Wajib Diketahui

Tidak bisa dipungkiri jika salah satu Fakultas yang memiliki jumlah peminat yang selalu banyak dari waktu ke waktu adalah Fakultas Teknik. Di dalam Fakultas ini ada beragam cabang ilmu, salah satunya adalah teknik pertambangan.

Teknik pertambangan akan berfokus pada ilmu untuk eksplorasi dan eksploitasi bahan galian atau sumber daya mineral seperti emas, perak, alumunium, besi, batu bara, dan lain sebagainya. Lalu apa saja syarat masuk jurusan pertambangan yang diperlukan?

Sebelum itu,  beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan teknik pertambangan adalah kalkulus, fisika dasar, pengantar teknologi sumber daya bumi, eksplorasi tambang, geologi dasar, kristalografi dan mineralogi, matematika teknik, ekonomi mineral, komputasi tambang, managemen pertambangan, geomorfologi, mekanika batuan, kebijakan mineral, metalurgi umum, pemetaan geologi, teknik eksplorasi, teknik peledakan, amdal pertambangan, kesehatan dan keselamatan kerja, hidrogeologi, pengolahan bahan galian, dan masih banyak mata kuliah lain yang akan sangat menarik untuk dipelajari.


Apa yang akan kamu pelajari di teknik pertambangan tidak akan pernah membosankan. Justru kamu mungkin akan dibuat takjub dengan ilmu dan wawasan yang akan kamu dapatkan.

Syarat Masuk Jurusan Pertambangan

Berikut Ini Beberapa Syarat Agar Kamu Bisa Masuk ke Jurusan Pertambangan

Seperti yang sudah kita ketahui jika Indonesia memiliki banyak sekali mineral dan logam mulia yang bersarang di bagian perut bumi Indonesia. Kamu pasti pernah menjumpai banyaknya pertambangan di Indonesia. Namun sayangnya, pertambangan yang ada di Indonesia masih banyak yang dikuasai oleh Negara Asing. N

Sponsored Link

Nah, inilah kesempatanmu sebagai putra putri kebanggaan Indonesia untuk mengambil alih dan mengelola kekayaan bumi Indonesia secara mandiri tanpa bantuan atau campur tangan dari Negara lain.

Salah satu caranya adalah dengan bergabung menjadi mahasiswa teknik pertambangan. Disini kamu akan mempelajari banyak sekali hal yang akan sangat berguna dan bermanfaat ketika terjun di dunia kerja.

Sebelum mengetahui tentang syarat-syarat yang wajib untuk kamu miliki agar bisa bergabung menjadi bagian dari teknik pertambangan, ada beberapa hal umum tentang teknik pertambangan yang wajib untuk kamu ketahui sebagai bahan pertimbanganmu, yaitu :

  • Merupakan Ilmu tentang Eksplorasi dan Eksploitasi Sumber Mineral

Disini kamu akan mempelajari tentang bagaimana proses pertambangan mulai dari pencarian hingga pemasaran hasil tambang. Tidak hanya itu, kamu juga diwajibkan untuk mempelajari karakteristik tambang mineral.

  • Mempelajari tentang mineral berharga dan batubara

Secara umum kamu akan mempelajari tentang proses pertambangan batu bara dan mineral-mineral berharga seperti emas, perak, platina, dan lainnya sehingga kamu harus menguasai pelajaran matematika, fisika, geogologi, kalkulus dan sumber daya bumi.

  • Ada banyak perusahaan tambang di Indonesia sehingga sangat menjanjikan

Jika kamu khawatir tentang nasib saat memasuki dunia kerja, maka kamu tidak perlu memikirkannya. Lulusan teknik pertambangan tidak perlu takut akan bekerja dimana karena lowongan kerja untuk lulusan teknik pertambangan ada dimana-mana.

  • Harus siap tinggal jauh dari kota

Salah satu hal yang wajib untuk kamu siapkan ketika memutuskan untuk menjadi anak teknik pertambangan adalah harus siap jauh dari kota. Ini merupakan salah satu hal khusus yang akan menjadikanmu profesional. Lokasi pertambangan selalu berada di pelosok daerah, yang jauh dari pemukiman warga dan hingar bingar kehidupan kota.

Meskipun harus tinggal jauh dari kota dan keluarga, namun kamu tidak perlu khawatir karena gaji pokok yang akan kamu terima untuk sekelas fresh graduate adalah sebanyak 3 -5 kali lipat dari UMR setempat untuk jabatan officer dan supervisor.

Selain itu, kamu tidak perlu khawatir akan kekurangan fasilitas saat berada di tempat kerja. Biasanya perusahaan pertambangan akan memberikan fasilitas seperti tempat tinggal, fasilitas olahraga, internet, tempat makan, transportasi, dan tempat ibadah. Selain itu kamu juga akan mendapatkan jamsostek, asuransi kesehatan, dan bonus tahunan. Bagaimana? Sangat menarik bukan?

Saat ini sudah ada banyak kampus yang menyediakan jurusan Teknik Pertambangan baik yang berstatus negeri maupun swasta.

Adapun perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Hasanuddin, Universitas Trisakti, Universitas Syiah Kuala, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Negeri Padang, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Universitas Mulawarman, Universitas Palangka Raya, Universitas Haluleo, dan masih banyak lainnya.

Untuk perguruan tinggi yang hingga saat ini menjadi perguruan tinggi teknik pertambangan terfavorit adalah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta dan Institut Teknologi Bandung.

Syarat masuk jurusan pertambangan tidak terlalu khusus dan hampir sama dengan jurusan kuliah yang lain jika berbicara tentang kelengkapan dokumen. Namun untuk syarat yang wajib kamu miliki agar berhasil di jurusan pertambangan, kamu wajib memiliki syarat karakter seperti dibawah ini :

  • Teliti dan Tekun
  • Detail dan Rasional
  • Observan
  • Terstruktur
  • Independen
  • Senang berhitung dan menganalisis
  • Pandai memecahkan masalah
  • Mampu bekerjasama dengan team

Nah, itu dia beberapa syarat khusus yang wajib untuk kamu miliki jika ingin masuk ke jurusan pertambangan. Prospek kerja teknik pertambangan juga sangat menjanjikan.

Kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan pertambangan, menjadi seorang akademisi, bergabung di instansi pemerintah seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, BUMN, dan masih banyak lainnya.

Kenapa di Jawa hampir tidak ada tambang batubara?

Karena sebenarnya pulau jawa ini dahulu berada di dalam laut, yang kemudian terangkat secara tiba-tiba oleh aktivitas vulkanik. Karena terangkat tiba-tiba maka kebanyakan mineral yang terbentuk adalah kapur yang berasal dari sisa-sisa karang dan koral.

Seberapa penting hilirisasi produk pertambangan?

Hilirisasi bisa dibilang proses pengolahan lanjutan setelah penambangan yang ujungnya ke user.
Hal itu penting karena:
1. Nilai Tambah Sumber Daya Alam
2. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia
3. Efek Domino Ekonomi

Apa suka duka kerja di tambang?

Suka: Gaji dan tunjangan yang menggiurkan, Profesi yang bergengsi, Gratis PP tiket pesawat
Duka: Jauh dari keluarga, Resiko kerja tinggi, Biasanya telat nikah, LDR

Oiya, lulusan teknik pertambangan juga tidak melulu harus bekerja di luar ruangan, berpanas-panasan di tambang, yang tentu akan memiliki resiko kecelakaan yang tinggi. Lulusan teknik pertambangan juga bisa bekerja sebagai surveyor, analis, dan bahkan konsultan yang hanya perlu bekerja di kantor saja lho!

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

3 pemikiran pada “8 Syarat Masuk Jurusan Pertambangan yang Wajib Diketahui”

  1. @Yosua, Agar bisa diterima di Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB tahun 2020
    Nilai Rata-rata adalah 685.
    Nilai Minimal 652,
    Nilai Tertinggi 750.
    Untuk kampus lain kurang lebih / naik turunnya di angka segitu

  2. Allhamdulilah makasih atas info nya,
    semoga saya bisa lulus di teknik pertambangan…
    AMIN YA ALLAH

Tinggalkan komentar


Trending Topics
Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika
teknik kelautan osenografi
Jurusan Analis Kimia
prospek kerja teknik mesin